50% + 20%

Memang tak ada paksaan, sepintas tampaknya transparan, tapi kalau didalami lebih jauh akan tampak ada penyesatan terstruktur yang dilakukan oleh orang yang main2 dengan kepandaian serta kelicikannya.

Ulah pedagang untuk memperdayai pembelinya memang macam2 dan kadang cenderung keterlaluan. Salah satunya adalah diskon 50% + 20% yang dilakukan oleh penjual pakaian. Pengelabuan jenis ini justru terjadi di swalayan besar. Terpampang tulisan dengan warna mencolok, “DISKON 50% + 20%“. Orang awam yang berpikir lugu pasti mengira diskonnya adalah 70%, tapi dengan akal bulusnya, si pedagang menggunakan rumusnya sendiri.

Dengan diskon 50% + 20% layak diyakini bahwa diskon yang didapat adalah 70%, mengingat disitu dituliskan tanda +. Jadi untuk produk senilai 100.000, harusnya hanya membayar 30.000. Tapi oleh yang empunya, ngetungnya nggak kayak gitu. Diskon 50% dihitung lebih dulu, akan menghasilkan harga 50.000. Kemudian yang 50.000 ini didiskon 20% sehingga didapat harga akhir 40.000. Selisih 10.000 inilah yang patut dicurigai sebagai hasil penyesatan dan cenderung penipuan.

Kalau ini dianggap hal biasa dalam dunia perdagangan, sangat layak dipertanyakan, Ilmu Perdagangan mana yang dipakai. Kalau ini sebuah trik, haruskah trik itu dilakukan?. Kalau mau ndiskon mbok yang jelas, nggak mbulet kayak gitu. Sangat jelas bahwa tujuan pemecahan 50% + 20% itu hanya untuk menjebak.

Orang Indonesia memang kreatif, tapi terkadang kreatifitasnya dipakai untuk cari untung sendiri. Saya yakin akal2an macam begini hanya ada di Indonesia. Kalau memang 100.000 harus mbayar 40.000, knapa nggak terus terang dengan mengatakan diskonnya 60%?.

Itu tadi belum melihat harga pokoknya yang saya yakin sudah dinaikkan sedemikian rupa. Mana ada sich pedagang yang mau rugi…

Semoga Lembaga Konsumen jeli akan penipuan terselubung seperti ini dan segera mengambil langkah. Kalau ini dibiarkan, saya yakin nanti akan muncul trik sejenis.

62 thoughts on “50% + 20%

  1. wah saya liat tuh, ada dept. store kayak gitu di malem takbiran … rencananya mau kesana eh hujan, ngga jadi deh. ngga jadi korban juga deh
    .-= Postingan kreatips : ScribeFire, Add-ons Firefox Untuk Mengelola Satu Atau Banyak Blog =-.

    [Reply]

  2. pancen nipu, tapi yo tetep aja sering tergoda, wong 50% aja udah banyak….

    udah tau sih pakdhe..cuma ya klo pengen piye ya? ehehehe
    .-= Postingan eskopidantipi : Lebaran =-.

    [Reply]

  3. Dampak kreatifitas tanpa batas kali ya pak. Orang pemasaran memang jago2 berkreasi dan hasil daya kreasinya kadang sangat tipis sekali dengan gaya2 mengelabui. Trims pak sudah mengingatkan, kadang kita suka terkecoh. Salam
    .-= Postingan arkasala : Cerita Mudik : Jembatan Kereta Api Cirahong =-.

    [Reply]

  4. Dengan tulisan Pak Mars ini, kita harus menjadi pembeli yang cerdas….
    .-= Postingan Deni : Ucapan Selamat Idul Fitri Via SMS =-.

    [Reply]

  5. ini curhat tho, pak guru?
    memang kalau kurang jeli, konsumen gampang terkecoh oleh promosi yang menyesatkan. musti sering-sering belanja biar semakin cerdik dan tidak gampang tertipu, mas. *saran yang menyesatkan*
    .-= Postingan marshmallow : Mudik by All Means =-.

    [Reply]

  6. Ini benar2 promosi terselebung. Itulah realita. Orang pinta mau mintari. Benar2 perbuatan yang sangat tidak fair…
    .-= Postingan Mengembalikan jati diri bangsa : Mengembalikan Jati Diri Bangsa =-.

    [Reply]

  7. Pak mar emang jeli..sapa sik, mantan guruku matematika je… 🙂
    .-= Postingan vb6mania : Happy Idul Fitri 1430 H =-.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *