Adik – Kakak

Seandainya hubungan kekerabatan diperas dan hanya disisakan dua, maka saya memilih yang disisakan itu adalah adik dan kakak. Bukan bermaksud kembali ke jaman Pramuka, tapi selalu mencoba melihat dari sisi yang berbeda, sisi mana lagi kalau bukan sisi anti biasa.

Kalau kita mau melihat secara jernih, menelaah secara mendalam dan memahami secara luas, maka hubungan kekerabatan adik kakak tak biasa dianggap biasa, tapi sangat luar biasa.

Adik – Kakak adalah hubungan yang aman
Tak ada hubungan paling aman selain hubungan antara adik dan kakak. Setiap kita aman mengatakan punya hubungan layaknya adik kakak. Entah sebagai suami istri, keponakan dan Pak Liknya, anak dan bapaknya, menantu dan mertuanya atau guru dengan muridnya akan aman seaman2nya menyebut sebagai adik kakak. Tapi coba bayangkan bila tiba2 menantu dan mertua mengatakan hubungannya sudah seperti suami istri. Aman nggak kira2… 😀

Adik – Kakak adalah hubungan yang solid
Ketika adik melenyapkan kakak, itu maknanya dia melenyapkan diri sendiri. Adik bisa disebut adik manakala ada kakak, dan kakak bisa menyebut dirinya kakak manakala disampingnya ada adik. Adik kakak saling mengisi, saling melengkapi.

Adik – Kakak adalah hubungan yang saling
Melindungi dan membimbing bukan hanya monopoli kakak. Adikpun harus bisa melakukannya. Demikian pula menghormati bukan hanya kewajiban adik. Kakakpun wajib hormati adiknya. Adik kakak harus saling melindungi, saling membimbing, saling menghormati dan menyayangi.

Adik – Kakak adalah hubungan yang universal
Sesama lelaki bisa sebagai adik kakak, sesama anak SD bisa sebagai adik kakak, anak TK dan Mahasiswa juga bisa sebagai adik kakak. Tapi coba bayangkan kalau sepasang lelaki jadi suami istri, atau dua anak SD masing2 jadi menantu dan mertua.

Adik – Kakak adalah hubungan paling praktis
Nggak perlu mendaftar, nggak perlu ijin, tanpa registrasi dan tanpa biaya retribusi. Bandingkan dengan hubungan suami istri yang persyaratannya dari A sampai Z. Selain praktis juga gratis.

Adik – Kakak adalah hubungan yang ramai.
Seorang adik bisa memiliki sejuta kakak, dan seorang kakak bisa memiliki semilyar adik. Bayangkan kalau seorang suami memiliki seratus istri, apalagi istri punya empat puluh tujuh suami. Bayangkan pula kalau ada menantu punya seribu mertua. Apa Kata Dunia?

Sisi negatifnya sudah pasti ada. Tak satupun hubungan yang sempurna. Secara kasuistik bisa terjadi juga permasalahan antara adik kakak. Tapi ketika permasalahan itu terjadi juga di lainnya, maka hal seperti itu adalah hal biasa.

Terima kasih buat adikku yang selalu datang dan datang kesini. Semoga kamu nyaman menjadi adikku. Aku menghormati dan menyayangimu.

81 thoughts on “Adik – Kakak

  1. Lah,
    Kan sudah saya anggap adik saya sejak lama?

    [Reply]

    advertiyha Reply:

    saya belom merasa, coz belom ada cap jempol koepoe biroenya,,, hehehehe….

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya sudah siapkan postingan untuk Mbak lho…
    Kebetulan belum terbit…
    Dah jadi kemarin2 tapi ngantri…
    Ditunggu ya

    [Reply]

  2. Yang sudah nyaman nggak perlu diganti kok Bun
    Itu tadi kan kalau diperas tinggal 2
    Salam!

    [Reply]

    BlogCamp Reply:

    Pak Mars saja manggilnya
    jadi nuansanya semangat…..

    [Reply]

  3. Masih ngebayangin.. gimana kalau istri punya empat puluh tujuh suami.

    [Reply]

    BlogCamp Reply:

    pasti jalannya ngepot..kayak motor race..serrrrrrrrrrrr……..
    rujakan terus……

    [Reply]

  4. doh, aku gak duwe adik, gak duwe mas, nggolek bojo yo rung entuk entuk hu huuuuuuuuuu….

    [Reply]

    BlogCamp Reply:

    sama mas
    tapi bojo aku wis entuk

    [Reply]

  5. Wah, jadi inget kalau besok kudu ngelatih pramuka….

    [Reply]

    BlogCamp Reply:

    saya dah nggak ikut pramuka karena sudah nggak muda lagi

    [Reply]

  6. sayangnya saya tidak punya kakak-adik mas
    kalau punya pasti asyik tuh bisa saling utang duit….

    [Reply]

  7. adik kakak itu sangat indah pak mars, seperti akud an kakakku siti nurbaya, dalam saat jatuh maka dia menopang, saat bahagia dia berbagi, saat butuh di memberi dan meminta.. lalu tak ada lebih indah dari seorang adik – kakak

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *