Belajar Do-Re-Mi

Ini bukan belajar menyanyi, tapi mencoba menggunakan not dalam bikin postingan. Semua kita pasti pernah belajar tujuh not dasar yaitu do-re-mi-fa-sol-la-si. Ternyata not2 tersebut tak cuma ampuh untuk membikin lagu tapi bisa juga dijadikan pedoman dalam menulis.

DoDoa sebelum menulis
Mengerjakan apapun, akan lebih afdol bila kita awali dengan baca doa. Demikian juga dalam menulis, tak ada salahnya kita berdoa agar apa yang kita tulis membawa manfaat bagi kita dan pembacanya.

SiSiapkan tema dan judul
Sesederhana apapun tulisan kita, persiapan amat diperlukan, baik judul maupun tema. Ini penting agar antara judul dan isi punya alur dan kaitan yang jelas, sehingga tak menimbulkan salah tafsir

FaFahami apa yang mau ditulis
Memahami apa yang kita tulis juga penting. Bagaimana pembaca bisa memahami kalau kita sendiri sebagai yang nulis malah nggak paham. Menulis butuh kompetensi.

LaLakukan editing bila perlu
Menulis itu tak sekali jadi. Bahkan untuk tulisan tertentu perlu orang lain sebagai editor. Tapi kalau sekedar postingan, saya kira cukup kita sendiri yang lakukan editing.

MiMinta nasehat dari sahabat
Untuk peningkatan kemampuan dalam menulis, kita bisa minta nasehat dari orang2 disekitar kita, apalagi bila menyangkut hal teknis dan spesifik, kita butuh bantuan ahlinya.

ReResiko dikritik itu soal biasa
Jangan alergi terhadap kritik. Jangan sampai kritik yang datang justru menjadikan rasa percaya diri kita menjadi hilang. Justru kritik adalah penyeimbang agar tulisan kita berkembang

SolSolusi terbaik adalah terus belajar
Semua pasti sepakat bahwa belajar itu tak ada hentinya. Yang pakar aja masih belajar, apalagi yang awam. Kita bisa belajar dari mana saja, dari siapa saja.

Itulah falsafah do-re-mi yang coba saya susun, dengan harapan bisa menjadi pencerahan dan bermanfaat bagi semua. Kalau ada yang kurang, mari dilengkapi.

Selamat menulis, selamat berdoremi…

48 thoughts on “Belajar Do-Re-Mi

  1. mantaaaaaab!!! pas momennya!
    pas pula dihati! pas semuanya deh
    makasi ya paaaaaaaaaaaak : D


    Ini emang buat Ni… 😀

    [Reply]

  2. Jadi keinget sama lagunya si Budi “Do-Re-Mi”.
    😆
    Sebelumnya terima kasih pak, atas filsafah “doremi-nya”? 😀


    Saya malah belum pernah dengar

    [Reply]

  3. nice… g perlu sambil dengerin lagu buat nulis… tapi sambil nulis juga dah bernyanyi … 😀


    Mari menulis sambil doremi

    [Reply]

  4. Saya suka yang …
    Re … resiko di kritik adalah biasa …

    mantap pak Mars

    salam saya


    Kalau kita2 sudah tahan banting Om… 😀

    [Reply]

  5. Sip, belajar tak boleh berhenti yo mas
    Resep mantep
    Salam hangat dari Surabaya


    Iya Dhe…
    Jangan kalah dengan yang muda2…
    Kita tunjukkan bahwa kita masih bisa

    [Reply]

  6. Terus belajar adalah solusi terbaik, setujuh pak Mars


    Dengan belajar pula, Mas Sholeh wis kasil ngganti theme…

    [Reply]

    Cah Bagus Reply:

    iya pak makasih, kemarin sempat bingung biasanya di wordpress kan zip lgsg diinstal ternyata di blogspot tidak sama


    Kan ono petunjuke Mas, format filenya yg mau diupload…

    [Reply]

  7. wuiis..coool…kayak lagune…budi anduk..eh keliru..budi..sapa..tuch yang do re mi..


    Nah Budi siapa itu yang saya malah belum tau

    [Reply]

  8. La : Lah ya gitu, dikasih tips dan dikomenin sama Pak Mars yang antibiasa adalah luar biasa.


    Ini Ngai yg dari Thailand itu ya 😀

    [Reply]

  9. do = doakan ku harus pergi
    re = relakan aku disini
    mi = misalnya aku kan pulang
    fa = fastikan kau tetap menunggu
    so = soal cinta luar biasa
    la = lama-lama bisa gila
    si = siapa yang tahu pasti
    do = doakan aku disini


    Mosok ono not “so”. Sing bener kan “sol”

    [Reply]

    Riffrizz Reply:

    kalau yg ini lagunya budi do re mi 😉


    Durung tau krungu

    [Reply]

  10. jadi tambah pengetahuan nih…
    makasih ilmunya, pak Mars….. 🙂


    Tau sama tau Mbak

    [Reply]

  11. do – si – fa – la – mi – re – sol
    wah nggak urut pak…
    jadi bingung… 😀


    Semua lagu kan juga nggak urut do-re-mi…

    [Reply]

    ais ariani Reply:

    ho’oh.. nek lagu do re mi urutan itu judulnya: baru belajar maen piano.

    tapi ini bikin pengen ke depan piano, buat mainin lagunya

    do – si – fa – la – mi – re – sol

    pripun pak mars, lagunya kedengeran gak sampek sana?
    aku mainin sepenuh hati loh, tak ulang sampek tiga kali

    hihihihihihihi…


    Malah saya jadi penasaran pengin denger nada 1-7-4-6-3-2-5… 😀

    [Reply]

  12. izin singgah mas..
    Do-re-Mi..
    Terima kasih sebagai inspirasi agar terus menulis..


    Mari Mas, dengan senang hati

    [Reply]

  13. bukan do-re-mi dong pak eM… do-si-fa
    heheheh


    Kalau do-re-mi nanti urutan maknanya jadi nggak logis Bu…

    [Reply]

  14. Lengkap dan tak terbantahkan, Pak.
    Sepakat dan sependapat!


    Bisa dilengkapi lagi Bi…

    [Reply]

  15. Notasinya pas mantab padat seksi berisi Pak.. 😛


    Makasih Mbak Yuni… 😀

    [Reply]

  16. Mantabs belajar Do re mi ala Pak MArs..

    Mau nyaingin Budi Do re mi ya..


    Mari menyanyi bersama…

    [Reply]

  17. Sungguh pelajaran yang mudah dicerna, tapi mungkin susah pelaksanaannya..
    Suwun Pakdhe,,


    Bener Mas, mudah bicara, susah merealisasikan

    [Reply]

  18. jika nasehat dilakukan dg cara seperti ini, pasti lebih berkesan di hati anak daripada kita ungkapkan langsung.
    Luar biasa kreatif pak Mars.. 🙂


    Matur Nuwun Bu…
    Selamat mengajar, salam sejahtera…

    [Reply]

  19. dont be lazy
    rewrite the formula in your mind
    mistake makes perfect
    fast your math logic
    solve the problem easily
    late better than nothing to do
    size up your brain….


    Makasih Infonya Mas Anang

    [Reply]

  20. Do re mi untuk menulis… Ada aja ide yang terlintas di benak Pak Mars. Mantap!


    Apa saja ada

    [Reply]

  21. kereeen mas

    saya kalau ngeblog itu biasanya menulis dulu. tidak jarang saya bingung, tulisan ini enaknya dikasih judul apa. isinya cek sendiri. pasti belepotan. hehe


    Kalau saya judulnya harus ketemu dulu, isi belakangan

    [Reply]

  22. Maturnuwun pak Mars pembelajarannya, seraya menanti ‘nasehat dan kritik’ pak Mars atas blog saya tuk ‘terus belajar’. Salam


    Sami2 Mbak Prih
    Salam Hangat juga

    [Reply]

  23. Mantab nih do-re-mi dari Pak Mars.
    Semua perlu dilakukan, terutama editing. Supaya tulisan yang keluar gak malu-maluin, misalnya karena salah-salah ketik 😀


    Tapi kalau nyuntik pasien jangan sampai editing ya Mbak 😀

    [Reply]

  24. Hebat, Pak’e! Kok ya adaaaaaa aja idenya 😀
    Kalo gak ngikutin do-re-mi ini postingannya bisa fales ya, Pak 😛


    Fals dan hambar Mbak

    [Reply]

  25. Absen Pak!

    Bukan doremi lagi dong pak, tapi do-si-fa-la-mi-re-sol hehehe


    Itu kan judulnya.
    Koyo lagu lah, kata2 dalam judul nggak harus ada di lyriknya

    [Reply]

  26. Heeee muantap dan saya langsung kopas artekelnya pakde…nyuri ngak yach heeee, matur nuhun nich ilmunya


    Disini bebas copy bebas paste kok

    [Reply]

  27. ok juga dibalik nada-nada bisa jadi suatu rangkaian kata-kata yang menarik ..
    artikel yang biasa menjadi luar biasa.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *