Definisi Itu Tidak Tunggal

Terinspirasi oleh tulisan Mas Prima berjudul Holrtikultura yang diposting di blognya Om Trainer NH, ternyata dari survey yang dilakukan muncul aneka pendapat tentang pengertian holrtikultura. Ada yang mengatakan masalah pembibitan, tanaman hias yang bisa menyerap air, tanaman yang buahnya bisa dimakan, metode bercocok tanam dan banyak lagi.

Ya begitulah, satu istilah bisa menghasilkan aneka pengertian dan pendapat, karena definisi itu memang tidak tunggal. Sangat tergantung dari siapa yang mendefinisikan dan mau ditinjau dari sudut pandang mana. Apalagi untuk istilah ilmiah yang belum tentu dipahami orang awam.

Jangankan istilah ilmiah, lha wong istilah sehari2 saja kalau ditanyakan pada 10 orang bisa hasilkan 10 pengertian kok. Coba aja tanya pada 10 orang, “dengkul” itu apa. Dijamin kita akan dapat 10 jawaban yang berbeda. Padahal dengkul jelas lebih akrab ditelinga ketimbang holrtikultura.

Bahkan nggak usah 10 orang berbeda. Tanya pada satu orangpun, kalau ditanyakan disaat berbeda jawabnya bisa berbeda pula. Ini buktinya…

Suatu hari saya tanya sama Om NH

Saya
Om NH
:
:
Dengkul itu apa sich Om?
Dengkul itu kan organ dibawah lutut to Pak Mars

Sengaja saya nggak bilang iya atau tidak. Hari berikutnya ajukan pertanyaan yang sama. Dan inilah jawaban Om NH : “Dengkul itu salah satu sendi pada kaki“.

Hari ketiga saya tanya lagi, jawabannya berubah lagi. Setengah melotot Om NH jawab:
Dengkal-dengkul dengkal-dengkul, dari kemarin tanya dengkul melulu. Nich dengkul!…”
Begitu jawab beliau sambil menunjuk dengkulnya…

Dan hari ini saya tanya untuk yang keempat kalinya.
Tau nggak, apa jawaban Om NH….
Dengkulmu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

47 thoughts on “Definisi Itu Tidak Tunggal

  1. hoRti Pak bukan hoLtiiiiiiii…..


    Wkwkwk…
    Itu memang disengajakan Mbak…
    Balita kan susah bilang “R”
    Juga terkontaminasi Pak Mandor tempe… πŸ˜€

    [Reply]

    PRofijo Reply:

    Balita yang mana pak Mars…:)

    [Reply]

    mandor tempe Reply:

    dengkulku gatel …
    Iki mesthi ono sing ngrasani πŸ˜€

    [Reply]

  2. Iya, Pakdhe.
    Horti pakai R, di tulisan Mas Prima itu banyak yang masih bingung mana yang benar, padahal di kalimat teakhir kan sudah dibilang, pakai R, bukan L.

    Soal definisi itu tergantung makan kue apa dulu, Pakdhe..
    *dicekokin kue keranjang*


    Iya Mas…
    Itu memang saya sengaja.
    Di Tag barulah saya tulis dengan benar… πŸ˜€

    [Reply]

  3. wakakakkaka…. nanas itu apa sih pak?? πŸ˜›


    Kalau Nanas Dalam minum Segar Dingin…

    [Reply]

  4. Wakakakakakaakak…. jadi postingan ni ye…

    Om, saya jadi mikir sekarang, dengkul tuh yang mana ya? wkakakaak… serius saya jadi bingung…. πŸ˜€

    [Reply]

  5. Salam Takzim
    Izin ngakap dulu pak huahahahaha sambil megang dengkul kiri sama ga yah dengan dengkul oom NH huahahahahaha
    Salam Takzim Batavusqu

    [Reply]

  6. Geli ngeliat siputnya yang jungkit2an disamping itu, Pak πŸ˜†

    [Reply]

    nDuk Reply:

    ilang? ❓

    Jawapane Pak Mars : Ilang dengkulmu!!!

    [Reply]

  7. Huahahahah …
    Ini himpunan komentar yang menjadi posting …

    sik … aku tak nyari apa arti Dengkul dulu ya …

    πŸ™‚

    Salam saya Pak Mars

    [Reply]

  8. Hahaha…. kena omel Pakde NH ya?

    Definisi memang tidak ada yang absolut πŸ™‚

    Eh, dengkul itu bukannya yang biasa dibawa petani?

    [Reply]

  9. ternyata sebuah benda bisa berubah – ubah pengertiannya ya tergantung situasi dan kondisi


    Iya Bang…
    Kayak kitalah.
    Orang tua kita, menyebut kita ini anak.
    Tapi anak kita menyebut kita dengan Bapak…
    Kita jadi bingung!
    Kita ini Anak apa Bapak?

    [Reply]

    Berpikir Positif Reply:

    Memang kebenaran Sejati hanya Satu ya Pak


    Itulah kebenaran hakiki Bang.

    [Reply]

  10. dan ketika bertanya untuk kelima kalinya..
    “Om, dengkul itu apa sih?” *dengan muka polos…
    “BUKK!! BUKK!!” *dengkul si Om melayang ke kepala


    Wkwkwk…

    [Reply]

  11. secara pribadi, setiap orang memiliki pengertian masing2 ttg sesuatu yang membaut dirinya bisa mendefinisikan sesuatu sesuai dengan yg dimengertinya.
    gitu kan mas?… πŸ˜€


    Iya Mas…
    Setuju.

    [Reply]

  12. setuju mas dengan tulisannya…
    setiap orang mungkin mengeluarkan definisi yg berbeda-beda.


    Makasih…

    [Reply]

  13. definisi seseorang tergantung oleh pengetahuannya masing-masing ya mas?…


    Kayaknya begitu Mas

    [Reply]

  14. dengkul sama dengkur, bedanya apa ya mas?….


    Kalau dengkul itu untuk balita karena nggak bisa bilang R

    [Reply]

  15. klo orang berbeda-beda definisi, jadi seru dech klo pas lagi debat πŸ˜€


    Iya Mbak…
    Satu kepala satu pendapat…

    [Reply]

  16. wah, pagahal orangnya sama ya. tp definisinya beda. hehe.

    salam.


    Iya Mas… πŸ˜€
    Salam kembali!

    [Reply]

  17. Kata dhengkul juga akan bermakna beda untuk ini ya pak “jawabane didhengkul wae.” πŸ˜†


    Eh iya Pak…

    [Reply]

  18. Hehe… jangan tanya sama orang kampung saya soal dengkul, gak ngarti…
    kan bahasanya beda πŸ™‚


    Disitu istilahnya apa ya Mbak?

    [Reply]

  19. Bertanya terus soal dengkul, saya jadi mikir kalo saya ini otak dengkul…..
    wkkkkkk…… (peace)


    Saya juga Mas… πŸ˜€

    [Reply]

  20. Ha ha ha ha haha

    ketawa ampe guling-guling di lantai dech…


    Mari ketawa bersama…
    Wkwkwkwk…

    [Reply]

  21. Ha..ha… Pak Mars ini bisa saja. Coba dicontohin “apa itu bogem”, apa jadinya dihari ke-4 ya pak?

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *