Home > Realita > Dikumpulkan Lalu Ditebarkan

Dikumpulkan Lalu Ditebarkan

October 8th, 2010 Leave a comment Go to comments

Aktifitas yang banyak dilakukan manusia itu sejatinya hanya ada dua. Pertama mengumpulkan apa yang bertebaran dan yang kedua adalah menebarkan kembali apa yang sudah dikumpulkan. Ini sudah semacam hukum alam atau sebuah keniscayaan.

Seorang pekerja bekerja keras mencari uang. Setelah terkumpul nggak mungkin uang tersebut dilaminating, dipigura atau disimpan tanpa diapa2kan. Si uang pasti dibelanjakan, bayar listrik, beli rokok, dikasihkan pengemis dll.

Seorang guru pernah menuntut ilmu dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Setelah ilmu terkumpul, nggak mungkin si guru itu puas lalu tidur2an dirumah. Ia pasti akan menyebarluaskan ilmu itu ke murid2nya.

Air ditampung di bak penampungan. Setelah tertampung, nggak mungkin bak tersebut digembok lalu di las. Air tersebut pasti ditebar kembali. Untuk mandi, diminum, untuk menyiram tanaman dll.

Asam digunung, garam dilaut, jengkol dikebun. Disatukan dalam sebuah periuk. Setelah itu nggak mungkin dipertahankan untuk tetap disitu. Setelah dikonsumsi dan dicerna akan ditebar kemana2. Ada yang dibuang dirumah, di WC sekolah bahkan ada yang nggak keburu lalu ditebar dicelana.

Begitulah…
Hanya ada dua agenda. Dikumpulkan lalu ditebar kembali. Sayapun lagi mengumpulkan energi dan semangat untuk saya tebarkan lewat tulisan yang semoga berkenan dihati yang membacanya.

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. October 8th, 2010 at 23:32 | #1

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    saya lagi nyebar komentar, Pak

    [Reply]

    alamendah Reply:

    (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    nyebar maneh…

    [Reply]

    alamendah Reply:

    (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
    nyebare awor…

    [Reply]

    alamendah Reply:

    (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    Biar mantab sebraannya dikumpulkan saja

    alamendah Reply:

    nyebar sampai (Maaf) izin mengamankan KELIMAAAX dulu. Boleh, kan?!

  2. October 8th, 2010 at 23:48 | #2

    Sama lagi ngumpulkan tenaga Mas, setelah beberapa hari ini menebarkan tenaga ke lapangan :lol:

    [Reply]

  3. ihsan
    October 9th, 2010 at 02:34 | #3

    pak mar kayaknya udah banyak ngumpulin.. dan sekarang tinggal menyebarkan..

    [Reply]

  4. budiarnaya
    October 9th, 2010 at 06:48 | #4

    Emmmm ikutan mencerna tentang mengumpulkan dan ditebar heee

    [Reply]

  5. October 9th, 2010 at 07:56 | #5

    saya masih ngumpulin poto poto seputar semarang saja pak belum selesai… :)

    [Reply]

  6. Oyen udah kurus
    October 9th, 2010 at 08:19 | #6

    xixixixixi…

    bar nulis Pak’e akan mengumpulkan komeng yg berserakan, untuk ditebarkan di tempat lain lagi :D

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    bar iki arep ngumpulke barang-barang ke satu koper untuk akhirnya di bongkar dan ditebarkan ke mana-mana :D

    [Reply]

  7. Kaka Akin
    October 9th, 2010 at 08:46 | #7

    Hmm… kasian banget WC sekolahnya, pasti bau banget :D

    [Reply]

  8. October 9th, 2010 at 10:11 | #8

    salam sobat
    sip banget
    mengumpulkan banyak ilmu kemudian menyebar luaskan ilmunya tersebut, walaupun lewat tulisan seperti ini.

    [Reply]

  9. October 9th, 2010 at 11:05 | #9

    Asik nak ngono kuwi Pak, kita sing ngumpul kita sing nebar. Jengkel nak awak sing kesel2 ngumpul no ee.. malah wong lain sing nebar :D *halah!

    [Reply]

  10. October 9th, 2010 at 13:02 | #10

    Mari menyebarkan kebaikan. :)

    [Reply]

  11. advertiyha
    October 9th, 2010 at 13:20 | #11

    turut ngumpulin ilmu disinih… dan siap2 menebar di mana-mana… :)
    matur suwun pak, tulisannya uapik bangetttttt…. :)

    [Reply]

  12. Rayhan
    October 9th, 2010 at 13:27 | #12

    itulah kehidupan..sirkulasinya seperti setiap hari bulan tahun ..salam kenal pak guru

    [Reply]

  13. khay
    October 9th, 2010 at 13:46 | #13

    mister bisa ajah…. kalau ditebarkan melalui celana, itu namanya cepirit, hihihihi…

    [Reply]

  14. October 9th, 2010 at 14:09 | #14

    Pak Mars yang menebar ilmu, kita semua yang mengumpulkan..
    Salam hangat selalu.

    [Reply]

  15. nakjaDimande
    October 9th, 2010 at 15:45 | #15

    itu untuk keseimbangan ya Dik? klo ngumpulin dowang abis itu gak ditebarin bisa jadi penyakit

    [Reply]

  16. October 9th, 2010 at 16:04 | #16

    Mengumpulkan, lalu menyebarkan.. Iya ya, cuma itu aja aktivitas manusia, baru kepikiran pas baca di sini.. wah wah wah,, Pak Mars tambah mantab tulisannya; makasih sebaran ilmunya Pak.

    [Reply]

    Masbro Reply:

    Pak Mars, minta ijin. Artikel ini saya link di tulisan saya. Terimakasih;


    Silahkan Mas…

    [Reply]

  17. October 9th, 2010 at 18:49 | #17

    Aku juga sdg umpul2 tenaga utk sy tbarkan malam ini. Kan malem minggu!

    [Reply]

  18. October 9th, 2010 at 19:13 | #18

    Pak Guru yang menebarkan ilmu disini,
    aku yang mengumpulkan, dan nanti ditebar lagi………….. :D
    salam

    [Reply]

  19. October 9th, 2010 at 22:19 | #19

    kayak prinsip copas…dikumpulkan terus ditaburkan..hehehhe

    [Reply]

    tutorial blogging Reply:

    benar2 mas, saya setuju dgn kamu :D

    [Reply]

  20. Ahli-Komputer.com
    October 9th, 2010 at 22:59 | #20

    Kalo dikumpulkan terus, tanpa ada yang ditebarkan nanti wadahnya bakal nggak cukup. Hehehe….

    [Reply]

  21. Edi Psw
    October 9th, 2010 at 23:14 | #21

    Yang penting yang dikumpulkan masih ada.
    Salam kenal…

    [Reply]

  22. ndop
    October 10th, 2010 at 00:26 | #22

    pak njaluk duike pak?

    sudah saatnya njenengan nyebar duwik setelah ngumpulin duwik sebulan penuh, hahahahahahah…

    [Reply]

  23. achmad sholeh
    October 10th, 2010 at 09:14 | #23

    Saya juga lagi berusaha ngumpulin recehan $$ pak

    [Reply]

  24. October 10th, 2010 at 11:26 | #24

    Setelah saya pikir-pikir ….
    hhhmmm benar juga ya pak Mars …
    Kumpulkan … (Atur) … Sebarkan

    Salam saya Pak Mars

    [Reply]

  25. DikMa
    October 10th, 2010 at 12:21 | #25

    Masuk dari atas
    keluar dari bawah pak .. :lol:

    [Reply]

  26. TuSuda
    October 10th, 2010 at 15:30 | #26

    kumpul nggak kumpul tetap menyebar… :lol:

    [Reply]

  27. October 10th, 2010 at 16:14 | #27

    tERIMa kasih penderahannya pak, mudah2an sy bisa mengumpulkan & menyebarkanya lagi… :)
    Salam hangat

    [Reply]

  28. October 10th, 2010 at 16:56 | #28

    filosofi yang mengena di hati saya, pak :) mengumpulkan dan menebarkan. bukankah itu mmg tugas kita yah sbg manusia?

    [Reply]

  29. October 10th, 2010 at 23:14 | #29

    Maaf, izin mengamankan tempat terakhir dulu, hihihihihi..

    [Reply]

  30. October 11th, 2010 at 00:49 | #30

    Itu udah hukum alam kali ya :-)
    Dikumpul lalu ditebar :mrgreen:

    [Reply]

  31. October 11th, 2010 at 02:59 | #31

    anda yang menebar dan saya yang menerima..jika saya sudah faham maka tak sungkan dan tak pelit untuk ditebarkan kelainnya juga :D

    salam adem ayem pak

    [Reply]

  32. October 11th, 2010 at 06:08 | #32

    Ikut menbarkan komentar jug ah

    bener juga Pak Guru ini

    [Reply]

  33. October 11th, 2010 at 08:00 | #33

    Saya juga sedang menebar dan menebar pak mars…. selamat menebar semoga bermanfaat bagi semua orang

    dan terima kasih sudah menebar juga buat saya

    salam

    [Reply]

  34. arkasala
    October 11th, 2010 at 13:04 | #34

    setuju sekali :) kalo gak ditebarkan kemungkinan besar hilang jadi tinggi :)

    [Reply]

  35. Yan
    October 11th, 2010 at 23:02 | #35

    Mantab kang artikelnya, memang pada hakikatnya setiap manusia itu harus berbagi pada sesama..

    [Reply]

  36. Naruto Sage Mode
    October 12th, 2010 at 17:05 | #36

    kayak garem di tebarin di depan rumah buat penangkal santet.he3

    [Reply]

  37. Artta
    October 12th, 2010 at 20:57 | #37

    Mantab tuh. Baru sadar juga ya . . .

    [Reply]

  38. Pakde Cholik
    October 13th, 2010 at 07:24 | #38

    Benar, saya kumpul2 beli buku, lalu saya tebarkan lagi untuk para sahabat melalui kontes.
    salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  39. women health
    October 19th, 2010 at 14:02 | #39

    Maaf, izin mengamankan tempat terakhir dulu, hihihihihi..

    [Reply]

    tutorial blogging Reply:

    perjalanan coment masih panjang mas, ga tau jga sampai kapan berakhir

    [Reply]

  40. October 25th, 2010 at 17:21 | #40

    Ya ya ya lewat blog/tulisan ini bisa juga ya menebar / membagi ide dan pengetahuan lainnya, smoga bermanfaat :D

    [Reply]

  41. berita bola
    December 13th, 2010 at 16:24 | #41

    salam kenal yaa


    Makasih Mas

    [Reply]

  42. iptek
    December 22nd, 2010 at 18:59 | #42

    yang penting hasil kumpulan tulisannya bermanfaat…
    jadi banyak yang suka berkunjung
    salam knl >> http://blog.umy.ac.id/mahrus <<

    [Reply]

  43. January 14th, 2011 at 00:18 | #43

    saya juga menebar balasan komen :))

    [Reply]

  44. Manusia sejati
    February 20th, 2011 at 18:37 | #44

    Saya bukan manusia sejati tapi menurut saya. . .

    Manusia sejati tidak mengumpulkan atau membagi. . .

    Manusia sejati “melepaskan”/ “menyerahkan” sejatinya dan manusianya untuk melihat apakah yang tersisa dari nya. . . karena disanalah hukum semesta kehidupan paling dasar dan sejatinya Sejati berada.

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~