Antara Obat Dan Tulisan

Sehebat apapun suatu obat, tak ada yang bisa menyembuhkan segala penyakit. Pil Kina mungkin bisa mengobati Malaria, tapi tak akan berdaya sembuhkan sakit mata. Sekuat apapun Obat Kuat, pasti tak cukup kuat untuk menghilangkan panu, kadas dan kurap*).

Demikian juga dengan sebuah tulisan. Tak ada satu “tema”pun yang cocok untuk semua kalangan, tak ada satu karyapun yang mampu memikat semua orang. Berharap terlalu tinggi agar tulisan kita disenangi semua orang justru hanya dapatkan kekecewaan.

Mau dipaskan seperti apapun pasti ada yang nggak pas, mau disempurnakan kayak apapun, pasti nggak akan pernah bisa sempurna. Tak ada yang disuka semua tapi juga tak ada yang tak disuka semua. Intinya, tetap semangat, tetap menulis. Mari kita nyamankan diri…

*) Kalau panu kadas dan kurap diolesi obat kuat, jadinya malah melebar dan membesar

67 thoughts on “Antara Obat Dan Tulisan

  1. iya, saya setuju… sebuah blog punya pasar sendiri, entah pasarnya luas atau lebih sempit….

    *)siapa tuh yang pernah secara sengaja atau salah baca instruksi mengolesi panu dengan obat kuat?

    Itu orang iseng Mas… πŸ˜€

    [Reply]

  2. bener banget Kang
    terkadang tulisan kita gak ada daya tariknya blas…
    tapi ya udah, yang penting otak jalan
    nulis buat obat anti pikun..
    salam sukses..

    sedj

    Kadang yg menurut kita nggak menarik dan nggak ada apa2nya malah dapat respon bagus Mas…

    [Reply]

  3. weits kemanakah warna pink yg biasa nampak bila pak mars menjawab kami??? πŸ˜›

    Nggak tau Mas…
    Sehabis upgrade ke WP 3.0.5 malah di kotak komentarnya nggak suport πŸ˜€

    [Reply]

  4. kalau masalah knapa bisa masuk saya ngk tau kpak..om khai yg lebih tau heheh

    Om Khay Sibuk nyewek… πŸ˜€

    [Reply]

  5. yen nulis obat kuate ana apa ora, pak mar, hehe …. kadang2 nulis perlu tambahan suplemen, hiks.

    Lha nek obat nggo kuat nulis ono Pak…
    Rokok karo wedang kopi…

    [Reply]

  6. Setuja, Pak.
    Saya awalnya ngoyo woro mau nulis posting super serius dengan menembak satu niche tertentu. Eh, malah tertekan habis. Akhirnya memilih jalan seperti yang ditempuh Pak Mars. Yang penting saya enjoy menjalaninya, habis perkara!

    Kita jadi leluasa ketika tidak membatasi diri sendiri Mas…

    [Reply]

  7. Hebat ah pak eM…. emang bener kita tidak bisa memuaskan semua orang ya pak. Kalau mau memuaskan semua orang bisa mati loyo kita πŸ˜€

    EM

    Iya Bener…
    Makanya saya berprinsip, yang penting saya nyaman dan nggak nyakiti atau nyinggung orang lain.
    Salam!

    [Reply]

  8. suatu masalah memang lebih baik diselesaikan oleh ahlinya… urusan setting2 blog? sarhkan pada ahlinya.. om mars… πŸ˜‰

    Setuju Mas…

    [Reply]

  9. ketika ‘kelesuan’ untuk menulis sedang melanda, memang sebaiknya baca tulisan-tulisan yang membangkitkan motivasi dari Pak Mars seperti halnya tulisan ini.
    Salam hangat dan sukses selalu.

    Mari semangat Mas…
    Maju terus pantang mundur

    [Reply]

  10. Nobody’s perfect. Kalau mau disukai semua orang, jadi malaikat aja kalee. Hehehe…
    Saya juga heran kalau ada yang tiba-tiba komentar yang tidak sesuai topik yang dibahas. Salah room mungkin. πŸ˜›

    Iya Mas…
    Kadang kita kerema-ketemu yang seperti itu

    [Reply]

  11. Tak ada satu β€œtema”pun yang cocok untuk semua kalangan karena ngga ada manusia yang sempurna…

    [Reply]

  12. Tulisan sejak awal hanya untuk diri sendiri, jika yang menulis puas apakah perlu pendapat pembaca?

    Sejak tulisan berpindah ke otak pembaca bukankah itu menjadi milik pembaca?

    Sejak tulisan masuk ke otak kita dan keluar dari tangan kita, apakah tulisan itu dari kita atau dari . . . bukankah kita tidak akan mampu membuat ide sendiri. . .milik siapakah tulisan itu?

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *