Bungkus Pocong

Sebagian pembaca pasti tau buku berjudul Poconggg Juga Pocong yang diterbitkan oleh Bukune. Begitu terbit langsung laris manis diserbu pembeli, khususnya anak muda. Yang membanggakan adalah bahwa pendesain cover buku tersebut adalah murid saya Yulian Eka Aditya, pemilik blog theyulianzone.com

Kuliah di Universitas Dian Nuswantoro Semarang program studi Sistem Informasi. Dia ikhlas dipanggil apa aja misalnya Adit, Eka, Yulian atau Jojon juga boleh, asal jangan dipanggil Morgan.

Dia bukan tipe anak yang doyan nongkrong di cafe. Bukan karena dompetnya tipis (walaupun itu emang itu salah satu alesannya), tapi semata karena dia males ada di tempat rame.

Hobynya nggambar, nyanyi-nyanyi sendiri kayak orang sinting, kadang juga buang waktu dengan nonton film (alhamdulillah sih film yang pemainnya pake baju semua), suka juga ama fotografi walopun gak punya kamera. Semboyannya adalah Everyone Can Be a Hero.

“Nggak harus punya banyak duit kayak Brush Wayne buat beli peralatan superhero, nggak harus kejatuhan meteor dulu kayak Clark Kent buat dapetin kostum dengan kancut diluar yang bisa dipake buat terbang dan nggak harus menawarkan diri untuk dicipok laba2 biar bisa manjat dinding kagak pake tangga kayak Peter Parker, karena setiap orang bisa jadi Superhero dengan caranya sendiri”

Dan inilah kronologis saat dia mendesain cover buku tersebut. Ternyata tak sesederhana yang kita kira. Untuk sampai ke hasil akhir harus melalui banyak tahap bongkar pasang.

Catatan :
Tulisan dan gambar yang ada dipostingan ini telah mendapat ijin resmi dari si empunya, yaitu @yulianzone.

45 thoughts on “Bungkus Pocong

  1. bener kan apa sy bilang… pak mars itu muridnya banyak dan semuanya berhasil *simpanan kekayaan yang indah dan wah …


    Ikut bangga Mas, kalau punya murid yg berprestasi

  2. itu yg paling atas, tengah sepertinya lebih keren, si pocong pakek celana 😀


    Saya juga berpikir begitu, lucu yg pakai celana

  3. suwi ra mampir, eeee… ternyata membahas kakak idolaku.. kakak yulian..


    Kenal ya…

  4. Inilah kebanggaan seorang pendidik ya Pak, melihat anak didiknya “bertumbuh”.
    # saya bukan termasuk “anak muda”, jadi beberapa hari ini agak terkaget-kaget mendengar pocong berseliweran jadi omongan :D.


    Iya Mbak…
    Ikut bangga

  5. wah mas muridnya pada sukses semua yah,,
    selamat ya mas tak sia2 mengajarin nya


    Kalau yg ini bukan saya yg ngajarin Mas

  6. Saya belum sempat baca bukunya. Nyicil baca kronologis pembuatan sampulnya dulu


    Kalau saya sudah baca karena pinjam anak saya

    addiehf Reply:

    idem (lol)

    ternyata rame2 pocong yg triple “G” itu ttg buku ya.
    ta kira malah ttg pilem yg diperanin sama jupe ato depe #hihi


    Saya taunya juga dari anak saya yg kebetulan beli bukunya

  7. wah kayaknya mantap tuh bukunya……kalo boleh tahu belinya dimana ya…
    oh iya lam kenal ya mas…….


    Di Gramedia atau Gunung Agung pastinya ada

  8. Hebat Pak Guru satu ini, benar-benar Guru yang gaul FB muridnya di add semua, jadi ga ada yang berani status macam-macam hehe…
    Murid yang hebat, siapa dulu dong guru nya…. 😛


    Saya bikin grup yg isinya murid semua Mbak.
    Anggotanya 1300 lebih

  9. alhamdulillah pak, para murid juga pastinya bangga menjadi murid pak guru yang okeh ini


    Semoga saja demikian Mbak 😀

  10. Wih tentu saja membanggakan ya pak guru, melihat anak didik berhasil membuat karya yang berguna dan terkenal 🙂


    Lebih terkenal drpd gurunya Mbak

  11. wah sungguh ulet dan tekun ternyata yulianzone ini, untuk membuat sebuah koper atau cover aja perjuangannya ga mudah..

    salam hangat


    Saya juga baru tau kalau prosesnya panjang Mas

  12. Memang asik sekali mengamati kiprah mantan murid-murid ya Pak Mars

    Ada suatu kebanggaan tersendiri …
    bahwa Pak Mars dulu pernah jadi guru mereka

    salam saya Pak Mars


    Iya nich Om, lewat FB saya bisa mendeteksi banyak murid saya

  13. waaaaa….. makasih pak marsudiyantooooo….. 😀


    Saya juga makasih

  14. Siapa dulu teman blog Gurunya.. *pasti mbak IYha* wakakka… narsis.. 😛
    Pokoknya muridnya pak Mars Yahud-yahud punya… 🙂

    sukses buat bro yulian..!!


    teman saya juga yahud2 Mbak…

  15. wah alumni SMA 1 Kendal dan murid padepokan cap Kupu Biroe memang oye…


    Semoga slalu Oye!

  16. sejak dulu saya ingin bisa gambar komik,karikatur dengan benar, tapi gak bisa2.
    Padahal dengan kemampuan menggambar bisa jadi ilustrator macam ya mas
    salam hangat dari Surabaya


    Saya juga nggak bisa nggambar Dhe…

  17. tahapannya banyak jg ya pak.. berapa hari ya lamanya design itu 😀


    Pastinya berhari2 Mas…

  18. wew … banyak murid pak guru yang kreatif rupanya 😀 … bener-bener harus sabar yah kalau bikin cover … 😆


    Muridnya harus lebih kreatif drpd gurunya

  19. enak ya punya murid udah berhasil, tapi dia gak suka di tempat rame seperti saya :D.

    mohon maaf lahir batin ya Pak Mars.


    Mohon maaf lahir batin juga Mas…

  20. itulah nikmatnya menjadi seorang guru ya pak, kalau ada anak didik yang sukses rasanya bangga banget…sukses deh untuk mas yulian..teruslah berkarya!


    Makasih Mbak…
    Sekalian saya mewakili Si Yulian 😀

  21. Lho enggih to pak, nuwun sewu, jadi yang tukang buat bungkus pocong itu murid bapak??
    Wah buku itu memang bener bener maknyos dimana mana selalu bes seler padahal menurut info dari keponakan saya pengarangnya masih berstatus mahasiswa…..hebat…..yang masih menjadi penasaran saya adalah siapa pengarangnya atau jangan jangan muridnya juga pak…???

    Kerja keras memang selalu menghasilkan sesuatu yang beda [Maju terus anak indonesia]


    Saya termasuk yg nggak terlalu penasaran sama pengarangnya…

  22. Setelah proses desain cover yang panjang, sepertinya tetep menyeramkan… Hehe…


    Seperti nama keripik iblis… 😀

  23. wuih elok tenan pak Mars…
    muridnya ada yang kreatif banget begitu…

    tapi kok bisa dia kepilih jadi desainer nya Pocong Juga Pocong?


    Itu juga melalui proses seleksi Mbak…

  24. yah begitulah pak ya..dalam dunia perdesainan, desainer cuma manut aja sama pemesan desain…tapi disitulah seninya yah..hhehehe
    salut deh sama muridnya pak…mantep…


    Persaingannya juga ketat Mas

  25. Saya juga punya teman di penerbit Mizan group, Pak Mars. Proses mendesain cover buku memang tidak bisa sekali jadi. Ada tarik ulur final desainnya antara desainer, editor dan penulis bukunya biasanya, Pak. Kerja melelahkan tapi sangat membanggakan kalau karya kita terpajang di toko buku. Selain dapat honornya 🙂


    Persaingan juga makin ketat Mas…

  26. wah mas ini murid nya pada sukses semua,,,
    terima kasih atas infonya nih


    Alhamdulillah Mas…

  27. saia kok merasa mendapat kuis “Carilah 10 perbedaan pada gambar ini” 😀


    Saia juga sama, pertama liat gambar itu juga liat perubahan demi perubahannya…

  28. proses kreatif yang panjang.. salute buat murid pak mars yang satu ini


    Makasih Mbak.
    Si Yulian juga titip salam buat Mbak Entik 😀

  29. wahhh hebat nih muridnya pakdhe om design bukunya keren tapi sayang saya kurang suka isi bukunya hehehe


    Xixixixi…
    Sama dong, saya juga nggak baca isinya, padahal anak saya beli
    Saya seneng sampulnya karena bikinan murid sendiri. Itu saja 😀

  30. wah pasti bangga sekali yach pak punya anak murid yang berprestasi seperti ini… 🙂


    Pastinya bangga Mas…

  31. Yang wara wiri di twitter, pasti kenal sama Yulian.. Temennya Poconggg yang kemarin sudah terkuak identitasnya..

    Secara pribadi, saya kenal Yulian dari blognya. Dia ikutan kontes Simpatizone yang hadiahnya ke Singapore, tapi dia nggak lolos, padahal saya berdoa dia jalan-jalan bareng sama saya.

    Dunia sempit ternyata.


    Nah itu dia Mbak…
    Saya punya akun twitter tapi malah jarang menggunakan.
    Oh iya, skali lagi saya ucapkan selamat menempuh hidup baru buat Mbak Isnuansa dan Mas Gie Wahyudi…

  32. Pak Mars, Selamat Idul Fitri sulu ah, mohon maaf lahir dan batin yaaa….

    Wah hebat ya Pak, anak muda yang sangat berbakat 😀

    Pak Mars pasti bangga punya murid sepintar itu yaa…..


    Mohon maaf lahir batin juga Mbak…

  33. Saya aja ikut bangga pada mas Yulian…apa maning pak Mars ya? Saluut deh …Andai mas Yulian anak saya..waaah tambah bangga lah…


    Saya juga bangga pada Bu Nur

  34. wow….covernya bagus banged..sekalipun saya banyak berkecimpung didunia grafis, tapi jujur, saya cuma bisa nerangin gambar gelap jadi terang duang, hihihi..
    @Julian, salam kenal….


    Saya malah cuman bisa ngerubah yg cerah jadi buram… 😀

Comments are closed.