Home > Realita > 9 Ramadhan 1365 H

9 Ramadhan 1365 H

August 16th, 2009 Leave a comment Go to comments

bendera_merah_putihTanggal 9 Ramadhan 1365 pasti kurang familiar di telinga kita, tapi kalau 17 Agustus 1945 semuanya langsung paham, padahal kedua tanggal itu terjadi pada hari yang sama yaitu hari proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Tentang proses bagaimana kemerdekaan itu terjadi, siapa yang memproklamirkan dan di mana proklamasi itu dikumandangkan, bisa sahabat baca di blognya tetangga.
Saya mencoba menulis dari sudut pandang metalogika.

Begini
Seandainya peringatan kemerdekaan kita itu dirayakan bukan pada setiap 17 Agustus tapi tiap tanggal 9 Ramadhan, apa yang akan terjadi?.

Tiap mau HUT musti ngadakan rukyat atau ada yang pakai hisab. Kita harus menunggu pengumuman resmi dari pemerintah, hari apa pelaksanaan peringatannya. Bisa kejadian di suatu daerah sudah merayakan HUT tapi daerah lain belum. 😀

Beruntung, bahwa peringatan HUT RI menggunakan kalender Masehi sehingga kita peringati setiap 17 Agustus, bukan 9 Ramadhan.

Selamat Ulang tahun Indonesiaku…

NB :
Ada banyak versi tentang penanggalan Hijriyah saat proklamasi kemerdekaan. Tanggal yang saya kutip bersumber dari wikipedia indonesia.

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. August 16th, 2009 at 17:35 | #1

    yang penting bersyukur.. itu saja kok. tapi implementasi syukur itu loh yang sulit.
    .-= Posting : Minimarket Vs Toko Kelontong =-.

    [Reply]

  2. ciwir
    August 16th, 2009 at 17:37 | #2

    hut-nya setaun bisa dua
    .-= Posting : Launching Perpustakaan Warga =-.

    [Reply]

  3. suryaden
    August 16th, 2009 at 18:19 | #3

    harinya juga sami kan pak 😀
    .-= Posting : rimba hingar bingar kemerdekaan =-.

    [Reply]

  4. Ndoro Seten
    August 16th, 2009 at 18:46 | #4

    yo saya ikutan yang merdeka lebih cepet ae lah….

    [Reply]

  5. my blog 4 famouser dot com
    August 16th, 2009 at 21:00 | #5

    Kapan lagi ya pak 17 agustus bareng sama 9 Ramadhan?

    [Reply]

  6. August 16th, 2009 at 22:41 | #6

    kalo 17-san gak pas ramadhan malah peneran pak,gak puasa aja pas upacara semaput apalagi puasa yoye?
    .-= Posting : If you register your site for free at =-.

    [Reply]

  7. August 17th, 2009 at 00:09 | #7

    tapi, bakalan dadi rame 😆
    .-= Posting : Silaturahmi Blogger Ponpes Al-Hikmah 2 =-.

    [Reply]

  8. Wandi thok
    August 17th, 2009 at 00:44 | #8

    Nek nganti 17 an nganggo penanggalan hijriyah, mesthi kaya bada mengko pak. Iso upacara dwdw beda dinane. 😆
    .-= Posting : Proklamablog =-.

    [Reply]

  9. Sarimin
    August 17th, 2009 at 03:45 | #9

    Merdeka!
    .-= Posting : Memberi Sentuhan Windows 7 Di Linux Ubuntu =-.

    [Reply]

  10. detx
    August 17th, 2009 at 06:36 | #10

    wkwkwkwkwkw… onok onok wae yo kang. merdeka!!!!!
    .-= Posting : Pantang Pulang Sebelum Padam =-.

    [Reply]

  11. riffrizz
    August 17th, 2009 at 08:43 | #11

    merdeka, sebuah kata yang sulit untuk diraih, karena butuh perjuangan para pahlawan
    .-= Posting : 17 Agustus =-.

    [Reply]

  12. August 17th, 2009 at 12:26 | #12

    Versi Muhammadiyah, 1 Syawal jatuh pada tanggal 20 September. Sampeyan ngikut yang mana?
    .-= Posting : Romansa Wonosobo =-.

    [Reply]

  13. August 17th, 2009 at 12:28 | #13

    dari blog tetangga, Guskar
    http://sukarnosuryatmojo.wordpress.com/2009/08/05/misteri-angka-proklamasi/

    mungkin angka sembilan itu juga punya misteri, seperti angka 17
    .-= Posting : Panggil Aku Kartini Saja =-.

    [Reply]

  14. Mengembalikan jati diri bangsa
    August 17th, 2009 at 12:42 | #14

    @Dony Alfan
    Ikut Muhammadiyah
    .-= Posting : Dirgahayu Negeriku =-.

    [Reply]

  15. zenteguh
    August 17th, 2009 at 18:19 | #15

    Walah pak, kalo pake hisab dan rukyat, nanti Muhammadiyah dan NU “geger” lagi nentukan Proklamasi…..

    [Reply]

  16. BrenciA_KerenS
    August 17th, 2009 at 21:51 | #16

    ooo 9 ramadhan to?? lha sekarang aja belom ramadan
    .-= Posting : Dulu dan Sekarang =-.

    [Reply]

  17. achmad sholeh
    August 18th, 2009 at 08:22 | #17

    merdeka!!!
    .-= Posting : Renungan Di Hari Kemerdekaan =-.

    [Reply]

  18. August 18th, 2009 at 10:52 | #18

    Wah, baru tahu kalau 9 Ramadhan 1365 itu pas 17 Agustus 1945…
    makasih infonya pak! tukeran link dong! hihihi
    *sementara aman di posisi puncak klasemen komentator bulan ini*
    .-= Posting : Surat Khoe Seng Seng untuk Blogger Nasional =-.

    [Reply]

  19. ndop
    August 18th, 2009 at 11:31 | #19

    berati biyen pas poso no kang… hohoho… brati memang poso kuw akeh hikmahe. mungkin gara-gara poso, Indonesia iso merdeka! Walloohu a’lam…
    .-= Posting : Wawancara dengan Mbak Friendster =-.

    [Reply]

  20. baru belajar
    August 18th, 2009 at 21:24 | #20

    Wah iya juga, seperti hari Ramadhan tgl 1 harus nunggu pengumuman dulu

    Salam 🙂
    .-= Posting : Bulan Suci, Kemerdekaan dan Pornografi =-.

    [Reply]

  21. novi
    August 19th, 2009 at 06:20 | #21

    Untung itu gak terjadi pak.. aneh2 ae
    .-= Posting : Blogger Malhikdua dalam lawatan Tugupahlawan.com =-.

    [Reply]

  22. Blog Ijo
    August 21st, 2009 at 21:05 | #22

    perayaane iso bedho2 dinane..

    [Reply]

  23. September 23rd, 2009 at 10:51 | #23

    berarti ALLAH mmeberikan izin dan rahmatNya pada kita semua di bulan yang penuh berkah.. SUBHANALLLAH!!!

    [Reply]

  1. August 20th, 2009 at 18:16 | #1

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~