Home > Umum > Cas Cis Cus Chess

Cas Cis Cus Chess

Sekali2 pengin nulis yang ideal, tentang sesuatu yang belum tentu disukai orang kecuali yang bener2 minat. Saya mau ngobrol tentang catur alias Cas Cis Cus Tentang Chess. Meski belum layak dikatakan master, tapi saya mengenal catur tak hanya sekedar bisa main. Sedikit2 juga belajar teorinya.

Dari hoby main catur ini banyak manfaat yang saya dapat. Selain tambah kenalan, otak juga terasah. Kalau sudah hoby memang unik. Yang bagi orang lain terasa berat, tidak demikian dengan kita. Sayangnya, tak banyak orang yang suka permainan ini. Itulah yang saya rasakan.

Kelebihan catur dibanding cabang lain adalah notasi. Dengan adanya notasi, permainan yang sudah puluhan tahun masih bisa dinikmati. Lihat saja partai antara antara Donald Byrne dan Bobby Fischer pada Kejuaraan USA tahun 1963.

Notasi Lengkapnya :
1.Nf3 Nf6 2.c4 g6 3.Nc3 Bg7 4.d4 O-O 5.Bf4 d5 6.Qb3 dxc4 7.Qxc4 c6 8.e4 Nbd7 9.Rd1 Nb6 10.Qc5 Bg4 11.Bg5 Na4 12.Qa3 Nxc3 13.bxc3 Nxe4 14.Bxe7 Qb6 15.Bc4 Nxc3 16.Bc5 Rfe8+ 17.Kf1 Be6 18.Bxb6 Bxc4+ 19.Kg1 Ne2+ 20.Kf1 Nxd4+ 21.Kg1 Ne2+ 22.Kf1 Nc3+ 23.Kg1 axb6 24.Qb4 Ra4 25.Qxb6 Nxd1 26.h3 Rxa2 27.Kh2 Nxf2 28.Re1 Rxe1 29.Qd8+ Bf8 30.Nxe1 Bd5 31.Nf3 Ne4 32.Qb8 b5 33.h4 h5 34.Ne5 Kg7 35.Kg1 Bc5+ 36.Kf1 Ng3+ 37.Ke1 Bb4+ 38.Kd1 Bb3+ 39.Kc1 Ne2+ 40.Kb1 Nc3+ 41.Kc1 Rc2# 0-1

Untuk melengkapi tulisan ini, berikut saya sertakan dua problem yang bisa dicoba. Putih jalan, hitam mat dalam 2 langkah. Kalau dirasa sulit, sahabat bisa ngintip langkah kuncinya.

Problem I

alternatif 1
1. Qd2 – cxd2
2. Rd7#

alternatif 2
1. Qd2 – …
2. Qxd5#

Problem II

alternatif 1
1. Bg2 – exd6
2. Qe1#

alternatif 2
1. Bg2 – exf6
2. Nf8#

alternatif 3
1. Bg2 – f4
2. Bh3#

alternatif 4
1. Bg2 – …
2. Bd5#

Note :
Mohon maaf untuk sahabat yang kurang menyukai permainan ini. Catur adalah dunia saya, hoby sedari kecil dan punya daya tarik tersendiri.

  • Chess Flash menggunakan software gratis produk dari chessflash.com
  • Chess Board Editor menggunakan software gratis produk apronus.com
~ Grazie ~
Categories: Umum
  1. March 9th, 2011 at 06:29 | #1

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Saya ra pathek’o mudeng skak, Jadio mlongo wae…


    Ayo latihan

    [Reply]

  2. March 9th, 2011 at 06:55 | #2

    Saya bisa main catur, tapi hanya sekedar bisa, kalau suruh bertanding banyak kalahnya 😀


    Kebanyakan juga asal bisa main kok Mas…
    Sama badminton, teorinya juga nggak semua paham

    [Reply]

  3. Ikkyu_san
    March 9th, 2011 at 07:27 | #3

    hihihi sama dengan pak Sukadi,…. cuma bisa main tapi ngga bisa bertanding. MUngkin karena bosan mikir ya…
    EM


    Mari bertanding Bu…

    [Reply]

  4. arisnb
    March 9th, 2011 at 08:09 | #4

    kode2 ne aku bingung, tp klo disuruh maen aku yo iso


    Untuk kode2 itu memang harus dipelajari dari literatur Mas

    [Reply]

  5. March 9th, 2011 at 08:41 | #5

    Wah saya sih cuma bisa mainnya tapi sangat susah untuk menang, entah kenapa, saya enggak pandai berstrategi..


    Pertama harus suka dulu Mas, baru belajar teorinya…
    Kalau hanya setengah2 dan nggak dikembangkan, pastinya ya hanya sekedar melangkah

    [Reply]

  6. Arif
    March 9th, 2011 at 08:44 | #6

    Kode * opo iku ? koq marai mumet ngunu, hehe


    Itu kode atau notasi catur Mas

    [Reply]

  7. March 9th, 2011 at 09:06 | #7

    game chess.. cas cis cus chess.. pertama kali dulu bermain game ini, asal jalankan saja.. ..Oh yang ini jalannya lurus.. yang ini miring yang ini berbentuk L, oo yang ini Pion, yang ini gajah, yang ini benteng… yang penting jalan.. langsung skak mat….dan sampai sekarang kok ndak mahir-mahir main catur ya 😀


    Nah yang penting langkahnya bener…

    [Reply]

  8. March 9th, 2011 at 09:06 | #8

    Intinya Saya ini tidak mahir benar main catur… 😀


    Tapi kan bisa main to Mbak?

    [Reply]

  9. March 9th, 2011 at 10:12 | #9

    ati-ati..mas…d’skak lo ngko…hhahaha


    Namanya aja skak, pastinya ya diskak

    [Reply]

  10. March 9th, 2011 at 10:51 | #10

    Salam sahabat
    Jafi tajus cas cis cus nya mas kirain apaan eh rupanya catur


    Bisa catur nggak Mbak? 😀

    [Reply]

  11. Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World
    March 9th, 2011 at 10:56 | #11

    waduh,,,,, klo urusan catur ane nyerah dech mas…
    budek bgt nich otaknya :p

    Postingan argun: Komodo Island Is The NEW 7 Wonders Of The World


    Jangan nyerah Mas

    [Reply]

  12. advertiyha
    March 9th, 2011 at 11:19 | #12

    catur, saya bisa maen pak, tapi jangan coba-coba nantangi saya lho… *nanti malah sampeyan bingung kok saya gak pernah menang,, * hehehe,,,


    Ayo dicoba…

    [Reply]

  13. chocoVanilla
    March 9th, 2011 at 12:56 | #13

    Saya cuma asal bisa, Pak. Dulu pernah ikut class meeting catur (hahahaha….) Tapi nek sekarang mending main halma aja, deh. Nek suruh main lagi dah mumet, bisa-bisa kuda jalannya lompat-lompat :mrgreen:


    Ayo main dengan saya Mbak…

    [Reply]

  14. yuni cute
    March 9th, 2011 at 13:52 | #14

    Jiaaahhh…. jangankan main catur, main ular tangga dan halma saja saya sudah nge-Prof banget Pak..
    Klo main catur mah.. *gak bisa* xixixi…


    Main bola bekel saya juga bisa lho Mbak…

    [Reply]

  15. March 9th, 2011 at 14:09 | #15

    saya suka maen catur jg pak.. tp kalau masalah notasi saya gak mudeng 😀


    Bisa dipelajari kok Mas

    [Reply]

  16. Cahyo
    March 9th, 2011 at 14:40 | #16

    Hoby kita sama pak 😀


    Ayo bertanding Mas

    [Reply]

  17. achmad sholeh
    March 9th, 2011 at 14:52 | #17

    Nggak begitu suka catur pak, cuma kadang iseng nemani main saat ronda


    Hoby memang nggak bisa dipaksa Pak

    [Reply]

  18. March 9th, 2011 at 16:22 | #18

    wah….muantaaap pak….dolanan skak saiki pak..??..kerennn-x100..hehehehe..


    Hoby Mas…

    [Reply]

  19. March 9th, 2011 at 16:43 | #19

    Cuma pernah ngeliatin para opungku yg main catur. Seminggu dua kali ada grupnya yg main ke rumah. Aku sendiri nggak mampu meski sudah diajarin berkali2. Para kakek itu masih hafal segala macam pembukaan.


    Harusnya ikut main Mbak

    [Reply]

  20. wien
    March 9th, 2011 at 17:58 | #20

    aku nyerah deh pak Guru kalau harus maen catur…hihi…pusiingg 🙂


    Lho kok malah nyerah…

    [Reply]

  21. isnuansa
    March 9th, 2011 at 19:30 | #21

    Pusing lihat catur.

    *Manggil Mas Utut dari lantai bawah*


    Salam nggo Pak Utut Adianto Mbak… 😀

    [Reply]

  22. March 9th, 2011 at 20:15 | #22

    Main catur bukanlah hal yang gampang buat saya!!!


    Sama dengan panjat tebing, itu juga bukan hal yang mudah buat saya

    [Reply]

  23. March 9th, 2011 at 20:32 | #23

    Anehnya, diriku mempunyai peluang menang lebih besar jika nerusin orang maen. Dan belum pernah menang sampai sekarang, jikalau memulai dari langkah awal (doh)


    Tapi kalau main ramai2 malah kalah Mas…

    [Reply]

  24. mattwahyu
    March 9th, 2011 at 21:30 | #24

    sengkap matt


    Skak Seter

    [Reply]

  25. kang ian dot com
    March 10th, 2011 at 00:32 | #25

    bapa saya penggemar catur tp g nurun sm saya hehe


    Yang namanya hoby memang nggak selalu menurun Mas

    [Reply]

  26. March 10th, 2011 at 00:36 | #26

    Kebiasaan saya dulu main catur diwarung kopi 🙂
    Sekarang malah lupa!


    Masak sich bisa lupa Mas…

    [Reply]

  27. March 10th, 2011 at 00:46 | #27

    meskipun suka catur, tapi tidak paham notasinya


    Saya juga nggak terlalu paham kok Mbak

    [Reply]

  28. March 10th, 2011 at 01:31 | #28

    klo saya cuman bisa main gitu doank
    lumayan nih buat nambah info

    alejo


    Ayo main sama saya Mas

    [Reply]

  29. Kakaakin
    March 10th, 2011 at 10:16 | #29

    Kalau catur sih saya tidak paham, Pak. Selain tidak paham, saya juga tidak mengerti dan tidak tahu. 😀


    Mari belajar catur

    [Reply]

  30. March 10th, 2011 at 12:43 | #30

    saya kadang maen yang beginian pak di hape, cuma kalo soal notasi ane kurang paham…


    Kan banyak tutorial

    [Reply]

  31. March 10th, 2011 at 21:47 | #31

    Hehehe, saya dulu kecil sempat tertarik ama olahotak yang satu ini. Tapi lama2 seiring bertambahnya umur, ternyata ada hal lain lebih menarik saya…. 😀


    Kalau saya masih suka Mas

    [Reply]

  32. March 10th, 2011 at 22:10 | #32

    salah satu cabang olah raga yang paling aman dan tidak ada kekerasan didalamnya


    Nggak ada yang cedera

    [Reply]

  33. Erdien
    March 11th, 2011 at 13:32 | #33

    Pak Guru ternyata suka catur juga 🙂

    Saya juga suka. Sampai saat kuliah dulu sering ikutan lomba walau hanya tanding antar fakultas.

    Semenjak jadi kuli terbengkalailah si Chess ini, banyak tersita ama kerjaan lain. Soalnya kalo udah nge-Chess, kerjaan lain ah yang terbengkalai 🙂


    Bener Mas…
    Bisa lupa waktu

    [Reply]

  34. March 11th, 2011 at 21:48 | #34

    Dulu daku sempet seneng main catur. Tapi karena sering kalah jadinya males & bosan (bosan kalah). Hehehe…
    Salam, pak.


    Harusnya dilatih terus Mas

    [Reply]

  35. Erwin
    March 14th, 2011 at 10:35 | #35

    ikut menyimak saja…. 🙂

    [Reply]

  36. March 15th, 2011 at 07:52 | #36

    Melihat notasi catur kepalaku langsung kliyeng2 lho mas.
    Saya bisa main catur tapi tak jagoan, pokoknya ” ikut barisan ”
    Salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  37. March 15th, 2011 at 17:28 | #37

    Pak daku diajari cara bikin chess flash n chess board nya owh, tapi untuk blogspot ya

    [Reply]

  38. March 17th, 2011 at 07:18 | #38

    aduh om, aku sempet termenung… ngeliat problem 1, aku ngerti kalo d2, d7, cuma gak ngerti maksudnya C, Q, R,… huufffff…. itu kode bidak catur yang dimainkan ya??? *mencoba mengerti apa daya notasinya bikin puyeng…

    coba pake animasi wae om… lha jadi yang awam2 kaya aku ini mudeng… wkakakakaka

    [Reply]

  39. April 4th, 2011 at 01:00 | #39

    salam kenal mas, terus terang kalau main catur aku kalah terus


    Saya juga nggak selalu menang

    [Reply]

  40. June 20th, 2011 at 08:23 | #40

    catur itu kegemaran saya pak. pas SD pernah juara sekolah 🙂

    tapi koq saya gak bisa nyelesain soal diatas ya

    [Reply]

  1. April 8th, 2013 at 21:52 | #1

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~