Home > Inspirasi, Kabar > Bulan Kebanggaan

Bulan Kebanggaan

September 25th, 2013 Leave a comment Go to comments

Jika 2014 disebut sebagai tahun politik, maka bulan September ini saya sebut dengan bulan kebanggan. Setelah sebelumnya ada Nabilla Shabrina terpilih sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2013, tak berapa lama disusul oleh keberhasilan murid saya lulus Ph.D dari Universitas Kyoto.

Namanya Muhammad Ery Wijaya, murid saya dari SMA 1 Kendal. Sarjana Teknik dari Universitas Gajah Mada (Teknik Fisika), Magister dari King Mongkut’s University Bangkok (Energy Technology) dan Ph.D dari Universitas Kyoto (Energy Economics).

MEW-01-Optimized
Sesaat setelah dinyatakan lulus dari Universitas Kyoto
Bukan tanpa alasan jika saya merasa bangga, meski kesuksesan itu adalah berkat perjuangannya tapi ada catatan sejarah yang tak bisa diingkari bahwa saya pernah mengajar Matematika padanya.
MEW-02-OptimizedMasih terngiang saat dia cerita tentang kisahnya saat kuliah di Bangkok.

Awalnya dia hanya hafal ini…

  • Khun poot Thai da mai?
    (Bisakah Anda berbahasa Thai?)
  • Chan mai sar mard pood, pasa Thai
    (Saya hanya bisa berbahasa Thai sedikit)

Begitu juga ketika pertama kali menginjakkan kakinya di Jepang, dia memulainya dengan menghafal ini…

  • Nihongo o Hanasu Koto ga Dekimasu ka?
    (Bisa berbahasa Jepang?)
  • Watashi wa nihongo o hanasu koto ga chotto dekimasu
    (Bahasa Jepang saya masih jelek/sedikit)

Trik sederhana yang layak ditiru bagi mereka yang merantau ke luar negeri.

Ada satu hal lagi yang membanggakan, Si Ery ini tiap kali komunikasi dengan saya selalunya pakai Bahasa Jawa halus (kromo inggil).

Meski lama di luar negeri tapi dia tak melupakan jati dirinya. Beda dengan sebagian orang kita, belum lama migran ke Jakarta ngomongnya sudah kayak orang Betawi saja.

Selamat untuk Muhammad Ery Wijaya, semoga ilmunya bisa dibaktikan bagi Indonesia.

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi, Kabar
  1. September 25th, 2013 at 08:13 | #1

    Subhanalloh Pak Mars…lagi, saya dibuat merinding dengan membaca kesuksesan Bapak dalam mendidik dan kesuksesan Mas Ery ini. Semoga ilmu yang dikuasai bisa dibaktikan untuk membangun ibu pertiwi kita tercinta ini. Kalau bukan di tangan pemuda hebat seperti beliau, siapa lagi…

    Makasih Mbak.
    Rencananya dia memang pulang ke tanah air dan mengabdikan ilmunya di negaranya sendiri

    [Reply]

  2. September 25th, 2013 at 08:43 | #2

    Selamat nggih Pak Mars buat prestasinya :)

    Matur Nuwun Mas

    [Reply]

  3. Pakde Cholik
    September 25th, 2013 at 09:37 | #3

    Walaupun saya pernah ke Saudi Arabia nggak pernah ngomong ane, abi, umi atau antum ha ha ha
    Para guru pasti bangga jika anak didiknya maju dan prestasi. Sebaliknya ngelus dada jika muridnya tawuran mulu atau berkelahi.
    Ikut bangga.

    Salam hangat dari Surabaya

    Ana juga nggak berubah Dhe.
    Tapi banyak sekali yg tiba2 berubah panggilan jadi Abi dan Umi…

    [Reply]

  4. September 25th, 2013 at 10:15 | #4

    Kebanggan Pak Guru inggih meniko menawi muridipun sukses njih, Om? Swargi Simbah kulo njih Kepala Sekolah SMP wonten Tegal, rumiyin menawi wonten murid ingkang sowan, Simbah bahagia sanget. Muridipun sedoyo sukses lan mandiri. Garwanipun (SImbah Putri) njih guru matematika. Pinter sanget. Nek kulo nilainipun elek, mesti dipleroki. Tapi beliau mboten purun ngelesi kulo, soale mboten pareng. mangke ndak conflict of interest :D

    Biar bertahun tinggal di mBogor, tapi saya ndak bisa basa Sunda, Om. malah medoke ndak ilang2 hahahaha….

    (hayah, basane pating pecothot)

    Hahahahaha
    Sama dengan saya.
    Bertahun2 tinggal di Kendal, tapi tiap hari masih pakai Basa Jawa

    [Reply]

    khusna khairunnisa Reply:

    boleh saya ketawa Pak? wahahahahaa…Pak Mars asli lucu…

    Saya asli lucu dari dulu Mbak

    [Reply]

  5. September 25th, 2013 at 10:18 | #5

    selamat sekali lagi wat mbahKung dan SMANIK…

    semoga aquwh juga bisa bikin bangga mbahKung sbg guru.

    Kamu jadi dokter gigi nggak Ngai :D

    [Reply]

  6. September 25th, 2013 at 10:39 | #6

    waaaahhh omedetou gozaimasu Ery Hakase! Soshite Marsudiyanto sensei!

    Hmmm…
    Artinya apaan nich Bu wkwkwkwkwk :D

    [Reply]

  7. September 25th, 2013 at 10:48 | #7

    selamat buat mas Ery… dan keluarga besar SMAN I Kendal
    kl ndak salah mas Ery pernah ngeblog ya pak..?

    Iya Bu…
    Ngeblog sampai sekarang. :D

    [Reply]

  8. September 25th, 2013 at 12:17 | #8

    muridnya pintar-pintar siapa dulu gurunya ya . Pak mars apa kabar?

    Makasih Mbak Lidya
    Saya kabar baik.
    Semoga Mbak Lidya sekeluarga demikian juga

    [Reply]

  9. obat kanker payudara yang ampuh dan aman
    September 25th, 2013 at 12:50 | #9

    keren bisa masuk kyoto, penguasaan bahasa asingnya juga pasti bukan cuma nihongo..

    Awalnya ya cuma nihongo, tapi lama2 ya menguasai, ditambah dg Bahasa Inggris

    [Reply]

  10. September 25th, 2013 at 13:01 | #10

    bentar lagi fotoku yg akan di pajang di blog Pakdhe Mars

    Hahahahaha
    Siap!

    [Reply]

  11. September 25th, 2013 at 13:15 | #11

    Semoga muridnya banyak yang berhasil … dan mampu berbagi pekerjaan dengan membuka lowongan kerja.

    New Posts: 7 Tips Menumbuhkan Motivasi dalam Diri

    Semoga Mas. Makasih doanya :D

    [Reply]

  12. September 25th, 2013 at 13:28 | #12

    Pasti Matematikanya Mas Ery ini canggih. Dari Teknik Fisika, lalu Energy Technology di susul dengan Energy Economics..
    Yang bikin merinding lagi, bukan hanya ilmu yang dimiliki tapi juga kepintaran dalam membawakan basa kromo. Saya aja yang gak pernah ke LN, ngomong basa kromonya plegak-pleguk :D

    Kalau dia pakai Bahasa Inggris, sayanya yg nggak mudeng Mbak

    [Reply]

  13. September 25th, 2013 at 14:31 | #13

    selalu ada rasa bangga untuk seorang mudrid yang sukses pak :)

    Iya Mas.
    Ikut bangga meski semua adalah usaha dia.

    [Reply]

  14. September 25th, 2013 at 14:38 | #14

    Meski lama di luar negeri tapi dia tak melupakan jati dirinya …
    Saya suka sekali ini … suka sekali …
    jauh lebih kagum hal ini … dibanding hal-hal yang lainnya

    Salam saya

    Iya Om
    Dia juga masih luwes pakai pakaian daerah…

    [Reply]

  15. September 25th, 2013 at 14:42 | #15

    mendengar kesuksesan murid murid pak mars, saya menjadi termenung,
    kapan ya bisa menjadi seperti mereka, mendapatkan prestasi yang membanggakan, semoga ada kesempatan untuk berprestasi di sisa sisa usia saya

    Keberhasilan bisa dalam bentuk apa saja Mas.
    Semua ada jalannya

    [Reply]

  16. September 25th, 2013 at 15:58 | #16

    Sip… senang mengetahui mereka yang sudah bercitarasa internasional tetap mempertahankan jati dirinya dan bangga dgn leluhurnya.

    Iya Mbak.
    Kalau komunikasi dengan gurunya, dia masih suka berbahasa daerah

    [Reply]

  17. September 25th, 2013 at 18:04 | #17

    mas ery-nya apakah ngeblog juga? kalo belum, segera diajak ya pak :D

    Ngeblog Mas…
    Sejak 2008 dia aktif ngeblog sampai sekarang

    [Reply]

  18. September 25th, 2013 at 22:53 | #18

    wah jik iso ngoong kromo inggil. hebat! Biasane walaupun bisa, orang gengsi makek boso jowo.

    Sing jenenge bahasa kuwi sakjane melekat lan ora gampang ilang.

    [Reply]

  19. September 26th, 2013 at 06:52 | #19

    eh bajunya lucu. Yang atasnya beskap (apa tuh namanya) kok bawahnya jarik parang kusuma kecil diwiru depan…

    Bagi yang tau pastinya keliatan aneh, tapi yang awam pastinya nggak ngeliat kejanggalan

    [Reply]

  20. September 26th, 2013 at 08:40 | #20

    Ikut bahagia mendengar kabar semacam ini, Pak.
    Para guru dan murid SMANIK hebat2.

    Eh, wajahnya njawani ya, Pak.

    Makasih Mbak

    [Reply]

    Idah Ceris Reply:

    Nek Nabila Ngarabi. . :mrgreen:

    Iya Mbak.
    Ada darah Arabnya

    [Reply]

  21. September 26th, 2013 at 13:28 | #21

    menelurkan bibit-bibit berprestasi..kereeennn….

    Harus keren :D

    [Reply]

  22. September 26th, 2013 at 16:22 | #22

    Coba saya dulu sekolah di SMA 1 Kendal, mungkin sudah ngetop ya pak… :D

    Hahahaha
    Malah bahaya.
    Nek balik Semarang bisa mampir2

    [Reply]

  23. September 26th, 2013 at 16:36 | #23

    semoga lebih banyak lagi alumnus SMAN 01 Kendal yang berprestasi

    Matur Nuwun Mas

    [Reply]

  24. September 26th, 2013 at 18:33 | #24

    banyak murid banyak rejeki

    Yg pasti banyak yang mendoakan

    [Reply]

  25. September 27th, 2013 at 17:04 | #25

    Mungkin saya dulu kalau jadi murid PakDhe Om jadi menteri ya :D

    Jadi ibu menteri…

    [Reply]

  26. September 27th, 2013 at 22:28 | #26

    Selamat buat Mas Ery yang punya guru seperti Pak Mars, dan selamat juga buat Pak Mars yang punya murid seperti Mas Ery…mungkin budaya Jepang yang mempengaruhi mas Ery untuk tetap hormat sama Pak Gurunya…

    Mungkin benar juga Mas…
    Jepang adalah salah satu negara yang menjunjung tinggi penghormatan pada orang tua dan guru

    [Reply]

  27. September 28th, 2013 at 01:46 | #27

    Waaaa gawul, aku mau jugaaa sekolah di Jepanggg…
    Aku dari kecil di Jakarta pakainya Bahasa Jawa lho Pak (kadang doang sih) :P

    Kalau sama kamu saya percaya 100% Na

    [Reply]

  28. September 29th, 2013 at 21:36 | #28

    Ndherek bingah Pak atas prestasi SMA1 Kendal, tangan dingin pendidik diantaranya Pak Mars mengantarkan Mas Ery meraih prestasi. Salam

    Matur nuwun Bu…

    [Reply]

  29. September 30th, 2013 at 16:15 | #29

    Saya juga ikut bagngga, ikut belajar banyak pula di blognya Pak Mars. :)

    Matur nuwun Mas

    [Reply]

  30. November 30th, 2013 at 00:49 | #30

    Saya belajar banyak dari blog pak Mars . terima kasih ya pak .
    Sayangnya nenek saru ini kadang kumat pikunnya , blog2nya tidak diurus dengan benar.
    Padahal pengin nulis kayak punya pak guru . putuku ngrewuk ,rebutan pake komputer.
    Yo uwis ngalah ae pak, selamat punya murid yang berhasil dan bangga pada budaya sendiri.

    [Reply]

  1. October 2nd, 2013 at 06:29 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~