Home > Realita > 9 Ramadhan 1365 H

9 Ramadhan 1365 H

August 5th, 2011

bendera_merah_putihJika mendengar tanggal 9 Ramadhan 1365 mungkin kurang familiar di telinga, tapi kalau 17 Agustus 1945 responnya akan beda. Padahal kedua tanggal itu terjadi pada saat yang sama yaitu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Seandainya Indonesia menggunakan kalender Hijriyah, maka peringatan kemerdekaan kita tidak dirayakan tiap 17 Agustus tapi tanggal 9 Ramadhan. Itu maknanya tiap mau HUT musti ngadakan rukyat maupun hisab. Bisa kejadian di suatu daerah sudah merayakan HUT tapi daerah lain belum.

Selamat Ulang Tahun Indonesiaku…

  • Ada banyak versi tentang penanggalan Hijriyah saat proklamasi kemerdekaan. Tanggal yang saya tulis bersumber dari wikipedia indonesia.
  • Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mempertentangkan antara penanggalan Masehi dan Hijriyah.
~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. August 5th, 2011 at 09:42 | #1

    Kebetulan sekarang juga bertepatan pada bulan Ramadhan

  2. August 5th, 2011 at 09:52 | #2

    sekali merdeka tetap merdeka !!! hehehe

  3. julie
    August 5th, 2011 at 09:53 | #3

    kalo gitu tiap taon indpendence day nya ganti2 donk pakdhe om

    ciwir cahbagus Reply:

    ya nggak-lah… tetep aja tanggal 9 Ramadhan
    emang mau ganti jadi tanggal 3 atau tanggal 6?
    😀

    niQue Reply:

    hiihhihi …. napa nya ko Jul? hihiiih
    tgl nya mah kaga gantilah, tapi harinya bisa jadi bukanJumat terus seperti hari Merdeka dulu 😀

  4. aming
    August 5th, 2011 at 10:04 | #4

    merdekaaa!!!!!!….

  5. Abi Sabila
    August 5th, 2011 at 10:12 | #5

    Dan, tahun ini sepertinya menjadi tahun yang cukup istimewa, dimana peringatan HUT RI jatuh di tanggal yang sama, 17 Agustus sekaligus juga 17 Ramadhan. Semoga dengan segala kemuliaan Ramadhan, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, baik fisik maupun moral dan mentalnya, merdeka dalam arti terbebas dari penjajahan syetan. Amin.

  6. August 5th, 2011 at 10:13 | #6

    marhaban ya Agustus!
    marhaban ya Ramadhan!

  7. niQue
    August 5th, 2011 at 10:39 | #7

    hahahahaha … iya tuh untung pake tanggalan masehi ….
    ah si bapak mah kepikiran aja dah ah …

  8. August 5th, 2011 at 10:53 | #8

    merdekaaa….
    semoga Agustus yg bertepatan dengan Ramadhan ini membawa keberkahan untuk Indonesia,, aamiin

  9. August 5th, 2011 at 11:00 | #9

    ini lumayan unik pak.
    kalau hari jadi kab. karawang diperingati 2x, saat tanggal masehi dan tanggal hijriyah.
    harlah-nya tgl 14 September 1633 atawa 10 Maulud 1102H. Ceremony yang dilakukan beda. Saat tanggal 14 sept, ada pidato2an di gedung dprd, kalau pas tanggal 10 maulud biasanya dilakukan bareng dng peringatan maulid nabi, dilengkapi dengan acara nyekar ke makam para bupati.

  10. susisetya
    August 5th, 2011 at 11:43 | #10

    apapun itu semoga Indonesia tetap merdeka dalam artian merdeka yang sebenar-benarnya…

  11. August 5th, 2011 at 13:24 | #11

    salam sahabat
    marhaban ya Ramadhan ya mas
    ehm mas di Semarang ya tinggalnya?

  12. August 5th, 2011 at 15:03 | #12

    Hihihi.. Pak Mars jeli juga. Selalu memandang dari sudut yang sederhana tapi kreatif. Salam hangat nggih Pak, dan selamat ramadhan..

  13. August 5th, 2011 at 15:40 | #13

    Coba kalau pakai penanggalan jawa. Bisa-bisa musti nunggu setiap jemuah legi, Pak.

  14. riez
    August 5th, 2011 at 17:03 | #14

    Indonesia merdeka dibulan suci

  15. August 5th, 2011 at 18:30 | #15

    merdeka pak….
    untung nggak ikut upacara…. 😀

  16. August 5th, 2011 at 18:46 | #16

    hihii saya baru tau pak.. Selamat ramadhan.. Marhaban ya ramadhan..

  17. August 5th, 2011 at 21:12 | #17

    saya rasa boleh menggunakan mana aja. penanggalan masehi mungkin lebih universal

    angry birds Reply:

    i agree that comment and i have just visit your site, this i s so great

  18. August 5th, 2011 at 23:29 | #18

    Yang jelas, 17 Agustus tahun ini sama dengan 17 ramadhan, Pak.

  19. yatim piatu
    August 5th, 2011 at 23:40 | #19

    memang ada baiknya kita merayakan ulang tahun negara ini diwaktu ramadhan.
    karna mungkin merayakannya tidak semeriah jika diluar bulan ramadhan.
    cocok dengan kondisi bangsa yang masih prihatin …

  20. August 6th, 2011 at 03:53 | #20

    Klau Ulang Tahun Hani jadi kapan PakDhe oM??? jadi beda-beda ya?? atau dirayakan dua kali saja, berdasarkan masehi dan hijriyah, hehehhe maksudnya biar dapat kado double :mrgreen:

  21. August 6th, 2011 at 08:12 | #21

    Hla terus ahli hisabnya siapa pak?

  22. obat penyakit jantung
    August 6th, 2011 at 10:22 | #22

    Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

    Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
    dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

    Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
    Atas nama bangsa Indonesia.
    Soekarno/Hatta

  23. cara mengobati
    August 6th, 2011 at 21:54 | #23

    wah yang mana ya,,,
    bingung juga,,

  24. Jadwal Puasa
    August 7th, 2011 at 00:50 | #24

    aku pikir tadi salah ketik…wkakaka…

  25. said
    August 7th, 2011 at 07:21 | #25

    wah, saya juga belum tahu kata hijriah sob.

  26. August 7th, 2011 at 11:14 | #26

    Anak saya lahir tanggal 17 Agustus dan tanggal 17 Ramadhan.
    Salam hangat dari Surabaya

  27. August 7th, 2011 at 22:49 | #27

    saya ga ngerti

  28. August 8th, 2011 at 13:24 | #28

    Selamat ulang tahun Indonesiaku…
    Eh, masih beberapa hari lagi ya… 😀

  29. August 8th, 2011 at 14:05 | #29

    Untung nggak pakai rukyat atau hisap ya pa dalam menentukan HUT RI kita.

  30. pasang iklan gratis
    August 8th, 2011 at 15:16 | #30

    Walaupun beda tetap satu jua….
    Selamat Ulang Tahun Indonesia Raya….

  31. akiong
    August 9th, 2011 at 00:59 | #31

    SELAMAT HUT INDONESIAKU…SEMOGA PEJABAT2NYA PADA SADAR…AMIN

  32. pasang iklan gratis
    August 9th, 2011 at 09:57 | #32

    Selamat Ulang Tahun Indonesia Raya…
    9 Ramadhan 1432 H….
    Semoga ada perubahan ke arah yang lebih baik…..

  33. Belajar Bisnis Online
    August 9th, 2011 at 10:51 | #33

    Hormat GRAK!! Selamat pagi, salam kenal mas…

    Mudah2an peringatan ini membuat kita semakin cinta pada Indonesia…

  34. August 10th, 2011 at 10:38 | #34

    Banyak yang tak memperhatikan itu ya pak, termasuk saya juga. Saya rasa hal itu karena patokan resminya dari teks proklamasi yang jelas menyebut tanggal 17 Agustus sehingga penanggalan hijriyahnya tidak diperhitungkan.

  35. achmad sholeh
    August 10th, 2011 at 15:16 | #35

    MERDEKA !!!!!!!

  36. obat alami diabetes
    August 11th, 2011 at 13:19 | #36

    postingan nya mantap nie gan

  37. Purwanto
    August 11th, 2011 at 15:08 | #37

    yang jelas kalau ramadhan nya bareng hut ri, acara karnaval ditiadakan…

  38. obat alami luka luka
    August 11th, 2011 at 15:58 | #38

    ya mudah mudahan indonesia makin mamaur amin…….

  39. August 11th, 2011 at 20:54 | #39

    jika sebelum peringatan 17 an kita melaktkan rukyatan dlu mungkin para pemimpin bangsa ini lebih beradab.

  40. August 12th, 2011 at 10:48 | #40

    Indonesia tidak bisa lepas dari ke-islaman….
    mantep gan infonya

  41. August 13th, 2011 at 01:20 | #41

    kalau HUT pas Ramadhan, gak ada lomba makan krupuk …..
    yang penting Dirgahayu Negeri ku …

  42. August 13th, 2011 at 09:26 | #42

    mantap mantap nie…….

@marsudiyanto
silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~