Dua Waktu

Menurut saya, waktu itu ada dua kategori besar, yaitu waktu permanen dan waktu fleksibel. Ini bukan kajian teori, tapi hanya sekedar pendapat saja. Penjelasannya juga nggak njlimet.

Begini :
Waktu Permanen adalah waktu yang terus berjalan dan berjalan terus, waktu yang terikat pada jam, misalnya jam 6, jam 7 dst. Waktu permanen tak bisa dipercepat, juga tak bisa diperlambat. Semua kita tunduk dan mengikutinya, suka maupun tidak suka. Itulah kenapa kita merasa perlu untuk mencocokkan jam, ngganti batreynya manakala habis dsb dsb.

Waktu Fleksibel adalah waktu yang kita miliki, waktu yang bisa kita atur sendiri, misalnya waktu tidur, waktu makan, waktu bekerja, waktu ngeblog, waktu berkencan dll. Waktu fleksibel bisa dengan mudah kita ulur dan kita ungkret semau kita. Tidur bisa dengan 5 jam, tapi bisa pula 10 jam. Waktu buat ngeblog juga begitu, tak terpancang kita ada di wilayah waktu mana. Waktu fleksibel tak mengenal Indonesia Barat, Tengah dan Timur, apalagi GMT.

Pertanyaannya :
Bagaimana sampeyan mengelola waktu fleksibel itu?. Tertata rapikah, atau amburadul seperti saya?. Saya merasa tak pandai mengatur waktu fleksibel saya. Saya termasuk penunda, suka menunda apapun, sehingga banyak hal yang tertunda.

50 thoughts on “Dua Waktu

  1. waktu fleksibel tidak harus tertib tetapi seimbang. Kalau saya lebih ebrat mengatur waktu fleksibel ini daripada waktu permanen. Harus pandai-pandai dalam mengatur kalau tidak mau jadwal amburadul.
    .-= Postingan mandor tempe : Modulasi =-.

    [Reply]

  2. ngatur waktu itu paling susah, sampai sekarang waktu fleksibel saya masih amburadul
    .-= Postingan oglek : Pesta Blogger 2009 dan Surat Terbuka Itu =-.

    [Reply]

  3. wah harus punya manajemen waktu yang baik nih tuk waktu yang fleksibel πŸ™‚
    .-= Postingan IHSAN : Postingan Ke 200 Campur Aduk =-.

    [Reply]

  4. waktu fleksibelku sangat amburadul, bahkan waktu nyepam aku lupa gosok gigi πŸ˜†
    .-= Postingan Panca : Tanpa Judul =-.

    [Reply]

  5. waktu fleksibel, saya gunakan untuk tidur, huahaahay
    .-= Postingan Reza Fauzi : Dollar Dari Associated Content =-.

    [Reply]

  6. sing jelas kadang bingung pas mo balik ke Kalimantan dari Jogja, khawatir ketinggalan pesawat. Jam masih pake jam WITA…
    hehehhe…

    [Reply]

  7. waktu memang teman setia hidup kita, karena kita selalu berada dalam dekapannya selalu…yang terpenting bagaimana kita pun tidak mengkhianatinya, sebab waktu terkadang menjadi musuh kita yang paling sulit ditaklukkan..ko jadi ngelantur begini ya πŸ™‚
    salam mas
    .-= Postingan pensiun kaya : Cukup Itu Berapa? =-.

    [Reply]

  8. sering menunda, membuang waktu percuma dipake ngelamun nyari ide artikel …. itu sudah jadi rutinitas ..
    .-= Postingan hpnugroho : Cara jitu menaikan Alexa Rank =-.

    [Reply]

  9. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    β€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    [Reply]

  10. waaaaaaaaaaah saya juga suka menunda nunda waktu alias santaaaaaaaaai
    .-= Postingan KangBoed : Heboh Kenaikan Gaji Menteri Kabinet Indonesia Bersatu =-.

    [Reply]

  11. Saya mungkin termasuk yang menunda karena agak repot jika mood sudah datang biasanya baru giat. Makanya saya ya begini2 aja he he. Secara tidak langsung artikel ini sudah mengingatkan saya.
    .-= Postingan arkasala : Antara Untung dan Bingung dengan Iklan Baris =-.

    [Reply]

  12. What the meaning of Ungkret pak? πŸ˜€
    .-= Postingan vb6mania : Basic Application with Winsock Part II – File Transfer =-.

    [Reply]

  13. wah jadi inget pelajaran time management and scheduling waktu kuliah πŸ˜€

    tapi tetep aja klo ngantor ngaret… wkwkwkwkwk

    [Reply]

  14. @Panca
    he2x… sampai lupa mandi, kalau makan gak lupa
    .-= Postingan iwan : Kerja Keras Adalah Energi Kita =-.

    [Reply]

  15. saya termasuk amburadul dalam mengatur waktu fleksibel mas, ngeblog saja kalau dah asyik bisa berjam-jam je.Pedoman saya : hidup yang enak tapi ojo sak enake, gitu saja mas.
    Salam hangat dari Cimahi

    [Reply]

  16. Kalo waktu permanin seh kayaknya udah gak bisa diatur lagi ya? klo jam 7 ya dmn2 jam 7 waktunya pagi hari πŸ˜€
    Klo waktu fleksibel, hmmm namanya juga fleksibel berarti kan klo katanya orang jawa ya “jam kaert” itu, flekisbel = molor, itu yg susah buat diatur mas, suka molor-molor waktunya πŸ˜€
    Salam kenal ya mas mar, Salam Blogger dari Kali Code πŸ™‚
    .-= Postingan MasEDI : Kerja Keras Adalah Energi Kita Semoga Tidak Hanya Slogan Semata =-.

    [Reply]

  17. I am the “Last Minutes Person” hahahhaaa.. kebetulan kok ya hampir 4 dari 6 rekan yang selevel saya, termasuk “Last Minutes Person”… Honestly.. termasuk penunda juga Pak saya.. duhh…
    .-= Postingan arihevea : Jaga β€œGawang” di Kantor? Asyik sih, tapi sibuk deh.. =-.

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    aku hora termasuk “4 dari rekan saya” *jebul gowo2 wong kantor barang ki….beuhhh πŸ™

    [Reply]

  18. sama om, amburadul! saya juga penunda. sampe punya slogan ‘why finish today what you can postpone until tomorow’. hehehe

    [Reply]

  19. Wah…kalau saya, pengelolaan waktu fleksibelnya sangat amburadul
    .-= Postingan Estiko : Mencoba Posting lagi dari Flock blog editor =-.

    [Reply]

  20. ini saya lagi belajar mengoptimasi waktu…hehehe
    salam.yanti

    Kalau sudah pinter saya diajari ya Mbak…

    .-= Postingan yanti tukang kerupuk : Nyaris Kontes: Tebak-tebakan berhadiah backlink! =-.

    [Reply]

  21. jenenge wae fleksibel…
    saking fleksibel-nya yo ra iso tertata rapi…
    hihihihihihi…

    Mulur Mengkeret

    [Reply]

  22. Waktu fleksibel, tentu saja bersifat flesible bisa berubah sewaktu-waktu tergantung situasi dan kondisinya. Tetapi bagi saya yang tidak boleh berubah adalah waktu istirahat dan makan. Makan harus tepat waktu karena saya menderita mah, Waktu istirahat hanya 4 jam perhari karena saya menderita insomia.
    .-= Postingan aldy : Windows System Restore : Untuk Apa ? =-.

    [Reply]

  23. selain waktu…, yoo ono liane kuwi sing iso mulur mungkret…

    Paling bahaya kalau lagi mulur…

    .-= Postingan Love4Live : Sebuah Pelajaran =-.

    [Reply]

  24. Yah namanya juga waktu feksible. saya selalu mengupayakan untuk menata waktu feksible ini secara maksimal. Prioritas saya adalah waktu istirahat dan makan, karena saya menderita penyakit yang mengharuskan saya untuk disiplin. Kalau nggak mungkin tidak pernah tertata.

    Semoga dengan teraturnya waktu, Mas Aldy selalu sehat…

    [Reply]

  25. hm.. kayaknya kita ini sama Mas..

    sulit emang ngatur waktu fleksibel it..
    apalagi sekolah ku juga fullday..

    wew..

    Saya sudah nggak sekolah tapi sehari2 di sekolah juga fullday…

    .-= Postingan andtheree : JAMBORE PENITI 2009 .. seru.. seru.. =-.

    [Reply]

  26. hmm
    kita jgn mnyia’kan wkt y pak ,biar tak trbuang sia”
    hhhe
    .-= Postingan Febry : Supporting Mengembalikan Jati Diri Bangsa =-.

    [Reply]

  27. Kalau saya hampir 100% fleksibel. Yang tetapnya, bangun jangan lebih dari jam 5 pagi. Setelah itu, suka-suka…. πŸ˜€
    .-= Postingan Ratna : Hublot Replica Watches =-.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *