Home > Realita > 50% + 20%

50% + 20%

September 22nd, 2009 Leave a comment Go to comments

Memang tak ada paksaan, sepintas tampaknya transparan, tapi kalau didalami lebih jauh akan tampak ada penyesatan terstruktur yang dilakukan oleh orang yang main2 dengan kepandaian serta kelicikannya.

Ulah pedagang untuk memperdayai pembelinya memang macam2 dan kadang cenderung keterlaluan. Salah satunya adalah diskon 50% + 20% yang dilakukan oleh penjual pakaian. Pengelabuan jenis ini justru terjadi di swalayan besar. Terpampang tulisan dengan warna mencolok, “DISKON 50% + 20%“. Orang awam yang berpikir lugu pasti mengira diskonnya adalah 70%, tapi dengan akal bulusnya, si pedagang menggunakan rumusnya sendiri.

Dengan diskon 50% + 20% layak diyakini bahwa diskon yang didapat adalah 70%, mengingat disitu dituliskan tanda +. Jadi untuk produk senilai 100.000, harusnya hanya membayar 30.000. Tapi oleh yang empunya, ngetungnya nggak kayak gitu. Diskon 50% dihitung lebih dulu, akan menghasilkan harga 50.000. Kemudian yang 50.000 ini didiskon 20% sehingga didapat harga akhir 40.000. Selisih 10.000 inilah yang patut dicurigai sebagai hasil penyesatan dan cenderung penipuan.

Kalau ini dianggap hal biasa dalam dunia perdagangan, sangat layak dipertanyakan, Ilmu Perdagangan mana yang dipakai. Kalau ini sebuah trik, haruskah trik itu dilakukan?. Kalau mau ndiskon mbok yang jelas, nggak mbulet kayak gitu. Sangat jelas bahwa tujuan pemecahan 50% + 20% itu hanya untuk menjebak.

Orang Indonesia memang kreatif, tapi terkadang kreatifitasnya dipakai untuk cari untung sendiri. Saya yakin akal2an macam begini hanya ada di Indonesia. Kalau memang 100.000 harus mbayar 40.000, knapa nggak terus terang dengan mengatakan diskonnya 60%?.

Itu tadi belum melihat harga pokoknya yang saya yakin sudah dinaikkan sedemikian rupa. Mana ada sich pedagang yang mau rugi…

Semoga Lembaga Konsumen jeli akan penipuan terselubung seperti ini dan segera mengambil langkah. Kalau ini dibiarkan, saya yakin nanti akan muncul trik sejenis.

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. Blog Ijo
    September 24th, 2009 at 14:07 | #1

    @Blog Ijo
    wakakkaa..le nyewo motor mabur luwih larang pak..

    [Reply]

  2. kreatips
    September 24th, 2009 at 15:03 | #2

    wah saya liat tuh, ada dept. store kayak gitu di malem takbiran … rencananya mau kesana eh hujan, ngga jadi deh. ngga jadi korban juga deh
    .-= Postingan kreatips : ScribeFire, Add-ons Firefox Untuk Mengelola Satu Atau Banyak Blog =-.

    [Reply]

  3. September 24th, 2009 at 16:22 | #3

    pancen nipu, tapi yo tetep aja sering tergoda, wong 50% aja udah banyak….

    udah tau sih pakdhe..cuma ya klo pengen piye ya? ehehehe
    .-= Postingan eskopidantipi : Lebaran =-.

    [Reply]

  4. arkasala
    September 24th, 2009 at 16:49 | #4

    Dampak kreatifitas tanpa batas kali ya pak. Orang pemasaran memang jago2 berkreasi dan hasil daya kreasinya kadang sangat tipis sekali dengan gaya2 mengelabui. Trims pak sudah mengingatkan, kadang kita suka terkecoh. Salam
    .-= Postingan arkasala : Cerita Mudik : Jembatan Kereta Api Cirahong =-.

    [Reply]

  5. Deni
    September 24th, 2009 at 18:42 | #5

    Dengan tulisan Pak Mars ini, kita harus menjadi pembeli yang cerdas….
    .-= Postingan Deni : Ucapan Selamat Idul Fitri Via SMS =-.

    [Reply]

  6. September 24th, 2009 at 21:45 | #6

    ini curhat tho, pak guru?
    memang kalau kurang jeli, konsumen gampang terkecoh oleh promosi yang menyesatkan. musti sering-sering belanja biar semakin cerdik dan tidak gampang tertipu, mas. *saran yang menyesatkan*
    .-= Postingan marshmallow : Mudik by All Means =-.

    [Reply]

  7. Mengembalikan jati diri bangsa
    September 25th, 2009 at 00:56 | #7

    Ini benar2 promosi terselebung. Itulah realita. Orang pinta mau mintari. Benar2 perbuatan yang sangat tidak fair…
    .-= Postingan Mengembalikan jati diri bangsa : Mengembalikan Jati Diri Bangsa =-.

    [Reply]

  8. September 25th, 2009 at 13:05 | #8

    cari untung pak..
    sekalian ngetes customer nya jeli apa nggak
    he.eh :)
    .-= Postingan kisaran : Google Tak Memakai Meta Keyword =-.

    [Reply]

  9. vb6mania
    September 25th, 2009 at 13:20 | #9

    Pak mar emang jeli..sapa sik, mantan guruku matematika je… :)
    .-= Postingan vb6mania : Happy Idul Fitri 1430 H =-.

    [Reply]

  10. September 26th, 2009 at 08:15 | #10

    kalo saya sih ga peduli lagi, namanya juga dagang, kalo saya butuh ya beli kalo ga butuh ya ga beli. daripada sakit hati mikirin ditipu\ :D
    .-= Postingan Dede TD : Steps to Resolve the "500 – Internal Server Error" =-.

    [Reply]

  11. February 25th, 2010 at 20:56 | #11

    keren nih….. top free email

    [Reply]

  12. February 25th, 2010 at 20:58 | #12

    keren nih….. top free email

    [Reply]

Comment pages
1 2 2351
  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~