3M dan 3D

Sahabat pasti pernah melihat iklan layanan masyarakat di televisi yang memakai slogan 3M dan 3D. Slogan yang pertama terkait dengan penyakit demam berdarah dan yang kedua berhubungan dengan pemalsuan uang.

Seperti kita tau, 3M adalah menguras, menutup, dan mengubur. Menguras bak mandi, menutup tandon air dan mengubur barang bekas. Kalau 3D singkatan dari dilihat, diraba dan diterawang. Penyingkatan seperti itu tidak spesifik karena kata yang berawalan me dan di ada banyak sekali.

Hampir setiap aktifitas bisa diungkapkan dengan 3M dan 3D. Beli pakaian harus 3M yaitu memilih, mencoba dan membayar, bikin posting harus mengetik, mengedit dan menerbitkan, mau makan mangga harus 3D yaitu dikupas, dicuci dan diiris, makan Oreo musti diputar, dijilat, dicelupin :mrgreen:

Andai saja saya yang bikin singkatan, maka semboyan 3M dalam memerangi nyamuk Aedes aegypti akan saya ganti jadi 3K yaitu kuras, kerudungi dan kubur sedangkan 3D untuk mewaspadai uang palsu saya ganti menjadi 3P yaitu pegang, pelototin dan periksa 😉

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mengubah slogan yang sudah ada tapi sekedar pengingat agar dalam menyingkat haruslah spesifik. Daripada repot2 menguras, menutup dan mengubur, kenapa nggak menghindar, menyingkir dan melarikan diri saja?

53 thoughts on “3M dan 3D

  1. Lha malah ada kampanye pilkada salah satu slogan berbunyi : 5R –> Rakyat Sehat, Rakyat Makmur, Rakyat Rukun, Rakyat Aman, Rakyat Sejahtera. Yang disingkat kok rakyatnya ya ha ha ha
    Kujrang kreatip kata NIQ
    Salam hangat dari Surabaya


    Hahahaha
    Iya Dhe
    Saya juga baca kampanye itu
    Di blognya Mbak Nchie kalau gak salah

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *