Azas Praduga Bersalah

ljkH

al aneh dan mungkin satu2nya di dunia adalah Ujian Nasional di Indonesia.

Naskah soal dibuat dua tipe yaitu paket A dan paket B. Soal yang dikerjakan seorang siswa akan berbeda dengan siswa depannya, belakangnya, kirinya dan kanannya.
Kalau ada atas dan bawahnyapun mungkin akan dibuat beda pula!

Memang diakui dalam Ujian Nasional terjadi kecurangan. Tapi knapa sampai sebegitu cara antisipasinya?. Bukankah hampir di semua lini ada kecurangan?
Sudah demikian parahkah tingkat kejujuran siswa kita, anak2 kita?. Sudah tak berdayakah pengawas ujiannya?, atau, sudah kelebihan energikah kita?.

Dengan dua tipe soal berbeda berarti butuh dua kali lipat energi. Bukankah masih banyak cara cerdas untuk melatih kejujuran, tanpa harus dengan cara aneh seperti itu?.

Yang jelas2 sudah ditahan saja masih dilindungi azas praduga tak bersalah, tapi kenapa yang belum jelas lakukan kecurangan sudah dikenai azas praduga bersalah atau presumption of guilt, diduga lakukan kecurangan, sudah dituduh nggak mampu jadi pengawas yang tegas?.

tukang nggame mendukung sulumits retsambew

26 thoughts on “Azas Praduga Bersalah

  1. hmmm g ngerti lah pak
    munkin maksudnya biar g nyontek kale yah?

    Lha kan ada pengawasnya.
    Mungkin pengawasnya yang perlu juga dibenahi…

    fanz’s last blog post..Ngomongin Maria Ozawa dan Kuburan

    [Reply]

  2. biar nanti tidak DIFATWAKAN HARAM

    Yang hobby buat fatwa, mau gimana lagi?.
    Bukan fatwa yg inipun, pasti muncul fatwa tentang hal lain…

    LuXsmaN’s last blog post..Karena Nonton Televisi

    [Reply]

  3. si azax dari kotareyog memang tak bersalah lo…

    Azax kayak kuwe lah…

    gajah_pesing’s last blog post..Fatwa Haram

    [Reply]

  4. wow, aku baru tahu nih…idem deh, rasanya bukan solusi efektif dan bukan penyelesaian yang tuntas karena akar permasalahan masih bergentayangan

    Makasih dukungannya…

    sinta’s last blog post..Ketagihan IBF sampai Award Cantik

    [Reply]

  5. ngono iku biar kelihatan cerdass pak…
    dan tambah kerjaan pengawas nata soal2 lan jawaban dadine tambah honore

    Pengawas honore harian…
    Sing bathi yo percetakan & pabrik master…

    ciwir’s last blog post..FATWA HARAM MUI

    [Reply]

  6. baru tahu nih.. ada soal ujian A dan B yg beda2 utk tiap siswa di kanan/kirinya…
    hmmm.. kasihan banget jadi anak sekolah jaman sekarang ya… udah kelulusan hanya mengandalkan nilai UAN aja, ditambah target kelulusan yg tinggi sekarang ditambahi pula ada soal ujian pake A dan B…

    ya.. terima lah nasibmu adik-adikku dan juga anakku nanti..hiks..hiks..

    Besok2 mungkin soalnya malah A-B-C-D-E

    penny’s last blog post..Tuhan Menjawab Do’a Dengan Caranya

    [Reply]

  7. para bijak bestari memang puyeng bin ajaib untuk mengatasinya, seakan tidak percaya kalo anak-anak jaman sekarang itu cerdas, makin kasihan saja lihat anak sekarang yang cerdas masih dibebani berbagai persoalan…

    Persiapan UN kauak mau perang…

    suryaden’s last blog post..siluman harus gentayangan

    [Reply]

  8. Oah…anak-anak semakin pinter donk ? pinter nyontek 😆

    Yang asli pinter juga banyak Mbak…

    Balisugar’s last blog post..Take a break

    [Reply]

  9. Miris liatnya pak kalo anak2 uda belajar nyontek.. Bibit2 koruptor baru.. Tp smua gak bs disalahkan ke siswa jg sih, secara standar kelulusan yg menurut sy kok tdk manusiawi.. Mengejar intelektualitas tanpa dibarengi kualitas..

    Mangkanya nie pak, lg mikir2 bgt konsep homeschooling buat si kecil..

    Semoga segera ada regulasi tentang home schooling, dan segera ada pengakuan dari pemerintah…

    [Reply]

  10. sing penting ojo jotos-jotosan lho ya…. 🙂

    **tabik buat Pak Mars, pahlawan tanpa tanda salah** 😀
    **pripun kabare bocah sing Unas wingi Pak?**

    Sing UNAS mengeluh Mas.
    Jarene soale angel. jare pengawase galak dll dll.

    denologis’s last blog post..Mencari Uang dengan Blog; Kebetulan Tanpa Ekspresi

    [Reply]

  11. sampai sejauh itukah antisipasinya

    achmad sholeh’s last blog post..Pusing Menurut Saya, Anda dan Mereka

    [Reply]

  12. cara apapun kalo masih bocor juga ya gimana yach??

    Saya yakin masih banyak cara lain yg lebih cerdas Mas, nggak harus dengan soal A-B.

    boyin’s last blog post..Dasar Kecoak!

    [Reply]

  13. Di ngonokke wae ijik ana kecurangan apa meneh ora, yo tetep ana, luwih pinter setane. 😀

    Lha nek ngono internet yo dilarang wae Pak.
    Rak ono internet wae Indonesia kurang pasokan listrik, opomaneh ketambahan internet…

    CSDW’s last blog post..Hahihe

    [Reply]

  14. @Andy MSE
    idem weh sama mas andy

    Saya juga idem…

    hamka’s last blog post..Tutorial Cara Membuat / Menayangkan Banner / Gambar pada blog

    [Reply]

  15. bukannya udah ada UU terbaru
    UU Praduga Jelas Bersalah
    wkwkwkwkwkwwkwkwk

    annosmile’s last blog post..Mengunjungi Museum Kraton Yogyakarta

    [Reply]

  16. huwow…

    aku biyen kok podho yo soale?

    contoan oleh, tapi gak oleh rame… hehehe…

    ndop’s last blog post..Plugin-plugin Blogku

    [Reply]

  17. wah…

    kalo saya seeh setuju aja kalo soalnya dibedain gitu… seengaknya kan mempersusah anak2 untuk nyontek…

    kayaknya bukan asas praduga bersalah… tapi asas prinsip kehati-hatian [hehehe… saya ini memang sok tau ya]…

    fraders’s last blog post..Operasi Beta 1.0

    [Reply]

  18. thanks! 🙂

    lets write them until the admit it, or stop doing it! i am writing them now!

    🙂

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *