Home > Anti Biasa, Intermeso, Realita > Ada Banyak Vicky

Ada Banyak Vicky

September 14th, 2013 Leave a comment Go to comments

Meski Vicky terkesan bukan nama asli Indonesia, tapi harus diakui bahwa ada banyak orang Indonesia yang menggunakannya. Selain Vicky Prasetyo, ada sederet nama lagi seperti Vicky Shu, Vicky Burki, Vicky Nitinegoro. Tapi bukan itu yang saya maksudkan.

Yang saya maksud dengan “Ada Banyak Vicky” adalah jauh sebelum Vicky Prasetyo muncul, sudah banyak yg bergayabahasa ala dia tapi lolos dari perhatian. Mulai dari politisi, selebriti, pejabat, pakar “SEO-SEO”an atau bahkan malah saya sendiri juga melakukan hal yang sama.

Jika kita jeli dan teliti, banyak sekali pernyataan orang baik melalui televisi maupun media lain yang bahasanya lebih parah dari yang digunakan Vicky Prasetyo. Mereka menyisipkan aneka istilah asing tanpa didukung dengan pemahaman yang mencukupi.

Menurut pendapat saya pribadi, justru gaya bahasa yang dipakai Vicky Prasetyo itu ada kecerdasan tersembunyi yang tak dipahami oleh umum. Ketika ada satu yang mengusik, barulah yg lain ramai2 turut serta menghakiminya.

Meski bukan ahli, tapi saya sangat mengerti kata2 yang diucapkan seseorang itu berkaidah ataukah nggladrah. Mereka yang merasa pakar SEO suka mengobral istilah yang saya yakin dia sendiri nggak begitu paham. Tapi karena audiennya lebih nggak paham, maka semua berjalan aman tenteram.

Semoga tulisan ini tak membuat yang baca membasuh sukma berprasangkakala. Marilah kita seolah-olahraga dengan permainan kata bak pujangga mayapada.

~ Grazie ~
Categories: Anti Biasa, Intermeso, Realita
  1. EventJogja
    September 14th, 2013 at 09:05 | #1

    slamat pagi om, meskipun virus vickynisasi dan vickynisme sedang menjangkit masyarakat indonesia, tapi saya yakin beberapa bulan lagi juga bakal ilang dgn sendirinya apalagi klo kasusnya sudah tidak heboh diberitakan oleh media πŸ˜€

    Sama seperti Arya Wiguna, sekarang sudah hilang πŸ˜€

    [Reply]

    EventJogja Reply:

    begitu juga dgn briptu norman πŸ˜€

    Caisar nanti juga bakal begitu…

    [Reply]

    Resep Sehat Reply:

    Hahaha, kok pada prediksi seperti itu ya?
    Wah-wah tapi bener juga sih.
    Sinta-Jojo dulu juga gitu kan? hehe
    Oalah ternyata hanya sesaat aja.

    Caisar juga akan seperti itu, cemerlangnya hanya sebentar

    [Reply]

  2. September 14th, 2013 at 09:16 | #2

    #hidupvicky

    Toss…

    [Reply]

  3. September 14th, 2013 at 09:30 | #3

    Weladalah saya juga suka nggladrah tanpa pakem ….
    Salam penggemar vicks saat pilek

    Saya lebih nggladrah Bu πŸ˜€

    [Reply]

  4. September 14th, 2013 at 09:43 | #4

    Bicara tentang Bahasa acak kadul…semenjak tragedy Vicky Prasetyo muncul saya jadi takut bicara, lha wong sebelum doi muncul bicara saya sering bikin orang ketawa dan saya cuek.
    Contoh; pas teman kantor ambilin minum yang airnya dingin padahal saya nggak suka minum air dingin/es, saya langsung bilang “Airnya kedinginan, saya gak bisa minum” airnya menggigil ya? baru nyadar lho…itu pun semenjak si Vicky muncul…harusnya terlalu dingin akan tetapi saya ingin menyingkatnya saja dan itu gak saya sengaja lho πŸ˜€

    Bahasa campuran? Kita sih terbiasa PakDhe Om, apalagi di dunia kerja dan lingkunagn kerja. Kita orang Indonesia tapi boss-nya bule yang membuat kita harus bicara Bahasa Inggris sehari-hari padahal Hani orang Jawa jadi campuran Inggris, Indonesia dan Jawa karena saya bangga berbahasa Jawa, ha ha ha

    Boss saya sampai suka bilang “emboh” sama “Piye” dan penempatannya salah, capek deh…

    Lha saya juga iya…
    Tapi karena ada orang yang memasalahkan bahasa Vicky, maka yang lain pada ikut nimbrung dan seakan tak pernah lakukan

    [Reply]

  5. September 14th, 2013 at 10:25 | #5

    Hehehe
    seperti yang saya tulis … gaya ini udah mulai kerasa “garing”
    udah nggak seru lagi …

    (cari sasaran yang lain)

    hehehe

    Salam saya

    Iya Om.
    Dan menurut saya, bahasa Vicky itu malah bisa dimengerti… πŸ˜€

    [Reply]

  6. September 14th, 2013 at 11:47 | #6

    saya jg sering liat status itu vickysisasi di twitter / path dll.. keliatannya pada latah smua kang πŸ˜€
    ikut2an teruss

    Sudah jadi kebiasaan masyarakat kita, begitu ada satu yang ngutik-utik, maka yang lain ikut nimbrung

    [Reply]

  7. September 14th, 2013 at 13:20 | #7

    wah saya termasuk yang kena pengaruh vickysisasi kayaknya Pak, dalam postingan Goyang Dolar kemarin

    Bisa buat bahan postingan Pak πŸ˜€

    [Reply]

  8. September 14th, 2013 at 14:04 | #8

    Walau hanya sedikit tetap saja pengaruhnya ada, buktinya ada tagline nya di sini, dan para komentator yang meninggalkan jejaknya seperti saya di kolom ini Pak. He,,, he,,, he,,,,

    Salam wisata

    Hahahahaha
    Kalau tagline di sini saya siapkan dengan baik, sampai buka2 kamus Pak πŸ˜€

    [Reply]

  9. September 14th, 2013 at 15:57 | #9

    Yah bagaimanapun bahasa Vicky ini cukup mengitik-itik telinga sehingga saya suka tergeli dan ingin mengetutkan bahasanya itu, Om.

    Kalau saya nggak terlalu pengin “ngetut”kan karena capek πŸ˜€

    [Reply]

  10. Reza Fauzi
    September 14th, 2013 at 19:07 | #10

    dan gaya bahasa vicky-pun mulai jadi bahan buat bercandaan di kampus saya -_-

    Kalau di SMA atau SMP belum ngetrend karena pikiran mereka nggak sampai kesitu πŸ˜€

    [Reply]

  11. September 14th, 2013 at 20:03 | #11

    Hebatnya kesalahan yang dibuat mereka menjadi daya tarik yang menguntungkan bagi mereka.

    Tapi orang lain terhibur juga dan bisa mengalihkan perhatian pada dolar yang melambung

    [Reply]

  12. September 14th, 2013 at 21:19 | #12

    saya juga pernah ada kesan dengan vicky, akan tetapi yang jelas bukan vicky diatas…vicky yang lain,hehe…benar pak mars, ternyata sungguh buanyak nama vicky.

    Ada Vicky Fatmala πŸ˜€
    Vicky Chandra; Vicky Amelia πŸ˜€

    [Reply]

  13. September 14th, 2013 at 21:48 | #13

    lucu juga, memberikan istilah yang tak diketahui sendiri karena audensnya memang tak paham lebih juga wkwkwk πŸ˜€

    Kalau baca statusnya orang yang merasa pakar SEO ada banyak istilah yang salah. Tapi karena yg baca nggak paham, makanya ya berlalu gitu ajah πŸ˜€

    [Reply]

  14. September 15th, 2013 at 03:28 | #14

    acakadut yang mulai ngetren…

    Mestinya jauh sebelum muncul Vicky sudah banyak orang yang bicaranya acakadut tapi orang lain cuek aja karena bosan

    [Reply]

  15. September 15th, 2013 at 04:20 | #15

    Jelas itu alur pikir yang gak nyambung. Sebaiknya memang mikir dulu sebelum ngomong, hehe…

    Ya sama seperti yang sering diucapkan para pejabat. Kalimatnya nggak jelas

    [Reply]

  16. September 15th, 2013 at 08:05 | #16

    udah ada yg mulai bikin kamus istilah Vicky..

    Iya Mas.
    Cepet banget

    [Reply]

  17. September 15th, 2013 at 15:58 | #17

    ndelok infotaimen neng tipi kok sampek senep aku (doh)

    Termasuk sinetron yang kejar tayang, dialognya mulai ikut2an bahasa Vicky

    [Reply]

  18. miko
    September 15th, 2013 at 19:19 | #18

    Lewat demokrasi liberal saat ini yang mengagungkan pemilihan langsung dan tanpa kesadaran ideologi & kaderisasi, gak jarang orang macam Vicky ini bisa mengangkat dirinya memegang legislatif bahkan eksekutif. Asal punya muka badak (dan mungkin sedikit beking)

    Banyak pejabat yang bahasanya lebih aneh dibanding punya Vicky

    [Reply]

  19. September 16th, 2013 at 07:41 | #19

    wong sing omongane mbuletisisasi kuwi tandane raiso dicekel omongane.. banyak berbohong jarene. soalnya dia ngomong gak pakek kontrol alias nggladrah haha

    Padahal rata2 pejabat kita omongane mbulet

    [Reply]

  20. September 16th, 2013 at 09:12 | #20

    penambahan kosa kata baru bagi Bahasa Indonesia…

    Hehehe
    Bisa menambah khasanah bahasa, sekaligus menghibur Mas

    [Reply]

  21. September 16th, 2013 at 09:13 | #21

    saya sepakat dengan pak Mars bahwa vicky prasetyo cocok dengan syahrini

    Bahasanya Syahrini juga “sok” ya Mas

    [Reply]

  22. September 16th, 2013 at 11:07 | #22

    Bahasne malah mudengi ya, Pak?
    Wong ditambah huruf a-s-i= ASI. :mrgreen:

    Menurut saya bahasanya Vicky masih bisa diterima Mbak. Orang2 saja yang ribut. Begitu ada satu yang komentar, yang lain pada nimbrung dan seperti menghakimi

    [Reply]

  23. September 16th, 2013 at 12:23 | #23

    vickynisasi dengan bahasa yang harmonisasi emang minta dikudeta ya pak..?

    tapi keren loh dia bisa menemukan kosakata baru yang bikin kontroversi hati membuat konspirasi kebersamaan bikin labil ekonomi negara πŸ˜†

    Intinya menurut saya, Bahasa Vicky masih bisa diterima dan dimengerti Mbak.
    Orang2 pada ribut karena ada yang memulai lalu yang lain ikut2an saja

    [Reply]

  24. Pakde Cholik
    September 16th, 2013 at 14:50 | #24

    Dulu ada Vicky Vendy penyanyi dangdhut
    Kita ternyata seneng dengan gaya ngomongnya mas Vicky karena bolak-balik muncul di Facebook
    Salam hangat dari Surabaya

    Orang sekarang pasti nggak tau Vicky Fendi Dhe…

    [Reply]

  25. September 17th, 2013 at 14:34 | #25

    Saya perhatikan heboh kasusiasi Vicky ini ramenya di socmed aja Pak, klo di sekitar rumah gak begitu heboh, malah cenderung gak ada pembicaraan. Apa karena banyak yang gak paham ucapannya jadi mereka diam aja..

    Iya Mbak.
    Di lingkungan sekitar jarang ada yang memasalahkan dan tidak popular

    [Reply]

  26. September 19th, 2013 at 21:09 | #26

    tapi ada nilai positifnya juga lho Pak Mars, ketika bahasa Vicky merebak, orang-orang jadi sibuk membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia dan mencoba mencari kebenaran yang ada…xixixi, jadi aneh dan lucu kan…

    Dan menurut saya, bahasa Vicky masih bisa dipahami πŸ˜€

    [Reply]

  27. September 20th, 2013 at 02:09 | #27

    dan facebo** saya pun terkena latahnya teman-teman.

    Padahal selain Vicky banyak juga yang bahasanya amburadul ya Mbak.
    Tapi karena nggak ada yang mengusik, maka aman-aman saja

    [Reply]

  28. September 20th, 2013 at 02:10 | #28

    ma’af ketinggalan, salam kenal pak mars

    Salam kenal dan terima kasih kunjungannya

    [Reply]

  29. January 23rd, 2014 at 20:33 | #29

    wah artikelnya bagus..
    lanjut bacanya dah wkwkw

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~