Bela Negara ?

Sampai saat ini saya belum paham apa itu Bela Negara, hal apa saja yang termasuk Bela Negara atau kriterianya apa. Jadi saya tidak ragu2 untuk mengakui bahwa saya tidak tau Bela Negara.

Lha kalau negara saja saya nggak paham, gimana saya bisa Bela Negara?. Di buku pelajaran memang ada definisi negara, tapi kata2nyapun sangat tidak saya pahami. Ada wilayah, ada rakyat, ada pemerintahan, semua kata2 itu nggak jelas. Ambil contoh kecil, rakyat itu siapa?. Apa semua warga negara?. Kalau iya, berarti anggota DPR itu ya rakyat dong. Berarti dia mewakili dirinya sendiri juga?. Aneh !. Nggak cocok dengan pengertian kata wakil yang saya baca dari kamus.

Boro2 Bela Negara. Lha Bela Desa saja saya kayaknya ndak mampu dan belum pernah…Kalau Bali nDesa sering, Balai Desa juga tau, tempat perangkat desa mangkal. Tapi kalau Bela Negara saya blas ndak tau. Jangan2 yang seolah tau itu sebenarnya persis seperti saya juga. Atau malah nggak tau tapi pura2 tau, atau tau tapi nggak pernah mau Bela Negara?.

Di benak saya, Bela Negara itu angkat senjata, sepatunya kuat, kalau buat nginjek pasti sakit sekali, tidak di balik meja, lari2, gesit, enerjik, pokoknya yang gitu2. Istilah lain yang tak kalah membingungkan saya adalah Mengisi Kemerdekaan. Kegiatan apa saja yang bisa disebut mengisi kemerdekaan?.

Semoga tulisan saya ini tidak mematahkan semangat mereka2 yang lagi bela negara dan mengisi kemerdekaan. Kalau mencari rejeki dianggap bela negara dan mengisi kemerdekaan, kalau ngeblog dianggap bela negara dan mengisi kemerdekaan, berarti saya sudah bela negara dan mengisi kemerdekaan.

Buat Pak Abdul Cholik, maaf, tiba2 postingan ini nongol, padahal sudah saya ralat. Rupanya saya lupa kalau pernah buat postingan terjadwal. 😀

18 thoughts on “Bela Negara ?

  1. Mari kita berjuang di semua lini
    .-= Postingan ajengkol : Mahasiswa dan Bela Negara =-.

    [Reply]

  2. Menurut saya, apapun profesi kita asal sudah dikerjakan dengan baik dan menguntungkan Negara dan [tentu saja] nyaman untuk kita, maka kita sudah melaksanakan bela negara sesuai porsi kita Pak Mar…

    Blognya ini saya Link ke t4 saya kepareng mBoten Pak Mar??
    .-= Postingan arihevea : Bangunan Tahan Gempa di Tenjoresmi, Pasir Badak, Pelabuhan Ratu =-.

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    xixixixi… sopan men njaluke… 😀

    [Reply]

  3. Ngomongin negara, bela negara, ingatan saya kembali ke saat2 sekolah, ingat pelajaran tata negara dan mata kuliah kewiraan…
    .-= Postingan Ani : Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia =-.

    [Reply]

  4. Apakah bela keluarnya masuk bela negara? Kalau termasuk berarti saya juga sudah berjuang bela negara.

    Selamat pagi Pak Mars. Semoga selalu bahagia. Amin.
    .-= Postingan Puspita : Wayang Kulit =-.

    [Reply]

  5. bela negara wujudnya bermacam2 pak, termasuk membuat postingan ini
    .-= Postingan achmad sholeh : Renungan Untuk Rentetan Bencana Di Negeri ini =-.

    [Reply]

  6. Idem mister
    sayapun tidak mengerti apa itu bela negara
    yang saya tau cuma PRAMUKA
    aseli
    .-= Postingan Mengembalikan jati diri bangsa : Google Sandbox Sebuah Bencana! =-.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *