Home > Intermeso > 3M dan 3D

3M dan 3D

September 22nd, 2012 Leave a comment Go to comments

Sahabat pasti pernah melihat iklan layanan masyarakat di televisi yang memakai slogan 3M dan 3D. Slogan yang pertama terkait dengan penyakit demam berdarah dan yang kedua berhubungan dengan pemalsuan uang.

Seperti kita tau, 3M adalah menguras, menutup, dan mengubur. Menguras bak mandi, menutup tandon air dan mengubur barang bekas. Kalau 3D singkatan dari dilihat, diraba dan diterawang. Penyingkatan seperti itu tidak spesifik karena kata yang berawalan me dan di ada banyak sekali.

Hampir setiap aktifitas bisa diungkapkan dengan 3M dan 3D. Beli pakaian harus 3M yaitu memilih, mencoba dan membayar, bikin posting harus mengetik, mengedit dan menerbitkan, mau makan mangga harus 3D yaitu dikupas, dicuci dan diiris, makan Oreo musti diputar, dijilat, dicelupin :mrgreen:

Andai saja saya yang bikin singkatan, maka semboyan 3M dalam memerangi nyamuk Aedes aegypti akan saya ganti jadi 3K yaitu kuras, kerudungi dan kubur sedangkan 3D untuk mewaspadai uang palsu saya ganti menjadi 3P yaitu pegang, pelototin dan periksa ;)

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mengubah slogan yang sudah ada tapi sekedar pengingat agar dalam menyingkat haruslah spesifik. Daripada repot2 menguras, menutup dan mengubur, kenapa nggak menghindar, menyingkir dan melarikan diri saja?

~ Grazie ~
Categories: Intermeso
  1. September 22nd, 2012 at 20:09 | #1

    PErtamax gak siiih. . . :D


    Mungkin pertamax

    [Reply]

    nique Reply:

    ckckck idah patut dapet award nih
    pertamax terus dimarih :D


    Kalau pelanggan warnet kamu ada yg slalu pertamax nggak Ni?

    [Reply]

    nique Reply:

    ada dong pak, kayaknya itu orang begitu bangun udah default langsung ke warnet kami hahaha


    Layak dapat Kartu Member Ni…

    [Reply]

  2. September 22nd, 2012 at 20:14 | #2

    Masih dengan kombinasi, outputnya diganti 5 linguistik, Pak. :)

    Dalam hidup bermasyarakat juga perlu 3S, Salam, Senyum, Sapa. . . ;)


    Kalau 5 berarti perpangkatan dari 5 Mbak

    [Reply]

  3. September 22nd, 2012 at 21:08 | #3

    Setuju Pak Mars.
    Memang seharusnya lebih spesifik, jadi nantinya ketika disebut jargonnya orang sudah langsung ingat tanpa harus pusing tertukar.. :D


    Mestinya kata dasar ya Mas

    [Reply]

  4. September 22nd, 2012 at 21:13 | #4

    hahahahaa…yg 3P itu lho? kalau dipelototin…bisa kering tuh bola mata tapi masih gak bisa bedain uang palsu atau asli.

    Lantas gmn slogannya utk mengenali janji-janji kampanye yg OmDu = omong duang pak?


    Yg kampanye juga ada yg slogannya singkatan ya Mbak…
    Dan nyingkatnya agak asal2an

    [Reply]

  5. September 22nd, 2012 at 21:52 | #5

    cocok pak… kalau yg diambil inisalnya aja M itu kan bisa macam2, monda bisa mardisuyanto bisa ..


    Bisa Mbak Siti, Mbak Rini, Mbak Ngai, Mbak Adel dll :D

    [Reply]

  6. September 22nd, 2012 at 22:19 | #6

    oh ini toh blognya pak mars..
    baru tau :D
    salam kenal ya pak mars.

    di dan me ntu bisa buat apa aja.
    soalnya kata kerja aktip ma pasif


    Salam kenal kembali Mas
    Makasih sudah mampir
    Nyasar kesini dari blognya Una ya?

    [Reply]

  7. September 22nd, 2012 at 23:04 | #7

    Yang jelas …
    slogan itu memang sebaiknya terdiri dari tiga saja …
    (apapun huruf awalannya)

    The magic of Three
    (ritmis – impactfull dan simple)
    Salam saya Pak Mars


    Setuju dengan “The magic of Three”nya Om NH :D

    [Reply]

  8. September 22nd, 2012 at 23:12 | #8

    Melihat, membaca, mengoment, mengirim dan melihat lagi

    dilihat, dibaca, dikoment, dikirim dan dilihat lagi


    Makan, minum, muntah, makan, minum, muntah…

    [Reply]

  9. September 22nd, 2012 at 23:22 | #9

    benar juga, karena 3M pun bisa jadi slogan saat BW : membuka, membaca, mengomentari


    Semua kegiatan pasti 3M…

    [Reply]

  10. September 22nd, 2012 at 23:34 | #10

    bagi mangga nya, pak … hihihi


    Mari silakan…
    Dipilih, Ditawar lalu Dibayar

    [Reply]

  11. irmarahadian
    September 22nd, 2012 at 23:40 | #11

    Duit tinggal 3M
    Marebu, Maratus, Mapuluh…:)


    Ma bon2an…

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Wkwkwkwkwkw…… lutju tenan :lol:
    Masih bagus ada mapuluhnya, Jeng :D


    Hahahahaha…
    Kalau mapuluh itu, buat kerikan aja nggak mempan Mbak…

    [Reply]

  12. September 23rd, 2012 at 04:18 | #12

    aku kimau melu ngikuti ndik FB. Aku langganan postingan lewat email, kok lagi nyampe saiki ya. Tak kiro pertamax, ternyata kedisikan haha..

    3K = Komen, Klick kotak anti spam, Klik submit commeny


    3N (Nak nDop Ngevector)

    [Reply]

  13. September 23rd, 2012 at 04:19 | #13

    3K = Komen, Kedetect spam, Kasihan :(


    3K = Komennya Kurang Kumplit

    [Reply]

  14. GOGGLE
    September 23rd, 2012 at 05:33 | #14

    komen kedetect spam nih hehe


    Kayaknya enggak

    [Reply]

  15. Grosir Jilbab Murah
    September 23rd, 2012 at 08:53 | #15

    3D bisa juga diartikan dibuka, dibaca, dikoment.. :)


    Kalo 3D nya anggota DPR katanya Datang, Duduk, Duwit

    [Reply]

  16. September 23rd, 2012 at 10:04 | #16

    di sini ada 2P : Pradna Paramita
    mungkin anaknya 3P ; Putra Pradna Paramita


    5P (Pembantunya Putra Pradna Paramita Pati)

    [Reply]

  17. arif
    September 23rd, 2012 at 14:39 | #17

    bagi mahasiswa “apatis”, ada istilah 3 K, merujuk pada lokasi dimana beraktivitas : kampus, kantin, kos :D


    Mahasiswa makannya 3M (Mie, Mie dan Mie)

    [Reply]

  18. September 23rd, 2012 at 15:03 | #18

    3D (Dibaca, Dikomentari, Diulangi lagi..)


    Diintip, Ditutup, Ditinggal kabur :D

    [Reply]

  19. Bambang Haris
    September 23rd, 2012 at 15:15 | #19

    Klo saya sering 3Ny pak, Nyambel, Nyendhok, Nyamleng, terus hah .. hah ..hah … pedhese :P


    Nyusss… :D

    [Reply]

  20. September 23rd, 2012 at 15:19 | #20

    3 M (makasih, makasih, makasih) <<== bayaran untuk kerja sukarela


    Mmmmm….

    [Reply]

  21. September 23rd, 2012 at 16:37 | #21

    yang repot ini melarikan dirinya kemana pak? :D


    Ke tempat yang nggak ada nyamuknya…
    Yaitu Pabrik Obat Nyamuk

    [Reply]

  22. Awaludin
    September 23rd, 2012 at 17:19 | #22

    Tapi memang sudah familiar di telinga si.. Baca2 komen, banyak juga singkatan baru,.


    Iya Mas…
    Banyak singkatan baru yg lucu2

    [Reply]

  23. September 23rd, 2012 at 19:37 | #23

    Lucu semua komennya, baru kali ini komen tak baca sampe abis.
    Om Mars emang 3K: kreatif, kebanyakan ide, kotak spam….

    Komenku di atas nyemplung kotak spam :cry:


    Hahahaha
    Sudah saya lepaskan…

    [Reply]

  24. September 23rd, 2012 at 19:39 | #24

    Tuh kaaaann…

    3K: Kecemplung Kotak Kpam

    Mekso yo ben, paling-paling 3K… hiks…


    Komentar Kudah Kebuka… :D

    [Reply]

  25. September 23rd, 2012 at 20:40 | #25

    ealah bisa aja hahaha ganti awalan dan akhiran aja deh semua :p


    Nah kalau pakai awalan dan akhiran akan susah mengingatnya

    [Reply]

  26. September 23rd, 2012 at 22:19 | #26

    Hmm… bener juga ya. Singkatan2nya kurang spesifik. Bisa salah ingat dengan singkatan untuk istilah yang lain…


    Iya, kalau nggak spesifik bakal susah ngingatnya

    [Reply]

  27. September 23rd, 2012 at 22:49 | #27

    Dulu ada juga gerakan 3 K, pak, yakni Keamanan dan Keselamatan Kerja.
    Singkatan semacam itu bagaimana Pak? Maksa ya? :)

    Tapi, kalau 3 M menurut saya adalah = Marsudiyanto Memang Mantap
    *ini memang maksa*


    Hahahaha…
    Mau bikin singkatan 3V tapi susah menjabarkannya Da :D

    [Reply]

    Tebak Ini Siapa Reply:

    Oke tuh 3M-nya…
    Mbok aku dibikinin 3U T.T


    3U = Una Unyu-Unyu :D

    [Reply]

    Tebak Ini Siapa Reply:

    Asiiik prinskrin…!


    Trus dilaminating ya Na :D

    [Reply]

  28. September 23rd, 2012 at 23:25 | #28

    terima kasih pengingatnya pak


    Sama2 Mbak… :D

    [Reply]

  29. September 23rd, 2012 at 23:26 | #29

    berarti 3B nya cari jodoh harus diamandemen juga ya
    bukan lagi bibit bebet bobot
    tapi berusaha berdoa dan bercermin…


    Justru yg 3B itu yg musti dipertahankan Mas…

    [Reply]

    Rawins Reply:

    yang penting jangan kebanyakan
    kalo sampe 36B apalagi D bisa gawat…


    Nggak bisa mbayangkan kalau persyaratannya musti 36B

    [Reply]

  30. September 24th, 2012 at 01:37 | #30

    Terimakasih pak.. tadinya saya Pikir 3D Itu 3 dolar. 3 M 3 Miliar… hehe


    Hahahaha
    Kalau uang sich saya juga mau

    [Reply]

  31. Bali Bagus
    September 24th, 2012 at 05:26 | #31

    menyimak penjelasan Pak guru…. :D


    Selamat menyimak :D

    [Reply]

  32. September 24th, 2012 at 06:22 | #32

    itu branding juga ya pak…


    Iya Mas…
    3M itu merk disket kalau nggak salah :D

    [Reply]

  33. September 24th, 2012 at 06:24 | #33

    Pagi Pak MARS, selamat hari senin dan beraktivitas ya pak…


    Selamat Hari Senin Mas

    [Reply]

  34. September 24th, 2012 at 07:25 | #34

    Selamat hari senin saja pak… :)


    Selamat Hunting Foto Mas

    [Reply]

  35. September 24th, 2012 at 09:30 | #35

    baca postingan pak mars yang ini, saya langsung 3M= Maca Mikir trus Mesem
    sii..iip dewh ;)


    Makasih makasih makasih

    [Reply]

  36. September 24th, 2012 at 17:59 | #36

    Haha … Pak Mars ini jago deh kalau soal otak-atik kata begini. :) Kayaknya ini bakat alam ya Pak?


    Mungkin karena pekerjaan saya yg menuntut saya untuk berlatih otak-atik kata Mbak

    [Reply]

  37. September 24th, 2012 at 19:10 | #37

    Mengolah kata yang keren dan cerdas Pak. Sukses selalu

    Salam


    Makasih Pak…
    Salam kembali

    [Reply]

  38. Kaget
    September 25th, 2012 at 00:55 | #38

    Haha,… pak, yang 3P sumpah belum pernah denger….. :lol:


    Hahahaha
    Itu juga baru saja bikin Mas

    [Reply]

  39. Baju anak branded
    September 25th, 2012 at 05:11 | #39

    Tulisan yang menarik…
    Bapak kita satu ini sepertinya jagonya di bahasa ya…
    Btw, saya punya 5M lo pak… “mari mangan-mangan medang-medang” pak…


    Kalau di Jawa, 5M itu madep mantep mangan melu morotuwo

    [Reply]

  40. September 25th, 2012 at 05:44 | #40

    Yang buat pasti kurang ngerti bahasa mas, atau bisa saja targetnya rakyat jelata. supaya mengerti, jadi dipilih kata yang mudah diingat. hmm


    Kayaknya milih yg mudah diingat, meski belum tentu dipraktekkan :D

    [Reply]

  41. Meg
    September 25th, 2012 at 13:55 | #41

    kalo 3G apa pak dhe?

    #yg 3P serem deh ;)


    Hahahaha
    Yg 3P sich masih biasa

    [Reply]

  42. September 25th, 2012 at 14:46 | #42

    iya benar jugaaa :)

    terimakasih sudah mengingatkaaannnn :)


    Untuk pengingat saya juga…

    [Reply]

  43. September 26th, 2012 at 20:02 | #43

    Membaca, mencermati dan menuliskan komen sudah dilaksanakan. Terima kasih Pak Mars berbagi inspirasi 3M


    Makasih, makasih, makasih…

    [Reply]

  44. Imelda
    September 26th, 2012 at 20:08 | #44

    Kalau saya suka 3M nya karena produsen selotip dan alat tulis handal, sedangkan daripada 3 D saya suka 2 D, yaitu Dian Pramana Putra dan Dedi Dhukun :D


    Jaman era disket, 3M termasuk merk yang paling ngetop di Indonesia.
    Yg mampu beli hanya orang2 tertentu.
    Saya aja pakai yg bajakan karena murah

    [Reply]

  45. September 26th, 2012 at 21:07 | #45

    3M itu merek kan ya..


    Yg saya tau merk alat kantor…
    Warnanya merah

    [Reply]

  46. September 28th, 2012 at 08:19 | #46

    Lha malah ada kampanye pilkada salah satu slogan berbunyi : 5R –> Rakyat Sehat, Rakyat Makmur, Rakyat Rukun, Rakyat Aman, Rakyat Sejahtera. Yang disingkat kok rakyatnya ya ha ha ha
    Kujrang kreatip kata NIQ
    Salam hangat dari Surabaya


    Hahahaha
    Iya Dhe
    Saya juga baca kampanye itu
    Di blognya Mbak Nchie kalau gak salah

    [Reply]

  47. Mas Huda
    September 28th, 2012 at 12:35 | #47

    ha ha ha ada ada saja ya


    Diada2kan Mas

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~