Home > Inspirasi > Diagram Venn Sahabat

Diagram Venn Sahabat

March 20th, 2010 Leave a comment Go to comments

Ini tidak sedang membahas tentang pengertian atau makna sahabat. Jadi saya dan Anda bebas memaknainya secara masing2. Tapi kita pasti sepakat bahwa saya dan Anda punya sahabat.

Sahabat saya mungkin ada yang jadi sahabat Anda, tapi mungkin juga tidak. Demikian pula sebaliknya, sahabat Anda mungkin ada yang jadi sahabat saya, tapi mungkin juga tidak.

Jika kita misalkan M adalah saya dan A adalah Anda, lalu M1, M2, dst adalah sahabat saya, A1, A2, dst adalah sahabat Anda kemudian kita gambarkan dalam Diagram Venn*), maka kemungkinan2nya akan seperti ini…


Kemungkinan pertama : Saya dan Anda tidak bersahabat, demikian pula sahabat sayapun tak ada yang bersahabat dengan sahabat Anda


Kemungkinan kedua : Saya dan Anda tidak bersahabat, tapi ada sahabat saya yang bersahabat dengan sahabat Anda


Kemungkinan ketiga : Saya dan Anda bersahabat, demikian pula sahabat saya ada yang jadi sahabatnya sahabat Anda, sahabat Anda ada yang jadi sahabat saya.


Dari ketiga kemungkinan, yang paling mungkin dan paling realistis adalah kemungkinan ketiga. Saya berani mengatakan seperti itu karena saat ini Anda membaca tulisan saya, dan itu sudah cukup bagi saya untuk mengatakan bahwa Anda adalah sahabat saya.

Namun betapa indahnya bila keadaannya bisa seperti diagram di bawah ini


Saya dan Anda bersahabat, demikian pula sahabat2 kita. Jangan sampai kita seperti keadaan pada diagram pertama.

Yang paling saya khawatirkan adalah manakala saya merasa bahwa Anda adalah sahabat saya, tapi Anda sendiri malah tidak merasa kalau saya adalah sahabat Anda.

Semoga kekhawatiran saya itu tidak terjadi. Semoga kita ini benar2 bersahabat, semoga sahabat2 kita juga saling bersahabat. Persahabatan dan kepercayaan akan datangkan pendapatan.

Catatan*)
Diagram Venn adlh diagram untuk menggambarkan keterhubungan antar himpunan atau kelompok. Diagram ini pertama kali diperkenalkan oleh matematikawan Inggris bernama John Venn

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. March 20th, 2010 at 20:14 | #1

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Ingat pelajaran matematika dasar

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya merasa senang karena tulisan saya bisa mengingatkan pada pelajaran yang biasanya kurang disuka…

    [Reply]

    a-chen Reply:

    semoga pak Mars… ;-)

    [Reply]

  2. March 20th, 2010 at 20:17 | #2

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Coba kalau yang memperkenalkan pertama kali bukan John Venn tapi Marsudiyanto, pasti namanya jadi diagram yanto, ya?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Itu Dia… :D

    [Reply]

  3. achmad sholeh
    March 20th, 2010 at 20:52 | #3

    Saya jadi teringat pelajaran ilmu mantiq pak, modelnya juga seperti ini

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya merasa senang karena tulisan saya bisa mengingatkan para sahabat pada pelajaran yang biasanya kurang disuka.

    [Reply]

  4. ofaragilboy
    March 20th, 2010 at 21:02 | #4

    idem ma alamendah…..

    pak ins telat …. hahhahah

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya belakangan ajah…

    [Reply]

  5. March 20th, 2010 at 21:10 | #5

    Oalah jadi ingat waktu sekolah dulu om… oh ya cerita km-km-annya seru om… :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih…
    Nantikan sambungannya!

    [Reply]

  6. March 20th, 2010 at 21:21 | #6

    Wow…. luarr biasa ternyata persahabatan di dunia maya juga bisa di diagramvenkan.
    Terima kasih infonya. jadi ingat pelajaran matematika dulu :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih atas kunjungannya Mas…

    [Reply]

  7. ario saja
    March 20th, 2010 at 22:02 | #7

    inilah penerapa ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari hihihi

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kalau kita jeli, banyak penerapan sederhana dari Matematika dalam kehidupan sehari2

    [Reply]

  8. Andrik Sugianto
    March 20th, 2010 at 22:52 | #8

    ngomong2 soal diagram venn jadi keingat waktu smp dulu pak mar, waktu itu saya sempet jadi juara pertama olimpiade matematika se kabupaten. saya masih ingat bener soal pertama tentang diagram venn

    [Reply]

    Mars Reply:

    Dulu Diagram Venn memang sering muncul di awal soal…

    [Reply]

  9. riFFrizz
    March 20th, 2010 at 23:12 | #9

    Memang persahabatan bagai kepompong.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Lalu menetas jadi kupu2 biru… :D

    [Reply]

  10. nakjaDimande
    March 20th, 2010 at 23:13 | #10

    Aku suka ini Pak,
    Indah sekali Persahabatan dalam diagram Venn
    meskipun sekarang belum sampai pada diagram 4, tapi aku merasa semua sahabatmu adalah sahabatku meski hanya kutemui di Metamarsphose saja.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Semoga diagram 4 segera bisa terwujud Bun…
    Minimal kita berusaha ke atah sana

    [Reply]

  11. belajar investasi
    March 21st, 2010 at 00:10 | #11

    kalo yang ini jatidiri pak Mars sebagai matematikus sangat kontras kelihatan, saking kontrasnya saya ngaku nyerah deh :-)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih suportnya Mas…

    [Reply]

  12. zenteguh
    March 21st, 2010 at 00:23 | #12

    Kalo begitu bikin kopdar sahabat Marsudiyanto dot info di Jalan Mawar saja pak. Biar ketahuan, diagram mana yang paling benar. :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Semua diagram sich benar adanya…
    Tapi yg ideal ya yg keempat itu, meskipun tampaknya susah terwujud

    [Reply]

  13. Sapril
    March 21st, 2010 at 00:27 | #13

    Sederhana dan mengena, matematika yang mengasyikkan jika dibicarakan seperti ini :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas…

    [Reply]

  14. March 21st, 2010 at 01:52 | #14

    udah lama gak belajar matematika, liat pemaparannya jadi rada gimana gitu. tapi salut, kreatif

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kayaknya kalau Diagram Venn gampang diingat Mas…

    [Reply]

  15. March 21st, 2010 at 02:39 | #15

    sebagai sahabat saya suka kalimat terakhir itu pak. “Persahabatan dan kepercayaan datangkan pendapatan. “

    [Reply]

    Mars Reply:

    Semoga persahabatan kita abadi Mas Endar…

    [Reply]

  16. March 21st, 2010 at 07:18 | #16

    absen menjadi sahabat pak mars :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Sudah saya absen satu2… :D

    [Reply]

  17. Arif
    March 21st, 2010 at 07:53 | #17

    Diagram venn ini juga bisa digunakan untuk ngramal nomor buntut …

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saiki buntute wis dilarang…

    [Reply]

  18. arkasala
    March 21st, 2010 at 08:54 | #18

    kondisi yang ideal adalah yang keempat, namun jika saya mengabsennya kelihatannya belum :)
    Dalam diri saya kekhawatiran Pak Mars tidak akan terjadi, selain saya merasa bersahabat, pak Mars adalah salah satu blogger panutan saya :)
    Salam sukses selalu Pak :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas Yayat…
    Persahabatan mendatangkan kemudahan…

    [Reply]

  19. Anas
    March 21st, 2010 at 10:01 | #19

    pak mars semoga kekhawatiran pak mars tidak terjadi,. Aplikasi matematika yang masuk akal dalam dunia nyata..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas Anas…

    [Reply]

  20. adib from kompinter
    March 21st, 2010 at 10:43 | #20

    Wa keren Ilmu baru ni!!

    [Reply]

    Mars Reply:

    Ilmunya sich sudah lama Mas, hanya kurang publikasi

    [Reply]

  21. March 21st, 2010 at 11:03 | #21

    Ikut nyimak pelajaran matematika dari pak Mar….. Semoga pak diagram yang terakhirlah yang berlaku pak…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iya, semoga saja juga begitu Mas…

    [Reply]

  22. March 21st, 2010 at 11:04 | #22

    asal jangan sahabatmu sahabatku, sahabatku ya sahabatku….

    [Reply]

    Mars Reply:

    Mudah2an nggak seperti itu Mbak…

    [Reply]

  23. March 21st, 2010 at 11:58 | #23

    Memperluas jaringan (link) dengan menggandeng kawan yang telah memiliki jaringan luas adalah langkah strategis yang bisa melipatgandakan komunitas. Tulisan yang inspiratif Pak Mars. Saya jadi makin semangat ngeblog….

    [Reply]

    Mars Reply:

    Semoga kita bisa saling mensuport dan memberi inspirasi mas…
    Salam!

    [Reply]

  24. wahyubmw
    March 21st, 2010 at 12:19 | #24

    teringat pelajaran yg dulu pak, tp yg ngajar pak Faizin

    [Reply]

    Mars Reply:

    Umpomo tak ulang aku mesti luwih ngetop maneh Pak… :D

    [Reply]

  25. March 21st, 2010 at 12:45 | #25

    Lihat pelajaran Math Pak…..

    [Reply]

    Mars Reply:

    :D
    Ini bukan pelajaran Matematika Mas…

    [Reply]

  26. ajengkol
    March 21st, 2010 at 13:18 | #26

    Suka puyeng kalau makai diagram Venn buat analisa soal hehehe

    [Reply]

    Mars Reply:

    Diagram Venn bisa untuk apa saja Mbak… :D
    Termasuk bisa mendekatkan yang jauh.

    [Reply]

  27. March 21st, 2010 at 13:25 | #27

    Ikut nyimak saja biar lebih bisa…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Mari2 kemari…

    [Reply]

  28. March 21st, 2010 at 14:01 | #28

    aku pilih diagram paling bawah..
    kita semua bersahabat :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Semoga kita benar2 bersahabat…

    [Reply]

  29. March 21st, 2010 at 15:44 | #29

    not pertamaXX..
    :D
    kt masi sahabat kan pak
    dah lama ga mampir k sini. :)

    [Reply]

  30. FoO Iskandar
    March 21st, 2010 at 16:31 | #30

    Diagram Venn memang unik lebih unik lagi yang nulisnya ….

    Lam;s kenal mas … & makasih dah mampir ke blog aku :D

    [Reply]

  31. darahbiroe
    March 21st, 2010 at 18:12 | #31

    heheh ilustrasinya mangtab iwq,,
    saya malah tidak pernah terpikirkan ttg diagram persahabtan bgitu heheh
    mangtab pak

    salam

    [Reply]

  32. dwi
    March 22nd, 2010 at 08:27 | #32

    ini matematika blog ya pak mars?
    Sangat inspiratif

    [Reply]

  33. jumialely
    March 22nd, 2010 at 08:30 | #33

    tapi saya adalah himpunan bagian dari anda pak mars, meski seriang terjadi irisan namun terkadang kita digabungkan, dan kita hidup di semesta yang sama. itulah himpunan kehidupan kita. terima kasih diagram Venn, sehingga kami bersahabat dalam gabungan meski terkadang terjadi irisan. tetapi kami hidup dalam satu himpunan semesta yang indah

    salam

    Kaya pelajaran kalkulus aja ya :D

    [Reply]

  34. March 22nd, 2010 at 09:43 | #34

    yang terakhir bukan diagram venn pak! hehehe
    *kelingan guruku nerangke teori himpunan, aku malah nulis surat cinta, wakaka*

    [Reply]

  35. alifahru
    March 22nd, 2010 at 12:48 | #35

    saya masih sulit menganggap Pak Mar adalah sahabat, karena Pak Mar dari dulu sampai sekarang adalah sosok guru bagi saya…

    [Reply]

  36. suwung
    March 22nd, 2010 at 17:20 | #36

    pusing mas

    [Reply]

  37. March 22nd, 2010 at 17:20 | #37

    wah bisa gitu yah?

    [Reply]

  38. March 27th, 2010 at 01:01 | #38

    Hihihi, pelajaran yang sebenarnya mudah, tapi karena masuk dalam grup Matematika jadi terasa lebih susah mempelajarinya. ^_^

    [Reply]

  39. Hanif
    April 10th, 2010 at 11:22 | #39

    analisis matik dengan psikologi hubungan kemanusiaan. wah2… kelas berat nih sampai bisa mikir ginian. salut2… mantab… ditunggu artikel2 lainnya.

    [Reply]

  40. January 11th, 2011 at 22:45 | #40

    hi hi .. :D puyeng ane liat nya :D

    [Reply]

  1. March 21st, 2010 at 17:54 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~