Home > Inspirasi, Realita > Berpikir Linier

Berpikir Linier

November 28th, 2012 Leave a comment Go to comments

Dalam Matematika ada beberapa bab yang menggunakan kata linier (linear) misalnya Fungsi Linear, Program Linear, Persamaan Linear dll. Kata linier jika diterjemahkan secara bebas bermakna “lurus”. Jadi Berpikir Linier itu artinya berpikir lurus.

Berpikir Linier didasarkan pada logika dan kebiasaan. Contohnya anggapan bahwa lelaki lebih kuat dari wanita, pegawai Bank uangnya banyak, jadi artis itu enak, dokter itu tulisannya jelek (banget), profesor itu kepalanya botak dll.

Pada usia anak2, pola pikir linier sangat dominan dan itu wajar. Tetapi seiring dengan perkembangan usia, ilmu dan daya nalarnya, pola pikir tersebut ikut berkembang pula dan kadang malah berubah menjadi tidak linier sama sekali.

Tulisan ini untuk menjawab pertanyaan dari Nique, apakah wajar jika Si Egi keponakannya berpikir bahwa orang kaya itu kalau ngasih sesuatu pasti banyak.

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi, Realita
  1. November 28th, 2012 at 12:11 | #1

    Aku berpikir kuadratik aja deh…


    Level yang setingkat di atas linier :D

    [Reply]

  2. achmad sholeh
    November 28th, 2012 at 13:32 | #2

    berpikir linier dan berprilaku linier sulitnya minta ampyun pak


    Justru paling gampang Mas

    [Reply]

  3. November 28th, 2012 at 13:51 | #3

    kalau saya berfikir apa ya pak?


    Hahahaha
    Karena saya belum sakti, maka saya belum bisa nebak pikiran Mbak

    [Reply]

  4. November 28th, 2012 at 14:09 | #4

    sesekali berpikir out of the box


    Boleh juga…
    Out of the box adalah keluar dari berpikir linier

    [Reply]

  5. November 28th, 2012 at 14:57 | #5

    kebanyakan mikir kepalaku [mulai] kayak profesor pak… :D


    Profesor malah jarang mikir

    [Reply]

  6. November 28th, 2012 at 17:19 | #6

    mungkin keponakannya mbak Nique selama ini ketemu orang kaya yang sll ngasih sesuatu dengan banyak.
    tapi jika suatu hari nanti ketemu orang kaya yg ngasih sesuatu dengan sedikit, bisa jadi ucapan dan pikirannya akan berubah.
    :D


    Atau sebaliknya Mbak…
    Sering ketemu yang nggak kaya, lalu membayangkan ketika ketemu yg kaya akan dapat banyak.
    Tapi ternyata tak demikian :D

    [Reply]

  7. Ejawantah’s Blog
    November 28th, 2012 at 19:12 | #7

    Berpikir dan bertindak secara linier memang harus seimbang dalam penerapannya di dalam kehidupan ini Pak. Walau terkadang hal ini tidak dapat berjalan secara bersamaan. namun, biasanya hal ini selalu dapat di temukan dalam perjalanan hidup setiap anak manusia. Namun, entah kenapa jarang sekali manusia menyadari dalam hal ini. Mungkin karena ketidak tahuan atau pun karena rasa ego yang tidak dapat ditekan dlam titik terendah.

    Sederhana dan padat pembahasan jawabannya ya. Dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Sukses selalu.

    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Kalau berpikir dan bertindak memang harus imbang Pak.
    Itulah kenapa banyak orang tak berhasil, karena mikir melulu tanpa pernah bertindak

    [Reply]

  8. November 29th, 2012 at 00:32 | #8

    kalau ada istilah berpikir linear, mengapa tidak ada istilah berpikir kuadratik atau eksponensial ya pk … :D


    Mungkin pakai istilah lain.
    Sama seperti berdiri.
    Ada istilah “berdiri” tapi nggak ada istilah “berduduk”

    [Reply]

  9. November 29th, 2012 at 04:26 | #9

    linear, kuadratik,linear kuadratik….apa yach heeee….perubahan berjalan pada akhirnya Pakde yach


    Iya Bli…
    Sesuatu bisa berubah secara pelan atau perubahan berjalan

    [Reply]

  10. November 29th, 2012 at 05:00 | #10

    kalo pak mars berfikirnya antilinier… antimainstream


    Kita penganut aliran anti mainstream…

    [Reply]

  11. Gandi
    November 29th, 2012 at 09:48 | #11

    Pastinya berpikirnya harus POSITIF ya Pak?? hehehe


    Iya Mas
    Mau aliran manapun, yg penting positip

    [Reply]

  12. November 29th, 2012 at 10:40 | #12

    betul betul jangan berpikir linear

    *biar aku jangan dicap blogger saru mulu


    Nah itu dia.
    Sama kayak “bicara sex itu tabu”.

    [Reply]

  13. November 29th, 2012 at 10:40 | #13

    Pak Mars saat ini mikirnya linear atau kuadratik? *malah balik nanya*


    Kalau saya kombinasi.
    Ada liniernya, ada tidaknya

    [Reply]

  14. arif
    November 29th, 2012 at 11:01 | #14

    persepsi setiap orang membuat alur logika linier menjadi umum seperti di atas :D


    Iya Mas
    Berpikir linier adalah alur berpikir berdasar logika

    [Reply]

  15. pks pati
    November 29th, 2012 at 15:55 | #15

    mantap tulisannya,
    blognya juga keren…
    salam dari pati
    http://www.pkspati.org


    Salam juga Mas.
    Asli saya Colo, kalau dari Pati lewatnya Rendole trus Nggembong Mas

    [Reply]

  16. November 29th, 2012 at 18:20 | #16

    berpikir linier yang pasti benar:

    Bloger kayak Pakdhe Mars pasti punya banyak temans


    Jadi bloger atau tidak, teman saya pasti banyak karena murid saya asli banyak :D

    [Reply]

  17. November 29th, 2012 at 18:21 | #17

    Berpikir Linier didasarkan pada logika dan kebiasaan. Contohnya anggapan bahwa lelaki lebih kuat dari wanita, pegawai Bank uangnya banyak, jadi artis itu enak, dokter itu tulisannya jelek (banget), profesor itu kepalanya botak dll.

    tetapi bukannya anggapan ini juga sebenarnya tidak lurus ya pak? kalau lurus ngga mungkin ada anggapan seeprti itu sedangkan kenyataannya anggapan itu hanyalah stereotipe saja. Pada nyatanya profesor itu ngga semuanya seperti itu, karena hormon penumbuh rambutnya sudah melemah, dan sekarang profesor muda yang ganteng juga banyak.. hehehe

    eh gitu ngga sih :D


    Itulah kenapa orang dewasa berpikirnya tak linier lagi Mbak…

    [Reply]

  18. November 29th, 2012 at 18:36 | #18

    berfikir linier = berfikir menggunakan logika yang paling gampang, meskipun hasilnya banyak yang kurang pas


    Iya, berfikir linier adalah logika dasar…

    [Reply]

  19. November 29th, 2012 at 19:25 | #19

    linier membentur realita dan pertimbangan lain jadi non linier ya Pak. Selamat beristirahat. Salam


    Itulah mengapa kita harus menerima realitas Bu…
    Bahwa kenyataannya, tak semua itu pas dengan logika

    [Reply]

  20. November 29th, 2012 at 21:52 | #20

    aku tak komen linier wae :D


    Makasih Gan

    [Reply]

  21. Bunda Bijak
    November 29th, 2012 at 22:42 | #21

    kalau kebalikan dari berfikir linier apa pak?


    Apa ya?
    Bingung menjawabnya, karena tak semua hal punya yg namanya “kebalikan” :D

    [Reply]

  22. November 30th, 2012 at 00:20 | #22

    tapi memang paling enak berpikir secara linear.. ga terlallu banyak mikirnya betul…


    Iya Mas…
    Sederhana dan banyak benarnya

    [Reply]

  23. November 30th, 2012 at 15:14 | #23

    Aku berpikir ‘ndeso aja sing penting ‘jujur” * hahaha ‘gak nyambung


    Kayaknya semua orang juda ndeso dan berasal dari desa pula :D
    Di KTP nya ada tertulis itu

    [Reply]

  24. November 30th, 2012 at 17:05 | #24

    berarti sama dengan berpikir positif dunk


    Bisa iya bisa tidak, tergantung situasinya… :D

    [Reply]

  25. December 4th, 2012 at 08:46 | #25

    Ternyata tak selalu begitu pada kenyataannya
    Orag kaya kalau belanja di mall tanpa menawar
    Tapi kalau belanja di mbok bakul keliling nawarnya mlekethet
    Orang kaya gak butuh antri BBM yang akan naik 1000 rp, nyatanya mobil mewah ikut mbegagah di SPBU

    Salam hangat dari Surabaya


    Iya Dhe…
    Orang kaya malah kadang kurang menghargai pedagang kecil

    [Reply]

  26. December 5th, 2012 at 00:46 | #26

    Itulah anak2 kalau mau dengar pendapat yg jujur dengarlah pendapat anak2..:)

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~