Home > Realita > Definisi Itu Tidak Tunggal

Definisi Itu Tidak Tunggal

January 28th, 2011 Leave a comment Go to comments

Terinspirasi oleh tulisan Mas Prima berjudul Holrtikultura yang diposting di blognya Om Trainer NH, ternyata dari survey yang dilakukan muncul aneka pendapat tentang pengertian holrtikultura. Ada yang mengatakan masalah pembibitan, tanaman hias yang bisa menyerap air, tanaman yang buahnya bisa dimakan, metode bercocok tanam dan banyak lagi.

Ya begitulah, satu istilah bisa menghasilkan aneka pengertian dan pendapat, karena definisi itu memang tidak tunggal. Sangat tergantung dari siapa yang mendefinisikan dan mau ditinjau dari sudut pandang mana. Apalagi untuk istilah ilmiah yang belum tentu dipahami orang awam.

Jangankan istilah ilmiah, lha wong istilah sehari2 saja kalau ditanyakan pada 10 orang bisa hasilkan 10 pengertian kok. Coba aja tanya pada 10 orang, “dengkul” itu apa. Dijamin kita akan dapat 10 jawaban yang berbeda. Padahal dengkul jelas lebih akrab ditelinga ketimbang holrtikultura.

Bahkan nggak usah 10 orang berbeda. Tanya pada satu orangpun, kalau ditanyakan disaat berbeda jawabnya bisa berbeda pula. Ini buktinya…

Suatu hari saya tanya sama Om NH

Saya
Om NH
:
:
Dengkul itu apa sich Om?
Dengkul itu kan organ dibawah lutut to Pak Mars

Sengaja saya nggak bilang iya atau tidak. Hari berikutnya ajukan pertanyaan yang sama. Dan inilah jawaban Om NH : “Dengkul itu salah satu sendi pada kaki“.

Hari ketiga saya tanya lagi, jawabannya berubah lagi. Setengah melotot Om NH jawab:
Dengkal-dengkul dengkal-dengkul, dari kemarin tanya dengkul melulu. Nich dengkul!…”
Begitu jawab beliau sambil menunjuk dengkulnya…

Dan hari ini saya tanya untuk yang keempat kalinya.
Tau nggak, apa jawaban Om NH….
Dengkulmu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. January 28th, 2011 at 14:55 | #1

    hoRti Pak bukan hoLtiiiiiiii…..


    Wkwkwk…
    Itu memang disengajakan Mbak…
    Balita kan susah bilang “R”
    Juga terkontaminasi Pak Mandor tempe… πŸ˜€

    [Reply]

    PRofijo Reply:

    Balita yang mana pak Mars…:)

    [Reply]

    mandor tempe Reply:

    dengkulku gatel …
    Iki mesthi ono sing ngrasani πŸ˜€

    [Reply]

  2. January 28th, 2011 at 15:03 | #2

    Iya, Pakdhe.
    Horti pakai R, di tulisan Mas Prima itu banyak yang masih bingung mana yang benar, padahal di kalimat teakhir kan sudah dibilang, pakai R, bukan L.

    Soal definisi itu tergantung makan kue apa dulu, Pakdhe..
    *dicekokin kue keranjang*


    Iya Mas…
    Itu memang saya sengaja.
    Di Tag barulah saya tulis dengan benar… πŸ˜€

    [Reply]

  3. advertiyha
    January 28th, 2011 at 15:06 | #3

    wakakakkaka…. nanas itu apa sih pak?? πŸ˜›


    Kalau Nanas Dalam minum Segar Dingin…

    [Reply]

  4. boyin
    January 28th, 2011 at 15:08 | #4

    bahasa apa lagi tuh horti..tau nya horta yg orang batak itu bah…!

    [Reply]

  5. January 28th, 2011 at 15:19 | #5

    Wakakakakakaakak…. jadi postingan ni ye…

    Om, saya jadi mikir sekarang, dengkul tuh yang mana ya? wkakakaak… serius saya jadi bingung…. πŸ˜€

    [Reply]

  6. riFFrizz
    January 28th, 2011 at 15:22 | #6

    apik dw sing DENGKULMU KUWI”

    [Reply]

  7. January 28th, 2011 at 15:33 | #7

    Salam Takzim
    Izin ngakap dulu pak huahahahaha sambil megang dengkul kiri sama ga yah dengan dengkul oom NH huahahahahaha
    Salam Takzim Batavusqu

    [Reply]

  8. January 28th, 2011 at 15:37 | #8

    ketawa lagi ah membaca jawaban oom NH yang terakhir Huahahahahahahahaha
    Salam Takzim Batavusqu

    [Reply]

  9. January 28th, 2011 at 15:42 | #9

    kurang lengkap tuhh pak..harusnya
    “Dengkulmu mlocot”..
    hahaha..

    [Reply]

  10. January 28th, 2011 at 15:45 | #10

    loh komengku ilang meneh?

    [Reply]

  11. January 28th, 2011 at 15:52 | #11

    ngahahah emosi itu emosi kang πŸ˜€

    [Reply]

  12. arkasala
    January 28th, 2011 at 15:55 | #12

    xixixixi … suer saya ngakak selesai bacanya ha ha

    [Reply]

  13. January 28th, 2011 at 16:04 | #13

    tunggal ametung,hehheee

    [Reply]

  14. nDuk
    January 28th, 2011 at 16:28 | #14

    Geli ngeliat siputnya yang jungkit2an disamping itu, Pak πŸ˜†

    [Reply]

    nDuk Reply:

    ilang? ❓

    Jawapane Pak Mars : Ilang dengkulmu!!!

    [Reply]

  15. nh18
    January 28th, 2011 at 16:56 | #15

    Huahahahah …
    Ini himpunan komentar yang menjadi posting …

    sik … aku tak nyari apa arti Dengkul dulu ya …

    πŸ™‚

    Salam saya Pak Mars

    [Reply]

  16. January 28th, 2011 at 17:49 | #16

    Hahaha…. kena omel Pakde NH ya?

    Definisi memang tidak ada yang absolut πŸ™‚

    Eh, dengkul itu bukannya yang biasa dibawa petani?

    [Reply]

  17. January 28th, 2011 at 19:35 | #17

    Harusnya ditambahi “dengkulmu anjlog”, kata arek Suroboyo.
    Salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  18. January 28th, 2011 at 19:59 | #18

    pa guru….boleh kah aku ngakak??? :mrgreen:

    [Reply]

  19. genksukasuka
    January 28th, 2011 at 20:50 | #19

    wkkwkwkwkwkwk πŸ˜›
    ikutan ha….

    [Reply]

  20. January 28th, 2011 at 21:00 | #20

    ternyata sebuah benda bisa berubah – ubah pengertiannya ya tergantung situasi dan kondisi


    Iya Bang…
    Kayak kitalah.
    Orang tua kita, menyebut kita ini anak.
    Tapi anak kita menyebut kita dengan Bapak…
    Kita jadi bingung!
    Kita ini Anak apa Bapak?

    [Reply]

    Berpikir Positif Reply:

    Memang kebenaran Sejati hanya Satu ya Pak


    Itulah kebenaran hakiki Bang.

    [Reply]

  21. January 28th, 2011 at 21:17 | #21

    mendefinisikan lewat kata-kata memang susah…. jadi sebaiknya dicoba dengkulnya….


    Rasanya kayak apa ya πŸ˜€

    [Reply]

  22. January 28th, 2011 at 22:06 | #22

    dan ketika bertanya untuk kelima kalinya..
    “Om, dengkul itu apa sih?” *dengan muka polos…
    “BUKK!! BUKK!!” *dengkul si Om melayang ke kepala


    Wkwkwk…

    [Reply]

  23. January 28th, 2011 at 22:11 | #23

    wekekekek, itu nggriseni namanya πŸ˜€


    Wkwkwkwk…

    [Reply]

  24. Firaun NgebLoG
    January 28th, 2011 at 22:17 | #24

    secara pribadi, setiap orang memiliki pengertian masing2 ttg sesuatu yang membaut dirinya bisa mendefinisikan sesuatu sesuai dengan yg dimengertinya.
    gitu kan mas?… πŸ˜€


    Iya Mas…
    Setuju.

    [Reply]

  25. Bisnis OnLine
    January 28th, 2011 at 22:19 | #25

    setuju mas dengan tulisannya…
    setiap orang mungkin mengeluarkan definisi yg berbeda-beda.


    Makasih…

    [Reply]

  26. Computer Technology
    January 28th, 2011 at 22:21 | #26

    definisi seseorang tergantung oleh pengetahuannya masing-masing ya mas?…


    Kayaknya begitu Mas

    [Reply]

  27. Business and Finance
    January 28th, 2011 at 22:23 | #27

    dengkul sama dengkur, bedanya apa ya mas?….


    Kalau dengkul itu untuk balita karena nggak bisa bilang R

    [Reply]

  28. Personal bLogginG
    January 28th, 2011 at 22:24 | #28

    dengkul itu kan lutut mas?


    Wkwkwkwk…
    Iya kayaknya…

    [Reply]

  29. Health Care
    January 28th, 2011 at 22:27 | #29

    klo orang berbeda-beda definisi, jadi seru dech klo pas lagi debat πŸ˜€


    Iya Mbak…
    Satu kepala satu pendapat…

    [Reply]

  30. Mas Win
    January 28th, 2011 at 22:58 | #30

    wah, pagahal orangnya sama ya. tp definisinya beda. hehe.

    salam.


    Iya Mas… πŸ˜€
    Salam kembali!

    [Reply]

  31. Wandi thok
    January 29th, 2011 at 04:18 | #31

    Kata dhengkul juga akan bermakna beda untuk ini ya pak “jawabane didhengkul wae.” πŸ˜†


    Eh iya Pak…

    [Reply]

  32. Kakaakin
    January 29th, 2011 at 06:09 | #32

    Hehe… jangan tanya sama orang kampung saya soal dengkul, gak ngarti…
    kan bahasanya beda πŸ™‚


    Disitu istilahnya apa ya Mbak?

    [Reply]

  33. TuSuda
    January 29th, 2011 at 14:03 | #33

    Satu kata bisa seribu arti ya…


    Iya Bli…
    Satu kepala satu pendapat!

    [Reply]

  34. kang ian dot com
    January 29th, 2011 at 15:24 | #34

    wakaka lha iya wong sewot ditanya2 mulu hehehe


    Wkwkwkwk…

    [Reply]

  35. January 29th, 2011 at 16:26 | #35

    Bertanya terus soal dengkul, saya jadi mikir kalo saya ini otak dengkul…..
    wkkkkkk…… (peace)


    Saya juga Mas… πŸ˜€

    [Reply]

  36. pendarbintang
    January 29th, 2011 at 21:09 | #36

    Ha ha ha ha haha

    ketawa ampe guling-guling di lantai dech…


    Mari ketawa bersama…
    Wkwkwkwk…

    [Reply]

  37. chi3nming
    January 30th, 2011 at 10:17 | #37

    selepas baca semua ku masih tk dapat faham la HAHA

    [Reply]

  38. January 30th, 2011 at 14:23 | #38

    Hahahahahahahaha….
    Komen saya itu sajalah. πŸ˜€

    [Reply]

  39. Muhammad yusuf
    January 30th, 2011 at 22:26 | #39

    Ha..ha… Pak Mars ini bisa saja. Coba dicontohin “apa itu bogem”, apa jadinya dihari ke-4 ya pak?

    [Reply]

  40. January 31st, 2011 at 01:33 | #40

    Aduhh.. Maaf numpang lewat nih…, so rame banget, jd pengen gabung maaf kalo salah. tu ada yang bogem2 jgn bogem.an donk..:)

    [Reply]

  41. January 31st, 2011 at 11:41 | #41

    hahahaha,,,
    ternyata bisa jadi postingan juga ya Pak….
    jadi arti menurut kamusnya dengkul itu apa?? πŸ˜€

    [Reply]

  42. February 1st, 2011 at 01:41 | #42

    Hahaha, padahal cuma mbahas dengkul, tapi lha kok enak dibaca..


    Dengkul emang tiada duanya πŸ˜€

    [Reply]

  43. Entertainment
    February 4th, 2011 at 09:05 | #43

    Great Post!
    thanks for sharing it…

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~