Home > Kabar, Realita > Desa Sekitar

Desa Sekitar

September 20th, 2012 Leave a comment Go to comments

Di manapun kita tinggal, selagi masih dalam wilayah NKRI pasti terletak di suatu desa, dan umumnya bersebelahan dengan desa lainnya. Desa yang berhubungan langsung dengan desa kita inilah yang saya maksud dengan Desa Sekitar.

Dari survey kecil2an yang saya lakukan terhadap 120 murid saya menghasilkan jawaban yang amat memprihatinkan. Hanya 25% yang bisa menyebutkan secara lengkap nama2 desa di sekitar desanya, bahkan 10% responden sama sekali tak mengenal nama desa di sekitarnya.

Jika mereka warga pindahan tentu bisa dimaklumi. Tapi karena responden yang saya pakai adalah murid usia SMA yang lahir dan dibesarkan di desa itu, maka hasil suvey tersebut terasa kontoversial. Apakah efek globalisasi telah merubah remaja kita laksana robot?

Sekilas tampak tak ada masalah, tapi jika dievaluasi lebih jauh bisa ditengarai bahwa pergeseran nilai telah terjadi, ada sesuatu yang hilang dan itu erat kaitannya dengan pendidikan karakter. Jika hal itu diabaikan, amat mungkin suatu ketika seseorang tak mengenal nama kakek neneknya.

Yang jadi pertanyaan adalah, kenalkah sahabat pada nama desa sekitar?

~ Grazie ~
Categories: Kabar, Realita
  1. September 20th, 2012 at 16:53 | #1

    Langsung deh, Pertamax. .. :)


    Sambil belajar Kombinasi… :D

    [Reply]

    Idah Ceris Reply:

    wkakwkakwkw. .
    Teuu saja, Bapak. . . :P


    Teu dong

    [Reply]

  2. September 20th, 2012 at 16:55 | #2

    Wa, pertanyaan sedehana namun bingung menjawabnya Pak. yang jelas saya baru kenal dengan nama Desa Sekitar.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Tapi kalau nama kakek nenek dari pihak Bapak dan Ibu masih hafal kan Pak?

    [Reply]

  3. September 20th, 2012 at 17:05 | #3

    Lha iku kalau kesasar di desa sekitar terus ditanya “lagi dimana?”. Bakalan bingung, kodeng. :D

    Alhamdulillah saya tau desa sekitar saya, Pak.
    Jika dari tempat saya koq ambil kanan, itu desa pagelak namanya.
    Kalau ke kiri namanya desa Simanggis. :)


    Nah seperti itulah pentingnya kenal desa sekitar…
    Buat pengaman kalo nyasar

    [Reply]

  4. September 20th, 2012 at 17:40 | #4

    Perlu ilmu bumi yang ‘membumi’ ya Pak. Jangan-jangan mau sowan Pak RT pun perlu sangu GPS. Maturnuwun Pak tuk survey inspiratifnya. salam


    Gara2 sering mengangkasa, akhirnya pada lupa jati dirinya sebagai makhluk bumi Bu :D

    [Reply]

  5. September 20th, 2012 at 18:02 | #5

    Wah sedih banget dengernya. Kalo jaman dulu kan paling gak saya tahu nama desa sekitarnya karena suka naik sepeda berkeliling dan main ke rumah temen-temen.

    Apa karena socmed yang merajalela ya Pak?


    Sekarang anak2 pada pakai motor dan biasanya cuma lewat sak klebatan dowang

    [Reply]

  6. Bambang Haris
    September 20th, 2012 at 18:27 | #6

    Saya tinggal di kota pinggiran, jadi ada desa sekitar juga, yaitu desa Bonoroto, Plesungan,Busukan, dan Balong :P


    Wah…
    Siep ini
    Masih hafal

    [Reply]

  7. arif
    September 20th, 2012 at 18:58 | #7

    saya masih hafal :D
    mungkin remaja jaman sekarang terpengaruh pergeseran budaya modern yg makin abai terhadap lingkungan sekitar, terpacu pada modernitas yg mengaburkan nilai2 sosial.
    jarang bergaul (bahkan) dengan tetangga depan rumah, mungkin namanya pun tak kenal…#sedih


    Yang lebih menyedihkan kalau sampai nggak tau nama kakek atau neneknya
    Taunya cuma sebutan Mbah Kakung dan Mbah Putri

    [Reply]

    arif Reply:

    meskipun kedua mbah dari bapak dan ibu saya sudah wafat semenjak saya kecil, tapi saya masih hafal nama dan punya fotonya ^_^


    Saya agak ragu hafal apa enggak nama kakek saya

    [Reply]

  8. September 20th, 2012 at 19:39 | #8

    wah benar juga pak, kadang2 saya lebih tahu nama kampungnya daripada nama desanya …


    Kalau nama lengkap keempat kakek dan neneknya hafal nggak Mas?

    [Reply]

    Wong Cilik Reply:

    mesti lihat buku silsilah dulu hi.hi.hi.


    Hahahaha…
    Saya juga kayaknya ragu dengan nama lengkap kakek saya

    [Reply]

  9. September 20th, 2012 at 19:50 | #9

    Di pramuka, dalam salah satu point SKU-nya, mengharuskan setiap penggalang untuk mengenal kecamatan masing2 termasuk desa-desa di dalamnya. Memang terkadang mereka kesulitan untuk menghafalkan keseluruhan nama desa, jadi biasanya saya turunkan standarnya jadi separo desa di kecamatan. :)


    Sayangnya anak jaman sekarang ikut Pramuka karena dipaksa oleh pihak sekolah, bukan kemauannya sendiri

    [Reply]

  10. September 20th, 2012 at 20:56 | #10

    Tersipu malu saya, Om :oops: Eehh, tapi saya pendatang lho di Bogor ini :P

    (Trus OmMars nanya: Klo desa sekitar di tanah kelahiran tau gak, Mbak? Trus saya jawab: Eehh, habis lahiran saya pindah lho, Om :P )


    Hahahaha
    Ini maknanya serba gak hafal :D
    Dulu nggak tau, sekarang lupa

    [Reply]

  11. September 20th, 2012 at 21:48 | #11

    desa sekitar, puji Tuhan masih bisa menyebutkan Pak, meski kadang sering ketukar dengan daerah lain yang namanya mirip2. Hehe….


    Siep…
    Meski sudah melanglang buana tapi tak lupa desa sekitar

    [Reply]

  12. September 20th, 2012 at 23:57 | #12

    saya masih kenal pak, dengan desa sekitar saya.
    mungkin murid pak Mars jarang jalan-jalan atau keliling ke desa sekitar mereka, jadi mereka nggak tahu.


    Jalan2nya naik motor, makanya nggak sempat tau nama desa yg dilewati karena naik motor sambil SMS :D

    [Reply]

  13. September 21st, 2012 at 01:04 | #13

    tidak pernah diajarin konsep wawasan nusantara kali Pak… coba diajarkan kembali…. hehehe


    Nah itulah yg hilang Mas

    [Reply]

  14. September 21st, 2012 at 07:17 | #14

    Saya tinggal dan besar dikampung, sekolah slta aja msh jalan kaki, jadi tahu desa yg ada disekitar kami Pak Mar’s..


    Saya juga masih suka keliling desa sekitar Mas…
    Desa sekitar domisili saya yg sekarang saya hafal, desa sekitar tempat kelahiran saya juga saya hafal

    [Reply]

  15. September 21st, 2012 at 09:08 | #15

    saya tinggal dan besar di kampung, alhamdulillah sih ingat nama kampung kiri kanan depan belakang :P

    *iayalah produk jadul hahaha mosok mau diadu sama anak sekarang yo pake*


    Anak sekarang nggak konsen
    Kemana2 melototin HP

    [Reply]

    nique Reply:

    kan emang dicetaknya begitu pak :D


    Siapa yg nyetak? :D

    [Reply]

  16. September 21st, 2012 at 09:20 | #16

    jamanku kecil pas SD dulu, ada pelajaran IPS yg harus menghafalkan perbatasan desa di sekitar Kauman Nganjuk. Lalu disuruh menghafalkan juga nama nama kecamatan di Kabupaten Nganjuk yg jumlahnya ada 20 kecamatan itu. hehe..


    Jaman teknologi belum canggih2 amat, biasanya malah hafal di luar kepala

    [Reply]

  17. September 21st, 2012 at 09:40 | #17

    sepertinya belum hafal pak desa sekitar rumah saya :)


    Harus segera dihafalkan Mbak :D

    [Reply]

  18. September 21st, 2012 at 09:46 | #18

    ga tau nama sekitar, berarti ga pernah jalan2 ^__^

    salam.


    Kalaupun jalan2, biasanya cuma lewat dowang

    [Reply]

  19. September 21st, 2012 at 09:47 | #19

    *buka gugel map


    Tapi setelah itu akan lupa dan buta lagi…

    [Reply]

  20. September 21st, 2012 at 10:23 | #20

    Anak jaman sekarang gaulnya sama facebook dan internet Pak Mars. Jadi mereka malas menghafal. Nah kalo ditanya pasti buka google map dulu ;D
    Yang pinter muridnya ato Internetnya yah?..


    Karena mengandalkan internet, akibatnya bisa mencari tapi tak pernah hafal…

    [Reply]

  21. September 21st, 2012 at 10:53 | #21

    pdhl biasanya di desa itu suka hapal dg daerah sekitarnya ya pak.. udah terjadi pergeseran nilai kayaknya..


    Iya Mbak…
    Kalau desa sekitarnya saja nggak hafal, maka kalau nyasar mereka amat susah menjelaskan

    [Reply]

  22. September 21st, 2012 at 13:24 | #22

    Saya hafal ngetipal mas

    Sebelah utara : desa Pacar Peluk
    Sebelah selatan : desa Ngogri
    Sebelah timur desa : desa Dukuharum
    Sebelah barat : kali Brantas dan sebelahnya ada desa : Jati Mlerek

    Dulu waktu pelajaran ilmu bumi SD hartus hafal 28 desa yang ada di kecamatan saya.

    Salam hangat dari Surabaya


    Yang tua seperti saya atau PakDhe biasanya lebih mengenal nama desa di sekitarnya, tapi yg muda2 biasanya kurang kenal Dhe…
    Termasuk nama kakeknya

    [Reply]

  23. irmarahadian
    September 21st, 2012 at 14:04 | #23

    kenal pak…
    lor…
    kidul…
    wetan…
    kulonnya…
    hehehe


    Kok nggak disebutkan nama2 desanya Mbak? :D

    [Reply]

  24. September 21st, 2012 at 16:00 | #24

    Wah, saya hafal banget desa sekitar kampung saya, Pak. Bahkan desa sekitar tempat saya tinggal skrg. Pinter kan, Pak? :D

    Tapi jangan tanya nama tetangga (yang sekarang) Pak. Saya banyak nggak tau nama mrk. Soalnya manggil mereka pake nama anaknya: Mama Chaca, Mama Chio.. gitu … :)


    Saya juga nggak hafal nama tetangga terutama yg ibu2 Mbak.
    Rata2 dipanggil dengan nama suaminya

    [Reply]

  25. September 21st, 2012 at 20:36 | #25

    Desa disekitar rumah saya ?
    hhmmm pertanyaan menarik ini …
    dasa saya Pisangan …
    seingat saya … disekitar desa saya ini ada … desa Cireundeu … Rempoa …
    agak kesana sedikit ada Pondok Cabe …

    Demikian Pak Mars

    salam saya


    Lumayan Om, masih ada yg dikenal…
    Asal jangan nggak tau sama sekali

    [Reply]

  26. Awaludin
    September 22nd, 2012 at 04:21 | #26

    Alhamdulillah masih, dan juga tau beberapa nama warganya..


    Saya yg sudah puluhan tahun meninggalkan desa kelahiran saya juga masih banyak yg hafal nama penduduknya

    [Reply]

  27. September 22nd, 2012 at 17:43 | #27

    Alhamdulillah, untuk Kweni dan sekitarnya, saya sedikit tahu, Pak..
    Saya putar searah jarum jam, mulai dari selatan…
    Niten, Kasongan, Kasihan, Dukuh, Dongkelan, Krapyak, Pelem Sewu, Sawit.. :)


    Hebat Da…
    Tapi saya juga masih agak hafal nama beberapa desa di Sleman, tempat saya KKN dahulu kala

    [Reply]

  28. Evi
    September 22nd, 2012 at 19:03 | #28

    Saya termasuk memalukan nih Pak Mars..Sudah mau 15 tahun tinggal di Serpong, nama desa yang saya ketahui cuma dua: Pondok Jagung dan Jelupang..Dua desa yg letaknya persis di belakang kompleks perumahan kami..Mengingat saya suka jalan-jalan, ini memalukan sangat hehehe


    Mungkin karena terbiasa pakai GPS Bu :D

    [Reply]

  29. September 22nd, 2012 at 21:35 | #29

    Wahhh bahaya tuh mas… berarti nantinya kalau seperti itu terus, nilai sosial negara ini akan berkurang. Dan negara yang terkenal dengan keramahannya ini akan hilang.


    Memang agak memprihatinkan Mas

    [Reply]

  30. September 22nd, 2012 at 23:30 | #30

    wuiihhh … pengetahuan & pengenalan lingkungannya enggak banget deh
    tanya: kenapa?


    Hahahaha
    Saya juga nggak banyak kenal lingkungan Bu…

    [Reply]

  31. Bali Bagus
    September 24th, 2012 at 05:24 | #31

    Sewaktu saya di jakarta, saya hafal banget dengan linkungn disekitar saya,, tapi sejak saya pindah2 ke daeragh lain blaassssss gak hafal,, apalagi skarang di bali… :D


    Kalau di Jakarta bisa, harusnya di Bali juga bisa…

    [Reply]

  32. Bali Bagus
    September 24th, 2012 at 05:42 | #32

    Saya malah sama sekali tidak mengenal linkungan saya yang sekarang


    Wah, kalau nyasar repot dong…

    [Reply]

  33. September 24th, 2012 at 09:35 | #33

    sekarang saya tinggal di desa, jadi nama desa sekitar hapal. Kalau dulu pas di perumahan ga hapal desa sekitar dan ga hapal nama tetangga hehe…


    Saya malah lebih hafal desa sekitar tempat lahir saya daripada desa sekitar saya yg saat ini…

    [Reply]

  34. September 24th, 2012 at 17:51 | #34

    saya lebih hafal nama jalan dan sebutan daerah di dekat sini pak. hehe.


    Kalau di desa, jalannya nggak ada namanya Mbak… :D

    [Reply]

  35. Imelda
    September 26th, 2012 at 20:11 | #35

    kalau saya tahu sih desa sekitarnya Tokyo, atau Nerima tempat tinggalku, yaitu Nakano-ku, Musashino-ku, Itabashi-ku dan Toyoshima-ku :D


    Kalau di Jepang saya percaya, karena masyarakatnya memegang tradisi dan kepeduliannya lebih tinggi.
    Juga penduduknya belum padat dan kalau jarak dekat kebanyakan masih jalan kaki atau nyepeda

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~