Akhmad Asikin

Pak Akhmad Asikin adalah teman saya, sesama guru SMA. Beliau ini termasuk dermawan karena suka bagi2 beras secara gratis yang dikenal dengan istilah RasKin a.k.a Berasnya Pak Asikin

Kali ini tidak membahas tentang raskin tapi tentang nama Akhmad Asikin. Meski hanya terdiri dari 2 kata, tapi ternyata tak mudah bagi orang lain untuk menulisnya secara benar. Saya melakukan survey terhadap 500 muridnya Pak Akhmad Asikin. Saya menyebut nama Akhmad Asikin, lalu responden saya minta menuliskannya di selembar kertas.

Dan ternyata hasilnya amat bervariasi dan amat mencengangkan. Untuk nama depan ada 8 variasi jawaban yaitu Akhmad, Ahmat, Achmat, Akhmat, Ahmad, Achmad, Akmat dan Akmad.

Untuk nama belakang ada banyak sekali variasi yaitu Asikin, Asiqin, Asikhin, Asichin, Asyikin, Asyiqin, Asyikhin, Asyichin, Asikien, Asiqien, Asikhien, Asichien, Asyikien, Asyiqien, Asyikhien, Asyichien, Azikin, Aziqin, Azikhin, Azichin, Azyikin, Azyiqin, Azyikhin, Azyichin, Azikien, Aziqien, Azikhien, Azichien, Azyikien, Azyiqien, Azyikhien, Azyichien

Apabila dihitung menggunakan kaidah pencacahan matematika maka dalam menulis nama Akhmad Asikin bisa memiliki 8 x 32 atau 256 kemungkinan yang juga bisa dimaknai memiliki potensi salah penulisan yang sangat tinggi.

Semoga hal ini tidak terjadi pada nama Anda…

25 thoughts on “Akhmad Asikin

  1. salam wat Pak Asikin 😀


    Dah saya sampaikan…

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    bar komeng… agi tak woco… ngko komeng maneh 😛


    Ora tak gagas…

    [Reply]

    ImamS Reply:

    Melu2 komeng ah…
    Melu2 komeng ach…
    Melu2 komenk akh…


    Aq….

    [Reply]

  2. Itu karena menggunakan nama yang mengandung serapan bahasa ‘Arab.

    Maka dari itu, pak guru…
    yang paling pas dan tak akan ada kaidah lain selain satu susunan kata dari keduanya adalah menggunakan huruf hijaiyyah.


    Kalau ditulis pakai huruf Jawa akan makin parah ajah itu Mas… 😀

    [Reply]

  3. klo nama kakak siyh apa adanya.. sederhana.
    jadi jarang terjadi kesalahan.

    gak kayak nama Dik Sudimaryanto


    Siapa bilang… 😀
    Bisa Adelma Rahmi, Adelma Rahmie, Adelma Rahmy, Adelma Rachmi, Adelma Rachmie, Adelma Rachmy, Adelma Rakhmi, Adelma Rakhmie, Adelma Rakhmy

    Malah ada yang tanya…
    Adel Ma siapa?
    Ma siapa saja boleh…

    [Reply]

    nakjaDimande Reply:

    ah adik.. bisa aja.


    Adik emang serba bisa aja… 😀

    [Reply]

  4. tulisan yang super duper iseng. dikirain mu bahas kehidupan bapak asikn yang baek yang suka bagi2 beras.hhohhohoo…

    nama saya juga sering salah kok : nih ya , yang benr :annisa dwi anggraini
    tapi sering nulisnya :anisa anissa annisa ‘ dwi’ anggraini anggraeni angraini.

    huff…..


    Nama saya juga sering ditulis salah Mbak…

    [Reply]

  5. Inilah yang disukai para pemirsa Pakde…selalu membawa arti meskipun dalam suatu artikel..kalau nama Budi gimana pakde…ditunggu pakde …mau kunjung balik lagi 😉

    [Reply]

  6. Saya usul, supaya tidak terjadi kekeliruan, nama orang tidak boleh pakai huruf, tapi pakai angka, bisa seperti no telpon, no IP. Jelas tidak mungkin lagi terjadi kesalahan penulisan, tapi bisa bikin bludreg untuk menghapalnya.


    Asli aku ngakak puoll dengan usulan ini…
    Bhuahahahaha…..

    [Reply]

  7. Nama saya jarang salah, tapi kalo panggilan malah sering salah, maunya dipanggil mbak eh malah pada manggil Mas,,, 🙁
    *nasib*

    [Reply]

  8. Tapi kalau survernya disuruh menulis ikan asin, pasti tak ada yang salah, haahahahaha…. ::idesegar::

    [Reply]

  9. Pingback: auto rentals

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *