Home > Anti Biasa > Asah Otak

Asah Otak

Salah satu cara yang saya gunakan untuk melatih daya ingat adalah mengisi tiap ada waktu longgar dengan mengingat sesuatu.

Bukan mengingat masa lalu atau kejadian yang telah lewat, tapi mengingat sesuatu sesuai kelompoknya, agar terarah dan tidak kemana2. Ruang lingkup yang saya pilih misalnya tentang nama murid saya yang sudah lulus, nama kota di Indonesia, nama makanan, nama binatang dll.

Saya tidak tau apakah cara ini efektif atau tidak, benar atau salah. Yang penting saya tidak memaksakan diri, seingatnya saja, semampunya saja.

Inilah contoh lamunan saya, sambil menyelam minum air, sambil melamun sambil melatih daya ingat. Kali ini saya sedang melamunkan makanan yang pernah saya konsumsi, sejak saya bisa makan sampai sekarang.

anggur • ayam • arem2 • apel • bandeng • bengkuwang • bakwan • bolang baling • bakso • blanak • bawal • bothok • bolu • bakpia • bubur • ceplok • criping • cendhol • dodol • dadar • daging • degan • durian • es • emping • empek2 • garang asem • jagung • jenang • jeroan • jus • juwet • kacang • kuluban • krupuk • kentang • kopi • kolak • lemper • lele • lapis • lopis • lonthong • lumpia • lengko • lodeh • madu • martabak • mete • madumongso • mangga • mujahir • mendoan • mie • nanas • nasi • nastar • nogosari • opor • oseng2 • pilus • pecel • pepaya • petai • pelem • pisang • rambutan • rujak • rengginang • ronde • roti • semangka • sate • soto • sop • susu • strawberi • salak • sukun • sambel • srabi • tape • tempe • tahu • teri • teh • tela • timun • usus • ubi • wafer • wingko • yangko •

Sekali lagi ini hanya yang saya ingat dan saya doyan. Maaf kalau menggunakan istilah yang sampeyan nggak ngerti. Saya tak mau repot dengan istilah di tempat lain.

Kalau ini ketika saya latihan mengingat benda yang ada dirumah saya. Tidak pamer, karena ini peralatan standar. Sekali lagi, saya menggunakan istilah yang saya pakai sehari2.

asbak • antena • almari • anduk • anting2 • bedak • bolpoin • batrei • bor • blender • baju • bufet • buku • bantal • blackberry • botol • basangan tikus • benang • cas2an • celana • centelan • cobek • cincin • cethok • cangkul • CD • cermin • ceret • dandang • daster • dompet • ember • flashdisk • gembok • gergaji • guling • gunting • ganjel meja • guci • gelas • garpu • gelang • hanger • HP • irus • jangka • jam • jas hujan • keset • kunci • kunci inggris • kotak obat • korek • kasur • ketokan kuku • kulkas • kursi • kamera • kartu domino • komputer • kompor • kabel • kalung • keset • kaos • kipas • laptop • lampu • linggis • lap • motor • microwave • mainan anak • mainan bapak • mainan ibu • mesin jahit • mesin cuci • meja • magicjar • mikser • modem • mobil • oven • obat nyamuk • obeng • pembuka botol • payung • pot • panci • parut • papan catur • piring • palu • pisau • pensil • pupuk • rok • rak • radio • saringan • sabun • sabuk • sikat • sampo • sisir • slang • sandal • sendok • sepeda • speaker • sepatu • sarung • toalet • timbangan • TV • tabung gas • toples • taplak • tang • telpon • tape recorder • VCD • wajan

Itu saja yang mampu saya ingat, dan begitulah saya melatih daya ingat saya, agar daya lupanya tidak tajam. Tapi karena saya jarang punya waktu longgar, maka saya ya jarang melakukannya :D

~ Grazie ~
Categories: Anti Biasa
  1. July 22nd, 2011 at 06:54 | #1

    HHmmm …
    Bisa dicoba ini …
    Saat waktu longgar … mencoba melatih daya ingat …

    Thanks Pak Mars

    Salam saya
    (saya ngikik membaca beberapa barang yang dicoret … terutama hingfun yang pipih lebar ituh)

    [Reply]

  2. Pakde Cholik
    July 22nd, 2011 at 07:01 | #2

    Lho panjenengan masih nulis tho, saya kira sibuk menerima murid baru.
    Konon, cara diatas juga untuk mencegah “cepat pikun”. termasuk di dalamnya sering2 mengisi TTS mas.
    Ada advis dari senior saya, jika kita lupa akan sesuatu, misalnya ” nama mantan isteri Syaiful Jamil” maka kita harus berupaya terus untuk mengingatnya sampai ketemu siapa nama wanita itu. Jika kelupaan-kelupaan itu kita biarkan maka kita bisa pikun.

    Matur nuwun tipsnya

    Salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  3. July 22nd, 2011 at 07:14 | #3

    Entar saya coba juga Pak Mars…

    [Reply]

  4. Abi Sabila
    July 22nd, 2011 at 07:55 | #4

    …bolang-baling, …, blanak, …juwet….

    ketiga makanan ini bikin saya penasaran, Pak.

    [Reply]

  5. Erwin
    July 22nd, 2011 at 08:38 | #5

    microwave & mobilnya kenapa di coret pak ? :D

    [Reply]

  6. July 22nd, 2011 at 08:39 | #6

    Ooohh….jadi kuku bisa diketok jg ya Pak Mars? hihihi… Tapi betul juga ya Pak, harus selalu dilatih daya ingat kita, biar ga tumpul. Terima kasih sudah diingatkan Pak ;)

    [Reply]

  7. July 22nd, 2011 at 08:41 | #7

    Hebat. Simpel tapi menyenangkan. :D

    [Reply]

  8. niQue
    July 22nd, 2011 at 09:07 | #8

    pasti bapake ki doyan buanget sama mangga dan pelem :D

    ooo jadi begini tips mengantisipasi datangnya virus kepikunan yo Pak
    nanti tak bilangnya bapa di rumah, ben dipraktekke :D

    [Reply]

  9. July 22nd, 2011 at 09:08 | #9

    selamat pagi pak mars…
    mengingat dan mengahapal membuat ingatan tidak mudah melemah ya pak,,,
    saya juga pernah denger pak, dengan sering2 membaca alquran juga membuat ingatan cespleng sampai tua…

    salam saya pak mars…

    [Reply]

  10. July 22nd, 2011 at 09:45 | #10

    bolang-baling apa kolang-kaling pak…? juwet itu duwet kayak anggur, blanak itu yang nggak tahu saya,,,hehehehe di coba ah tipsnya biar nggak pelupa….hehehehe

    [Reply]

  11. July 22nd, 2011 at 09:51 | #11

    Kok mobil, blackberry dan microwavenya dicoret pak? :D

    [Reply]

  12. boyin
    July 22nd, 2011 at 12:25 | #12

    aku juga mau ingat2 mantan pacar secara alphabetikal ah…

    [Reply]

  13. diah
    July 22nd, 2011 at 14:15 | #13

    Wah betul tuh pak dengan belajar mengingat berarti mengasah otak kita.Seperti kalau menyuruh putra saya membaca dan mengingatnya agar kalau pas ada ulangan enak tinggal menjawab.

    [Reply]

  14. July 22nd, 2011 at 14:57 | #14

    intinya ga boleh kosong sama sekali ya pak, tiap hari otak harus bekerja… :D

    [Reply]

  15. July 22nd, 2011 at 15:17 | #15

    wah aku jadi pengen nyoba juga kali aja saya dapat inspirasi baru :D

    [Reply]

  16. anny
    July 22nd, 2011 at 15:37 | #16

    Ketika macet dijalan, ketika menunggu, moment tersebut bisa kita gunakan untuk melatih daya ingat kita mengingat sesuatu :)
    Sudah lama saya tak berkunjung kesini, apa khabar pak guru :)

    [Reply]

  17. July 22nd, 2011 at 20:38 | #17

    sepertinya saya sudah harus mulai melatih otak juga seperti ini sudah banyak yang terlupa

    [Reply]

  18. July 22nd, 2011 at 22:37 | #18

    bisa diterapkan..:) btw, ini sekalian pamer bisa bikin kotak diluar kalimat kah?

    [Reply]

  19. bangauputih
    July 22nd, 2011 at 23:11 | #19

    jadi serasa nonton kuis ajah pak.
    MAIN KATA WEWEWEWEWE, hehehe
    tapi bagus juga metodenya, biar nggak mudah pikun, hehe

    terima kasih pak, salam hangat

    [Reply]

  20. July 22nd, 2011 at 23:51 | #20

    ga ingin komen cuma pengin ngucapin selamat webnya kembali ber PR 4 :)

    [Reply]

  21. July 23rd, 2011 at 13:06 | #21

    bisa untuk meningkatkan nilai ujian kalau begitu,, hehe :D

    [Reply]

  22. wedding information
    July 23rd, 2011 at 16:01 | #22

    nice post… unik gan… thanks

    [Reply]

  23. July 23rd, 2011 at 20:35 | #23

    apakah ini efektif untuk mengingat rumus matematika??

    [Reply]

  24. July 23rd, 2011 at 22:42 | #24

    sebenernya saya tertarik niru cara pak mar tapi,
    kalau mesti berurut sesuai abjad begitu … nyerah deh :)

    [Reply]

  25. achmad taher
    July 24th, 2011 at 01:22 | #25

    jadi penasaran nih,……mainan bapak, mainan ibu itu apa ya? hahaha..

    [Reply]

  26. July 24th, 2011 at 04:01 | #26

    gan, ini teknik yang bagus untuk senam otak untuk kelas memory, en coba nih gan, mantab

    [Reply]

  27. July 24th, 2011 at 09:14 | #27

    karena saya juga cara ada waktu melamun jadi yang ada, cuman lele doang pakde heeee

    [Reply]

  28. July 24th, 2011 at 10:17 | #28

    ya benar bu,, emang tts bisa meningkatkan #asahotak hhe :D

    [Reply]

  29. July 24th, 2011 at 16:36 | #29

    alhamdulillah Pakdhe masih ingat

    [Reply]

  30. July 24th, 2011 at 17:15 | #30

    ide yg sangat bagus gas thanx

    [Reply]

  31. Mr.ang
    July 24th, 2011 at 20:17 | #31

    boleh juga,, bisa dicoba nih…

    thx…

    [Reply]

  32. July 24th, 2011 at 20:41 | #32

    ada-ada aja :D

    kurang banyak kosa katanya mas

    [Reply]

  33. July 25th, 2011 at 08:02 | #33

    Banyak banget yang dilamunkan.

    [Reply]

  34. July 25th, 2011 at 08:44 | #34

    kalau aku dulu sewaktu sma juga mirip seperti itu tapi disambungkan tanpa putus kosakatanya, seperti: makan-nasi-sifat-fatwa-waktu-tuhan-hantu-dsb.

    [Reply]

  35. citromduro
    July 25th, 2011 at 09:13 | #35

    meskipun jarang melakukan tapi tidak jarang ingat kan pak mas???

    salam dari pamekasan madura

    [Reply]

  36. agen xamthone plus acepsuherman
    July 25th, 2011 at 12:34 | #36

    kreatif bgt ngasah otaknya…..

    [Reply]

  37. achmad sholeh
    July 25th, 2011 at 23:18 | #37

    idenya selalu ada salut pak

    [Reply]

  38. July 26th, 2011 at 08:33 | #38

    yah… unik juga. ikutan metodenya ah….

    [Reply]

  39. Lyliana Thia
    July 26th, 2011 at 10:15 | #39

    wadoh… bagaimana kalau blogging saja Pak.. hehehe…
    tapi metodenya unik… ^_^

    [Reply]

  40. July 26th, 2011 at 13:59 | #40

    daya lupa saya tajam banget

    [Reply]

  41. July 26th, 2011 at 16:58 | #41

    setelah saya ingat-ingat, ternyata banyak yang lupa :D

    [Reply]

  42. July 27th, 2011 at 06:21 | #42

    ini benar-benar tips untuk melatih daya ingat kan ? bukan sekadar nembak keyword2 tsb kan ? :D

    [Reply]

  43. July 28th, 2011 at 02:47 | #43

    puyeng nih ngeliat kata-katanya :D

    [Reply]

  44. Jelly gamat
    August 2nd, 2011 at 11:29 | #44

    terasah jugaa dengn itu..

    ahahahah

    [Reply]

  45. Bejubel Market Place Terbaik Indonesia
    October 5th, 2011 at 00:12 | #45

    puyeng tapi seru juga liatnya =)

    TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia

    [Reply]

  46. October 19th, 2011 at 17:07 | #46

    mengasah memori dengan tepat….mantap banget.

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~