Boros, Beras, Baris dan Bèrès

berasApanya yang mau dibuat boros, lha wong untuk dapatkan beberapa kilogram beras aja musti ngantré kayak orang baris kok.

Kapan permasalahan perut ini bèrès?.
Setelah pemilukah?

Atau…
Setelah pemilu2 berikutnya?. Kalau demikian, besok mereka2 musti makan apa?.
Nasi aking lagi?

Ternyata semboyan Indonesia negara agraris adalah teori belaka, yang hanya ada di buku pelajaran. Dan ternyata, swasembada itu tak pernah ada. Yang saya tau, istri saya kalau beli beras malah ke tokonya orang sipit, bukan ke petani kita.

Dimanakah petani kita?. Saya pengin berbuat sesuatu tapi tak mampu.

43 thoughts on “Boros, Beras, Baris dan Bèrès

  1. hehe … bahasa pak mar halus, tapi kritisnya luar biasa. nasib petani kita sejak jadul memang memprihatinkan, pak. saya hanya ingin menyaksikan para politikus yang gencar berkampanya dan bersembunyi di balink selubung2 kata: memperjuangkan petani.

    [Reply]

  2. Salam kenal, pak. 🙂

    bapak bisa berfikir njelimet gitu ya? hehehe.
    bacaannya kayaknya ringan, kalo gak pake mikir bacanya. tapi setelah dibaca lagi kok kelihatannya tajam banget kritikannya.

    saya senang dengan blog ini, setelah tahu dari Detik.

    [Reply]

  3. negara Indonesia ini memang harga makanan sangat-sangat melambung tinggi..

    wingi, pas aku ngelencer nang kediri karo masku, kami sempat membahas tentang harga panganan ini Pak, dan kesimpulannya, harga makanan emang sangat amat mahal. Lawong kalau dibandingkan sama harga hendfun, dua puluh kali makan sudah dapat handfun!

    padahal, kalau dibandingkan jaman dahulu, kita beli televisi saja musti puasa makan 5000 kali!!! (harga nasi pecel tahun 1990 = 100 perak! harga televisi sudah 500 rebu!)

    [Reply]

  4. Nasi aking itu yang nasi dijemur kan ? Oalah itu enak aku sering menggorengnya hingga mekar lalu taburi garam hmmm seperti kerupuk 😆

    [Reply]

  5. mari kita bantu petani kita dengan membeli produk petani lokal bukan impor,eh…kayak kampanye pak

    [Reply]

  6. Pak Mar, bisa aja nulis buku dan ngeblog terus utk memperjuangkan ini. kan kita bisa berbuat semampu kita. kalo bisanya ngomong atau ngeblog, ya dari ngeblog itu nantinya akan muncul gerakan yang membantu petani itu pak. semoga sukses ya pak mar.

    atau dengan mengajar matematika, bisa menghitung dan memperjuangkan petani kita pak. makasih.

    [Reply]

  7. hehe … bahasa pak mar halus, tapi kritisnya luar biasa. nasib petani kita sejak jadul memang memprihatinkan, pak. saya hanya ingin menyaksikan para politikus yang gencar berkampanya dan bersembunyi di balink selubung2 kata: memperjuangkan petani.
    bapak bisa berfikir njelimet gitu ya? hehehe.
    bacaannya kayaknya ringan, kalo gak pake mikir bacanya. tapi setelah dibaca lagi kok kelihatannya tajam banget kritikannya.

    saya senang dengan blog ini, setelah tahu…sebelum tahu …aku tidak tahu blog ini…

    [Reply]

  8. Kebetulan di Sorowako beli beras bener2 hasil dari pak tani om
    namanya beras krital Mega Mas. Mega Mas adalah badan usaha, pemiliknya adlah asli orang Sorowako. 😀

    [Reply]

  9. waks luar biasa halus namun menusuk. Mudah – mudahan dibaca juga oleh para caleg yang bila terpilih nanti akan dituangkan dalam program kerja mereka di dewan rakyat.

    [Reply]

  10. Hello Guru, what entice you to post an article. This article was extremely interesting, especially since I was searching for thoughts on this subject last Thursday.

    [Reply]

  11. Hey very nice blog!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your blog and take the feeds also…

    [Reply]

  12. Hello. Great job. I did not expect this on a Wednesday. This is a great story. Thanks!

    [Reply]

  13. A SUPPORTED BY THE DEVELOPER TOOLS? It was interesting. You seem very knowledgeable in ypour field.

    [Reply]

  14. Wow! Thank you! I always wanted to write in my site something like that. Can I take part of your post to my blog?

    [Reply]

  15. This brings back to mind this thing my cousin pretty much always said…
    Obviously its so inappropriate right now…

    [Reply]

  16. This reminds me of something funny that my aunt pretty much always said…
    Then it’s totally not appropriate right this moment…

    [Reply]

  17. Indonesia pancen mbingungne. Dadi negara agraris ora, negara industri uga ora. Isih akeh wong sing keluwen ana ing negara sing lemahe subur iki. Sing jelas, negara iki panggonane para maling. It’s a pitty, why it happens. We have to improve this condition. Many other countries are jealous seeing Indonesia. But the managers of this country prefer improving the economy of themselves, not the economy condition of all Indonesian people.

    [Reply]

  18. Pingback: metaMARSphose » 12 Bulan di 2009
  19. The issue about this topic used to be used by essay writing to have an ability to buy essay and custom written essays.

    [Reply]

  20. You you should change the webpage title metaMARSphose » Boros, Beras, Baris dan Bèrès to more suited for your webpage you create. I loved the the writing even sononetheless.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *