Bukan Soal Benar Salah

M

emang belum kejadian, tapi alangkah baiknya apabila saya ungkapkan dari awal sehingga tak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Begini…
Apa yang sudah saya tulis, sedang saya tulis maupun yang akan saya tulis nantinya, semua tidak saya arahkan ke setuju atau tidak setuju, apalagi menggiring ke arah pembenaran diri sendiri. Sebagian uneg2 yang tertuang, justru bersifat pertanyaan atau mempertanyakan atau mewacanakan.

Tanggapan apapun tentangnya, akan saya terima dengan senang hati. Saya sering mengatakan bahwa kita tak harus sependapat, karena saya meyakini bahwa kebenaran itu tak musti tunggal. Tak selalu kalau ada dua pendapat atau lebih yang berbeda bermakna ada yang salah. Sangat mungkin beberapa pendapat yang berbeda itu benar semuanya.

Ambil contoh misalnya pendapat orang tentang panjat tebing.
Orang pertama bisa saja mengatakan panjat tebing itu mengasyikkan. Orang kedua berpendapat panjat tebing itu menantang, sedang orang ketiga mungkin bilang panjat tebing itu mengerikan. Ketiganya nggak sama, tapi apakah kita langsung memvonis ada pendapat yang salah?.

Bagi saya, sebuah komentar adalah pendapat, dan yang namanya pendapat itu tak bisa dinilai secara benar salah.

Lagi2 saya harus berkata, ini adalah pendapat saya, orang lain tak harus sependapat. Saya suka berpendapat, tapi juga bisa menerima pendapat. Ini bukan soal benar salah.

29 thoughts on “Bukan Soal Benar Salah

  1. wehh…. saya pertama tibake….

    dapet hadiah opo ki pakk……
    .-= ircham´s last blog ..Setahun Yang Lalu (2) =-.

    [Reply]

  2. Alhamdulillah, akhirnya bisa PERTAMA X…
    .-= Deni´s last blog ..Pilih Mega, SBY, Yusuf Kalla atau Golput =-.

    [Reply]

  3. Aduh, ternyata keduluan..
    Padahal, saya lihat sebelum tak ‘submit Comment’ belum ada yang lain..
    gagal dech…
    .-= Deni´s last blog ..Pilih Mega, SBY, Yusuf Kalla atau Golput =-.

    [Reply]

  4. Memang sejatinya begitu kan pak? Blog adalah sarana untuk mengungkapkan pendaoat bukan untuk mencari dukungan hehehe…
    Tapi saya dukung kok Blog pak eM… soalnya namanya sama sih ๐Ÿ˜‰

    EM
    .-= Ikkyu_san a.k.a imelda´s last blog ..Taman Nasional untuk Keluarga =-.

    [Reply]

  5. sing penting ojo jotos-jotosan ya…
    arumbia….arumbia….
    .-= -bias-´s last blog ..Akhirnya Blog-ku Kembali Lagi =-.

    [Reply]

  6. benar salah dalam berpendapat tidak dapat dilihat dari satu sisi saja
    .-= kang_to´s last blog ..Diantara empat wanita =-.

    [Reply]

  7. benar salah hanya masalah kosa kata. jangan dimasukin ati.
    benar salah : benar bahwa itu salah
    salah benar : salah bahwa itu benar
    hehe.. ndak nyambung ya ๐Ÿ™‚
    .-= ~noe~´s last blog ..SKS =-.

    [Reply]

  8. jawaban saya tidak harus sependapat tapi kali ini saya sependapat pak alias setuju

    [Reply]

  9. saya mau panjat tebing asalkan jangan tinggi-tinggi hihik gak nyambung ๐Ÿ˜†
    .-= balisugar´s last blog ..Bersihkan database dengan clean-options plugin =-.

    [Reply]

  10. Benar.. ini bukan masalah benar atau salah tapi saling berbagi pendapat.
    .-= tikno´s last blog ..The Three Malady Of A Man =-.

    [Reply]

  11. Soal panjat memanjat, tanyakan pada sang ahlinya mister. Sy ahli memanjat… *panjat p****t* ๐Ÿ˜€
    .-= khairuddin syach´s last blog ..Bercinta diKebun Mangga =-.

    [Reply]

  12. wei…..pak…Mar ๐Ÿ™‚
    sudah ganti themes baru….. ya Pak sedeerhana tapi berkarakter
    numpang comment aja pak
    dari saya

    [Reply]

  13. Bener pakdhe…gak boleh dongkol kalau ada yang gak setuju….
    .-= esha di birulangit´s last blog ..Googlebot menggerus bandwith….? =-.

    [Reply]

  14. benar pak Marssud
    jutru dari perbedaan itulan akan tercipta keindahan

    Eros
    Petarung kontes Alnect Computer
    .-= rusli zainal sang visioner´s last blog ..Tehnik SEO : Rahasia dibalik Template =-.

    [Reply]

  15. SETUJU.. tiada benar dan tiada salah kembali kepada pemahaman masing masing.. beneeer engga paaaak.. eee.. tiada benar salah..
    Salam Sayang
    .-= KangBoed´s last blog ..Syair Pengembara Jiwa =-.

    [Reply]

  16. yah, karena ini adalah soal rasa. Bukan benar atau salah… Pedasnya cabe belum tentu pedas bagi orang lain….

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *