1 Jawaban = 4 Tahapan

Salah satu kelemahan ketika saya ditanya orang dalam Bahasa Inggris adalah paling tidak saya butuh empat tahap untuk memberikan satu jawaban, yaitu :

1. menterjemahkan pertanyaannya dalam Bahasa Indonesia.
2. menyusun jawabannya dalam Bahasa Indonesia.
3. menterjemahkannya dalam Bahasa Inggris
4. menjawab pertanyaan

Hal ini tentu sangat beda kalau saya ditanya : “Piye kabare ?
Spontan saya langsung menjawab : “Apik2 wae“.

Atau ditanya : “Mau makan apa ?
Saya pasti segera njawab : “Nasi goreng nggak pakai babat !

Tinggal ngetung saja, berapa tahap yang saya perlukan dan berapa energi yang harus saya keluarkan ketika ngobrolnya ngalor ngidul panjang lebar.

Kalau sudah begini yang ada hanya penyesalan, kenapa dulu saat sekolah saya membenci pelajaran Bahasa Inggris. Sekarang mau ngejar ketertinggalan malesnya bukan kepalang.

Semoga tak ada yang seperti saya. I Love You Fulllll… πŸ˜€

38 thoughts on “1 Jawaban = 4 Tahapan

  1. Masak sih pak? Nyamar ini……

    Enggres saya juga uelek pol Pak Mars. Urusan yang tanya bingung, biar dia yang nglewati empat tahap itu hehehe…

    [Reply]

  2. kunci Inggris-e apik, Dhe
    .-= Postingan Pradna : Membuat Permalink berekstensi.php atau .html =-.

    [Reply]

  3. walah, ilang komen-ku..gara2 ngomongin kunci inggris-nya bukan bahasa inggris
    .-= Postingan Pradna : Membuat Permalink berekstensi.php atau .html =-.

    [Reply]

  4. memang bahasa ibu kita lebih enak dari pada bahasa bule πŸ˜€

    ga’ PD aku pakai bahasa bule
    .-= Postingan IHSAN : Apa Kabar Sobat? Kemana Aja? Atau Karena Saya? =-.

    [Reply]

  5. tak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang lebih baik…

    sekarang kan banyak tutorial digital yang lebih memudahkan belajar daripada versi konvensionalnya pak.
    jadi ya manfaatkan saja..

    [Reply]

  6. its ok.. i cant speak english too. So dont worry. Anyway, thanks for the banner. You’re really funny mr. mars.

    [Reply]

  7. Sama pak … nyesalnya sekarang, tapi mestinya kita juga maklum bahasa inggris bukan bahasa kita…. tur yo Indonesia ki jajahan walondo. tapi koq yo ora pinter ngomong londo ya…?
    .-= Postingan xitalho : Internal Collides =-.

    [Reply]

  8. itu hanya berlaku buat yang belum bisa pak Marsudiyanto! kalau yang sudah mahir nggak terasa kok! seperti halnya dua orang yang masing2 bisa berbahasa Jawa dan Indonesia… ketika yang satu tanya “badhe tindak pundi?” yang satu jawab “mau ke pasar”… otomatis semua tahu, karena masing2 sudah paham dan tidak merasa ada 4 proses/tahapan itu… asyik kan???
    iki tenanan lho pak!
    .-= Postingan Andy MSE : Freedom of Expression =-.

    [Reply]

  9. iya lho pak memang bahasa inggris itu perlu banget tapi belum terlambat kok buat belajar karena tidak ada kata terlambat untuk belajar
    .-= Postingan dameydra : TabunganKU =-.

    [Reply]

  10. Andalan saya google translate, soalnya saya cuma bisa5 bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa Tengah, Bahasa Jawa Timur, Bahasa Jalur Selatan, Bahasa Pantura)
    .-= Postingan kerja keras adalah energi kita : Kerja Keras Adalah Energi Kita =-.

    [Reply]

  11. pertanyaan : How do you do ?
    artinya : bagaimana kamu mengerjakannya
    jawaban : saya harus halus
    translate : I’m fine

    *Shock terapi bahasa linggis*
    .-= Postingan mandor tempe : Produk ramah lingkungan (RoHS 3, habis) =-.

    [Reply]

  12. Maklum saja Pa’ itu bahasa orang sana, kita emang sudah terbiasa dengan bahasa ibu…
    .-= Postingan tuyi : Maaf…Bonus ini saya Tolak =-.

    [Reply]

  13. klo lisan mah saya jelas kelabakan pak. tapi klo sekedar tulisan, hehehe, kan ada om gugel πŸ™‚

    [Reply]

  14. mumpung masih muda, semangat ah belajar bahasa asing
    .-= Postingan oglek : Dari Blogger Untuk Dunia Yang Lebih Baik =-.

    [Reply]

  15. bahasa inggris itu pak yang bikin pusing, padahal kalau mau bisnis online katanya harus boso inggris
    .-= Postingan achmad sholeh : Sekali Lagi Tentang Berbakti Pada Orang Tua =-.

    [Reply]

  16. Ini hasil terjemahannya sakleknya mbah gugel ” 1 Jawaban = 4 Tahapan ”

    1 Answer = 4 Stages

    One of the drawbacks when I asked people in English is I need at least four stages to give one answer, namely:

    1. translate the question in Bahasa Indonesian.
    2. arrange the answer in Bahasa Indonesian.
    3. translate it in English
    4. answer questions

    This is very different from when I was asked: “Piye kabare?”
    I immediately replied spontaneously: “Apik2 wae …”.

    Or asked: “Want to eat?”
    I must soon njawab: “Fried rice is not disposable tripe!”

    Ngetung live alone, how many steps do I need and how much energy should I remove it when ngobrolnya Ngalor Ngidul length.

    If this is there’s only regret, why was the school I hated English class. Now want to pursue absurdly malesnya lag.

    Hopefully no one like me. I Love You Fulllll …

    [Reply]

  17. dalam hal Bahasa Inggeris ini saya mempunyai penyesalan yang sama dengan Pak Mars. πŸ™
    .-= Postingan arkasala : Kenapa Saya Ikut Kontes Blog Pertamina ? =-.

    [Reply]

  18. hiii..iso wae pak mar..kalo saya kebalik pak..kalo mau nulis formal pake bahasa indonesia jauh lebih sulit dibanding nulis formal pake bhs inggris. kalo ngomong ya masih podo kok 4 tahapan…haaa

    [Reply]

  19. ada tips yg bisa tak kasih pak…
    indekost sama wong inggris ae pak..

    bahasa itu adalah ilmu yg paling mudah dipelajari yaitu dengan mengucapkannya tiap hari. kalau sameyan indekost dengan wong inggris lama lama juga ‘terpaksa’ sameyan harus bisa bahasa inggris.
    .-= Postingan masichang : Persoalannya bukan iman lagi =-.

    [Reply]

  20. Nasi goreng pake Pete khan??? Babat, boleh juga..
    .-= Postingan Mengembalikan jati diri bangsa : Manfaat Terbesar Ikut Kontes Seo =-.

    [Reply]

  21. Banyak blogger Indonesia ngeblog menggunakan Bahasa Inggris. Gimana kalau kita nulis dlm Bahasa Jawa? Pasti seru

    [Reply]

  22. hehehehe, sama kalo gitu pak. padahal sekarang bahasa kita udah acak kadut semenjak datangnya istilah, byecyeekkk,gak ada ojyeek ituh….hiihihihi..hmm, jadi gimana dung pak?lebih baik pake bahasa inggris, apa tetep mempertahankan boso wali’an (daerah) ?
    salam.yanti
    .-= Postingan kerja keras adalah energi kita : Kerja keras adalah energi kita: Kontes SEO =-.

    [Reply]

  23. salam.yanti. dari lampung
    .-= Postingan kerja keras adalah energi kita : Kerja keras adalah energi kita: Kontes SEO =-.

    [Reply]

  24. kita belajar bahasa inggris dari kelas 1 smp sampe 3 sma (6 tahun) masih plintat plintut saja ya. padahal kalau kursus 6 bulan sudah dijamin lancar.

    kenapa koq metode disekolah tidak dibuat semacam kursus. jadi kelas 1 smp langsung bahasa inggris semua, selama 6 bulan. jadi berikutnya gak pake lagi acara pelajaran bahasa inggris
    .-= Postingan novi : Doorprize Blogger Bekasi untuk TPC =-.

    [Reply]

  25. sami kaliyan kula nalika nampi piwulang kimia kakangmas. Lha kok wonten rumus naminipun rumus Bangun. mbok dipun gantos rumus Bangun Sugito utawi rumus Advent Bangun, tamtu langkung gampil ngapalaken.

    Coro inggris puniko lak memper coro Jawi tho kantun nambahi “The ” kemawon,
    contonipn coro inggrisipun pring puniko lak ” the ling”, setan – the mit, wit pisang -the bog, mirsani -the lok, sare : the koq, mlungker – the kem, lho…gampil tho.
    Salam kagem sadaya kulawargo ing Kendal saking Jombang
    .-= Postingan MbahKung : Harapan Untuk Presiden Indonesia =-.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *