Cakil dan Helm Cakil

Cakil dikenal sebagai salah satu raksasa dalam Dunia Wayang. Ciri khas yang paling menonjol adalah rahang bawahnya panjang dan gaya bicaranya cepat. Selain ciri secara fisik, Cakil juga punya sifat licik dan curang. Itulah mengapa, dia hanya muncul, perang lalu mati.

Terilhami oleh konstruksi rahang Cakil yang unik inilah kemudian muncul istilah Helm Cakil. Pada awal kemunculannya Helm Cakil banyak disalahgunakan penjahat untuk menutup wajahnya saat beraksi. Bahkan kalau tidak salah, pihak aparat pernah mengharamkan pemakaian helm ini.

Cakil

Helm Cakil

Menurut saya, Helm Cakil model jaman dulu adalah helm yang paling nggak nyaman dipakai dan nggak modis serta terkesan bau. Seiring dengan diterapkannya SNI, sekarang model helm makin rapi, komposisi warnanya bagus dan enak dipandang.

Ada yang punya atau pernah punya Helm Cakil ?

23 thoughts on “Cakil dan Helm Cakil

  1. di rumah ada helm cakil,
    tapi aku pake helm yang biasa saja.

    klo dijual kira2 laku berapa ya mbahKung..?


    Kalau dijual gak laku.
    Bisanya barter ama bando

    [Reply]

  2. nggak punya pak adanya yang half face,sama helm proyek.


    Jaman masih bebas, orang banyak yg pakai helm proyek dan polisinya juga diam saja

    [Reply]

  3. Saya gak suka pake helm cakil gitu
    sumuk bin gerah
    eheheh


    Hahaha
    Iya Mbak.
    Apalagi kalo helm pinjaman, baunya penguk 😀

    [Reply]

  4. Idah baru tahu disini kalau Cakil adalah salah satu nama pewayangan. 🙂
    Di rumah ada helm Cakil, Pak. Tapi punya adiku. 😆


    Kalau wayang yang berdasar Mahabarata atau Ramayana nggak ada Cakilnya Mbak…
    Itu adalah tokoh tambahan

    [Reply]

  5. helm cakil itu berat…., apa masih keluar ya model seperti ini…?


    Yang model cakil sudah jarang Bu.
    Kalopun ada bentuknya sudah mengalami modifikasi dan lebih nyaman.

    [Reply]

  6. waktu diharamkan pake helm cakil itu, ya nggak mungkin punya pak, jangankan motor, wong waktu itu sepeda ontel saja nggak punya…
    #susahnya jaman semono…


    Saya juga belum pernah punya helm cakil itu

    [Reply]

  7. dulu sempat jadi helm favorit anak muda pak


    Iya Mas
    Termasuk helm kelas mahal.
    Sebelum ada SNI, helmnya kecil dan bentuknya seperti topi

    [Reply]

  8. helm cakil ki longgar pak, kepalanya sudah noleh tapi helmnya ga ikut noleh…


    Iya bener.
    Untuk ukuran kepala orang Indonesia nggak sesuai 😀

    [Reply]

  9. belum pernah punya pak, model cakil jaman dulu sperti tengkorak menurut saya hehehe


    Iya, bener sekali.
    Persis tengkorak kepala

    [Reply]

  10. Om… aku bingung deh dapet email Marsudiyanto want to follow you terus itu kalo di klik entah nyambung kemana? Itu maksudnya apa sih om?


    Kok bisa ya…
    Padahal saya nggak pernah ngirim Mas.
    Kira2 knapa ya

    [Reply]

  11. saya bisanya bersepeda Pak,
    sudah pasti tak punya helm cakil,
    tapi pernah lihat ABG jadul memakainya 🙂


    Sekarang juga sudah langka kayaknya Mbak

    [Reply]

  12. gak pernah punya pak Mars ampek sekarang, pernahnya naksir orang yang pake helm cakil
    tapi bukan maling loh beneran..
    tapi maling hatiku sih (hahahahhahaha..)


    Jaman dulu yg pakai helm cakil biasanya orangnya gagah alias macho 😀

    [Reply]

  13. helm cakil helmnya jambret kalau jaman dulu mas…


    Iya benar Mas
    Dulu yg paling ditakuti adalah jambret.
    Kalo sekarang berkembang jadi rampok

    [Reply]

  14. Saya gak punya helm cakil karena aktu naik motor dulu belum pakai helm.
    Sekarang pinjam menantu saja, helm Semar
    Salam hangat dari Surabaya


    Dulu helm cakil termasuk kategori yg mahal Dhe.
    Orang awam pakainya helm kecil yg nggak standar sama sekali

    [Reply]

  15. Nggak punya, Pak. Dan nggak suka juga makai helm cakil. Apalagi puasa-puasa gini, ambune itu lho, Pak. Ibarat senjata makan tuan 😀


    Iya Mbak
    Hahahaha
    Sebagus apapun, helm cakil kesannya bau ya 😀

    [Reply]

  16. saya tidak punya helm cakil, pak. dulu sempat coba pakai helm cakil punya teman, duh … nggak enak blas!


    Sumuk Mbak…
    Baunya juga nggak enak
    Belum pernah ketemu Helm Cakil yg wangi

    [Reply]

  17. aku punya tu om, udah lama x yelip di gudang ..
    rncana mau ku benerin n ku pakek lg buat carik peratian di jalan.
    tp yg buat bingung dimana aku mau beli busa dalam nya ya.?
    apa ada di jual..????


    Busanya harus modifikasi sendiri, karena yg aslinya pasti sudah nggak diproduksi

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *