Home > Ekspresi > Antara Pemerintah, Pejabat, Rakyat dan Negara

Antara Pemerintah, Pejabat, Rakyat dan Negara

Jaman saya sekolah sudah pernah mempelajari, tapi entah knapa nyatanya sekarang ini tiap ketemu istilah pemerintah, rakyat, bangsa dan negara selalu nggak paham2. Saya tidak menjebak, ini murni tanda tanya besar saya.

Kalau nyari di buku atau googling pasti menemukan definisinya. Tapi ketika sudah dalam implementasi, barulah saya jadi bingung sebingung2nya.

Pemerintah dan Pejabat itu sama atau beda?
Kok ada istilah Pejabat Pemerintah tapi belum pernah dengar Pemerintah Pejabat.
Pemerintah itu manusianya apa jabatannya atau dua2nya?
Bagian dari rakyatkah dia? Atau terpisah? Atau jam2 tertentu jadi rakyat lalu disaat lain jadi pemerintah?
Yang diperintah oleh pemerintah itu siapa?.
Lha kalau milik negara itu milik pemerintah, milik pejabat, milik rakyat atau milik rame2?. Kalau milik bersama kok yang yang memakai hanya pemerintah dan pejabat saja?

Paling gampang memang jadi rakyat. Nggak usah seleksi, nggak perlu ikut pemilu, otomatis dapat jabatan rakyat.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi
  1. June 27th, 2010 at 17:08 | #1

    pejabat = pemangku jabatan

    jadi pejabat itu luas, kalo di KTP ada jenis pekerjaan misalnya maling, dan ternyata jabatannya adalah kepala maling, maka maling itu bisa disebut pejabat juga

    [Reply]

    PRofijo Reply:

    ck..ck…kalah gemrigas karo mbah sangkil (joh)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Prof…

    [Reply]

    Bloggerndeso Reply:

    Numpang wae lah…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Mlayu dari Plurk iki mesti… :D

    [Reply]

    Bloggerndeso Reply:

    @mbah sangkil
    wkwkwk mbah…Mbah..

    [Reply]

  2. June 27th, 2010 at 17:21 | #2

    Aku rakyat bukan ya…?? *cek KTP dulu*

    [Reply]

    Mars Reply:

    Aku di cek sekalian Mas… :D

    [Reply]

  3. June 27th, 2010 at 17:54 | #3

    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Jadi rakyat bisa ikut2 berteriak

    [Reply]

    Mars Reply:

    Pejabat nggak perlu teriak wong nggak butuh teruak

    [Reply]

  4. nakjaDimande
    June 27th, 2010 at 18:09 | #4

    Aku setuju aja Pak
    **pokoknya Pak Mars bilang apa aku pasti setuju

    [Reply]

    Mars Reply:

    Halah Bundo… :D

    [Reply]

  5. Ram
    June 27th, 2010 at 18:23 | #5

    Pak.. pemerintah dan rakyat itu ibarat kacang lupa kulitnya *halah, komen ra nyambung*

    Ng nganu Pak, nyebute jo Mbak Ram yo, Ram ae cukup, ra sa mbak2an, nek gak nduk Ram jg boleh, malah ngajari sepuh ki .. halah..halah.. :mrgreen:

    [Reply]

    Mars Reply:

    Injih nDuk… :D

    [Reply]

  6. June 27th, 2010 at 18:23 | #6

    kula nggih bingung pak! tak tumbas cerebrovit rumiyin kersane mboten bingungan…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Nek Selebor Pit nggonaku ono Mbak… :D

    [Reply]

  7. masndol
    June 27th, 2010 at 18:40 | #7

    saya punya kebingungan yg sama pak.
    tapi yg pasti saya nggak pernah ngimpi tuk jdi pejabat, atau pun pemrintah, ato keduanya skaligus pejabat pemrintah.
    karena jd rakyat sj sudah bingung apalagi jd mereka.

    [Reply]

  8. June 27th, 2010 at 18:45 | #8

    sing jelas.. do seneng saru :lol:

    [Reply]

  9. June 27th, 2010 at 18:45 | #9

    weh.. komen kesikat

    [Reply]

  10. Estiko
    June 27th, 2010 at 18:58 | #10

    Sami Pak Mars, kulo nggih bingung masalah Pemerintah niki. Kulo nyaman dados rakyat. Nanging katah tiyang ingkang sami bela2ni mbuang arto katah ngge nyalon dados Pejabat Pemerintah. Nek dados, sami mawon mlebet lingkaran setan, soale sami mados arto katah ngge mbalekaken modalipun, sekaliyan kalih mados keuntungan. Nek sampun sami dados, sami kesupen kalih rakyat alit. Nek sing mboten dados, sami isin malahan ngantos stres, soale artonipun sami telas ngge modal. Ujung2e mbayar tiyang ken demo nopo malah bunuh diri.

    [Reply]

  11. June 27th, 2010 at 20:04 | #11

    Sama Mr. Mars . . .

    Saya juga bingung. Yang katanya tanah ini milik pemerintah, emang belinya di mana?
    \ terus yang ngejual waktu itu siapa?

    Apa sebaiknya acara jabat-jabat nya diulangi saja dari depan.
    Misalnya, pemilik tanahnya adalah Mr. Mars…

    [Reply]

    Bloggerndeso Reply:

    Heee….Nga biasa berpolitik og, tumben.

    [Reply]

    ImamS Reply:

    Ada pejabat yang protes nih…

    [Reply]

    Bloggerndeso Reply:

    Pemerintah kita ya struktur ,bagian-bagian/orang penting milik negara yang dipercaya mengatur rakyat. Mereka memiliki hak menguasai hajat hidup orang banyak untuk dikembalikan pada orang banyak.

    [Reply]

    Bloggerndeso Reply:

    Lain lagi kalau mengumpulkannya ditumpuk untuk pribadi, itu namanya pemerah,bahkan bisa naik pangkat jadi napi….Ya…Lawong korupsi

    [Reply]

    ImamS Reply:

    akhirnya mengaku juga…

    [Reply]

  12. udienroy
    June 27th, 2010 at 20:09 | #12

    pemerintah itu dulunya rakyat, kalau ada rakyat punya jembatan, eh maksudnya jabatan, kemudian jabatannya itu apa, kalau…? Hmmm ya dah segitu aja dulu .-= UDIENROY Antara Opera Mini 5.0 final dan beta 2 =-.

    [Reply]

  13. Bloggerndeso
    June 27th, 2010 at 20:56 | #13

    Pemerintah= suatu trah tingkatan yang terdiri dari kumpulan para pejabat yang punya wewenang mengatur rakyat.`
    jadi pemerintah itu bukan orang atau perseorangan

    pejabat=itu orang dalam suatu tingkatan tinggi yang punya wewenang ngatur bawahannya…

    [Reply]

  14. saka
    June 27th, 2010 at 21:03 | #14

    Pusing mikirin pejabat belum tentu dia mikirin pak :D

    [Reply]

  15. June 27th, 2010 at 23:46 | #15

    Saya setuju dengan komentarnya Mbah sangkil tuh hehe

    [Reply]

  16. June 28th, 2010 at 08:17 | #16

    ketoke pemanasan ki :(

    [Reply]

    Mars Reply:

    Panda siji iki nuruni Ilmune Mama Lorenz

    [Reply]

  17. June 28th, 2010 at 08:18 | #17

    wis ora usah dipikir, abot kanggo guru matematika :P

    [Reply]

    Mars Reply:

    Lha mulane aku takon wong pinter2…

    [Reply]

  18. BlogCamp
    June 28th, 2010 at 09:54 | #18

    pemerintah itu katanya Presiden plus perangkatnya misalnya menteri dll
    ada yang bilang plus DPR

    [Reply]

  19. June 28th, 2010 at 12:43 | #19

    daripada aku ikut bingung, mendingan ikut Pak Guru sajalah :)
    salam

    [Reply]

  20. boneka ajaib
    June 29th, 2010 at 10:00 | #20

    wah..ga paham juga nih gan..coba yg dibawah saya ..mngkn paham…:D

    [Reply]

  21. duadua
    August 20th, 2010 at 07:30 | #21

    pegawai negeri itu pemerintah juga khan pak? hehehe
    menurut saya, pemerintah ya, yang menguasai rakyat dan hajat hidup orang banyak
    selamat menjalankan ibadah shaum ya pak, taqoballohu minna wa minkum


    Saya malah kurang jelas, apakah semua pegawai negeri itu masuk jajaran pemerintah

    [Reply]

  22. August 25th, 2010 at 10:20 | #22

    menjelimet, MPR, DPR juga pemerintah kan ya, tapi ada kata2 Rakyatnya. Pemerintah, Pejabat, adalah rakyat juga. Jadi inget Istilah Dari Rakyat, Untuk Rakyat, oleh Rakyat

    [Reply]

  23. dafiDRiau
    August 27th, 2010 at 16:26 | #23

    juga bingung setelah baca ini Pak Mars..???


    Saya juga masih bingung kok Mas :D

    [Reply]

  24. September 5th, 2010 at 07:14 | #24

    aku juga nrimo jadi rakyat aja pak lebih gampang ada pertanggung jawaban di akhirat nanti, hanya bertanggung jawab terhadap diri sendiri kalau pejabat harus bertanggung jawab atas yang telah dipimpinnya


    Saya juga rakyat saja, ikut Bang Iwan… :D

    [Reply]

  25. budiarnaya
    September 27th, 2010 at 18:43 | #25

    Bingung saya bukan sedikit Pakde tapi Banyak…mending ngikut sama Pakde aja…karena Negeri ini bukan warisan Namun Titipan heeee


    Kita bikin partai aja Bli… :D

    [Reply]

  26. September 29th, 2010 at 19:43 | #26

    Saya juga nggak ngerti Pak,,jadi saya cuma bisa bilang salam hangat aja dari kota kecil Jember,,hehe; Tulisan yang menarik, sering kita dengar di keseharian, tapi juga masih rancu..Sukses selalu buat Bapak Mars;


    Susah menguraikannya Mas…
    Makasih kunjungannya

    [Reply]

    Acacicu Reply:

    Alhamdulillah, akhirnya blognya Pak Mars berhasil saya buka,,Amin Amin Amin;


    Iya Mas…
    Dua hari vakum…

    [Reply]

  27. pendarbintang
    October 5th, 2010 at 20:01 | #27

    Aku nggak punya KTP, Passport dan semuanya jadi aku gak tahu nie..kehilangan jati diri, he he he


    Xixixi… :D

    [Reply]

  28. October 6th, 2010 at 20:36 | #28

    pemerintah itu orang yang suka memerintah, pejabat itu orang yang suka jabatan, kalau rakyat?

    [Reply]

  29. October 8th, 2010 at 11:06 | #29

    Ternyata klo diulik lebih dalam buat puyeng ya? hahaha :lol:
    Pusing…

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~