Home > Ekspresi, Realita > Adik – Kakak

Adik – Kakak

Seandainya hubungan kekerabatan diperas dan hanya disisakan dua, maka saya memilih yang disisakan itu adalah adik dan kakak. Bukan bermaksud kembali ke jaman Pramuka, tapi selalu mencoba melihat dari sisi yang berbeda, sisi mana lagi kalau bukan sisi anti biasa.

Kalau kita mau melihat secara jernih, menelaah secara mendalam dan memahami secara luas, maka hubungan kekerabatan adik kakak tak biasa dianggap biasa, tapi sangat luar biasa.

Adik – Kakak adalah hubungan yang aman
Tak ada hubungan paling aman selain hubungan antara adik dan kakak. Setiap kita aman mengatakan punya hubungan layaknya adik kakak. Entah sebagai suami istri, keponakan dan Pak Liknya, anak dan bapaknya, menantu dan mertuanya atau guru dengan muridnya akan aman seaman2nya menyebut sebagai adik kakak. Tapi coba bayangkan bila tiba2 menantu dan mertua mengatakan hubungannya sudah seperti suami istri. Aman nggak kira2… :D

Adik – Kakak adalah hubungan yang solid
Ketika adik melenyapkan kakak, itu maknanya dia melenyapkan diri sendiri. Adik bisa disebut adik manakala ada kakak, dan kakak bisa menyebut dirinya kakak manakala disampingnya ada adik. Adik kakak saling mengisi, saling melengkapi.

Adik – Kakak adalah hubungan yang saling
Melindungi dan membimbing bukan hanya monopoli kakak. Adikpun harus bisa melakukannya. Demikian pula menghormati bukan hanya kewajiban adik. Kakakpun wajib hormati adiknya. Adik kakak harus saling melindungi, saling membimbing, saling menghormati dan menyayangi.

Adik – Kakak adalah hubungan yang universal
Sesama lelaki bisa sebagai adik kakak, sesama anak SD bisa sebagai adik kakak, anak TK dan Mahasiswa juga bisa sebagai adik kakak. Tapi coba bayangkan kalau sepasang lelaki jadi suami istri, atau dua anak SD masing2 jadi menantu dan mertua.

Adik – Kakak adalah hubungan paling praktis
Nggak perlu mendaftar, nggak perlu ijin, tanpa registrasi dan tanpa biaya retribusi. Bandingkan dengan hubungan suami istri yang persyaratannya dari A sampai Z. Selain praktis juga gratis.

Adik – Kakak adalah hubungan yang ramai.
Seorang adik bisa memiliki sejuta kakak, dan seorang kakak bisa memiliki semilyar adik. Bayangkan kalau seorang suami memiliki seratus istri, apalagi istri punya empat puluh tujuh suami. Bayangkan pula kalau ada menantu punya seribu mertua. Apa Kata Dunia?

Sisi negatifnya sudah pasti ada. Tak satupun hubungan yang sempurna. Secara kasuistik bisa terjadi juga permasalahan antara adik kakak. Tapi ketika permasalahan itu terjadi juga di lainnya, maka hal seperti itu adalah hal biasa.

Terima kasih buat adikku yang selalu datang dan datang kesini. Semoga kamu nyaman menjadi adikku. Aku menghormati dan menyayangimu.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi, Realita
  1. nakjaDimande
    July 14th, 2010 at 10:35 | #1

    ah yang bener?

    tapi.. bener juga siyh.
    diperkampungan narablog aku punya kakak, mas, juga mbak yang banyak
    tapi pacar cuman punya satu.

    jadi memang lebih baik adik kakak.. bisa punya banyak.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Bundo…
    Knapa musti ada kalimat paling atas itu?
    Berarti Bundo selama ini nggak percaya dengan kebenaran tulisan saya ya?

    [Reply]

  2. nakjaDimande
    July 14th, 2010 at 10:39 | #2

    tapi aku gak mau jadi adik kakak klo sama kekasihku

    :P

    [Reply]

    Mars Reply:

    Lalu jadi apa?
    Menantu dan mertua, gitu?
    Xixixixixi…
    Bundo mulai aneh2…

    [Reply]

    Nok Reply:

    @ Pak Mars:
    Maklum lah, eMak itu lagi kasamaran, makanya suka aneh dan nganeh-nganehi bin nganu… :mrgreen:

    [Reply]

    Hari Mulya Reply:

    Bundo lagi puber ke tiga beLas…

    guskar Reply:

    bener nok…
    ceblok demen-nya bundo lagi akut2nya :P

    nakjaDimande Reply:

    gak baik membicarakan orang tua seperti itu.

    BlogCamp Reply:

    aku juga nggak mau

    [Reply]

  3. July 14th, 2010 at 10:51 | #3

    terima kasih kak atas bimbingannya..jangan kapok ya..
    *loh*

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iya Dik Kakang…
    Loh… :D

    [Reply]

  4. julianusginting
    July 14th, 2010 at 11:28 | #4

    sob, adik-kakak terkadang ga cocokan kok, byk yg begitu, bertengkarlah krn masalah kecil.itu gm sob?

    [Reply]

  5. July 14th, 2010 at 11:41 | #5

    adik-kakak adalah hubungan yang harmonis
    tidak sedikit fakta: kakak dan adik yang tidak akur, bertengkar, saling mencela, bahkan mungkin saling menyakiti. Tapi toh akhirnya akur kembali, tentu saja itu smua tak luput dari peran orang tua sebagai kunci.

    :komenranyambung:

    [Reply]

    guskar Reply:

    sing penting ora OOT!

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iya Gus…
    GusKar gak pernah OOT kok

    [Reply]

  6. budiarnaya
    July 14th, 2010 at 11:59 | #6

    Wah saya sudah terlanjur menggunakan kata Pakde gimana nich ??

    [Reply]

    Mars Reply:

    Ya yg sudah enak dilanjutkan ajah :D

    [Reply]

  7. riFFrizz
    July 14th, 2010 at 12:26 | #7

    kakak itu bukan adik, adik itu bukan kakak, betul nggak ya ??

    [Reply]

  8. Reza
    July 14th, 2010 at 12:45 | #8

    Saya kok gak punya adik? malahan punya kakak2…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Nanti kan punya adik kecil…

    [Reply]

  9. July 14th, 2010 at 13:22 | #9

    Hhmmm…

    [Reply]

  10. July 14th, 2010 at 13:30 | #10

    apapun hubungan kekerabatan kita, yang paLing utama adaLah saLing sayang menyayangi…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Setuju 100%

    [Reply]

  11. advertiyha
    July 14th, 2010 at 13:34 | #11

    wuahhhh… indahnya menjadi adikmu pak Mars… andaikan kakakku dapat memaknai tulisan pak Mars ini, pasti semua akan lebih menyenangkan,, thanks for share pak.. :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Lah,
    Kan sudah saya anggap adik saya sejak lama?

    [Reply]

    advertiyha Reply:

    saya belom merasa, coz belom ada cap jempol koepoe biroenya,,, hehehehe….

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya sudah siapkan postingan untuk Mbak lho…
    Kebetulan belum terbit…
    Dah jadi kemarin2 tapi ngantri…
    Ditunggu ya

  12. July 14th, 2010 at 13:40 | #12

    Adik – Kakak …
    itu juga sebagai sarana untuk mendinginkan hati … (bahasa jawanya … ngerih-rih)
    sebuah upaya penghiburan basa-basi …
    mencoba untuk menerima kenyataan …
    ketika … Cinta Ditolak …

    “Ah sudahlah … saya jadi kakak kamu saja yaaaa …”
    “nggak papa yaaaa … kita kan bisa menjadi kakak – adik …”
    yaaa pokoknya yang cemen-cemen gitu deh …

    hahahaha

    Salam saya Mr Mars

    [Reply]

    Mars Reply:

    Betul sekali Om…
    Analisanya Om NH Toplah
    Salam!

    [Reply]

  13. Surya I Putera
    July 14th, 2010 at 14:38 | #13

    kalau “adik” – “kakak” ketemu dah gede gimana tuh ?

    [Reply]

  14. July 14th, 2010 at 15:34 | #14

    betul…betul…betul….
    sepakat dengan Pakdhe Mars

    [Reply]

  15. Anas
    July 14th, 2010 at 15:37 | #15

    Terima kasih kakak.. hehehe

    [Reply]

    Mars Reply:

    Sama2 Dik…

    [Reply]

  16. July 14th, 2010 at 15:49 | #16

    kata orang sunda mah pak

    Hade goreng tetep adi lanceuk ….

    (monggo di translate via hoogle hehehehe)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Waduh…
    Bingung Om…

    [Reply]

  17. andikurnia
    July 14th, 2010 at 15:58 | #17

    hahaha….saya dapat rujukan dari seorang teman tentang tulisan ini….

    (^_^), menarik juga maksudnya….

    btw, salam kenal kak…. (^_^)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Salam Kenal Mas Andi…

    [Reply]

  18. iwan
    July 14th, 2010 at 18:46 | #18

    Usul Pak, tambah 1 lagi, hubungan orang tua anak juga aman ( mungkin ) :D

    [Reply]

  19. July 14th, 2010 at 22:28 | #19

    haha..
    pacar saya manggil saya “abang”,
    tapi saya gak manggil dia “adik”..
    lagian, dia juga gak mau dipanggil “adik”

    [Reply]

    Mars Reply:

    Adik Bebek

    [Reply]

  20. guskar
    July 14th, 2010 at 22:40 | #20

    sak umur2 saya blm pernah punya kakak…

    [Reply]

    rimba Reply:

    sa umur2 saya belum pernah punya adik.. :)

    [Reply]

    nakjaDimande Reply:

    @Kyaine
    aku akan menjadi kakakmu, dik..

    @Rimba
    lha itu adikmu ada 3..?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya apanya ya?

    [Reply]

  21. Zupy
    July 14th, 2010 at 23:06 | #21

    kalau saya susah, uda biasa panggil kakak istri sebutan nma aja..gimana ya..?

    [Reply]

  22. July 15th, 2010 at 00:46 | #22

    wah itu sih ga cuma untuk manusia, binatang pun sama. contohnya katak. sampai dibikin sitilah katak beradik. hehehe…

    [Reply]

  23. dasir
    July 15th, 2010 at 01:08 | #23

    Sy punya 7 kakak tp g pny adik, tp bnyk yg manggil sy kak dasir, py iki kak mars?

    [Reply]

  24. adib
    July 15th, 2010 at 05:27 | #24

    hahahaa Kreatif pak..jd meskipun awalnya Mumet wkwkwkwkwkw

    [Reply]

  25. July 15th, 2010 at 06:08 | #25

    Bener bener bener
    wah pak Guru idenya apik-apik je

    [Reply]

  26. Warung Online
    July 15th, 2010 at 06:39 | #26

    Blog ini tulisannya benar-benar luar biasa, selalu tidak biasa memang. Idenya ada-ada saja, dikemas lucu. Bahkan terus terang tidak pernah terpikirkan selama ini untuk menjadi sebuah bahasan.

    [Reply]

  27. July 15th, 2010 at 07:49 | #27

    fast reading… *terbawa spammer di plurk* :-p

    [Reply]

  28. July 15th, 2010 at 07:53 | #28

    Halo kang!
    *menganggap pak Mars sebagai kakak*

    [Reply]

  29. Jidat
    July 15th, 2010 at 08:11 | #29

    Kak Mars, semua yang ada diatas memang benar. Hubungan atau abang2e lambe kakak adik emang lebih merasa enak daripada hubungan yg lain.halah. .

    [Reply]

  30. July 15th, 2010 at 08:12 | #30

    Iya e, Pak… betul :P nggak kebayang kalo disebut suami-istri :p wakakakakak paling solid emang adik-kakak dah :D

    [Reply]

  31. July 15th, 2010 at 09:15 | #31

    tapi jadi adik selalu disuruh inih itu MR.M

    tak bisa menolak :(

    aku punya kakak,tapi tak punya satupun adik

    tapiii..
    didunia maya aku punya kakak dan adik ,senangnyaaa.. :)

    Kakak koepoe biru,trimakasi yaah kakak…

    [Reply]

    Vyan RH Reply:

    jadi Ragil gitu ya nen9?
    kalo akangmu juga RAGIL= RADA GILA.. :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iya Adik Rimba…. :D

    [Reply]

  32. July 15th, 2010 at 12:41 | #32

    Tapi anehnya pak Mars kok panggil Vyan dengan sebutan “mas”, padahal aku lebih tepat disebut “adik” ato “anak” setuju kan?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Itu saya manggilkan anak menantu saya Mas… :D

    [Reply]

    nakjaDimande Reply:

    katanya adik ipar :P

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iya deh…
    Adik Ipar… :D

  33. July 15th, 2010 at 13:17 | #33

    Dik Marsudi..postingannya semakin hari semakin unik aja..bolehkan saya menganggap Dik Marsudi sebagai adik saya?? biar aman gitu..sesuai postingan ini..hehehe…nyuwun pangapunten sak derengipun…

    [Reply]

    Mars Reply:

    matur Nuwun Kakak Joell

    [Reply]

  34. adin
    July 15th, 2010 at 13:53 | #34

    fakta tentang hubungan adik dan kakak yang ternyata luput dari perhatian saya,hehe..

    [Reply]

  35. July 15th, 2010 at 16:49 | #35

    jadi……….aku sekarang manggil Pak Guru……… Kakak Guru ,gitu?
    kok gak enak dengernya , gak pas ditelinga……….
    emoh akh! aku tetap panggilnya Pak Guru Mars aja…………. (* ngeyel khan? *) :D
    salam

    [Reply]

    Mars Reply:

    Yang sudah nyaman nggak perlu diganti kok Bun
    Itu tadi kan kalau diperas tinggal 2
    Salam!

    [Reply]

    BlogCamp Reply:

    Pak Mars saja manggilnya
    jadi nuansanya semangat…..

    [Reply]

  36. July 15th, 2010 at 18:48 | #36

    Masih ngebayangin.. gimana kalau istri punya empat puluh tujuh suami.

    [Reply]

    BlogCamp Reply:

    pasti jalannya ngepot..kayak motor race..serrrrrrrrrrrr……..
    rujakan terus……

    [Reply]

  37. July 15th, 2010 at 20:30 | #37

    doh, aku gak duwe adik, gak duwe mas, nggolek bojo yo rung entuk entuk hu huuuuuuuuuu….

    [Reply]

    BlogCamp Reply:

    sama mas
    tapi bojo aku wis entuk

    [Reply]

  38. July 15th, 2010 at 21:31 | #38

    Wah, jadi inget kalau besok kudu ngelatih pramuka….

    [Reply]

    BlogCamp Reply:

    saya dah nggak ikut pramuka karena sudah nggak muda lagi

    [Reply]

  39. Blogger Cikarang
    July 15th, 2010 at 23:24 | #39

    adik-kakak jadi inget waktu pramuka pakdhe :)

    [Reply]

  40. TuSuda
    July 16th, 2010 at 02:25 | #40

    setuju, sebutan ini semakin mengakrabkab hubungan persahabatan.

    [Reply]

  41. BlogCamp
    July 16th, 2010 at 09:35 | #41

    sayangnya saya tidak punya kakak-adik mas
    kalau punya pasti asyik tuh bisa saling utang duit….

    [Reply]

  42. July 16th, 2010 at 14:01 | #42

    adik kakak itu sangat indah pak mars, seperti akud an kakakku siti nurbaya, dalam saat jatuh maka dia menopang, saat bahagia dia berbagi, saat butuh di memberi dan meminta.. lalu tak ada lebih indah dari seorang adik – kakak

    [Reply]

  43. her
    July 23rd, 2010 at 19:54 | #43

    terima kasih y

    [Reply]

  44. Iswanto
    February 24th, 2011 at 04:00 | #44

    Mengapa adik selalu di suruh terus ya???

    [Reply]

  45. May 31st, 2011 at 15:22 | #45

    Artikel yang menarik. Salam pendidikan http://fis.uii.ac.id/

    [Reply]

  1. July 14th, 2010 at 11:53 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~