Home > Jawa > Bancaan

Bancaan

Salah satu tradisi dari ungkapan rasa syukur di daerah saya adalah dengan selamatan atau bancaan. Ada yang dilaksanakan dengan mengundang tetangga, ada pula yang diantarkan. Selain pembacaan doa, juga disertai dengan acara makan bersama maupun brekatan.

Brekat adalah makanan yang dibawa pulang oleh tetangga yang diundang. Seiring dengan perubahan jaman, brekat yang dulunya berupa nasi beserta lauknya, saat ini banyak yang diganti dengan roti.

Ketika anak saya lulus ujian beberapa hari yang lalu, kamipun mengadakan acara bancaan. Karena tidak mengundang tetangga, maka brekatnya diantar dari rumah ke rumah. Menunya tidak mewah, harganya murah meriah tapi dijamin nggak bikin muntah.

Pesen ke tetangga, satu dus hanya Rp. 8000 dengan lauk lengkap. Ada ayam, telur dadar, tempe tahu dimasak opor, ikan asin dan gudangan. Sungguh harga yang demikian murah untuk ukuran sekarang, mengingat harga bahan mentahnya cukup tinggi. Tapi itulah Kendal, kota saya sekarang.

Jam lima pagi pesanan datang dan setengah jam berikutnya istri saya dibantu tetangga mengedarkan keliling dibawa dalam tampah. Sekali angkut bisa 6 sampai 8 dus. Saya bagian motret dan icip2 saja.

*) gambar menggunakan teknik pencahayaan api biru dari kompor gas bantuan pemerintah dan diolah kembali dalam wajan teflon diameter 8 inchi dibawah suhu 80oF

~ Grazie ~
Categories: Jawa
  1. March 9th, 2012 at 17:06 | #1

    sekali lagi selamat buat si bungsunya mbahKung.

    #naksir sama ikan asin dan gudangan.


    Kalau dipaketkan ketempat Ngai pasti sudah kadaluarsa

    [Reply]

  2. March 9th, 2012 at 17:15 | #2

    onok urap-urap karo iwak gereh
    kene, aku nduwe sego jagung kiye. Mbok yao aku dikirimi sekardus


    Komplit ada nasi, urap2, gereh, iwak pitik, tempe & tahu bumbu opor cuma 8000 sak dus

    [Reply]

  3. budiastawa
    March 9th, 2012 at 17:20 | #3

    Semoga brekatnya nyampe ke mBali….. (*ngarep*)

    Selamat Pak Dhe, buat adikku yg lulus ujian.


    Kalo sampai Bali ya sudah keluar jamurnya Bli

    [Reply]

  4. March 9th, 2012 at 17:39 | #4

    Sepakat brow menunggu sampai tiba di Bali heee, teknik pencahayaannya perlu diitiru heeee


    Kalo saya jadi ke Bali, saya akan turun di Jembrana dan misah dari rombongan lalu gabung sama Bli berdua

    [Reply]

  5. March 9th, 2012 at 17:51 | #5

    Selamat untuk kelulusan anaknya Pk,
    brekatnya komplit dan sangat menggiurkan selera, urapnya minta diicip ke mulut,


    Dan murah sekali Mbak…
    Segitu banyaknya itu cuman seharga delapan ribu, sudah termasuk dusnya dan diantar pula dalam kondisi hangat

    [Reply]

  6. March 9th, 2012 at 18:34 | #6

    Kalo ini sama pak istilahnya .. bancaan .. cuman ejaan berbeda .. bancakan he he
    Berkat juga sama … lagi2 ejaan yang berbeda .. jadi berekat he he
    Yang paling mantep kalo bungkusnya besek, jaman berubah jadi dus.

    Baca ini : gambar menggunakan teknik pencahayaan api biru dari kompor gas bantuan pemerintah dan diolah kembali dalam wajan teflon diameter 8 inchi dibawah suhu 80oF” .. mules saya ngakak :D


    Mungkin saja saya yang keliru Mas…
    Mungkin yg bener adalah “bancakan”.
    Saya terpengaruh dengan tulisan “berduaan”…

    [Reply]

  7. March 9th, 2012 at 19:05 | #7

    Ooo, kalau di daerahku nulisnya bancakan.
    teflon pake f.
    Selamat ya buat anaknyaaaa…


    Hahaha…
    Guru Bahasane teka…
    Jan teliti banget wong siji iki
    Yo wis mengko tak edite
    Tapi sing “BANCAAN” kuwi aku durung yakin sing bener BANCAAN opo BANCAKAN
    Mergane aku mengacu pada kata BERDUAAN… (dudu BERDUAKAN) padahal BANCAAN kuwi nek diwoco persis BERDUAAN

    [Reply]

    Tebak Ini Siapa! Reply:

    Bahahaha, aku baru baca profilmu Pak, ternyata guru matematik tho *telat*
    Yeiyyy, berduaan ki boso jowo po?
    Mosok yo kathokan dadi kathoan, hahahahaha.


    Mungkin bener bancakan. Kata dasare “bancak”

    [Reply]

    Tebak Ini Siapa! Reply:

    Oh ya maaf ya pak.
    Aku kalo komen gak ngerti unggah ungguh @_@


    Ning kene kuwi santai wae, rak perlu ewuh pekewuh

    [Reply]

  8. March 9th, 2012 at 20:34 | #8

    iwak peyek, iwak peyek, sego jagung, wa la kok malah nyanyi….


    Lagune Sagita tapi dituku Trio Macan

    [Reply]

  9. March 9th, 2012 at 21:42 | #9

    Ada Tiga Hal Pak …

    1. Terharu …
    Jujur pak … saya terharu …
    ini cara yang sederhana untuk mensyukuri nikmat yang dikaruniakan NYA untuk kita … kelulusan anak Pak Mars
    Meskipun sederhana namun ini … bagi saya … sangat istimewa … Ungkapan syukur yang bersahaja namun sangat menyentuh esensinya …

    2. Menu
    Pak … itu tahu … telur dadar sama iwak asinnya … sungguh menggurkan Pak … Sumpah !!!
    (di emut … diemut deh …)(yang penting nikmat )

    3. Kotak Abu-abu
    Dan tawa saya pun meledak membaca kotak abu-abu dibagian akhir …
    sungguh anti biasa … !!! hahahaha

    salam saya Pak Mars
    dan sekali lagi … Selamat atas kelulusan si Bungsu


    Karena tradisi dilingkungan saya seperti itu, maka saya mengikuti saja Om. Bagi kelompok tertentu mungkin acara slametan atau bancaan itu dianggap nggak pas. Tapi karena saya juga sering dapat kiriman brekat, maka sayapun merasa perlu untuk juga mengirim tetangga.
    Telur dadar dan ikan asin lalu urap itu memang perpaduan standar bancaan ditempat saya. Tapi ada juga yang ikannya besar dan mahal. Saya pilih sederhana saja.
    Kotak abu2? Hahahaha…
    Itu buat menarik perhatian saja Om…
    Salam!

    [Reply]

  10. March 9th, 2012 at 21:57 | #10

    dgn menu segitu, klo di tempat mimi bisa 20rb pak…
    selamat buat kelulusan anaknya…smg sukses menggapai cita2 ya :D


    Iya Mbak, saya juga kaget ketika tau harganya segitu. Malah ada paket yang 6 ribu…

    [Reply]

  11. March 10th, 2012 at 00:19 | #11

    lho kok malah yang punya hajat yang mengantar berkatnya. Kalau di tempat ane sih, mengundang tetangga ke rumah kita. Terus selametan dan membaca doa dan tahlil. Baru tetangga bawa pulang berkatnya.


    Lha ini nggak pakai acara ngundang Mas, jadi langsung diantarkan…

    [Reply]

  12. Mama Sedja
    March 10th, 2012 at 00:32 | #12

    Selamat buat si bungsu yaa pak mars ^__^


    Makasih Mbak

    [Reply]

  13. March 10th, 2012 at 04:18 | #13

    sudah lama ndak makan berkat :(


    Berkat ala Kudus Mbak…

    [Reply]

  14. March 10th, 2012 at 06:12 | #14

    waktu masih kecil dulu kami selalu menganggap nasi berkat itu sesuatu yg istimewa banget, makannya selalu rame2 sekotak he..he… seru


    Sama Mbak, kalau Bapak saya kondangan syukuran, saya pasti nunggu brekatnya

    [Reply]

  15. Djangkies
    March 10th, 2012 at 06:56 | #15

    sepertinya bancaan kalo di tempat saya konsepnya agak beda Pak Mars. Yang namanya bancaan itu penyajiannya ditempatkan dalam wadah yang cukup besar, bisa dari tambah, bisa juga dari pelepah pisang yang dibentuk mirip kotak segiempat. Nasi dan lauknya cukup banyak dan cara makannya rame-rame. Dan sebagian dari nasi bancaan itu dibuat ‘berkat’ di bawa pulang jika masih tersisa.
    Selamat atas keberhasilan putranya nggih Pak


    Kalau dulu ditempat saya juga begitu Pak, nasinya ditaruh dalam tampah lalu lauknya ditata diatasnya mirip tumpeng. Tapi mungkin karena dirasa nggak praktis, maka settingannya dirubah dan pakai dus. Tapi kadang masih menemui juga cara yang lama

    [Reply]

  16. Evi
    March 10th, 2012 at 08:20 | #16

    Sepertinya Kendal masih menyenangkan untuk hidup Pak Mars..Bahan makanan lengkap begitu cuma dihargai 8.000. Lah kotak dan wadah plastik dalamnya saja sdh berapa itu..Ckckck sambil geleng2 kepala. Andai saja Serpong masih begini..


    Saya juga gak habis pikir Mbak, berapa keuntungan yg didapat. Saat istri cerita ke saya kalau 1 dus cuma 8 ribu, saya nyaris tak percaya dan agak ragu, jangan2 isinya nggak layak. Tapi ketika pesanan datang dan saya liat, ya ampun, isinya segitu banyaknya…

    [Reply]

  17. achmad sholeh
    March 10th, 2012 at 08:48 | #17

    masih terjangkau ternyata harganya ya pak di Kendal


    Nggih Mas
    8 ribu sak dus, diantar sampai rumah dalam keadaan hangat

    [Reply]

  18. puisipemula
    March 10th, 2012 at 08:49 | #18

    selamat ya Pak Guru utk si bungsu…..

    aku ngences je liat lauk pauk yg katanya sederhana ini, tp buatku luar biasa ,pasti uenak tenan iki Pak :)

    terakhir……..
    numpang ngakak dulu baca tulisan terakhir ituh…. hahaha :D :D :D
    salam


    Makasih Bun…
    Tulisan paragraf terakhir itu memang buat menarik perhatian yg baca :D

    [Reply]

  19. March 10th, 2012 at 11:43 | #19

    Wah.. glek! Enak banget Pak he he.
    Kok murah banget ya di Kendal? isinya banyak dan enak-enak begitu masih dapat dengan harga Rp 8 000. Sungguh Kendal memang kota yang sangat bersahabat.

    Selamat ya Pak atas kelulusan putra (apa putri?)nya. Semoga selalu sukses ke depannya Pak..


    Makasih Mbak…
    Iya, di Kendal beli apa2 masih murah. Semangkuk bakso yg rasanya juga enak yg jika di Semarang harganya 15 ribuan, di Kendal cuma 7 ribu…

    [Reply]

  20. March 10th, 2012 at 12:35 | #20

    bancaan, slametan atau apalah namanya adalah ungkapan rasa syukur kepada Yang Kuasa agar beroleh keselamatan dan berkah yang selanjutnya berharap untuk mendapat bentuk syukur-syukur yang lain lagi ya pak


    Iya Mas Arif

    [Reply]

  21. March 10th, 2012 at 12:37 | #21

    Selamat atas kelulusan mas Faiz, sukses juga menapaki dunia kerja dengan iringan doa restu ayah bunda. Cengklungen menunggu kiriman brekatan dari Kendal. Salam


    Matur Nuwun Mbak…
    Nggak terasa, tiba2 tugas saya menyekolahkan anak sudah paripurna

    [Reply]

  22. March 10th, 2012 at 13:02 | #22

    selamat ya pak untuk anaknya yang sudah lulus…
    seneng ya kalau sudah lulus ujian, semua ujian apalagi…
    senanggggg


    Makasih Mbak…
    Alhamdulillah tugas saya menyekolahkan anak sudah tuntas. Tinggal tugas lainnya

    [Reply]

  23. advertiyha
    March 10th, 2012 at 15:18 | #23

    Makasih kirimannya pak..
    ikan asinnya memang makNyuuusss…
    sayang nanasnya ketinggalan.. :P

    salam sukses untuk si bungsu yang unyu unyu.. hehe


    Makasih Mbak Iyha…
    nanti kapan2, meski bukan nanas tapi semoga saya bisa kirim sesuatu buat Cucuku Little”O”

    [Reply]

  24. kade
    March 10th, 2012 at 18:41 | #24

    pak mars… bedanya bancaan sama bacakan ? yang sering q denger sih bacakan…. :D


    Kayaknya sama Mas
    Bancaan, Bancakan dan Bacakan…

    [Reply]

  25. March 10th, 2012 at 19:56 | #25

    pak, tolong pesankan bancaannya yang sangat MURAH MERIAH itu, dan kelihatannya ENAK BUANGET itu, untuk tgl.12maret, 100dus ya pak :D


    Ngirime nganggo truck yo Ni…
    Piye kabare?
    Jek bertapa ning Rumah Sakit?

    [Reply]

    nique Reply:

    hihihihi jangan truk dong pak, itu lho paket tiki yang bisa tiba di hari yang sama xixixi
    engga pak, biarkan saja yang di rumah sakit sana hahahaha


    Krasan banget…
    Krasan = Krisan…

    [Reply]

  26. March 11th, 2012 at 11:05 | #26

    bancaan bisa diartikan syukuran gitu ya pak


    Bisa seperti itu Mbak…

    [Reply]

  27. arif
    March 11th, 2012 at 12:38 | #27

    aaa, *ngiler*,saya juga baru saja dari kebumen, sepupu punya momongan, bancaan alias kenduri :D


    Kebumen pasti juga ada tradisi slametan seperti di Kendal ya Mas

    [Reply]

  28. Rayen
    March 11th, 2012 at 19:36 | #28

    Saya tidak dikirimi Pak ٩(͡๏̮͡๏)۶.
    Ya, udah saya pesan 32 Dus saja nanti buat LULUSAN,.. :-D


    Murah kuwi…
    Sing rega 6000 yo ono

    [Reply]

  29. March 12th, 2012 at 08:57 | #29

    saya nggak kebagian bancaannya Pak


    Mau dikirim ke Kampung Manis terlalu jauh Mas

    [Reply]

  30. March 12th, 2012 at 11:20 | #30

    saya jg gak menolak pak mars kalo dikirimin bancaannya :D


    Sampai Jogja sudah busuk Mas

    [Reply]

  31. irmarahadian
    March 12th, 2012 at 12:12 | #31

    kok kulo mboten angsal jatahE to pak….
    tiwas kulo nyegat ibu teng pengkolan je….
    hehehe


    Hahaha…
    Bahasa Jawanya Mbak Irma oke juga

    [Reply]

  32. March 12th, 2012 at 12:30 | #32

    Selamat untuk si Bungsu ya Pak. Bancaannya enak banget kayanya Pak.

    Sukses selalu

    Salam Wisata


    Makasih Pak

    [Reply]

  33. March 12th, 2012 at 14:11 | #33

    wahh ini sech harga yg bener2 murah….sepertinya kalo di jakarta udah ngga dapat…apalagi pake dus seperti itu…paling murah paket nasi pake dus kayak gitu harganya Rp 15rb …makanya saya kalo mo ngadain acara selamatan kayak gitu biasanya masak sendiri…(nyuruh tetangga sech yg masak), enaknya kalo masak sendiri kayak gitu…bisa masak lebih banyak dgn harga yg sama (kalo beli)…jadi bisa lebih banyak lagi tetangga yang dapat heheh…..misalnya kalo beli cuma tetangga 1 Rt yg dapat, kalo masak sendiri bisa untuk tetangga 2 RT heheh….


    Malah ada yang paket harga 6000 rupiah Mbak…
    Dan diatasnya ada yg 10 ribu

    [Reply]

  34. applaus
    March 12th, 2012 at 15:02 | #34

    sampe ngiler ngelihat gambarnya nih…. kalau di jakarta itu mahal … itu sudah tergolong mewah…


    Malah ada yg 6 ribu rupiah lho…

    [Reply]

  35. the-netwerk
    March 12th, 2012 at 15:19 | #35

    nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    [Reply]

  36. hajarabis
    March 12th, 2012 at 15:31 | #36

    i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa…
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    [Reply]

  37. March 12th, 2012 at 22:01 | #37

    Kok berkatnya tidak nyampai rumah saya pak? nanti diganti dengan lele wis.. hehe


    Hahahaha…
    Pecel lele atau lele bakar adalah kesukaan saya Mbak

    [Reply]

  38. Sholihin
    March 13th, 2012 at 05:41 | #38

    Pengin ikan asin+gudangan’e pak, ngilerrr….


    Itu murah lho Mas, 1 dus mulai 6 ribu sampai 10 ribu

    [Reply]

  39. March 13th, 2012 at 06:38 | #39

    Jadi lapar Pak Mars lihat foto nasi bancaan. :) Kalau di kampung saya di Jogja, nasi bancaan itu ditaruh di besek. Dan … nasinya banyaaaaak sekali. Lauknya kadang banyak, kadang sedikit. :)


    Kalau dikampung saya juga yang banyak nasinya Mbak. Karena harga besek jauh lebih mahal, maka sekarang ini ganti ke dus Mbak

    [Reply]

  40. March 13th, 2012 at 10:11 | #40

    Ya…lapaaar deh.
    Dan makan berkat ini, selalu semangat, apalagi dimakannya bancaan…rame-rame….


    Iya Mbak…
    Kalau didesa, bancaan adalah sesuatu yang dinantikan…

    [Reply]

  41. chocoVanilla
    March 13th, 2012 at 16:11 | #41

    Waaa…. ikan asinnya menggoda iman. Pengen, Paaak…. :D


    Besok saya kirimi

    [Reply]

  42. March 14th, 2012 at 09:27 | #42

    bancaannya ga ada nasinya ya pak mars?
    kalau di tempat saya biasanya menunya nasi, gudangan, telur godog dan tahu/tempe plus peyek.


    Bawahnya lauk itu kan nasi Mbak…

    [Reply]

  43. March 14th, 2012 at 15:32 | #43

    selamat dan sukses untuk ingkang putra ragil. semoga ke depan tambah sukses :)

    wah, ngeces saya Pak lihat gudhangan-nya.. :mrgreen:


    Matur Nuwun Mbak Phie…

    [Reply]

  44. March 14th, 2012 at 15:58 | #44

    Kalau di daerah saya sana, Jombang disebut juga dengan Berkatan, berasal dari kata ‘Berkah’. Adapun berkat-nya sendiri bisa berupa nasi, roti, apem (megengan, 1 hari sebelum Ramadhan), jajan pasar, ataupun polo pendem.

    Selamat atas kelulusan ananda. Salam kenal dari saya :)


    Makasih kunjungannya dan salam kenal juga.
    Didaerah saya juga dikenal istilah “megengan”…

    [Reply]

  45. Pakde Cholik
    March 16th, 2012 at 20:22 | #45

    Emak tuh paling suka ngadain bancakan antara lain kirim doa malam Jum’at Legi, bancakan tiron/weton anak cucu, dll.
    Masakannya dari saya kecil hingga sekarang tak pernah berubah : ayam bumbu bali, tahu bumbu bali, tempe bumbu bali, mi, sambel goreng kentang-kentung.

    Kalau dirubah emak pasti protes : ” Yo gak umum ”

    Salam hangat dari Surabaya


    Iya Dhe, biasanya bumbunya yg basah dan nyemek2 itu

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~