About Me

Semula akan saya beri judul “Aku”, tapi kok terlalu berbau sastra dan terkesan mirip sajaknya Chairil Anwar. Saya juga merasa risih menggunakan sebutan “Aku” untuk menyebut diri sendiri. Budaya Jawa yang saya anut erat melekat di aliran darah saya, membuat penggunaan “Aku” untuk menyebut diri sendiri terkesan kasar. Sahabat bisa cek di tiap tulisan saya, 99% saya gunakan kata “saya” untuk menyebut diri sendiri. Kalau ada 1% yang memakai kata “aku” pastinya karena kealpaan saya. (Biarlah kata “aku” dipakai orang Jakarta saja… :D)

Kata lain yang mestinya kasar adalah penggunaan kata “sampeyan”. Saya sangat paham, bahwa menyebut dengan “sampeyan” untuk orang kedua adalah demikian nggak sopan. Kalaupun kata itu sering saya gunakan, semata hanya dalam tulisan. Dalam keseharian saya tak pernah memakainya.

Judul About Me itupun saya paksakan, hanya meniru saja karena saya memang tak mahir berbahasa Inggris. Menu2 yang berjajar di blog saya semuanya tiru2 belaka. Terseok2 saya membuat blog, semata karena keinginan saya untuk bisa seperti orang lain.

Banyak orang berpendapat, blog adalah cerminan pribadi kita. Tapi saya mengatakan tidak. Blog saya penuh warna, sementara saya tak demikian adanya. Banyak orang berkata, dunia maya dan nyata adalah beda, lagi2 saya berkata tidak. Apalagi antara saya dengan blog saya, keterhubungannya demikian nyata. Karena semua serba dikerjakan sendiri, maka apa yang terjadi di dunia nyata pastinya berimbas pula pada dunia maya yang dikelola. Tanggung jawab dunia sering menghambat perjalanan blog. Kalau saya pergi, pastinya kegiatan ngeblog akan terhenti. Itulah konsekuensi blog pribadi. Dunia mayapun ada duka dan sedih, sama seperti di alam nyata.

Banyak orang mengira saya selalu sumringah tanpa masalah seperti tulisan2 saya, padahal kenyataannya tidak. Itu bisa terjadi karena ada yang saya tutupi. Saya tak ingin kesedihan yang kadang menghampiri saya terekspose di tulisan saya. Saya bukan tipe orang yang suka curhat, meskipun saya juga bukan jenis orang tertutup. Yang terbuka dari saya masih banyak.

Lihatlah nama saya, meskipun cuma satu kata tapi saya bangga memakainya, sekaligus sebagai alamat blog saya. Lihat pula email dan beberapa identitas saya, pekerjaan saya dll tak satupun saya rahasiakan. Saya tak pernah mengubah apalagi memalsu diri misalnya dengan sebutan Sang Pendekar, Pangeran Kodok, Master Hipnotis, Mata Maut atau apapun yang muluk dan hebat, apalagi itu untuk diri sendiri.

Tampilan blog memang bisa disiasati, bisa diberi warna warni, themenya bisa diganti2. Tapi bagaimana dengan pemiliknya?. Yang rajin tetep rajin, yang malas tak akan berubah rajin. Yang penyabar tetap dengan kesabarannya, yang egois tak akan berubah jadi sabar. (Saya tau, egois dan sabar bukanlah lawan kata).

Saya sendiri bagaimana?.
Sadar sesadar2nya, sifat jelek saya lebih dominan. Saya suka menunda pekerjaan. Membalas kunjungan ke blog sahabat juga sering tertunda. Saya terlalu mudah percaya pada banyak orang, lebih sering tertipu ketimbang menipu. Tertipu secara materi sangat pernah, tertipu secara kepercayaan yang saya berikan pada orang juga iya. Saya egois, tak suka diduakan dalam banyak hal. Ketika saya memutuskan untuk melakukan sesuatu secara sendirian, maka saya lebih baik mundur dan tidak meneruskan ketika ada yang lain selain saya. (Yang ini pasti pada bingung karena sengaja saya samarkan).

Kalau sekali2 saya terlihat mengemis dolar, itupun bermula dari tiru2, yang tidak saya niatkan dari awal. Pertama blog saya bukan blog bisnis, kedua saya tidak ahli, ketiga kadang saya juga merasa tak nyaman kalau tiba2 nyelonong ada postingan aneh yang saya sendiripun tak paham apa maksudnya. Tapi mau bagaimana, karena dengan adanya itu nyatanya saya dapat sesuatu yang memang saya butuhkan. Maaf buat sahabat yang kadang terganggu dengan postingan yang seperti itu.

Terima kasih buat semua sahabat yang setia menemani saya dengan komentar yang ditulis di blog ini. Tiap komentar adalah ilmu, tiap kunjungan adalah silaturahmi dan saya percaya kekuatan silaturahmi. Saya mengenal banyak orang, saya punya banyak sahabat, saya merasa tak sendirian dan saya merasa ada yang menemani. Saya tak pernah bermimpi akan ada dalam suasana hangat seperti ini.

Ternyata menulis tentang diri sendiri justru lebih sulit ketimbang nulis sekenanya seperti yang selalu saya lakukan. Sebentar2 kehabisan ide untuk mengungkap apa yang saya rasa. Sahabat pasti tak percaya kalau tulisan ini saya susun dalam waktu 6 bulan. Kadang sehari cuma dapat sebaris, kadang seminggu satu katapun nggak dapat.

Postingan ini saya buat tak bermaksud narsis atau mempromosikan diri, tapi semata agar postingan selanjutnya tak terkontaminasi oleh ke”aku”an saya, sekaligus agar sahabat mengerti bahwa saya tak selalu secerah blog saya. Saya bisa menangis juga.

Sekali lagi, ini bukan curhat. Ini About Me… 😀

41 thoughts on “About Me

  1. cocok mas. dulu saya juga memakai nama ‘aku’ di tampilan blog, sudah saya ganti menjadi profil. sama mas, saya juga tidak sebagus yang ada dalam cerminan tulisan yang saya buat 😆

    Makasih responnya…

    .-= Postingan Badruz : Mengatasi Phobia =-.

    [Reply]

  2. Saya pun langsung menjura ke pak Mar… Saluuuttt…
    .-= Postingan arihevea : 3K = Karmic Koala in KDE … =-.

    [Reply]

  3. Saya justru sangat beruntung karena telah mengenal sosok pria yang ramah tama dan baik hari… Beliau adalah mister, guru saya…

    Lho, Sampeyan kan Orang Jakarta, knapa nggak pakai istilah “AKU”???

    [Reply]

  4. Karena huruf r dan t sangat berdampingan maka tlah terjadi salah ketik. Berhubung saya tidak punya tip ex, maka kata hari pada komentar diatas, saya ganti menjadi kata hati

    Maaf atas kekeliruan ini. Demikian ralat ini telah saya lakukan agar dapat dimaklumi
    🙂
    .-= Postingan Khairuddin syach : Akhirnya Blog Edu Didisable =-.

    [Reply]

  5. Waduh, kata katanya dalem banget he he he …
    bener, terkadang antara dunia nyata tidak sama dengan dunia maya. dan memang benar adanya, kalau blog itu mencerminkan pemiliknya, kalau orangnya lagi suka sama bola, ya dia akan posting tentang bola, kalau orangnya lagi jatuh cinta, ya dia akan tulis tentang suasana hatinya.
    dan bener banget, kalo nulis tentang pribadi ngga semudah nulis yang lainnya, (jadi curhat, he he he …)

    Mari Bercurhat…

    [Reply]

  6. keep spirit and stay cool mister, about me barat banget knp bukan tentang saya

    Lha ini…
    Oh No Oh Yess…

    .-= Postingan Panca : Dapat Pagerank 4 =-.

    [Reply]

  7. Iya, itu About You…

    Ini Muridnya Khayruddin M. Top Pastinya…

    .-= Postingan belajar blog : Google Banned =-.

    [Reply]

  8. Memang “saya” lebih kedengaran semanak dan halus,

    saya suka yang semanak dan halus…

    .-= Postingan belajar blog : Google Banned =-.

    [Reply]

  9. Selama ini kata ‘aku’ sudah jadi kebiasaan di tempa-‘ku’ karena tidak terkesan formal.
    Tapi… about me lebih enak terdengar di telinga hehehe…

    Mungkin karena kebiasaan saja.
    Kata apapun yg kita pakai, yang penting nyaman… 😀

    .-= Postingan reni : Menjalani hidup =-.

    [Reply]

  10. b’arti 6 buLan lagi beLum tentu Pak Mars bisa buat ‘About My Family’ atau ‘About My Wife’…

    Mungkin juga About my friends…
    (bener nggak ya, tulisan saya… :D)

    [Reply]

  11. wah kayanya ni bukan “about me” tapi “more about me” 🙂

    Mungkin Me nya terlalu panjang hingga seperti mie ya Mas… 😀

    .-= Postingan IHSAN : Google Update Page Rank (Lagi?) =-.

    [Reply]

  12. atau lebih tepatnya, all about me 😀

    salut buat pak marsud, banyak menginspirasi para blogger lain….

    Makasih responnya…
    Sukses juga buat sibaho way

    [Reply]

  13. what about me,…??? hehehhe
    .-= Postingan dameydra : Pelaksanaan Tunjangan Profesi Guru Tahun 2009 =-.

    [Reply]

  14. postingannya di tambah lagi pak biar jadi otto biografi
    .-= Postingan achmad sholeh : Trimakasih Gus Perahu Kertasnya Sudah Saya Terima =-.

    [Reply]

  15. namaku kok di dunia nyata dan di internet beda ya ?
    .-= Postingan riFFrizz : Mengganti Favicon WordPress.Org, WordPress.Com, dan Blogspot.Com =-.

    [Reply]

  16. saya sepakat dengan “aku” cenderung kasar dan lebih nyaman dengan menggunakan saya. Sayapun agak risih dengan menyebut aku. Namun kok saya baru tahu kalo sampeyan juga cenderung kasar saya pikir halus.
    Saya punya pendapat keterangan “about me” pak Mars sungguh manusiawi sekali, dan masing2 manusia memiliki banyak perpedaan. Satu hal barangkali arti dari artikel ini yang saya tangkap adalah perlunya untuk saling memahami.
    Terima kasih Pak Mars. Salam sukses selalu 🙂

    Dalam Bahasa Jawa, kata “Sampeyan” itu termasuk yang masih kasar Mas…
    Memang bisa mengakrabkan, tapi semua kembali ke kita.
    Sama seperti panggilan “Kang”.
    Kalau di Jawa Tengah, panggilan “Kang” itu juga kasar, tapi lain kalau di Jawa Barat. Di Jawa Barat panggilan “Kang” terkesan akrab, misalnya Kang Ibing, Kang Deddy, Kang Rohman dll.

    [Reply]

  17. njih pak, saya juga paham kalo njenengan itu tidak hanya terdiri dari lucu dan seneng belaka, sama kayak semuwa teman kita disini njih pak, sok-sok ngguyu sok-sok nangis…
    .-= Postingan grubik : tentang peMuda =-.

    [Reply]

  18. menjadi diri sendiri lebih bijak ketimbang berusaha menjadi orang lain,bukan begitu pak?

    tetap semangat pak

    [Reply]

  19. endinge marahi aku mbrabak Pak…

    nggih pun, dipun sekecakaken mawon bloge njenengan….

    pokoke blog iki tetep sing paling favorit menurutku!!!
    .-= Postingan ndop : Harga Sate Yang Aneh =-.

    [Reply]

  20. Hanya ingin menyapa mister…
    selamat sore dan selamat bermalam minggu
    salam untuk ibu dirumah….
    .-= Postingan Info Pendidikan Indonesia : Kontes SEO Mengembalikan Jati Diri Bangsa =-.

    [Reply]

  21. Dari semalam pingin komen disini susah bgt,om beta dasir knp g th..pdhl mau dpt petromax namun setiap klik about me..g bs msk kolom komem..

    [Reply]

  22. Menurut dasir lebih about batu dari pada me, pak..salam,makasih pak ya atas sarannya..alhamdulilah sdh lumayan blognya pak..dapat pr 2 lho pak sekarang..punya pak mars blm naik ya,punya mas alam kecipratan apdet pr juga pak..

    [Reply]

  23. Dan aku adalah aku, nama bog entah apa tak ada hubungannya dengan diriku…Identitas yang disamarkan, bukan maksud untuk menipu, itu semua karena aku adalah aku…..

    “IJoPunkJUtee”, dibangun atas permintaan para sahabat yang menginginkan karya2 mereka bisa dinikmati banyak orang, karena mengharap label melirik tinggallah mimpi yang menggantung jauh tinggi di awan.

    Toh klo dalam perjalanannya berisi hal2 lain asal cuap dan asal tereak, karena band IjoPUnkJUtee stuck di tempat karena sesuatu hal.

    Dan aku adalah aku, dengan segala penyamaran dan niat baik tulus ku…..

    [Reply]

  24. uneg2 yang sangat mencerahkan.

    pak mar suka menyentuh juga koq
    .-= Postingan novi cuk lanang : One Spirit One Nation, Gagalnya Persatuan Demi Pera-one =-.

    [Reply]

  25. Sampeyan kan kromo yang nomer buncit, saya pakai kalau ngomong sama sebaya. Kalau sama yang agak senior seperti panjenengan ya saya pakai kata panjenengan he he he.
    Apalagi arek Jombang atau Surabaya, biasanya menggunakan bahasa ngoko untuk sebaya atau yang lebih muda.

    Saya nulis juga awut-awutan, sak ketemunya.Saya sering menulis pengalaman sendiri,sekedar sharing. yang baik diambil yang kurang baik ditinggalkan.
    Pokoknya kita kompak mas, nulis terusssss saja ya.
    Salam hangat dari Jombang ( lagi mudik sambil mbetulkan kamar mandi ha ha ha)
    .-= Postingan Pakde Cholik : Penerima Seger-Segeran PageRank =-.

    [Reply]

  26. Tentang pak Marsudiyanto tidak sependek itu;
    masih banyak yang harus dieksplore tentunya;
    .-= Postingan munawar am : Saudara-Saudara Se Bangsa Dan Se Dunia Maya: Aku Ngeblog, Kamu ? =-.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *