Home > Realita > Bekal Modal Minimal

Bekal Modal Minimal

November 6th, 2009 Leave a comment Go to comments

Karena ada beberapa sahabat yang menanyakan cara memasang background image pada postingan, maka tulisan lama saya tentang hal tersebut saya munculkan kembali. Semoga ini bisa menjawab hal tersebut

Mencoba berbagi, tak ada maksud sedikitpun buat menggurui. Saya mau mencoba menulis lagi tentang trik pasang background pada postingan dengan bekal modal minimal.

Modal utamanya ya pasti sebuah blog, image yang mau dijadikan background serta software editor gambar. Kalau mau backgroundnya animasi ya ditambah software animasi.

Untuk software editor gambar saya pakai Adobe Photoshop jadul versi 7 yang free, karena dari awal saya pahamnya cuman itu. Ini saya pakai buat ngedit image agar ukurannya sesuai dengan lebar postingan dan warnanya menjadi semi transparan sehingga teks utamanya tetap terbaca dengan jelas. Pakai Paint juga bisa tapi saya agak kesulitan kalau mau ngecrop atau ngatur ukuran.

Yang saya lakukan adalah membuka image pakai Photoshop tadi, lalu ukurannya kita atur lewat menu image – image size kemudian diketikkan lebar yang diinginkan. Agar imagenya transparan gunakan menu image – adjustments – brightness/contrast kemudian kita atur brightness dan contrastnya.

Setelah di save, saatnya image kita upload. Kalau kita pakai blogspot bisa disimpan di Picassa, kalau kita pakai WordPress ya kita upload ke Library. Caranya sama seperti kalau kita masukkan image dalam posting, cuman nanti hanya dibutuhkan link atau url nya. Bagi yang biasa nyimpan image di photobucket OK juga.

Langkah terakhir tinggal naruh kode htmlnya pada postingan, dengan format:

<div style="background:url(alamat url tempat menyimpan image) repeat;">
teks postingan</div>

Gantilah teks warna merah dengan alamat penyimpanan atau url dari image, misalnya http://photobucket.com/albums/roma.png dan ganti juga teks warna biru dengan postingan kita. Contohnya seperti [ini]

Berhasil atau tidak syaratnya cuman satu, yaitu memulai untuk mencoba. Yang pasti, pasang beginian nggak bakal menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Pasang beginian cuman habiskan space dan loadingnya berat, terutama yang koneksinya limited dan lemoted.

Sebagai tambahan saja, bahwa image yang saya pakai untuk background warna-warni seperti ini ukurannya nggak sampai 5 Kb. Tepatnya cuma 4,94 Kb. Jadi kalau dianggap bikin berat, kayaknya yang bermasalah bukan pada baca imagenya tapi karena koneksi yang sahabat pakai.

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. June 12th, 2010 at 10:06 | #1

    wah keren pak..patut dicoba neh :D wah wah kayanya saya harus jadikan pak mars tadi marster saya ni :D

    [Reply]

Comment pages
1 2 2496
  1. November 10th, 2009 at 20:10 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~