Home > Inspirasi > Bukan Soal Benar Salah

Bukan Soal Benar Salah

M

emang belum kejadian, tapi alangkah baiknya apabila saya ungkapkan dari awal sehingga tak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Begini…
Apa yang sudah saya tulis, sedang saya tulis maupun yang akan saya tulis nantinya, semua tidak saya arahkan ke setuju atau tidak setuju, apalagi menggiring ke arah pembenaran diri sendiri. Sebagian uneg2 yang tertuang, justru bersifat pertanyaan atau mempertanyakan atau mewacanakan.

Tanggapan apapun tentangnya, akan saya terima dengan senang hati. Saya sering mengatakan bahwa kita tak harus sependapat, karena saya meyakini bahwa kebenaran itu tak musti tunggal. Tak selalu kalau ada dua pendapat atau lebih yang berbeda bermakna ada yang salah. Sangat mungkin beberapa pendapat yang berbeda itu benar semuanya.

Ambil contoh misalnya pendapat orang tentang panjat tebing.
Orang pertama bisa saja mengatakan panjat tebing itu mengasyikkan. Orang kedua berpendapat panjat tebing itu menantang, sedang orang ketiga mungkin bilang panjat tebing itu mengerikan. Ketiganya nggak sama, tapi apakah kita langsung memvonis ada pendapat yang salah?.

Bagi saya, sebuah komentar adalah pendapat, dan yang namanya pendapat itu tak bisa dinilai secara benar salah.

Lagi2 saya harus berkata, ini adalah pendapat saya, orang lain tak harus sependapat. Saya suka berpendapat, tapi juga bisa menerima pendapat. Ini bukan soal benar salah.

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. ircham
    July 6th, 2009 at 22:13 | #1

    bettooollll…………. paakk….
    .-= ircham´s last blog ..Setahun Yang Lalu (2) =-.

    [Reply]

  2. ircham
    July 6th, 2009 at 22:14 | #2

    wehh…. saya pertama tibake….

    dapet hadiah opo ki pakk……
    .-= ircham´s last blog ..Setahun Yang Lalu (2) =-.

    [Reply]

  3. Deni
    July 6th, 2009 at 23:18 | #3

    Alhamdulillah, akhirnya bisa PERTAMA X…
    .-= Deni´s last blog ..Pilih Mega, SBY, Yusuf Kalla atau Golput =-.

    [Reply]

  4. Deni
    July 6th, 2009 at 23:19 | #4

    Aduh, ternyata keduluan..
    Padahal, saya lihat sebelum tak ‘submit Comment’ belum ada yang lain..
    gagal dech…
    .-= Deni´s last blog ..Pilih Mega, SBY, Yusuf Kalla atau Golput =-.

    [Reply]

  5. July 7th, 2009 at 00:07 | #5

    Gak salah Bendol Komentar di sini
    Tapi gak benar kalo Bendol gak komentar

    [Reply]

  6. Ikkyu_san a.k.a imelda
    July 7th, 2009 at 00:39 | #6

    Memang sejatinya begitu kan pak? Blog adalah sarana untuk mengungkapkan pendaoat bukan untuk mencari dukungan hehehe…
    Tapi saya dukung kok Blog pak eM… soalnya namanya sama sih ;)

    EM
    .-= Ikkyu_san a.k.a imelda´s last blog ..Taman Nasional untuk Keluarga =-.

    [Reply]

  7. -bias-
    July 7th, 2009 at 01:52 | #7

    sing penting ojo jotos-jotosan ya…
    arumbia….arumbia….
    .-= -bias-´s last blog ..Akhirnya Blog-ku Kembali Lagi =-.

    [Reply]

  8. kang_to
    July 7th, 2009 at 07:09 | #8

    benar salah dalam berpendapat tidak dapat dilihat dari satu sisi saja
    .-= kang_to´s last blog ..Diantara empat wanita =-.

    [Reply]

  9. July 7th, 2009 at 11:31 | #9

    benar salah hanya masalah kosa kata. jangan dimasukin ati.
    benar salah : benar bahwa itu salah
    salah benar : salah bahwa itu benar
    hehe.. ndak nyambung ya :-)
    .-= ~noe~´s last blog ..SKS =-.

    [Reply]

  10. July 7th, 2009 at 11:59 | #10

    Iya buetul pak..! lain mulut lain lagi suaranya..
    .-= omagus´s last blog ..Alexa nglonjak..! =-.

    [Reply]

  11. aprie
    July 7th, 2009 at 14:44 | #11

    setubuh pak..
    eh setuju…

    [Reply]

  12. achmad sholeh
    July 7th, 2009 at 14:52 | #12

    jawaban saya tidak harus sependapat tapi kali ini saya sependapat pak alias setuju

    [Reply]

  13. July 7th, 2009 at 15:01 | #13

    Komentar adalah napak tilas silaturahmi .. tulus dari hati

    [Reply]

  14. July 7th, 2009 at 15:06 | #14

    maen aman wae mas
    he3x..

    [Reply]

  15. jidat
    July 7th, 2009 at 15:50 | #15

    bethul pak,, setuju!!!
    .-= jidat´s last blog ..LINKER JAVASCRIPT FRIENDSTER =-.

    [Reply]

  16. balisugar
    July 7th, 2009 at 17:28 | #16

    saya mau panjat tebing asalkan jangan tinggi-tinggi hihik gak nyambung :lol:
    .-= balisugar´s last blog ..Bersihkan database dengan clean-options plugin =-.

    [Reply]

  17. July 7th, 2009 at 17:37 | #17

    Benar.. ini bukan masalah benar atau salah tapi saling berbagi pendapat.
    .-= tikno´s last blog ..The Three Malady Of A Man =-.

    [Reply]

  18. khairuddin syach
    July 7th, 2009 at 20:33 | #18

    Soal panjat memanjat, tanyakan pada sang ahlinya mister. Sy ahli memanjat… *panjat p****t* :D
    .-= khairuddin syach´s last blog ..Bercinta diKebun Mangga =-.

    [Reply]

  19. tukyman
    July 7th, 2009 at 21:13 | #19

    wei…..pak…Mar :)
    sudah ganti themes baru….. ya Pak sedeerhana tapi berkarakter
    numpang comment aja pak
    dari saya

    [Reply]

  20. ciwir
    July 7th, 2009 at 21:57 | #20

    genah bener salahe pak
    .-= ciwir´s last blog ..Inovasi Baru Pilpres 2009 =-.

    [Reply]

  21. July 7th, 2009 at 22:06 | #21

    setubuh…eh setujuuuuuu
    .-= BrenciA´s last blog ..Bebas hukuman karena berkelakuan baik =-.

    [Reply]

  22. esha di birulangit
    July 7th, 2009 at 22:10 | #22

    Bener pakdhe…gak boleh dongkol kalau ada yang gak setuju….
    .-= esha di birulangit´s last blog ..Googlebot menggerus bandwith….? =-.

    [Reply]

  23. zenteguh
    July 7th, 2009 at 22:31 | #23

    idem sama yang atas2 pak. Berpendapat dan menerima pendapat, pembelajaran demokrasi yg indah…
    .-= zenteguh´s last blog ..SENSATIONAL =-.

    [Reply]

  24. rusli zainal sang visioner
    July 7th, 2009 at 22:48 | #24

    benar pak Marssud
    jutru dari perbedaan itulan akan tercipta keindahan

    Eros
    Petarung kontes Alnect Computer
    .-= rusli zainal sang visioner´s last blog ..Tehnik SEO : Rahasia dibalik Template =-.

    [Reply]

  25. Wongbagoes
    July 8th, 2009 at 00:12 | #25

    Betul pakdhe…
    .-= Wongbagoes´s last blog ..Hasil Quick Count Pilpres 2009 =-.

    [Reply]

  26. KangBoed
    July 8th, 2009 at 16:22 | #26

    SETUJU.. tiada benar dan tiada salah kembali kepada pemahaman masing masing.. beneeer engga paaaak.. eee.. tiada benar salah..
    Salam Sayang
    .-= KangBoed´s last blog ..Syair Pengembara Jiwa =-.

    [Reply]

  27. July 13th, 2009 at 10:20 | #27

    namanya juga subyektifitas pak!
    .-= Andy MSE´s last blog ..Kota Ngawi =-.

    [Reply]

  28. rave
    December 6th, 2010 at 11:40 | #28

    yah, karena ini adalah soal rasa. Bukan benar atau salah… Pedasnya cabe belum tentu pedas bagi orang lain….

    [Reply]

  29. rave
    December 6th, 2010 at 11:41 | #29

    kebetulan post kora mirip mas… cek di http://www.rifitep45.co.cc/2010/10/ini-adalah-soal-rasa-bukan-benar-atau.html


    Iya Mas…
    Mirip

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~