Home > Realita > 1 Jawaban = 4 Tahapan

1 Jawaban = 4 Tahapan

October 16th, 2009 Leave a comment Go to comments

Salah satu kelemahan ketika saya ditanya orang dalam Bahasa Inggris adalah paling tidak saya butuh empat tahap untuk memberikan satu jawaban, yaitu :

1. menterjemahkan pertanyaannya dalam Bahasa Indonesia.
2. menyusun jawabannya dalam Bahasa Indonesia.
3. menterjemahkannya dalam Bahasa Inggris
4. menjawab pertanyaan

Hal ini tentu sangat beda kalau saya ditanya : “Piye kabare ?
Spontan saya langsung menjawab : “Apik2 wae“.

Atau ditanya : “Mau makan apa ?
Saya pasti segera njawab : “Nasi goreng nggak pakai babat !

Tinggal ngetung saja, berapa tahap yang saya perlukan dan berapa energi yang harus saya keluarkan ketika ngobrolnya ngalor ngidul panjang lebar.

Kalau sudah begini yang ada hanya penyesalan, kenapa dulu saat sekolah saya membenci pelajaran Bahasa Inggris. Sekarang mau ngejar ketertinggalan malesnya bukan kepalang.

Semoga tak ada yang seperti saya. I Love You Fulllll… :D

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. zenteguh
    October 16th, 2009 at 00:12 | #1

    Masak sih pak? Nyamar ini……

    Enggres saya juga uelek pol Pak Mars. Urusan yang tanya bingung, biar dia yang nglewati empat tahap itu hehehe…

    [Reply]

  2. zenteguh
    October 16th, 2009 at 00:13 | #2

    Lho pertamaxxx…? (dance)

    [Reply]

  3. October 16th, 2009 at 00:45 | #3

    Podo wae, Pak. Aku lah yo ngono!

    [Reply]

  4. Pradna
    October 16th, 2009 at 01:16 | #4

    kunci Inggris-e apik, Dhe
    .-= Postingan Pradna : Membuat Permalink berekstensi.php atau .html =-.

    [Reply]

  5. Pradna
    October 16th, 2009 at 01:17 | #5

    walah, ilang komen-ku..gara2 ngomongin kunci inggris-nya bukan bahasa inggris
    .-= Postingan Pradna : Membuat Permalink berekstensi.php atau .html =-.

    [Reply]

  6. October 16th, 2009 at 01:59 | #6

    sami pak…dasir juga begitu,,bahkan mungkin lebih parah..

    [Reply]

  7. October 16th, 2009 at 02:01 | #7

    kelimaaaaaaaacccccccccccxxxxxxx..terima kasih pak..salam

    [Reply]

  8. IHSAN
    October 16th, 2009 at 06:53 | #8

    memang bahasa ibu kita lebih enak dari pada bahasa bule :D

    ga’ PD aku pakai bahasa bule
    .-= Postingan IHSAN : Apa Kabar Sobat? Kemana Aja? Atau Karena Saya? =-.

    [Reply]

  9. October 16th, 2009 at 08:12 | #9

    kok kita sama pakdhe….
    dulu gak suka belajar bahasa enggres, sekarang sering gagal ngelamar pekerjaan karena ada syarat TOEFLnya
    .-= Postingan Pencerah : Jilbab dan Putri Indonesia =-.

    [Reply]

  10. Blog Ijo
    October 16th, 2009 at 08:42 | #10

    tak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang lebih baik…

    sekarang kan banyak tutorial digital yang lebih memudahkan belajar daripada versi konvensionalnya pak.
    jadi ya manfaatkan saja..

    [Reply]

  11. brencia
    October 16th, 2009 at 08:47 | #11

    its ok.. i cant speak english too. So dont worry. Anyway, thanks for the banner. You’re really funny mr. mars.

    [Reply]

  12. October 16th, 2009 at 09:07 | #12

    Sama pak … nyesalnya sekarang, tapi mestinya kita juga maklum bahasa inggris bukan bahasa kita…. tur yo Indonesia ki jajahan walondo. tapi koq yo ora pinter ngomong londo ya…?
    .-= Postingan xitalho : Internal Collides =-.

    [Reply]

  13. October 16th, 2009 at 09:20 | #13

    itu hanya berlaku buat yang belum bisa pak Marsudiyanto! kalau yang sudah mahir nggak terasa kok! seperti halnya dua orang yang masing2 bisa berbahasa Jawa dan Indonesia… ketika yang satu tanya “badhe tindak pundi?” yang satu jawab “mau ke pasar”… otomatis semua tahu, karena masing2 sudah paham dan tidak merasa ada 4 proses/tahapan itu… asyik kan???
    iki tenanan lho pak!
    .-= Postingan Andy MSE : Freedom of Expression =-.

    [Reply]

  14. dameydra
    October 16th, 2009 at 09:50 | #14

    iya lho pak memang bahasa inggris itu perlu banget tapi belum terlambat kok buat belajar karena tidak ada kata terlambat untuk belajar
    .-= Postingan dameydra : TabunganKU =-.

    [Reply]

  15. kerja keras adalah energi kita
    October 16th, 2009 at 10:21 | #15

    Andalan saya google translate, soalnya saya cuma bisa5 bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa Tengah, Bahasa Jawa Timur, Bahasa Jalur Selatan, Bahasa Pantura)
    .-= Postingan kerja keras adalah energi kita : Kerja Keras Adalah Energi Kita =-.

    [Reply]

  16. mandor tempe
    October 16th, 2009 at 10:28 | #16

    pertanyaan : How do you do ?
    artinya : bagaimana kamu mengerjakannya
    jawaban : saya harus halus
    translate : I’m fine

    *Shock terapi bahasa linggis*
    .-= Postingan mandor tempe : Produk ramah lingkungan (RoHS 3, habis) =-.

    [Reply]

  17. gdenarayana
    October 16th, 2009 at 12:20 | #17

    yang penting keinginan belajarnya kang :D

    [Reply]

  18. tuyi
    October 16th, 2009 at 13:14 | #18

    Maklum saja Pa’ itu bahasa orang sana, kita emang sudah terbiasa dengan bahasa ibu…
    .-= Postingan tuyi : Maaf…Bonus ini saya Tolak =-.

    [Reply]

  19. October 16th, 2009 at 15:54 | #19

    waduh. hampir sama pakdeh…

    saya aja belum nyobain tes TOEFL (doh)
    .-= Postingan eskopidantipi : Mahanagari =-.

    [Reply]

  20. Dream House
    October 16th, 2009 at 16:50 | #20

    klo lisan mah saya jelas kelabakan pak. tapi klo sekedar tulisan, hehehe, kan ada om gugel :)

    [Reply]

  21. oglek
    October 16th, 2009 at 17:20 | #21

    mumpung masih muda, semangat ah belajar bahasa asing
    .-= Postingan oglek : Dari Blogger Untuk Dunia Yang Lebih Baik =-.

    [Reply]

  22. achmad sholeh
    October 16th, 2009 at 17:46 | #22

    bahasa inggris itu pak yang bikin pusing, padahal kalau mau bisnis online katanya harus boso inggris
    .-= Postingan achmad sholeh : Sekali Lagi Tentang Berbakti Pada Orang Tua =-.

    [Reply]

  23. sunarto
    October 16th, 2009 at 20:01 | #23

    Ini hasil terjemahannya sakleknya mbah gugel ” 1 Jawaban = 4 Tahapan ”

    1 Answer = 4 Stages

    One of the drawbacks when I asked people in English is I need at least four stages to give one answer, namely:

    1. translate the question in Bahasa Indonesian.
    2. arrange the answer in Bahasa Indonesian.
    3. translate it in English
    4. answer questions

    This is very different from when I was asked: “Piye kabare?”
    I immediately replied spontaneously: “Apik2 wae …”.

    Or asked: “Want to eat?”
    I must soon njawab: “Fried rice is not disposable tripe!”

    Ngetung live alone, how many steps do I need and how much energy should I remove it when ngobrolnya Ngalor Ngidul length.

    If this is there’s only regret, why was the school I hated English class. Now want to pursue absurdly malesnya lag.

    Hopefully no one like me. I Love You Fulllll …

    [Reply]

  24. October 16th, 2009 at 21:46 | #24

    Yes ai lof yu….iku tok isoku hehehe…
    .-= Postingan cah ndueso : nikmat neng dong bantheng,hehehe… =-.

    [Reply]

  25. October 16th, 2009 at 22:47 | #25

    hahahaa… ya udahlah, pak marsud. segitu aja sampeyan udah hebat tenan kok. apalagi kalau bisa berbahasa internasional.

    [Reply]

  26. arkasala
    October 17th, 2009 at 06:23 | #26

    dalam hal Bahasa Inggeris ini saya mempunyai penyesalan yang sama dengan Pak Mars. :sad:
    .-= Postingan arkasala : Kenapa Saya Ikut Kontes Blog Pertamina ? =-.

    [Reply]

  27. October 17th, 2009 at 08:44 | #27

    Sama aj mas, aq jg agak kurang bhs inggrisx.. Pdhl dmn2 pake basa inggris, wahahaha

    [Reply]

  28. boyin
    October 17th, 2009 at 09:23 | #28

    hiii..iso wae pak mar..kalo saya kebalik pak..kalo mau nulis formal pake bahasa indonesia jauh lebih sulit dibanding nulis formal pake bhs inggris. kalo ngomong ya masih podo kok 4 tahapan…haaa

    [Reply]

  29. hakimaza
    October 17th, 2009 at 10:30 | #29

    gak cuma bahasa Inggris saja. sekarang ini, bahasa daerah juga semakin susah.

    [Reply]

  30. ciwir
    October 17th, 2009 at 11:43 | #30

    I Love U full juga dech
    :D

    [Reply]

  31. amri
    October 17th, 2009 at 12:19 | #31

    kalau tahap pertama gak bisa, repot secara keseluruhan donk pak, kekeke

    [Reply]

  32. October 17th, 2009 at 12:59 | #32

    ada tips yg bisa tak kasih pak…
    indekost sama wong inggris ae pak..

    bahasa itu adalah ilmu yg paling mudah dipelajari yaitu dengan mengucapkannya tiap hari. kalau sameyan indekost dengan wong inggris lama lama juga ‘terpaksa’ sameyan harus bisa bahasa inggris.
    .-= Postingan masichang : Persoalannya bukan iman lagi =-.

    [Reply]

  33. Mengembalikan jati diri bangsa
    October 18th, 2009 at 04:10 | #33

    Nasi goreng pake Pete khan??? Babat, boleh juga..
    .-= Postingan Mengembalikan jati diri bangsa : Manfaat Terbesar Ikut Kontes Seo =-.

    [Reply]

  34. David July
    October 18th, 2009 at 04:44 | #34

    Banyak blogger Indonesia ngeblog menggunakan Bahasa Inggris. Gimana kalau kita nulis dlm Bahasa Jawa? Pasti seru

    [Reply]

  35. kerja keras adalah energi kita
    October 19th, 2009 at 08:24 | #35

    hehehehe, sama kalo gitu pak. padahal sekarang bahasa kita udah acak kadut semenjak datangnya istilah, byecyeekkk,gak ada ojyeek ituh….hiihihihi..hmm, jadi gimana dung pak?lebih baik pake bahasa inggris, apa tetep mempertahankan boso wali’an (daerah) ?
    salam.yanti
    .-= Postingan kerja keras adalah energi kita : Kerja keras adalah energi kita: Kontes SEO =-.

    [Reply]

  36. kerja keras adalah energi kita
    October 19th, 2009 at 08:35 | #36

    salam.yanti. dari lampung
    .-= Postingan kerja keras adalah energi kita : Kerja keras adalah energi kita: Kontes SEO =-.

    [Reply]

  37. novi
    October 20th, 2009 at 03:06 | #37

    kita belajar bahasa inggris dari kelas 1 smp sampe 3 sma (6 tahun) masih plintat plintut saja ya. padahal kalau kursus 6 bulan sudah dijamin lancar.

    kenapa koq metode disekolah tidak dibuat semacam kursus. jadi kelas 1 smp langsung bahasa inggris semua, selama 6 bulan. jadi berikutnya gak pake lagi acara pelajaran bahasa inggris
    .-= Postingan novi : Doorprize Blogger Bekasi untuk TPC =-.

    [Reply]

  38. MbahKung
    October 20th, 2009 at 10:48 | #38

    sami kaliyan kula nalika nampi piwulang kimia kakangmas. Lha kok wonten rumus naminipun rumus Bangun. mbok dipun gantos rumus Bangun Sugito utawi rumus Advent Bangun, tamtu langkung gampil ngapalaken.

    Coro inggris puniko lak memper coro Jawi tho kantun nambahi “The ” kemawon,
    contonipn coro inggrisipun pring puniko lak ” the ling”, setan – the mit, wit pisang -the bog, mirsani -the lok, sare : the koq, mlungker – the kem, lho…gampil tho.
    Salam kagem sadaya kulawargo ing Kendal saking Jombang
    .-= Postingan MbahKung : Harapan Untuk Presiden Indonesia =-.

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~