Home > Ekspresi > Coblos jadi Contrèng itu Milyaran lho…

Coblos jadi Contrèng itu Milyaran lho…

contrengB

erapa milyar rupiah yang terpakai untuk mengkampanyekan kata “contrèng” menggantikan “coblos” ya?. Nggak cuman uang, tapi juga waktu, tenaga dan pikiran…

Ndak perlu penelitian mendalam kayak nyusun skripsi, tapi pastilah ongkos yang musti dikeluarkan amat sangat besar sekali.

Mulai dari seminar, workshop, sosialisasi di pusat sampai daerah untuk menjelaskan bagaimana cara nyontrèng yang baik dan benar. Lalu pasang spanduk, terbitkan leaflet dan buku panduan manual jutaan eksemplar, nyediakan alat tulis buat nyontrèng (yang pasti lebih mahal ketimbang paku). Saya ndak tau, nantinya disiapkan karet penghapus apa nggak ya?.

Atau…
Kalau perlu, disediakan alat khusus seperti penggaris berlobang (mirip yang dipakai siswa kalau ujian pakai lembar jawab komputer) tapi bentuk contrèng, biar nyontrèngnya gampang dan rapi.

Andai saya orang KPU, akan saya buat lebih menarik. Bukan nyoblos bukan nyontrèng, tapi mewarnai pakai crayon. Etung2, sekalian hiburan. Bukankah usia 17 taun ke atas sudah lama nggak mewarnai?.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi
  1. April 7th, 2009 at 16:55 | #1

    wah, saya malah belum kepikiran soal ini.
    ternyata, seperti saat pertamina meluncurkan logo barunya dulu juga, pasti tak terhitung dana yang dikeluarkan.
    tapi pertamina kan badan yang profit, jadi modalnya nggak janji mustinya balik.

    yah, namanya juga pendidikan politik.

    nb. mas, koreksi dong jawaban matematika saya di blog ntu… *nunjuk-nunjuk blog ini*

    Logo Pertamina yang malah tambah jelek itu ya Bu…
    Saya masih suka yang kuda laut.
    Ganti logo BUMN adalah ajang hambur2kan uang belaka. Pemenangnya seringnya orang luar negeri

    [Reply]

  2. gajah_pesing
    April 7th, 2009 at 17:18 | #2

    saia mendukung pak, secara ini saia emang uda lama gak pegang crayon

    [Reply]

  3. April 7th, 2009 at 17:20 | #3

    waduh aneh2 awe ki…
    Milyaran?
    itu suit tuh?

    [Reply]

  4. April 7th, 2009 at 18:25 | #4

    nanti nyontrengnya pakai bolpen merah, bukan pencil, bukan krayon.

    katanya sih masih boleh nyoblos, tapi di TPS tidak disediakan alat coblosannya, jadinya paku bawa sendiri

    [Reply]

  5. Milla Schumacher
    April 7th, 2009 at 19:52 | #5

    saia setujuuu…kapan nih pemilu pake crayon? tapi bukan crayon sinchan itu khan :D

    [Reply]

  6. April 7th, 2009 at 20:02 | #6

    sekarang contreng, besok apa? cintrong?

    [Reply]

  7. April 7th, 2009 at 20:58 | #7

    seru kali ya… pak guru klo kita ke bilik suara bawa pensil warna/cat air.. ntar sibuk mewarnai dan lupa milih yang mana hehehe

    [Reply]

  8. April 7th, 2009 at 21:18 | #8

    Di mana-mana nyoblos, dari dulu juga nyoblos. Sama istri juga nyoblos.. Hal yang gampang dan mudah kenapa mesti diganti. Benar kata Bapak, benar-benar mubasir.

    [Reply]

  9. April 7th, 2009 at 21:38 | #9

    Pemilu mendatang pake ngurek-ngurek!

    [Reply]

  10. ircham
    April 7th, 2009 at 23:37 | #10

    saya jadi anggota kpps…. hehehehehe…

    besok tak usulkan ke ketua saya pak…

    biar ditindaklanjuti ke atasannya…

    tapi kalo beli crayon apa gak malah tambah dana tuh pak….

    [Reply]

  11. ono
    April 8th, 2009 at 00:46 | #11

    Khan kita semua tahu, Indonesia itu kaya raya.

    [Reply]

  12. achmad sholeh
    April 8th, 2009 at 07:19 | #12

    segala sesuatu yang baru pastilah membutuhkan biaya yang tidak sedikit

    [Reply]

  13. deden
    April 8th, 2009 at 07:49 | #13

    Sejujurnya, saya sangat ndak enak hati kalau disuruh mencoreng nama apalagi muka orang lain pak mars.

    [Reply]

  14. April 8th, 2009 at 08:28 | #14

    kalo mulas-nya (mewarnainya) bagus diitung 2 suara

    [Reply]

  15. April 8th, 2009 at 12:38 | #15

    yang bener pak de????

    [Reply]

  16. ciwir
    April 8th, 2009 at 12:57 | #16

    lomba mewarnai khusus untuk foto DPD…

    [Reply]

  17. grubik
    April 8th, 2009 at 13:45 | #17

    Mendukung pak mars sebagai ketua KPU…

    [Reply]

  18. Mars
    April 8th, 2009 at 15:03 | #18

    Mari mencontreng…
    Met menyambut Hari Pencontrengan, 9 April 2009.
    Mantapkan pilihan Anda.
    Jangan lupa, kalau perlu nggak cuman nyontreng tapi mewarnai

    [Reply]

  19. munawar am
    April 8th, 2009 at 15:28 | #19

    Perubahan…
    Lanjutkan…
    Kontrak Sembako Murah…
    Pilih Tukang Bersih-Bersih
    Pilih sesuai hatinurani
    Kula nderek kyai….
    Apaaaaaaaaaaaa…. PAN Nomor 9
    ada lagi Pak…..?

    [Reply]

  20. April 8th, 2009 at 15:52 | #20

    waks?!! Hehehehehe….

    [Reply]

  21. April 8th, 2009 at 16:23 | #21

    pilih partai yg gambarnya cebong moncong merah kwkwkwwkw cebong mari ketatap tembok

    [Reply]

  22. zenteguh
    April 8th, 2009 at 17:06 | #22

    kalo ada anekdot contreng jenggote, berarti sekarang jadi crayon jenggote pak..opo crayon raine sekalian aja ya..:D

    [Reply]

  23. April 8th, 2009 at 22:42 | #23

    Saya gak contreng.. karena nama saya dicantum salah di kartu pemilih :p

    [Reply]

  24. syafur
    April 12th, 2009 at 06:08 | #24

    lama tak berkunjung jadi ketinggalan deh informasi terbaru dari blog nya pak marsudi :D
    balik ke topik, iya tuh pak makin lama makin sulit sepertinya yah

    [Reply]

  1. May 18th, 2009 at 13:10 | #1
  2. June 11th, 2009 at 06:42 | #2
  3. June 25th, 2009 at 00:36 | #3
  4. January 16th, 2011 at 13:48 | #4

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~