Abbr

Jika ketemu tulisan “abbr“, ingatan kita pasti tertuju pada kata “Abragadabra”. Padahal abbr yang dimaksud adalah singkatan dari abbreviation, salah satu elemen html yg dipakai untuk menjelaskan singkatan maupun pengertian dari sebuah istilah.

Teknik abbr bisa menghemat space area, terutama untuk tulisan yang memuat banyak singkatan dan istilah dalam bahasa asing. Memang ada cara lain yaitu dengan tag acronym (pernah saya tulis) tapi yang terakhir ini tidak direkomendasikan oleh para pakar html.

Untuk lebih jelasnya perhatikan kata bergaris berikut ini.
Contoh yang biasa : LDR, KBBI, UNESCO dan MeJiKuHiBiNiU.
Contoh yang anti biasa : FLU, CLBK, PKK dan Puskesmas.
Jika kata yang bergaris bawah tersentuh mouse, secara otomatis akan tampil penjelasannya.

Syntaxnya seperti ini

<abbr title="Koepoe Biroe Republik Indonesia">KBRI</abbr>

Hasilnya adalah tulisan KBRI.
Kode warna biru menunjukkan kalimat penjelasannya, yang merah adalah kata yang dijelaskan. Yang menggembirakan adalah bahwa kode ini suport di blog blogspot maupun wordpress.com

Saya amat yakin tulisan ini bakal banyak disentuh oleh penunjuk mouse, tapi saya juga bakal dibikin sibuk menyentuh komen yang masuk. YABEBP

37 thoughts on “Abbr

  1. Hahaha …

    Seingat saya duluuuu pak Mars pernah mengajari hal ini deh …
    tapi saya lupa tuh di postingan yang mana …

    Salam saya Pak Mars

    Dulu pakai tag acronym Om…
    Dan ternyata kata para ahli html, acronym itu tidak dianjurkan dan diseyogyakan pakai abbr ini

    [Reply]

    vizon Reply:

    OM NH

    Xixixixi…

    [Reply]

    nh18 Reply:

    hhhhhh

    Ikut Ngakak

    [Reply]

  2. Kalau bikin html banyak benar abbr-nya. berarti kita mesti ngapalin dong, Pak Mars?

    Enggak juga Bu…
    Kan tidak semua singkatan atau kata perlu penjelasan
    Cuma dipasang pada kata yang memang kita mau saja.
    Jadi ini tidak serta merta semua singkatan kita pasang kepanjangannya.
    Dengan kata lain kita nggak perlu menghafalkan.

    [Reply]

  3. aku nyoba kok gak berhasil …hihihi

    Kan tinggal copy paste lalu ngganti kalimatnya Mbak

    [Reply]

  4. itu sebabnya para ahli html lebih menyarankan penggunaan abbr disamping adanya symbol tanya untuk lebih menyatakan penjelasan. tapi saya lebih memaksakan seperti ini tkp untuk urusan tembak menembak pakde.

    Yang abbr ini kan untuk memberi penjelasan pada pembaca Mas, bukan untuk ngakali 😀

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *