Home > Intermeso > 100.000 < 20

100.000 < 20

April 13th, 2010 Leave a comment Go to comments

Ternyata 100.000 bisa kalah oleh 20 !.
100.000 rupiah ternyata lebih sedikit dibandingkan 20 dolar Singapura. Rupiah baru punya daya manakala angka nolnya berderet2. Kalau nolnya cuma 3, rupiah belum bisa melawan mata uang asing.

1 Dolar Singapura (SGD) harganya Rp. 6.550. Jadi kalau diibaratkan, rupiah itu kekuatannya hanya seperti cacing sedangkan dolar itu laksana Ular Sanca. Jadi nggak cuman Cicak Lawan Buaya tapi Cacing Lawan Ular Sanca. Itulah gambaran nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

Kenapa rupiah seperti sampah?. Bahkan lebih mahal ‘daun’ ketimbang rupiah. Selembar daun bayam harganya pasti melebihi 1 rupiah. Bahkan harga plastik pembungkus permenpun nilainya pasti lebih tinggi dari 1 rupiah Uang Nasional kita.

Semua tau bahwa mata uang kita adalah rupiah, tapi sebagian besar kita tak pernah melihat pecahan uang 1 rupiah. Hal ini sangat beda dengan mata uang asing. Dalam transaksi masih banyak dijumpai pecahan 1 dolarnya. Demikian juga Malaysia dengan ringgitnya. Bahkan satuan senpun masih berlaku.

Saya nggak tau kenapa nilai tukar uang kita kok paling lemah sendiri. Boleh dikata nggak ada kekuatan.

~ Grazie ~
Categories: Intermeso
  1. Sriyono Wong Semarang
    April 13th, 2010 at 15:30 | #1

    Itulah Indonesia…

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Indonesia Semarang

    [Reply]

  2. Blog Ijo
    April 13th, 2010 at 15:57 | #2

    wah Sin$ udah ganti to, wah udah ga laku lagi nih..
    betewe saya masi punya Rp.1 lho pak…

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Disimpen wae, 40 taun maneh bakal larang…

    [Reply]

  3. Alimasadi
    April 13th, 2010 at 16:29 | #3

    iya.. kok bisa gitu ya…

    [Reply]

  4. nakjaDimande
    April 13th, 2010 at 16:56 | #4

    mungkin harus coba ganti gambar pahlawan yang ada di rupiah kita dengan gambar para blogger, kali aja bisa kuat pak.

    **hanya bisa sedih, selembar daun bayam lebih mahal dari rupiah :(

    [Reply]

    Hari Mulya Reply:

    diganti gambar bLogger?
    ha..ha.. boLeh juga tuh..
    kira-kira si kerudung hitam ini bakaL dipasang di nominaL berapa ya?
    Rp. 1.000,- aja ya..
    dah bagus tuh… :D

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Pasti kuat Bun…
    Kuatokan !!!

    [Reply]

  5. Jidat
    April 13th, 2010 at 17:37 | #5

    Hem. . . Saya sendiri juga bingung! Tapi bukankah blogger yang kerja diluar negri _paidreview_ malah seneng? Ho. .

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Yg seneng beberapa orang, yg tersiksa jutaan orang… :D

    [Reply]

  6. belajar investasi
    April 13th, 2010 at 17:47 | #6

    semua mata uang kertas masih kalah ama Dinar emas pak :-) karena nilai intrinsik dan ekstrinsik tidak sama, beda dengan emas, 1 gram nilai intrinsik, 1 gram juga nilai ekstrinsik nya, he2 …

    [Reply]

    belajar investasi Reply:

    tapi bukan dinar irak ya, itu mah sama saja dengan rupiah dan Sin$

    [Reply]

  7. riFFrizz
    April 13th, 2010 at 18:32 | #7

    tapi dengan begitu, bukannya para pembisnins blog yang mengincer dolar lebig banyak untungnya to pak ? hehehe

    [Reply]

  8. April 13th, 2010 at 19:04 | #8

    Tahu saya cuman rupiah dan yu Rupi’ah…

    [Reply]

  9. April 13th, 2010 at 19:29 | #9

    untung sudah pernah merasakan memakai uang 1 rupiah dan 5 rupiah….
    bukan buat belanja, tapi buat ngerokin ibu…

    [Reply]

  10. guskar
    April 13th, 2010 at 20:22 | #10

    tentunya nasib mata uang kita akan beda jika pada konsisten menyebutnya dng istilah perak, bukan rupiah.
    **seperak dua perak lbh keren ketimbang serupiah duarupiah :P

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Rupiah makin lama makin nggak mbejaji Gus…

    [Reply]

  11. iwan
    April 13th, 2010 at 21:42 | #11

    dulu Rp. 5,- masih dapat permen 5

    [Reply]

  12. April 14th, 2010 at 00:57 | #12

    gara koropsi pak…. :p

    [Reply]

  13. soewoeng
    April 14th, 2010 at 06:56 | #13

    perumpamaan ular snca sama cacing itu lho mas…. kalo ular sancanya cacingan gimana hayo?

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Ular Sanca Cacingan pasti belum minum Combantrin

    [Reply]

  14. April 14th, 2010 at 07:10 | #14

    lha kalo nilai jual rupiah naik entar eksportir marah bos

    [Reply]

  15. lineapelle
    April 14th, 2010 at 07:38 | #15

    sungguh prihatin…. menyedihkan….

    [Reply]

  16. arkasala
    April 14th, 2010 at 08:02 | #16

    rupiah masih boleh dibanggakan kok Pak dibanding zimbabwe beberapa waktu lalu, untuk membelinya aja perlu bermilyar-milyar mata uang zimbabwe yang harus kita serahkan untuk 1 kg telur ayam dan ongkos perjalanan 10 km :)

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Tapi kalau Indonesia kok dibandingkan dengan Zimbabwe itu kan seperti membandingkan Arsenal dengan kesebelasan kampung Mas…

    Mosok hanya unggul lawan Zimbabwe…

    [Reply]

  17. April 14th, 2010 at 11:48 | #17

    duwh.. rupanya komenku yang semaLem ga masuk ya…

    [Reply]

  18. wahyubmw
    April 14th, 2010 at 14:08 | #18

    kalau uangnya dinar ya masih tetap, pakai koin emas

    [Reply]

  19. arisnb
    April 14th, 2010 at 14:49 | #19

    memang menyedihkan, namun kira2 mungkin apa nggak ya dan apa jadinya jika di Indonesia di lakukan pemotongan angka nol yg dibelakang, misal semua nilai rupiah di potong nol 3 angka (dibagi 1000 semua) ?

    100.000 jadi 100 gitu :D , kayaknya seru deh

    Btw kalau ga salah di negara lain ada yg lebih parah nilai mata uangnya tapi lupa dimana yak ?

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Itu di Afrika Mas…
    Dulu di Indonesia pernah lho Mas, tapi sudah lama sekali, mungkin blogger2 pada belum lahir…
    Seribu jadi serupiah.
    Nggak tau kalau nanti2 mau digitukan lagi

    [Reply]

  20. April 14th, 2010 at 15:18 | #20

    Rupiah baru berharga tinggi kalo uangnya sudah tidak beredar lagi, Pak. Buktinya saya menjual Rp1 tahun 1961 seharga Rp10.000/lembar, itu masih termasuk murah dibanding penjual lain. Hehehe, ngaco ya komentarnya? :D

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Wew…
    Taun 61 ya.
    Saat belum terjadi huru hara PKI

    [Reply]

  21. H2
    April 14th, 2010 at 17:53 | #21

    =))

    [Reply]

  22. H2
    April 14th, 2010 at 17:54 | #22

    terima kasih infonya pak

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Blognya baru ya…
    Masih bersih… :D

    [Reply]

  23. tkj2.com
    April 16th, 2010 at 16:30 | #23

    wah ni mantab nee info nya http://tkj2.com nice share

    [Reply]

  24. TKB
    April 19th, 2010 at 02:48 | #24

    Kalau dibalik dolarnya di depan jadi > ya pak, ning nek matimatian pasti nggak bener 100.000<20 :lol:

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~