Home > Inspirasi > Bagian Tak Terpisahkan

Bagian Tak Terpisahkan

Menurut saya, komentar yang sahabat berikan terhadap postingan yang saya tulis adalah bagian tak terpisahkan yg ikut serta dibaca, dinikmati dan diapresiasi oleh pembaca lainnya. Meski tidak direply secara langsung tapi saya yakin akan hal itu.

Sebagian besar postingan saya terlalu singkat kurang padat dan terlalu ringkas kurang jelas. Tetapi setelah mendapat suntikan energi positif dari komentar yang sahabat berikan, maka tulisan yang apa adanya itu meningkat statusnya menjadi makin berwarna dan anti biasa.

Jadi sejatinya, bukan pembaca yang mengambil hikmah dari apa yang saya tulis tetapi sayalah yang dapat pelajaran dari apa yang sahabat komentarkan. Ibarat bikin teks pidato, saya cuma nulis bagian pengantarnya, sementara isinya dilanjutkan oleh sahabat dalam bentuk komentar.

Jiwa dari sebuah tulisan ada pada respon yang datang. Terima kasih pada para komentator.
Saya tak bisa membalas apa2 kecuali hanya dengan respon pink belaka.

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. July 12th, 2013 at 20:39 | #1

    Terima kasih juga atas suguhan anti biasanya walau saya tidak selalu tiap hari kemari. Saya tak akan melupakan blog ini karena selain kenal dari awal saya ngeblog juga sebagai pemegang award superblog selalu memberikan banyak inspirasi. :)

    Makin banyak sahabat, dipastikan kita makin berwarna Mas.
    Bikin posting juga perlu mengatur diafragma dan pencahayaan. Harus paham segitiga exposure :D

    [Reply]

  2. July 12th, 2013 at 20:40 | #2

    Kultum yang bertele-tele juga kadang membosankan kok mas.
    Enak kultum yang to the poin saja kayak artikel di sini
    maju terus
    Salam hangat dari Surabaya

    Dijaman serba cepat memang butuh yang singkat, padat, jelas dan tepat sasaran Dhe…

    [Reply]

  3. July 12th, 2013 at 20:46 | #3

    singkat, padat dan mantap…
    Yang penting apa yang ingin disampaikan, ya sampai gitu loh :)

    Murah meriah Mbak… :D

    [Reply]

  4. July 12th, 2013 at 20:52 | #4

    Bagian tak terpisahkan…
    Mantap mas… tetap lanjutkan. :D

    Tetap… :D

    [Reply]

  5. July 12th, 2013 at 21:14 | #5

    Yang penting silaturahmi tetap terjaga Pak.Mohon maaf lahir dan batin ya Pak :)

    Iya Mas.
    Silaturahmi bawa rejeki…

    [Reply]

  6. July 12th, 2013 at 21:25 | #6

    sama pak, saya setuju dengan pendapatnya

    Terima kasih atas persetujuannya :D

    [Reply]

  7. July 12th, 2013 at 21:45 | #7

    saya juga mengucapkan terima kasih karena salah satu gaya bahasa yang anti biasa memperkaya kosakata saya dalam menulis

    Belajar bersama jauh lebih berasa ketimbang sendiri2…

    [Reply]

    hp yitno Reply:

    setuju sekali pak mars :-)

    Makasih atas persetujuannya

    [Reply]

  8. July 12th, 2013 at 21:47 | #8

    reply pink adalah bagian tak terpisahkan bagi mbahKung dan aquwh..

    Respon pink itu terinspirasi dari Kak Adel Ngai.
    Dulu respon saya warnanya item. Setelah liat respon pink kok kayaknya oke, maka saya pertahankan sampai sekarang

    [Reply]

    Ngai Reply:

    mbahKung jangan sebut2 kak Adel di sini.. sudah pindah orangnya.

    Pindah dari ANTV ke Indosiar.
    Kak Adel memandu Mama Dedeh

    [Reply]

  9. July 12th, 2013 at 22:00 | #9

    padahal aku kalo komen suka ngaco
    gimana dong, pak..?

    Bagi saya, ngaco = antimainstream yang justru menambah warna.

    [Reply]

  10. July 12th, 2013 at 22:37 | #10

    pengantarnya khas, pinkynya juga khas … :D

    Komentar yang datang juga khas Mas…

    [Reply]

  11. July 13th, 2013 at 03:58 | #11

    Saya sependapat Pak Mars …

    Komentar itu sama pentingnya dengan isi Postingan …

    (makanya saya suka sebal dengan kalimat … Nais inpo Gan …)(hehehe)

    Salam saya Pak Mars

    Dalam postingan Om NH juga begitu. Selain baca postingannya, saya selalunya juga menyimak komentar yang masuk.

    [Reply]

    nh18 Reply:

    (saya baru sadar … ternyata saya tak perlu ngklik anti spam dulu yak ?)

    Untuk kemudahan pengunjung Om, biar nggak nambah ribet :D

    [Reply]

  12. July 13th, 2013 at 04:26 | #12

    Selama komentar masih nyambung atau minimal pembuat komentar sadar dengan komentarnya, itu dirasa dapat memberi suntikan semangat. :)

    Disinilah fungsi dari respon pink Pak.
    Kita bisa menggiring kembali ke topik. Tinggal bagaimana kita mensiasatinya :D

    [Reply]

  13. July 13th, 2013 at 06:08 | #13

    iya pak, komen itu penting, terkadang kita dapat komen tak terduga yang justru bikin angguk-angguk sendiri :)

    Semoga sahabat mendapatkan keberkahan pada Ramadhan Tahun ini, lancar dalam beribadah dan lancar dalam memperbaiki diri, amiin. Pu

    Saya banyak menimba ilmu dari komentar yang ditulis sahabat Mbak

    [Reply]

    Aplikasi Video Call Android Reply:

    bnar2 tk terpisahkan :3

    [Reply]

  14. July 13th, 2013 at 06:29 | #14

    saya juga senengnya baca artikel yang singkat tapi padat….kalo kepanjangan suka bosan bacanya…tapi kalo isinya menarik biar panjang tetep dibaca juga…..maaf pak baru berkunjung lagi….

    Dan artikel pendek itu akan terasa padat setelah dilengkapi komen sahabat Mbak…

    [Reply]

  15. July 13th, 2013 at 07:19 | #15

    Kalau saya justru suka dengan postingan yang singkat-singkat Pak. Sejam bisa berkunjung dibanyak tempat.
    Ah, siapa bilang postingan blog ini kurang padat, justru didalam kekurang padatan itu, menyimpan garis merah yang sukar ditebak dan cenderung misterius hehe

    Komentar sahabat membuat postingan saya jadi berasa padat Mbak :D

    [Reply]

  16. July 13th, 2013 at 10:12 | #16

    Postingan tanpa komentar, bagaikan sayur tanpa garam ya Pak? :)

    Seperti novel yang dianggurkan Da…
    Berdebu :D

    [Reply]

  17. July 13th, 2013 at 10:35 | #17

    singkat padat jelas

    SPJ

    [Reply]

  18. July 13th, 2013 at 13:14 | #18

    Saling melengkapi pak Mars, nulis dan ngomen :)

    Dan saling mengisi…
    Intinya saling menyempurnakan

    [Reply]

  19. July 13th, 2013 at 15:24 | #19

    Rajin Pangkal Pandai…
    Dan mungkin di sini yang paling rajin reply komentar, hampir semua direply dengan si pinky wingky, (kecuali sudah capek… :D )
    Di tempat lain, kadang direply kadang tidak,
    Bahkan di tempat saya yang komentarnya cuman satu dua pun nggak semua saya reply… :D

    Reply komentar adalah kontrak politik saat saya kampanye dulu :D

    [Reply]

  20. July 13th, 2013 at 19:07 | #20

    postingan tanpa komentar gak cetar membahana pak mars *eh kok jd syahrini gini yaa hehehe..

    Hahahaha
    Syahrini adalah satu dari sedikit penyanyi yang tidak saya suka :D

    [Reply]

  21. July 13th, 2013 at 20:26 | #21

    komen dan balasan komen di sini sering banget sangat kreatif dan lucu
    sy kadang nggak jadi komen karena nggak nemu komen yg kreatif he..he..

    Semua komen ada kandungan kreatifitasnya sendiri2 Bu…
    Postingan sengaja saya minimalkan dengan harapan pengunjung berkesempatan baca komentar yang masuk

    [Reply]

  22. July 13th, 2013 at 20:38 | #22

    Saya suka postingan yang singkat padat dan ada keinginan rasa ingin tahu yang kuat! Seperti tulisan anda. saya menyukai postingan yang tidak lebih dari 200 kata.

    Punya saya malah kadang tak lebih dari 100 kata Mas

    [Reply]

  23. July 13th, 2013 at 22:03 | #23

    Komentar tetap penting walaupun ada komentar yang sulit dijawab karena terlalu jauh dari yang kita harapkan pertanyaannya,, heheee

    Iya Mas.
    Komentar apapun, biasanya akan saya respon semampu saya.
    Semua saya apresiasi

    [Reply]

  24. July 13th, 2013 at 22:08 | #24

    Saya dapat manfaat juga kok pak, hehehe…

    Terima Kasih Mas.
    Kendal – Grobogan – Kudus berasa bertetangga… :D

    [Reply]

  25. Ni Made Sri Andani
    July 13th, 2013 at 22:29 | #25

    Lah…malah saya justru pengen banget bisa menulis singkat padat kaya Pak mars..tapi susah sekali.. Saya merasa tulisan saya cenderung bertele-tele. Setiap habis nulis, saya biasanya meluangkan waktu beberapa menit buat memangkasnya lagi agar lebih pendek… tapi tetep aja panjang..

    Lha saya yang cuman nulis pendek begitu saja ngeditnya bisa berkali2 kok Mbak.
    Belum pernah nulis langsung merasa puas. Selalunya diedit2.

    [Reply]

  26. July 13th, 2013 at 22:46 | #26

    posting dan komen memang sudah jadi pasangan di dunia bloger :D

    salam kenal….

    Salam kenal dan terima kasih atas komentarnya

    [Reply]

  27. July 13th, 2013 at 23:20 | #27

    jadi ragu-ragu mau komentar disini, takut gak berbobot, takut dibilang spam, takut mau cari backlink..takut gak di “pink” tapi saya terhanyut dengan blog ini..lanjutkan blog “SKETSA” nya

    Di sini santai saja Pak :D
    Tulisan saya juga cuma gitu2 saja. Cuman asal nulis.
    Itulah mengapa saya pakai tagline Menulis Yang Bisa Ditulis…

    [Reply]

  28. July 14th, 2013 at 05:14 | #28

    Pak Mars, aku tuh jd sk terinspirasi lho sm tulisan Pak Mars yg singkat, padat, jelas.
    Skrg tulisan ku kdg ku bikin singkat dan berusaha utk jelas supaya pengunjung ngerti hihihi

    Saya juga terinspirasi dari banyak orang Mbak

    [Reply]

  29. July 14th, 2013 at 12:31 | #29

    Pak mars mungkin kebalikanku cara nulisnya. Klo pak mars singkat padat jelas. Nek aku puwanjang sporadis dan kadang anti klimaks endingnya. Haha..

    Saya cepat kehabisan kata2 tiap kali bikin posting

    [Reply]

  30. July 14th, 2013 at 19:56 | #30

    menulis singkat padat seperti yang Pak Mars lakukan perlu usaha keras loh Pak, menyajikan sari pati. Pun selalu menikmati ping pong bola komen dengan pinky. Salam

    Respon pink itu dimasudkan untuk merekatkan antara postingan dan komen yang masuk Bu, agar tetap dalam topik

    [Reply]

  31. July 14th, 2013 at 22:19 | #31

    postingan minimalis tapi enak diikuti

    Semua serba minimalis Mas

    [Reply]

  32. July 17th, 2013 at 13:53 | #32

    lebih enak yang singkat pak jadi bacanya cepat selesai :)

    Iya Mbak…
    Kita bisa hemat waktu

    [Reply]

  33. July 20th, 2013 at 02:05 | #33

    Banyak pelajaran dari segala sesuatunya yang anti biasa menjadi luar biasa Pak.

    Salam wisata

    Kita belajar bersama Pak…

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~