Home > Ekspresi > Berasa Belum Pakai Sarung

Berasa Belum Pakai Sarung

September 1st, 2011 Leave a comment Go to comments

Dari jaman baheula sampai sekarang, bentuk sarung ya cuman gitu2 aja, nggak ada inovasi nggak ada dinamisasi. Tapi karena bentuknya yang gitu2 aja itulah yang justru menjadikan sarung sebagai asesoris paling praktis dan paling ekonomis.

Banyak merk ditawarkan, hanya satu yang paling berkesan. Itulah Sarung Samarinda. Tentang “Sarung Samarinda” saya punya kenangan tersendiri. Saat saya disunat, kakek memberi hadiah Sarung Samarinda. Ketika dua anak saya disunat, sayapun memberi hadiah yg sama. Jadi bisa dikatakan bahwa Sarung Samarinda adalah sarung resmi acara khitanan di keluarga kami.

Selain nyaman dipakai dan kualitasnya terjaga, Sarung Samarinda juga memiliki motif yang khas. Sampai sekarang ketiga sarung itu masih utuh dan masih sering kami pakai. Kelak kalau cucu lelaki saya disunat, sayapun akan menghadiahi Sarung Samarinda buat dia.

Itulah cerita tentang Sarung Samarinda, sarung resmi keluarga besar saya. Mulai dari kakek saya, bapak saya, mertua saya, saya, anak2 saya dan kelak cucu2 saya akan selalu bersarung dengan Sarung Samarinda. Rasanya belum pakai sarung kalau bukan Sarung Samarinda

Tulisan ini pastinya disertakan pada giveaway Berbagi Cerita Tentang Sarung yang diadakan oleh Kaka Akin

Untuk melengkapi cerita ini, berikut saya sertakan foto spesial tentang Sarung Samarinda. Yang ini sarung saya yang saya foto berdampingan dengan postingannya Kaka Akin biar meyakinkan bahwa cerita saya ini asli tanpa rekayasa.

Kalau gambar dibawah ini “Sarung Samarinda” yang telah dimodifikasi menjadi baju istri saya.
Ternyata Sarung Samarinda familiar juga untuk kaum wanita.

Merah2 yang tampak dilatar belakang bagian kiri itu adalah istri saya yang memegangi blus cap Sarung Samarinda. Ini 100% asli. Kalau nggak percaya silakan minta bantuan Pak Roy Suryo buat cek keaslian foto ini.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi
  1. September 1st, 2011 at 20:01 | #1

    Hehehe… Pak Mars memang anti biasa :D
    Modifikasi sarung menjadi pakaian Bu Mars keren banget, Pak. Di daerah saya juga biasa dibuat peci.

    Terima Kasih telah ‘Berbagi Cerita Tentang Sarung’
    Telah saya catat sebagai peserta. :)


    Itu Bu Mars ngambil sarung saya Mbak…
    Dan itu Samarinda asli lho

    [Reply]

  2. September 1st, 2011 at 20:26 | #2

    ternyata sarungnya pak Mars aneka rasa… hhhhmmmm


    Sing penting semriwing rasa menthol

    [Reply]

  3. LJ
    September 1st, 2011 at 20:42 | #3

    sarung samarinda memang bagus,
    yang buat genduk sarungnya dijadiin apa pak..? :D


    NaknDuk nggak sarungan Bun, tapi pakai jeans :D

    [Reply]

  4. September 1st, 2011 at 22:37 | #4

    Haiyaaa … mantap
    Sampai Blus sang Istri juga di pajang disini …
    Benar-benar anti biasa

    Salam saya Pak Mars
    Semoga sukses

    (nanti kalau menang … dapat hadiah sarung dari Kakaakin … jangan sunat lagi ya Pak …)


    Itu Si Istri bilangnya juga setelah dijahit Om… :D

    [Reply]

  5. Imelda
    September 2nd, 2011 at 03:13 | #5

    Harus sarung samarinda ya? (hehehe ya jelas ya, buat kontes)
    Padahal daerah asal papaku (Makassar) juga mempunyai sarung sutra yang muantap

    EM


    Kayaknya sich nggak harus Sarung Samarinda Bu…
    Tapi karena yg bikin acara dari Samarinda dan kebetulan sarung resmi saya juga pas, makanya dipas2kan aja :D

    [Reply]

  6. escampur
    September 2nd, 2011 at 03:28 | #6

    ijin nyimak ajah sobat


    Mari Mas

    [Reply]

  7. September 2nd, 2011 at 04:08 | #7

    Ternyata Pak Mar, hobi dengan koleksi sarung Samarinda ya.

    Semoga sukses kontestnya ya Pak.
    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Makasih doanya Pak

    [Reply]

  8. September 2nd, 2011 at 07:30 | #8

    Sarung Samarinda semakin naik saja pamornya.
    Bukan cuma buat dipakai sehari-hari, atau dijadikan bingkisan tapi ternyata bisa juga buat … warisan. sepertinya cuma Sarung Samarinda yang bisa begini :)


    Belum bersarung kalau bukan Sarung Samarinda Mas

    [Reply]

  9. September 2nd, 2011 at 08:32 | #9

    Salam Takzim
    Sarung sarung sarungggggg
    wah lebaran pada jaja in sarung kalau saya mau jajalin sarung aja ah
    Salam Takzim Batavusqu


    Iya nich Bang
    Gara2 acaranya Kaka Akin

    [Reply]

  10. September 2nd, 2011 at 09:09 | #10

    lebaran tanpa ada sarung ta mantap,,sarung mencerminkan amat dari para sesepuh dahulu yang harus di banggakan dan banyak manfaatnya..sm kenal gan

    [Reply]

  11. September 2nd, 2011 at 11:07 | #11

    semoga menang ya pak,kalau saya punya kain yg saya jahit jadi baju


    Makasih doanya Mbak

    [Reply]

  12. September 2nd, 2011 at 19:45 | #12

    Huahahahaha tak perlu Roy Suryo sampai turun tangan.. :lol:


    Roy Suryo yg sekarang juga nggak seakurat dulu Mas

    [Reply]

  13. September 2nd, 2011 at 20:08 | #13

    Kalau sarung ada karetnya enak juga ya Pak, jadi pake sarung nggak payah dilipet-lipet…he..he..he…

    Kalau sarung resmi keluarga saya adalah sarung songket dari Palembang, dari saya sunat pergi sholat dan hajatan ya, pake sarung itu…he..he..he…


    tinggal diblusuki langsung singset ya Mas..
    Boleh juga tuch idenya :D

    [Reply]

  14. September 2nd, 2011 at 20:08 | #14

    Konon, sarung samarinda itu ada yang bisa dilipat sehingga selebar uang kertas lho
    saya belum pernah punya.

    Semoga berjaya

    salam hangat dari Surabaya


    Ada yg bilang bisa dislurupkan diklontongan korek jres Dhe…

    [Reply]

  15. September 2nd, 2011 at 20:09 | #15

    hehehe…bisa guyonan juga bapak ini….kreatif juga isteri bapak dan jadinya bagus.
    (ngelirik sarung-sarung di lemari, sapa tau ada motif yg cocok buat baju)
    salam pak..


    Bisa dicoba Mbak, memodifikasi sarung jadi blus

    [Reply]

  16. Lyliana Thia
    September 3rd, 2011 at 05:01 | #16

    Wah Pak Mars, baju dari Sarung Samarindanya bagus deh…
    sarung dibuat jadi baju atau rok emang unik… :-D


    Iya Mbak…
    Beberapa sarung saya diubah jadi bajunya istri saya :D

    [Reply]

  17. duniapiyen
    September 3rd, 2011 at 07:36 | #17

    ternyata bisa jadi baju juga…
    soal gambar percaya deh… :D


    Dengan banyaknya motif sarung, memudahkan untuk dimodifikasi jadi baju Mas

    [Reply]

  18. September 3rd, 2011 at 11:24 | #18

    Saya juga punya lho Pak baju koko yang terbuat dari sarung samarinda tersebut…
    Berasa beda saja saya kalau memakainya… hehe.. :)


    Motif sarung yg macam2 memungkinkan untuk dibikin baju Da…
    Untuk baju resmi juga oke kayaknya

    [Reply]

  19. September 3rd, 2011 at 11:29 | #19

    Sarung masih saya pakai hanya sebagai asesori pendukung sholat, pak..


    Kalau saya masih sering untuk harian Mas

    [Reply]

  20. September 3rd, 2011 at 18:55 | #20

    saya masih sering pakai sarung, untuk sholat atau kadang kemul tidur, apalagi pas pulang kampung


    Nyaman dan longgar Mas…
    Semriwing

    [Reply]

  21. September 4th, 2011 at 12:42 | #21

    saya mengucapkan maaf lahir batin u pak mars sekeluarga…

    jadi baju deh sarungnya..why not ya pak? smg sukses ngontesnya pak…

    ada blogquiz di tempat saya pak,,,http://puteriamirillis.blogspot.com/2011/08/blog-quiz-story-pudding-for-wedding.html..ikutan sharing kisah pernikahannya ya pak…


    Maaf Lahir batin juga Mbak, dan terima kasih atas doanya…

    [Reply]

  22. September 4th, 2011 at 21:10 | #22

    Selamat malam Pakdhe Om….

    Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin ya,….

    Sarung Samarinda saya nggak pernah pake, tp ada lihat punya ayah oleh2 dari sepupu di hari lebaran :)

    Semoag menang Pakdhe Om :)

    [Reply]

  23. September 5th, 2011 at 10:40 | #23

    bagus juga sarung samarinda buat oleh-oleh om..

    [Reply]

  24. September 5th, 2011 at 11:10 | #24

    Wahhh…menjadi sarung resmi keluarga pak Mars, hebat itu Pak. Sukses ngontesnya ya Pak ;)

    [Reply]

  25. Hybrid car
    September 5th, 2011 at 12:06 | #25

    Saya punya satu di rumah pak. Oleh-pleh saudara dari samarinda.. :)

    [Reply]

  26. September 5th, 2011 at 15:04 | #26

    Wah saya juga punya srg Samarinda dua yg msh baru sob.. hehe.. yg satu dpt hadiah.. anak sy juga seneng tuh..

    [Reply]

  27. September 5th, 2011 at 15:07 | #27

    Tiap sy beli sarung nyari yg pas kok susah ya.. adanya kebvesaran semua.. hehee.. met lebaran bos..

    [Reply]

  28. September 5th, 2011 at 16:50 | #28

    sarung samarinda dipakai memang nyaman dan dingin, desainnya juga menarik

    [Reply]

  29. September 5th, 2011 at 20:14 | #29

    saya belum pernah emu sarung yg pas dibadan nih.. semuanya sellu kegedean bos.. hehe

    [Reply]

  30. September 6th, 2011 at 03:02 | #30

    Sarung Samarinda memang jadi kebanggaan sejak jaman baheula. Bapak saya dulu punya satu, dieman-eman sama beliau.
    Pak Mars, selamat Idul Fitri 1432 H, maaf lahir dan batin.

    [Reply]

  31. September 6th, 2011 at 10:05 | #31

    mantab pak dhe,ternyata bukan bisa untuk sarung aja .tapi isa di kereasikan juga ya.??

    [Reply]

  32. September 6th, 2011 at 14:52 | #32

    Saya belum pernah lihat sarung Samarinda, pak. Jadi penasaran.

    [Reply]

  33. September 6th, 2011 at 19:54 | #33

    mantap pak…
    sarung si indonesioan

    [Reply]

  34. Nurjanah
    September 7th, 2011 at 13:45 | #34

    waah…bajunya ibu keren pak,aku mau bikin ah…

    [Reply]

  35. melly
    September 7th, 2011 at 15:30 | #35

    tp klo tidur saya ogah pak pakai sarung, karena klo pas bangun, suka nyangkut2 di badan :D
    sarung itu enaknya di pakai sambil ngobrol di teras rumah.

    [Reply]

  36. andinoeg
    September 7th, 2011 at 16:53 | #36

    salam

    [Reply]

  37. Kaos Pria Big Size
    September 8th, 2011 at 10:56 | #37

    ass …

    salam kenal yaa

    [Reply]

  38. September 8th, 2011 at 13:24 | #38

    Sarungnya sih gitu-gitu aja Pak,
    tapi kreatifitas ibu yang mencintai sarung samarinda, itu luar biasa.


    Iya Mbak, bisa hemat kain, nggak perlu beli baru

    [Reply]

  39. September 9th, 2011 at 11:00 | #39

    Selamat hari lebaran juga, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir bathin


    Sama2 Mas Jahid

    [Reply]

  40. September 12th, 2011 at 08:27 | #40

    Pertama salam kenal, semoga berkesan dikunjungan perdana ini.
    kedua : ngomong2 soal sarung sebenarnya ada yang bentuk nya ga bgitu mas, ada sarung yang bentuknya beda, seperti sarung tinju, sarung HP, sarung golok, dan sarung ….. (biasa saya gunakan setiap malam jumat … , hihikhikhik ….)


    Salam kenal juga Mas.
    Bener juga ya, sekarang muncul banyak sarung. Kulkas, mobil dll juga disarungi…

    [Reply]

  1. June 19th, 2012 at 14:56 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~