Belajar Pada Cicak

Belajar bisa dari siapa saja, tentang apa saja, termasuk pada binatang yang tampaknya biasa saja tapi sesungguhnya amat luar biasa karena anti biasa. Kita bisa belajar dari Cicak.
Kenapa Cicak?. Kenapa bukan pada Lebah Madu atau Belalang dan Kupu-Kupu?. Inilah alasannya…

Cicak itu familiar.
Semua orang pasti kenal Cicak. Dari Anak TK hingga Mahasiswa Pasca Sarjana, dari Pegawai Pajak hingga Tukang Becak, dari Pejabat Negara hingga Rakyat Jelata, dari Jendral hingga Kopral semua mengenalnya. Bahkan lagu Cicak Cicak Di Dinding lebih terkenal dibanding lagu manapun.

Cicak bisa menyesuaikan tempat.
Mulai dari Istana Raja sampai Penjara, dari Rumah Mewah sampai Goa Bawah Tanah, dari Kota Besar sampai Hutan Belukar, dari Hotel Berbintang sampai Warung Remang-Remang pasti ada Cicaknya, dan dia nyaman ada disana. Belum pernah ada cerita tempat yang hilang pamornya hanya karena banyak cicak. Amat beda jika tempat itu banyak kecoak.

Cicak tidak dimusuhi manusia.
Belum pernah ada masyarakat yang resah oleh ulah Cicak. Saya belum pernah dengar ada Obat Cicak. Berbeda dengan semut, tikus, lalat atau nyamuk yang mengganggu sehingga manusia merasa perlu bikin obat nyamuk dan obat tikus.

Cicak itu misterius.
Ada misteri besar tentang Cicak yang sampai sekarang saya belum menemukan jawabannya. Tentang perjalanan Cicak. Ketika ada rumah baru, meskipun dibangun terpencil sendirian ditengah sawah, dapat dipastikan begitu ada lampu pasti langsung ada Cicaknya.

Pertanyaannya…,
Bagaimana Cicak bisa sampai kesitu?. Menyususuri tanah?. Kalau iya, kita pasti pernah ketemu Cicak jalan di tanah. Tapi kok nggak pernah liat. Terbang?. Nggak mungkin. Lewat kabel listrik?. Kayaknya sebelum ditemukan kabelpun Cicak sudah seperti itu.

Daripada pusing mikirin itu, mendingan kita nyanyi Cicak Cicak Di Dinding aja…

33 thoughts on “Belajar Pada Cicak

  1. kalau ttg cicak….aku selalu ingat sebuah cerpen dgn lakon 2 cicak dan 2 sejoli. dan di situ aku jadi kenal dengan tokoh anglingdarma 😀 bingung kan?

    Kalau aku dulu waktu kecil sukanya sama cicak oeswoyo 😀


    Saya pastinya tau kisah itu Bu…
    Aslinya bukan Cerpen tapi Cerita Rakyat.
    Kalau gak salah, ANglingdarmo itu bisa ngerti bahasa binatang. Suatu ketika ada sepasang Cicak yang lagi ngobrol. Dari obrolan cicak itu, Anglingdarmo tersenyum. Rupanya istri Anglingdarmo penasaran, kenapa suaminya senyum2…
    Tapi Anglingdarmo tak mau terus terang tentang apa yg terjadi.
    Begitu kalau saya gak salah ingat.
    Saya tau tidak dari baca atau nonton sinetronnya, tapi didongengkan Ibuk saya

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Trus gimana, Om Mars? Aku pengen tau lanjutannyaaaa….


    Markijut
    Mari Kita Lanjut

    [Reply]

  2. kayanya laginya diganti deh pak ,cicak-cicak di lantai hehehe soalnya banyak cicak dilantai sekarang


    Cicak tersesat itu mbak

    [Reply]

  3. Iya ya saya sendiri juga nggak pernah memikirkan bagaimana cicak sampai ke rumah kita.
    Bahkan cicak membantu manusia mengurangi jumlah nyamuk yang nempel di tembok. Hanya saja kalo cicak sampai terjatuh ke makanan atau minuman di meja, saya nggak jadi menikmati makanan yang tersaji

    Setahun yang lalu bahkan cicak jadi terkenal ketika memusuhi buaya


    Nggak pakai lama, dirumah baru tiba2 sudah ada cicaknya
    Kayak satu paket aja Pak

    [Reply]

  4. dan cicak paling ditakuti sama anak2 korea yg dulu menginap di rumah saya.
    mereka kira itu macam buaya kecil? ada2 aja hehehe


    Di Korea apa nggak ada cicak ya Ni?

    [Reply]

  5. lewat lantai kayaknya pak… kadang kadang sudah nongol lewat lanati…
    cicak bisa buat makanan arwana dulu bapak saya sering tangkap…


    Tapi amat jarang cicak sampai di lantai mas

    [Reply]

  6. Iya ya …. koq bisa? #ikutan binun#
    Kalau tokek gimana pak Mars, lewat mana tuh ? Di tetangga sebelah ada tokek, sesekali muncul juga di rumah kami. Tapi bertahun lalu gak ada tokek di situ, mereka pun gak miara tokek.

    Haduh koq jadi bicara soal tokek ya …. ^^


    Saya suka mancing tokek…
    Di rumah mertua banyak sekali

    [Reply]

  7. Iya ya, gimana cara cicak pindah ke tempat terpencil. Jangan2 dia seperti kumbang api hitam yg masuk dlm keluarga kumbang permata yg sanggup mendeteksi hutan terbakar dr jaraj ratusan kilo meter. Jangan2 Cicak juga punya alat pendeteksi kehadiran manusia yg menetap cukup lama..


    Kayaknya dia punya pendeteksi cahaya Mbak…
    Rumah sebaru apapun, begitu lampu nyala pasti sudah ada cicak disitu

    [Reply]

  8. Cicaknya juga membantu keseimbangan alam Pak dengan menangkap nyamuk. Ikut belajar gaya cicak dalam adaptasi. Selamat berkarya di hari Selasa.


    Iya Bu…
    Semua hewan punya peran masing2, dalam porsi yang sudah diatur hukum alam

    [Reply]

  9. mending nyanyi aja ach…
    dari pada bingung asal cicak dari mana to
    hehehe


    Ayo Mbak, nyanyi bareng 😀

    [Reply]

  10. tapa yang nyebelin dari cicak itu, biasanya masuk ke gelas kopi saya dan saya nggak jadi minum kopi :O


    Saya malah sudah terlanjur minum ternyata didalamnya ada mayat cicak

    [Reply]

  11. jadi inget pilem Benyamin , ada Cicak bin Kadal, nah loh apaa itu?..


    Saya juga suka dengan film lamanya Bang Ben

    [Reply]

  12. Cicak itu umumnya pindah tempat malam hari (kalau jarak jauh) mas. Biasanya setelah Dunia Dalam Berita.

    Salam hangat dari Surabaya


    Hahaha
    Nunggu sepi ya Dhe

    [Reply]

  13. Naik taksi dong mas… Wkwkwk…


    Taksinya sebesar apa ya
    trus duduknya gimana 😀

    [Reply]

  14. berarti ada rumah ada cicak pak


    Nah itu kayaknya bener, lebih bener dari ada gula ada semut

    [Reply]

  15. wah, postingan ini bikin saya ingat cerita seorang anak yang disuruh gurunya nyanyi Cicak-cicak di Dinding, gara-gara suaranya kurang besar (keras maksudnya), nyanyinya jadi..

    Tokek- tokek di dinding ==> kadal-kadal di dinding ==> Nyambek-nyambek di dinding

    😆 😆


    Hahaha
    Dinosaurus Dinosaurus di dinding…

    [Reply]

  16. geli sama cicak pak…wlw ga berbahayA. tp mitos kejatuhan cicak itu bener ga pak ?


    Saya juga takut kalo kejatuhan cicak
    Entah benar entah tidak, tapi nyatanya saya takutttttt

    [Reply]

  17. perlu belajar kemampuan adaptasi dengan cepat dari seekor cicak, khususnya bagi saya yg cenderung tipikal introvet


    Iya, belajar bisa dari apa saja

    [Reply]

  18. Jawabannya ada di lagu kok, Pak Mars. Coba deh kita teliti liriknya: “diam-diam merayap”. Berarti dia merayapnya diam-diam sampai tidak ada yg tahu kalau dia sudah ada di rumahnya Pak Mars.

    Salam…


    Nah itu dia, merayapnya pas di tanah itu yg jarang keliatan

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Hahahaahahha…bener jugak yaaa 😆


    hehehe

    [Reply]

  19. Ini binatang yang sangat nggilani, Om Mars. Bila bertatapan mata dengannya pasti aku yang lari duluan, apalagi kalo ditemploki hhiiiiiiiiiiiiiiiiyyyyyyyyyyy……


    Kalau ditemploki cicak rasanya seperti tersedot ya Mbak

    [Reply]

  20. Pingback: metaMARSphose » Ideal = Idea + Deal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *