Apa Boleh Buat

Salah satu kalimat yang sering dipakai untuk mengungkapkan rasa kecewa adalah Apa Boleh Buat. Ketika ketemu kenyataan yang tak sesuai dengan apa yang direncanakan, ketika harus menentukan keputusan tanpa ada pilihan lain, maka orang mengungkapkannya dengan kalimat itu.

Hampir tak ada satupun contoh ekspresi “rasa puas” yang bisa diwakili oleh kalimat “Apa Boleh Buat”. Belum pernah ketemu orang yang merasa puas lalu bilang begitu. Ketika orang mengucap “Apa Boleh Buat”, maka yang tampak adalah cerminan rasa pasrah setengah menyerah.

Kalimat lain yang hampir sama dengannya adalah ungkapan “Mau Bagaimana Lagi” yang dalam Bahasa Jawa diungkapkan dengan kalimat “Kepriye Maneh” atau “Piye Maneh”.

Semoga kita tidak ketemu situasi sulit yang membuat kita ada dalam dilema lalu dengan amat terpaksa harus bilang “Apa Boleh Buat”.

Penginnya sich nulis yang bagus dan inspiratif tetapi “Apa Boleh Buat”, kemampuan yang saya miliki amat terbatas. Maunya sich nulis topik lain, tapi Apa Boleh Buat

24 thoughts on “Apa Boleh Buat

  1. Khan itu kalimat untuk ‘nggedekno ati’. menurut g sih….


    Bisa saja begitu, tapi nek menurut saya, kayaknya sekedar ngayem-ayemi diri sendiri…
    Menurut g sih ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  2. Pengennya sich bisa maem mi ayam bakso kek Ummi sama Mbahkung, tapi apa boleh buat, dedek belon punyak gigiiiiiii….. ๐Ÿ™‚
    *mampir nyuwun THR sama mbahkung Mares ๐Ÿ™‚ (dikongkon Ummi)


    Mengko tak “THR” i gambar ๐Ÿ˜€

    [Reply]

    Oyen Reply:

    halahhhh… gambare kok di selotip lambene loh…

    met poso yo Pak ๐Ÿ™‚


    Met Poso Jengkol…

    [Reply]

  3. Cuciannya seabreg, gara2 tidak nyuci seminggu. Apa boleh buat? ๐Ÿ˜†
    Cuciannya seabreg, gara2 tidak nyuci seminggu. Mari dibawa ke laundri? ๐Ÿ™‚

    “Apa boleh buat” diganti dengan solusi sajooo, Pak. Win-Win Solution. ๐Ÿ˜‰


    Mau nggak mau…

    [Reply]

  4. satu lagi kalimat selain apa boleh buat yaitu : “Mau tidak mau!”


    Sering juga orang bilang “Apa mau dikata…” ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  5. Pak Mars terbukti buat (postingan) apapun (sangat) boleh apiknya. Apa boleh buat juga bentuk kompromi minimum meski bukan win-win solution. Salam


    Mau nggak mau Bu… ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  6. ya Pak, kalimat itu memberikan gambaran kepada kondisi kepasrahan yang harus dan mesti tetap dijalaninya entah dengan rasa senang, setengah ato justru nggak suka


    Ketika nggak ada pilihan lain atau hanya ada satu pilihan ya Pak

    [Reply]

  7. maunya sih mau komen yang panjang dan lama kayak iklan yg sdh tidak muncul lagi (coki-coki) tapi apa boleh buat pak


    Kok jek kelingan iklan kuwi Mas

    [Reply]

  8. Maksud hati mau pulkam sebelum puasa tapi galaxi gantian gak enak badan. Apa boleh buat.
    Salam hangat dari Surabaya


    Masih banyak waktu buat pulkam Dhe

    [Reply]

  9. kalau koman pakai wordpress, selalu dianggap spam gak bisa muncul , apa yang bisa aku buat , terpaksa komen pakai blogspot.


    Tapi di sini kok nggak ada komen yg masuk spam ya…

    [Reply]

  10. Ucapan “apa boleh buat” biasanya juga diikuti bibir yang manyun dan badan lemes. Tapi jarang disertai muntah-muntah dan sakit kepala… #eh


    Hahahaha
    Kalau muntah2 sich tanda2 hamil Mbak

    [Reply]

  11. Dan ujung-ujungnya ditambahi kalimat: Nasi sudah menjadi bubur. ๐Ÿ™‚


    Hahahaha
    Iya iya…
    Tapi kalo jadi bubur sich masih mendingan
    Yg tepat adalah nasi dah jadi muntahan ๐Ÿ˜€

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *