Cas Cis Cus Chess

Sekali2 pengin nulis yang ideal, tentang sesuatu yang belum tentu disukai orang kecuali yang bener2 minat. Saya mau ngobrol tentang catur alias Cas Cis Cus Tentang Chess. Meski belum layak dikatakan master, tapi saya mengenal catur tak hanya sekedar bisa main. Sedikit2 juga belajar teorinya.

Dari hoby main catur ini banyak manfaat yang saya dapat. Selain tambah kenalan, otak juga terasah. Kalau sudah hoby memang unik. Yang bagi orang lain terasa berat, tidak demikian dengan kita. Sayangnya, tak banyak orang yang suka permainan ini. Itulah yang saya rasakan.

Kelebihan catur dibanding cabang lain adalah notasi. Dengan adanya notasi, permainan yang sudah puluhan tahun masih bisa dinikmati. Lihat saja partai antara antara Donald Byrne dan Bobby Fischer pada Kejuaraan USA tahun 1963.

Notasi Lengkapnya :
1.Nf3 Nf6 2.c4 g6 3.Nc3 Bg7 4.d4 O-O 5.Bf4 d5 6.Qb3 dxc4 7.Qxc4 c6 8.e4 Nbd7 9.Rd1 Nb6 10.Qc5 Bg4 11.Bg5 Na4 12.Qa3 Nxc3 13.bxc3 Nxe4 14.Bxe7 Qb6 15.Bc4 Nxc3 16.Bc5 Rfe8+ 17.Kf1 Be6 18.Bxb6 Bxc4+ 19.Kg1 Ne2+ 20.Kf1 Nxd4+ 21.Kg1 Ne2+ 22.Kf1 Nc3+ 23.Kg1 axb6 24.Qb4 Ra4 25.Qxb6 Nxd1 26.h3 Rxa2 27.Kh2 Nxf2 28.Re1 Rxe1 29.Qd8+ Bf8 30.Nxe1 Bd5 31.Nf3 Ne4 32.Qb8 b5 33.h4 h5 34.Ne5 Kg7 35.Kg1 Bc5+ 36.Kf1 Ng3+ 37.Ke1 Bb4+ 38.Kd1 Bb3+ 39.Kc1 Ne2+ 40.Kb1 Nc3+ 41.Kc1 Rc2# 0-1

Untuk melengkapi tulisan ini, berikut saya sertakan dua problem yang bisa dicoba. Putih jalan, hitam mat dalam 2 langkah. Kalau dirasa sulit, sahabat bisa ngintip langkah kuncinya.

Problem I

alternatif 1
1. Qd2 – cxd2
2. Rd7#

alternatif 2
1. Qd2 – …
2. Qxd5#

Problem II

alternatif 1
1. Bg2 – exd6
2. Qe1#

alternatif 2
1. Bg2 – exf6
2. Nf8#

alternatif 3
1. Bg2 – f4
2. Bh3#

alternatif 4
1. Bg2 – …
2. Bd5#

Note :
Mohon maaf untuk sahabat yang kurang menyukai permainan ini. Catur adalah dunia saya, hoby sedari kecil dan punya daya tarik tersendiri.

  • Chess Flash menggunakan software gratis produk dari chessflash.com
  • Chess Board Editor menggunakan software gratis produk apronus.com

41 thoughts on “Cas Cis Cus Chess

  1. Saya bisa main catur, tapi hanya sekedar bisa, kalau suruh bertanding banyak kalahnya 😀


    Kebanyakan juga asal bisa main kok Mas…
    Sama badminton, teorinya juga nggak semua paham

    [Reply]

  2. hihihi sama dengan pak Sukadi,…. cuma bisa main tapi ngga bisa bertanding. MUngkin karena bosan mikir ya…
    EM


    Mari bertanding Bu…

    [Reply]

  3. kode2 ne aku bingung, tp klo disuruh maen aku yo iso


    Untuk kode2 itu memang harus dipelajari dari literatur Mas

    [Reply]

  4. Wah saya sih cuma bisa mainnya tapi sangat susah untuk menang, entah kenapa, saya enggak pandai berstrategi..


    Pertama harus suka dulu Mas, baru belajar teorinya…
    Kalau hanya setengah2 dan nggak dikembangkan, pastinya ya hanya sekedar melangkah

    [Reply]

  5. game chess.. cas cis cus chess.. pertama kali dulu bermain game ini, asal jalankan saja.. ..Oh yang ini jalannya lurus.. yang ini miring yang ini berbentuk L, oo yang ini Pion, yang ini gajah, yang ini benteng… yang penting jalan.. langsung skak mat….dan sampai sekarang kok ndak mahir-mahir main catur ya 😀


    Nah yang penting langkahnya bener…

    [Reply]

  6. waduh,,,,, klo urusan catur ane nyerah dech mas…
    budek bgt nich otaknya :p

    Postingan argun: Komodo Island Is The NEW 7 Wonders Of The World


    Jangan nyerah Mas

    [Reply]

  7. catur, saya bisa maen pak, tapi jangan coba-coba nantangi saya lho… *nanti malah sampeyan bingung kok saya gak pernah menang,, * hehehe,,,


    Ayo dicoba…

    [Reply]

  8. Saya cuma asal bisa, Pak. Dulu pernah ikut class meeting catur (hahahaha….) Tapi nek sekarang mending main halma aja, deh. Nek suruh main lagi dah mumet, bisa-bisa kuda jalannya lompat-lompat :mrgreen:


    Ayo main dengan saya Mbak…

    [Reply]

  9. Jiaaahhh…. jangankan main catur, main ular tangga dan halma saja saya sudah nge-Prof banget Pak..
    Klo main catur mah.. *gak bisa* xixixi…


    Main bola bekel saya juga bisa lho Mbak…

    [Reply]

  10. Nggak begitu suka catur pak, cuma kadang iseng nemani main saat ronda


    Hoby memang nggak bisa dipaksa Pak

    [Reply]

  11. Cuma pernah ngeliatin para opungku yg main catur. Seminggu dua kali ada grupnya yg main ke rumah. Aku sendiri nggak mampu meski sudah diajarin berkali2. Para kakek itu masih hafal segala macam pembukaan.


    Harusnya ikut main Mbak

    [Reply]

  12. aku nyerah deh pak Guru kalau harus maen catur…hihi…pusiingg 🙂


    Lho kok malah nyerah…

    [Reply]

  13. Pusing lihat catur.

    *Manggil Mas Utut dari lantai bawah*


    Salam nggo Pak Utut Adianto Mbak… 😀

    [Reply]

  14. Anehnya, diriku mempunyai peluang menang lebih besar jika nerusin orang maen. Dan belum pernah menang sampai sekarang, jikalau memulai dari langkah awal (doh)


    Tapi kalau main ramai2 malah kalah Mas…

    [Reply]

  15. bapa saya penggemar catur tp g nurun sm saya hehe


    Yang namanya hoby memang nggak selalu menurun Mas

    [Reply]

  16. Kalau catur sih saya tidak paham, Pak. Selain tidak paham, saya juga tidak mengerti dan tidak tahu. 😀


    Mari belajar catur

    [Reply]

  17. Hehehe, saya dulu kecil sempat tertarik ama olahotak yang satu ini. Tapi lama2 seiring bertambahnya umur, ternyata ada hal lain lebih menarik saya…. 😀


    Kalau saya masih suka Mas

    [Reply]

  18. Pak Guru ternyata suka catur juga 🙂

    Saya juga suka. Sampai saat kuliah dulu sering ikutan lomba walau hanya tanding antar fakultas.

    Semenjak jadi kuli terbengkalailah si Chess ini, banyak tersita ama kerjaan lain. Soalnya kalo udah nge-Chess, kerjaan lain ah yang terbengkalai 🙂


    Bener Mas…
    Bisa lupa waktu

    [Reply]

  19. Melihat notasi catur kepalaku langsung kliyeng2 lho mas.
    Saya bisa main catur tapi tak jagoan, pokoknya ” ikut barisan ”
    Salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  20. aduh om, aku sempet termenung… ngeliat problem 1, aku ngerti kalo d2, d7, cuma gak ngerti maksudnya C, Q, R,… huufffff…. itu kode bidak catur yang dimainkan ya??? *mencoba mengerti apa daya notasinya bikin puyeng…

    coba pake animasi wae om… lha jadi yang awam2 kaya aku ini mudeng… wkakakakaka

    [Reply]

  21. catur itu kegemaran saya pak. pas SD pernah juara sekolah 🙂

    tapi koq saya gak bisa nyelesain soal diatas ya

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *