Home > Intermeso > 26

26

April 18th, 2009 Leave a comment Go to comments

B

ukan nomor urut partai baru, tapi tugas dan kewajiban pengawas Ujian Nasional atau UN. Buanyak sekali ya?

Sesuai Keputusan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) ada banyak hal yang menjadi kewajiban dan harus diperhatikan oleh pengawas pemilu ujian yang melaksanakan tugas mengawas silang di sekolah lain, yaitu:

  1. menerima penjelasan dan pengarahan dari Ketua Penyelenggara UN;
  2. menandatangani surat pernyataan bersedia menjadi pengawas UN
  3. datang di lokasi 30 menit sebelum ujian dimulai;
  4. disiplin, jujur, tanggung jawab, teliti dan menjaga kerahasiaan;
  5. menerima naskah soal, lembar jawab dan amplop;
  6. memeriksa ruang UN 20 menit sebelum waktu pelaksanaan;
  7. mempersilakan peserta memasuki ruang UN
  8. melarang peserta tidak membawa tas, buku, HP dan kalkulator;
  9. membacakan tata tertib;
  10. membagi lembar jawab dan memandu pengisian identitas peserta;
  11. mengedarkan daftar hadir & mengecek kesesuaian dengan kartu
  12. membagi naskah soal ujian sesuai tempat duduk peserta
  13. meminta peserta menuliskan kode sesuai paket soal;
  14. meletakkan naskah soal di meja peserta dalam posisi terbalik,
  15. melarang peserta menyentuhnya sampai waktu UN dimulai;
  16. tidak boleh membaca naskah soal UN;
  17. meminta peserta mengecek soal sebelum mulai mengerjakan;
  18. mengganti naskah soal yang cacat atau rusak,
  19. menjaga ketertiban dan ketenangan suasana ruang ujian
  20. melarang orang yang tidak berkepentingan masuk ruang UN
  21. tidak membantu peserta dalam menjawab;
  22. tidak mengaktifkan alat komunikasi (hand phone) di dalam ruang ujian;
  23. memberi tahu peserta jika waktu tinggal lima menit;
  24. menyusun lembar jawab, diurutkan dari nomor kecil;
  25. memasukkan berkas dan daftar hadir dalam amplop, ditutup dan disegel
  26. menyerahkan LJUN dan soal kepada ketua penyelenggara.

Itu tadi baru yang tersurat. Yang tersirat lebih banyak lagi. Intinya sich cuman 4, harus begini, harus begitu, nggak boleh ini, nggak boleh itu.
Ada usul atau mau nambahi?

catatan:
gambar dari elviera23.wordpress.com

~ Grazie ~
Categories: Intermeso
  1. April 18th, 2009 at 09:27 | #1

    sampeyan melu dadi pengawas UNAS pak????

    Aku ngawasi pengawas…

    [Reply]

  2. April 18th, 2009 at 09:49 | #2

    Hmmmm… sukseskan UNAS 2009!

    Makasih Mas…
    Siap!!!!

    [Reply]

  3. meylya
    April 18th, 2009 at 11:15 | #3

    semoga sukses UAN tahun 2009 ini

    Makasih…

    [Reply]

  4. Bet
    April 18th, 2009 at 11:26 | #4

    wah aku dulu juga begini dah mengalaminya salam kenal pak

    Salam kenal kembali…

    [Reply]

  5. deden
    April 18th, 2009 at 11:28 | #5

    Bukan tugas yang sepele itu pak, tapi demi pendidikan putra putri terbaik bangsa ini ya itu semua harus dijalani dengan sepenuh hati.

    Iya Mas…
    Demi tugas, demi pekerjaan & demi profesi!

    [Reply]

  6. Mars
    April 18th, 2009 at 11:50 | #6

    Mohon doanya agar murid saya lulus Ujian Nasional.

    [Reply]

  7. Gus Yehia
    April 18th, 2009 at 11:58 | #7

    Ada bocoran soal gak?

    Banyak Gus!

    [Reply]

  8. April 18th, 2009 at 12:45 | #8

    Point 27.
    Pengawas dan yang ngawasi Pengawas tidak dilarang nge-Blog selama Ujian berlangsung 🙂

    Kalau nggak ketauan!

    [Reply]

  9. achmad sholeh
    April 18th, 2009 at 12:59 | #9

    eeee ternyata…nyatater tugasnya banyak banget ya

    Ternyata e ternyata…

    [Reply]

  10. April 18th, 2009 at 14:43 | #10

    seng nomer 9 peraturane wagu… melarang peserta tidak membawa tas, buku, HP dan kalkulator berarti pesertane boleh bawa tas, buku, HP dan kalkulator..(sak kepekane)… peraturan yang aneh… (thingking)

    Wis tak edit Mbak.
    Kok bisa lebih awas dari yang ngawasi pengawas…

    [Reply]

  11. April 18th, 2009 at 14:49 | #11

    Wah kalau begini, pengawas ujian ini sebaiknya jadi pengawas pemilu juga, biar mantab…

    Salam kenal Pak dari saya di Sorowako Sulsel. Kebetulan lagi blogwalking neh. Tukaran link ya. Linknya sudah saya pasang di blog saya. Silakan dicek.

    Makasih, salam kembali dari Jawa Tengah.

    [Reply]

  12. April 18th, 2009 at 15:27 | #12

    Saya kok ya tadi agak keselimpet baca BSNP jadi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) hehehe…

    selamat mengawasi pak ! 🙂

    Asal nggak STNK Mas…

    [Reply]

  13. April 18th, 2009 at 15:32 | #13

    itu semua harus apal? (woot)

    Nggak harus

    [Reply]

  14. grubik
    April 18th, 2009 at 17:12 | #14

    semoga semua murid njenengan lulus kabeh, dadi wong pinter kabeh, dadi wong sugih kabeh, ora ono sing korupsi, seneng amal, ora lali karo gurune…

    Matur Nuwun Mas Heru…
    Semoga kebone juga manak lagi!

    [Reply]

  15. mantan kyai
    April 18th, 2009 at 17:20 | #15

    lebih suka 96 atau 69 juga boleh ..

    Kadang 69, kadang juga 96.
    Tapi seringnya berakhir dengan 66 atau 99…

    [Reply]

  16. suwung
    April 18th, 2009 at 17:39 | #16

    laporkan komnas ham

    HanKamNas…
    Tahan Dalam Kamar yang Panas!

    [Reply]

  17. April 19th, 2009 at 10:32 | #17

    Jadi pengen ikut UAN

    boleh daftar gak pak ???

    [Reply]

  18. Just Anto!
    April 19th, 2009 at 11:17 | #18

    jadi pengawas mas, tuk ketiga kalinya aku jadi satpam independen UN.

    Wah…
    Kalau deket, jadi Tim Independen di tempat saya saja…

    [Reply]

  19. April 19th, 2009 at 11:59 | #19

    banyak banget tugasnya,
    perlu di test hapal luar kepala,
    biar ngawasnya bener 🙂

    [Reply]

  20. April 19th, 2009 at 12:44 | #20

    saya mau daftar jadi peserta ujian boleh gak Pakdhe?

    [Reply]

  21. aprie
    April 19th, 2009 at 14:00 | #21

    inspeksi peserta ga pakdhe?
    inspeksi betis, tangan n paha.
    sapa tau ada yang bawa contekan.

    pi jangan inspeksi pupu murid cewe ya.
    hahaha..

    mboten pareng niku…

    [Reply]

  22. s. tuhusetya
    April 19th, 2009 at 16:23 | #22

    pak mar ikut jadi pengawas, korwas, atau mendampingi kasek utk among tamu di sekolah?

    [Reply]

  23. zenteguh
    April 19th, 2009 at 16:46 | #23

    semoga tingkat kelulusan memuaskan pak….

    [Reply]

  24. April 19th, 2009 at 16:48 | #24

    walah…walah… tugas pengawasnya saja buanyak banget, apalagi yang diawasi ya…

    [Reply]

  25. ircham
    April 19th, 2009 at 19:31 | #25

    tambah satu :

    Pengawasnya pengawas dan peserta tidak boleh terlambat….

    gtu pak…

    [Reply]

  26. syafur
    April 19th, 2009 at 23:34 | #26

    selamat bertugas aja pak semoga lancar sampai tujuan 😀
    hebat yah pak mar jadi badan pengawasnya pengawas ujian

    [Reply]

  27. syafur
    April 19th, 2009 at 23:36 | #27

    walah alamat site saya salah ketik pak 😀

    [Reply]

  28. ndop
    April 21st, 2009 at 11:43 | #28

    OU EM JI… OMAGAAD…

    masa sih apal peraturan sebanyak ituh.. hahaha.. di ZIP aja pak.. biar ringkes. ngko nek pingin ngapalne, tinggal diekstrak..

    *emange windos ndop?*

    [Reply]

  29. April 23rd, 2009 at 04:26 | #29

    Juknis-nya riwil… tapi itu penting sekali lho!

    [Reply]

  30. Bertukar informasi disini
    November 22nd, 2009 at 21:01 | #30

    I wish getting over a broken heart can be so easy as following a few steps.. but its not

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~