Home > Anti Biasa, Ekspresi > Banyak Jalan Tinggalkan Roma

Banyak Jalan Tinggalkan Roma

Selama ini sudah terlanjur dikesankan bahwa Roma itu sebuah target yang harus dicapai, sampai muncul istilah Banyak Jalan Menuju Roma. Akibatnya orang lalu berlomba cari cara untuk menuju Roma.

Tapi bagaimana yang sesungguhnya?
Kita sering lupa bahwa tiap hal itu punya dua sisi. Roma memang bisa menjadi tujuan, tapi bisa pula berubah menjadi persoalan. Sama kayak “cinta”lah. Banyak yang mengatakan cinta itu indah. Tapi berapa banyak yang menderita karenanya?

Lalu?
Ketika Roma dirasakan tak nyaman lagi atau bahkan sudah mengancam kita, ya cari ajah jalan keluarnya. Secara metalogika, jumlah jalan menuju Roma sama banyaknya dengan jalan untuk keluar dari Roma.

Maka dari itu, kita tak boleh terpaku hanya mencari jalan menuju Roma saja tapi harus pandai juga mencari jalan untuk keluar meninggalkan Roma. Roma tak sempurna. Sekali2 harus kita tinggalkan. Banyak jalan keluar Roma.

Bukan bermaksud merusak peribahasa yang sudah ada, bukan bermaksud mengganti sesuatu yang sudah membumi. Ini hanya belajar bagaimana kita melihat sesuatu dari sisi yang berbeda, sisi yang anti biasa.

~ Grazie ~
Categories: Anti Biasa, Ekspresi
  1. Reza
    July 9th, 2010 at 06:57 | #1

    Roma roma kelapa ya pak, emang enak tuh roti… hemm

    [Reply]

    budiarnaya Reply:

    Melihat sisi yang berbeda ?? mantap pak de dapat ide nich..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Semoga apa yang saya tulis ini bisa ada manfaatnya

    [Reply]

    ImamS Reply:

    Seperti halnya ketika baru memasuki suatu wilayah, maka harus mengingat dari mana kita memulai jalan masuknya.
    Agar bisa mengetahui jalan keluarnya, walau harus perlu perjuangan keras untuk mengingatnya.

    Salam Mr.Mars…

    [Reply]

  2. Reza
    July 9th, 2010 at 07:01 | #2

    saya belum berhasil menemukan jalan ke roma nih pak mars, masa harus cari jalan keluarnya juga…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya malah sudah mau pulang nich Mas…

    [Reply]

  3. July 9th, 2010 at 07:04 | #3

    kita menjelang Romadhon saja

    [Reply]

    Mars Reply:

    Siap2 beli biskuit Roma buat Lebaran

    [Reply]

  4. July 9th, 2010 at 07:42 | #4

    Roma? Inter Milan aja pak..
    :p

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iki sing takon mesti panganane bal… :D

    [Reply]

  5. aan
    July 9th, 2010 at 07:53 | #5

    kalau ninggalin Roma, jangan lupa bawa oleh2 ya :p

    [Reply]

    Mars Reply:

    Oleh2nya cari sendiri Mas…
    Kan banyak jalan menuju Roma :D

    [Reply]

  6. July 9th, 2010 at 07:57 | #6

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Ke Roma aja belum pernah apalagi keluar dari roma….

    [Reply]

    Mars Reply:

    Podo aku… :D

    [Reply]

  7. nakjaDimande
    July 9th, 2010 at 08:00 | #7

    Aku mau pinjem peta milik MM, agar bisa tinggalkan Roma tanpa kesasar.

    [Reply]

    Nok Reply:

    ngikutin eMak dari belakang… :D

    [Reply]

    Nduk Reply:

    ngandolin Mbak Yu dari belakang… :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Aku Cekelan Kuncire nDuk… :D

    Nduk Reply:

    aduh…aduh…
    Kuwi dudu cekelan Pak.. .tapi njambak..

    Mars Reply:

    Peta yang dulu Bindo pinjem kan belum dikembalikan…
    masak mo pinjem lagi… :D

    [Reply]

  8. suryaden
    July 9th, 2010 at 08:14 | #8

    saya sudah nggak suka Roma :lol:

    [Reply]

    Mars Reply:

    KhongGuan suka nggak?

    [Reply]

  9. BlogCamp
    July 9th, 2010 at 08:35 | #9

    Beruntung saya pernah ke Roma walau hanya 4 hari.
    Sekarang saya menikmati roti Roma
    salam hangat dari Jombang

    [Reply]

    Mars Reply:

    Enak Khong Guan PakDhe…
    Kata GusKar lho…

    [Reply]

    guskar Reply:

    hakok malah promosi to pak :P

    [Reply]

  10. BlogCamp
    July 9th, 2010 at 08:36 | #10

    Saya bersyukur sempat mengunjungi Roma walau hanya 4 hari.
    Kini saya menyukai roti Roma yang gurih dan renyah.
    salam hangat dari Jombang

    [Reply]

  11. Oyen udah kurus
    July 9th, 2010 at 09:09 | #11

    Oyen sudah pernah melewati jalan menuju Roma, dan sekarang juga sedang keluar dari roma, ben hora muter2 ning Roma terus, urip kan gak cuman untuk Roma :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kali ini tak setujoni…
    Mengko mundak nangis maneh…
    Wis cup meneng…
    Ngono wae nangis… :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Lagi pisan iki aku krungu nangise Panda Kecil… :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Maaf ya…

  12. July 9th, 2010 at 09:12 | #12

    sungguh terlalu…. Pada ngomongin Rhoma Irama ya?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Rhoma Ariel Mas…

    [Reply]

  13. July 9th, 2010 at 09:29 | #13

    jumlah jalan menuju Roma sama banyaknya dengan jalan untuk keluar dari Roma.

    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    bisa jadi jalanya searah mas, multi input single output hehehe

    [Reply]

    Mars Reply:

    Berarti makin lancar :D

    [Reply]

  14. ofaragilboy
    July 9th, 2010 at 09:54 | #14

    Assalamualaikum.
    numpang mampir pak ins, mumpung lagi ngenet skalian BW :d
    metamarsphose is the best
    i like it

    [Reply]

    Mars Reply:

    Weh…
    Baru nongol nich…

    [Reply]

  15. advertiyha
    July 9th, 2010 at 09:54 | #15

    roma said, “Ah.. T E R L A L U… !!” hehehe… :P

    [Reply]

    Mars Reply:

    Rhoma Irama lebih terlalu Mas Mbak… :D
    Anaknya banyak, istrinya dimana2 :D

    [Reply]

    advertiyha Reply:

    mas lagi…mas lagi… ngambek nih,, cantik2 dipanggil mas,, huaaaaaaaaaaaaaa… :P

    [Reply]

  16. ridu
    July 9th, 2010 at 10:40 | #16

    minjem GPS aja pak biar gak kesasar :mrgreen:

    btw analogi bapak menarik juga :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas Ridu…
    Itu Metalogika…
    Matematika campur Logika

    [Reply]

  17. Kakaakin
    July 9th, 2010 at 10:59 | #17

    Ini salah satu peribahasa baru ya? :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Modifikasi dari yang sudah ada Mbak… :D

    [Reply]

  18. Kaka Akin
    July 9th, 2010 at 11:01 | #18

    Jadi apa saja jalan tuk meninggalkan roma itu ? :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Tergantung Romanya dulu…

    [Reply]

  19. mediatangsel
    July 9th, 2010 at 11:43 | #19

    Apalagi setelah tim kebanggan kota Roma, gagal merengkuh tropi Seri A musim lalu..jadi memang harus segera meninggalkan roma untuk menuju Persebaya, hihihihi

    [Reply]

    Mars Reply:

    Om Khay benar…
    Kapan Om Khay potong cepak?
    Biar tambah tampan :D

    [Reply]

  20. riFFrizz
    July 9th, 2010 at 13:00 | #20

    Waduh, tak kira bang Haji Roma Irama.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Bang Haji baru ngetung anaknya

    [Reply]

  21. July 9th, 2010 at 13:10 | #21

    Ini juga mungkin bisa berlaku untuk …

    Banyak jalan untuk tetap betah di Roma …

    hehehe

    [Reply]

    Mars Reply:

    Nanti Roma Over Kuota…

    [Reply]

  22. July 9th, 2010 at 13:50 | #22

    Banyak cara menuju Semarang… :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Yg pasti tetep lewat Nggambilangu

    [Reply]

  23. July 9th, 2010 at 16:15 | #23

    bener pak,banyak jalan karena Allah selalu ngasih pilihan2 buat kita :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iya…
    Cuman kadang kitanya yang malas nyari…

    [Reply]

  24. Jidat
    July 9th, 2010 at 17:24 | #24

    Saya masih Romaja pak :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Romaja kok Romatik… :D

    [Reply]

  25. achmad sholeh
    July 9th, 2010 at 17:31 | #25

    Saya masih suka lagunya Roma tentang jalan ke syurga

    [Reply]

    Mars Reply:

    Roma surga dunianya buanyak…
    Pating tlecek dimana2…

    [Reply]

  26. deni
    July 9th, 2010 at 21:19 | #26

    sungguh tulisan ini inspiratif gitu loh…

    show, ijin ya tak publikasikan di tempat lain agar manfaat….

    jangan komplain loh…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Disini bebas copy bebas paste Pak Deni… :D
    Dengan senang hati silakan

    [Reply]

  27. July 9th, 2010 at 22:20 | #27

    “Banyak jalan keluar Roma”

    Sudah masuk ke daftar Peribahasa baru apa belum Pak’e..???

    [Reply]

    Mars Reply:

    Belum Mas…
    Itu kan asal tulis…

    [Reply]

  28. dJumTKS Weblog
    July 9th, 2010 at 23:21 | #28

    boleh juga diibaratkan, banyak jalan menuju usaha…banyak jalan tinggalkan usaha yg bangkrut :-)

    [Reply]

  29. July 10th, 2010 at 01:51 | #29

    banyak jalan memutar (lagu) roma

    [Reply]

  30. BlogCamp
    July 10th, 2010 at 07:02 | #30

    di Roma ada bekas stadion untuk adu orang dengan singa lho
    kok bisa porak poranda gitu ya skarang

    [Reply]

  31. July 10th, 2010 at 11:05 | #31

    Roma yg enak yg rasa gandum, Pak Guru…………….
    salm

    [Reply]

  32. arifudin
    July 10th, 2010 at 12:21 | #32

    kapan pak kita bisa ke Roma? :mrgreen:

    [Reply]

  33. July 10th, 2010 at 16:29 | #33

    banyak dana kalau mau ke Roma

    [Reply]

  34. guskar
    July 14th, 2010 at 22:17 | #34

    lagi rame berita mengenai lelaki memburu bulu roma :D

    [Reply]

  35. her
    July 23rd, 2010 at 19:55 | #35

    Bener bener mas

    [Reply]

  1. July 19th, 2010 at 14:20 | #1
  2. October 14th, 2010 at 23:13 | #2

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~