Duo Quo

Ini tentang blog pribadi, tentang blog seperti punya saya dan Anda, yang dirancang sendiri, diisi sendiri dan dikembangkan sendiri pula atau saya istilahkan dengan manajemen mono. Sekarang mungkin belum terasa, tapi sekian puluh tahun lagi baru terjawab, masih hidupkah blog kita ini atau mati suri secara perlahan?.

Rata2 blog pribadi yang ada saat ini umurnya belum mencapai lima tahun. Itu maknanya si pengelola masih gagah perkasa untuk menghidupinya. Tapi ketika pengelolaannya dilakukan seorang diri, seberapa mampu pengelola tunggal itu bisa bertahan merawat blognya?. Memang ada blog pribadi yang memakai jasa pihak lain, tapi jumlahnya tak seberapa.

Mungkinkah ada blog pribadi yang dikelola sendiri tapi bisa eksis dan sukses sebagai Status Quo sampai 32 tahun seperti Pak Harto?.

Blog pribadi rentan akan kemacetan. Beberapa ancaman misalnya manakala pemiliknya diare stadium IV, KKN, lembur pekerjaan, pulang kampung, laptop dicuri maling, modem pilek, koneksi lemot, disuspend pihak lain, mati ide, lupa password, diancam istri atau suami, punya istri atau suami lagi, dipenjara, sibuk nyari jodoh tapi nggak dapat2, patah hati kronis, kena giliran pemadaman PLN dan sederet persoalan lain.

Quo Vadis blog pribadi sekian puluh tahun lagi???

Prediksi saya, begitu pemilik tunggalnya tamat, tamat pulalah blog pribadinya. Mayoritas blog pribadi akan hilang dari peredaran dan menggantung di awang2. Kalaupun ada yang dialihkan ke ahli warisnya dan masih berlanjut, paling tak lebih dari 1%. Hal ini sangat beda dengan web komersial yang ditangani tim. Web komersial terjaga kelestariannya. Kalaupun ada yang mati, prosentasenya amat sangat kecil.

Saya tak tau apakah sudah ada yang berpikir kesitu apa belum. Kalau kepada kita ditanyakan, bagaimana prediksi blog kita di masa mendatang, jawabannya paling2 salah satu dari ini :

  • “Buat apa pusing2 mikir kayak gitu. Sekarang ya sekarang. Nanti dipikir nanti”
  • “Ah, saya ngeblog mah buat seneng2 dowang”
  • “Maksudnya apa sich…”

Karena saya meyakini bahwa blog saya inipun nantinya akan musnah, maka selagi ada yang mau memanfaatkan, blog ini saya biarkan terbuka, bebas dicopy, bebas dipaste, bisa di klick kanan, nggak ada verifikasi dan tanpa moderasi.

Ini cara saya menghargai orang lain. Saya tak ingin orang lain tak nyaman oleh saya, tapi juga tak bermaksud mempengaruhi orang lain untuk seperti saya. Kita merdeka.

Yang terpenting saat ini mungkin menjaga semangat, agar perjalanan blog kita tetap terjaga, tetap eksis meskipun kita tak tau sampai kapan kita bisa.

48 thoughts on “Duo Quo

  1. Betul sekali itu Pak, kita ndak akan tau sampai kapan blog kita eksis, hmmm… mungkin sampai kita ndak mampu bayar sewa hosting+domain lagi, hahaha…

    Blog saya banyak yang nggak bisa kebuka, padahal belum jatuh tempo…

    [Reply]

  2. Lupa blm saya centang, balik lagi ah… biar di visit sama Pak Guru Mat
    .-= Postingan kang sugng : Tentang Puisi Dan Cara-Cara Penulisannya =-.

    Dicontreng Mas… 😀

    [Reply]

  3. Selamat pagi pak Mars, dihari minggu yang cerah ini, tumben belum banyak yg komentar, mungkkin masih banyak yang tertidur akibat begadang semalaman membangun blognya masing2, kan masih gagah2nya, begadang sampai pagipun tak masalah demi mencari informasi kemudian dimuat di blognya masing2… 🙂

    Saya pernah membaca entah dimana, rata2 orang ngeblog sampai dua tahun, setelah itu blognya menjadi kuburan yang jarang orang berziarah…. Mudah2an blog ini mah eksis melebihi 32 tahun usia kekuasaan Pak harto… 🙂
    .-= Postingan casrudi : Rugs To Make Your Home More Comfortable =-.

    Kelemahan manajemen mono ya disitu itu Mas…

    [Reply]

  4. Seperti itulah adanya ketika kita memiliki sebuah blog. Tantangan yang ada semakin memacu kita untuk lebih giat dan lebih bersemangat untuk mengisinya. Jangan hanya koar2 punya blog tapi ketika dibuka, isinya cuman Hello World. 😀

    Dan pada web komersial, biasanya lebih ditekankan pada SDM pengelolanya. Tanpa SDM yang handal, mustahil akan tetap bonatif di dunia maya.

    Dan mengingat pertimbangan dari pak Mars diatas, harapan yang tertinggal adalah bagaimana kita memberikan kepercayaan kepada penerus Blog untuk bisa lebih giat ngeBlog dan ngeNet. Dengan tujuan agar mampu berkompetisi mengikuti perkembangan teknologi yang kian pesat, meski kendala2 diatas semakin lebar.

    Suwun Pak Mars sudah diingatkan 😀 mPIISSSS
    .-= Postingan cah ndeso : Migrasi dari Blogspot ke WordPress =-.

    Kita masih “meger2” aja kadang kelepyan, apalagi kalau kita sudah loyo… 😀

    [Reply]

  5. keep Blogging pak, kebuntuan dalam menulis pasti menimpa siapa pun di dunia Blog, selama ini 3 tahun sudah saya menulis di blog (blogspot) saya kadang vakum tapi saya tetep ingin berbagi informasi, saya sendiri gak tau sampai kapan saya akan berhenti ngeblog, yg jelas sampai hari ini saya masih punya semangat itu, salam kenal ya pak dari Rifky
    .-= Postingan RifkyMedia™ : 10 Ramalan hari kiamat yang meleset =-.

    Minimal selagi mampu kita optimasi…
    Begitu kan Mas?

    [Reply]

  6. Wah kalo bisa jangan sampai menimpa blognya Mariska pak, nyuwun do’a dan supportnya ya pak.

    Ya tergantung nati suaminya Mariska siapa…
    Kalau suaminya anti blog gimana coba… 😀

    [Reply]

  7. Nek iso aja menimpa aku ah pak.
    .-= Postingan Wandi thok : Waw, bunuh diri lompat dari mall =-.

    Tenogo rosa tapi nek akale wis buntet, opomaneh nek wis loyo. Sing meh neruske sopo Pak…
    Saat itu…
    Tak ada artinya lagi PR 6, Alexa langsing…
    Bloge melu loyo…
    Titen2an wae…

    [Reply]

  8. wah iya pak, kadang saya juga mikir, kalau2 suatu saat nanti saya sudah tidak bisa ngeblog gimana ya 😆
    .-= Postingan arifudin : Taruhan bola dan olah raga online =-.

    Paling2 blog kita tenggelam dengan suksesnya Mas…
    Nggak ada yang memperpanjang abonemennya, nggak ada yang ng”update”kan

    [Reply]

  9. Wah, makasih Pak Artikelmya…
    Ehmmmm, memang segala keterbatasan sebagai blogger yang pengin eksis di pengaruhi dari sisi teknis dan non teknis. mohon doanya moga blog buwel bisa selalu eksis, dan blog metaMARSphose pun juga…. Amiiin
    .-= Postingan buwel : Jangan Kau Tanya! =-.

    Kita saling suport aja Mas…

    [Reply]

  10. Bener banget kang…!!! Semangat nge-blog ada kalanya mencapai klimaks puncaknya. namun seiring jaman dan kebutuhan, siapa yang bisa bertahan ditentukan oleh ketatnya seleksi alam….Aku duwe blog luwih seko sepuluh kang, tapi Sekarang tinggal 2 blog yang aktif, yang lainnya..??? mbuh do mbalyang neng ndi….:D

    Mugo2 semangat ngeblogku gak kendur yo kang, mari saling meraih bahu, saling menguatkan.
    .-= Postingan IjoPunkJutee : SUNDAK : Pertarungan ASU vs LANDAK =-.

    Saya juga hanya mampu memaksimalkan yang 2 Mas, itupun juga belum 100%

    [Reply]

  11. Yang disampaikan Pak Mars benar adanya. Saat ini mungkin lagi semangat-semangat. Ketika kena borgol kemarin betapa saya ingin lepas segera sampai mengurusnya seharian penuh. Saya khawatir jika blog saya ini punah semangat menjadi turun. Namun alhamdulillah masih diberi kesempatan, karena saya belum tentu sesemangat ngurus yang pertama ini walau yang kedua masih hidup. Ya itu tadi saya setuju … entah sampai kapan !!!
    .-= Postingan arkasala : Siklus =-.

    Saya juga pernah kena suspend kok Mas…
    Sedih rasanya.
    Kalau pas kesuspend, saya jadi malas lakukan apa2…

    [Reply]

  12. blog di hosting gratisan seperti Blogger bisa bisa jadi memorial kalo yang punya udah ‘lewat’ tergantung umru mbah google..
    kalo hosting bayar ya alamat deh umur pendek..

    *kecuali blog ini, kan unlimited dan long lifetime kan pak?*
    .-= Postingan JTC : Seberapa Pantas? =-.

    Suwe2 blogspot dan wordpress dot com kebak blog mati…

    [Reply]

  13. Gak usah dipikir terlalu berat. Ngeblog ya untuk seneng-seneng, ngisi waktu dan bersilaturrahmi. Saya juga sama dengan Pak Mars; siapa mau kopi siapa mau paste, silahkah. Mumpung sekarang blog saya masih eksis.
    Wekekekekekek
    .-= Postingan alamendah : Gajah Sumatera Sehari Makan 150 Kg =-.

    Iya Mas…
    Paling tidak, blog kita telah memperkenalkan kita dan sahabat yang lain…

    [Reply]

  14. Tidak ada salahnya pemikiran seperti ini, paling tidak, berpikir ke depan itu perlu

    Agar kita nggak sibuk ngejar PageRank atau Alexa Mas, meski itu juga kebanggaan tersendiri…

    [Reply]

  15. Kalo ga berpikir ke depan apa jadinya hidup ini, ya semuanya mesti direncanakan. iya toh !! Walau sekedar senang2 kan ada efeknya juga. Pastinya pemikiran mas ini perlu ditularkan, biar budaya merdeka selalu ada pada bangsa ini.
    .-= Postingan Manajemen Kepribadian : Senjata Wajib Untuk Pencari Kerja =-.

    Biar orang nggak hanya ngejar materi saja ya Mas, meskipun materi memang sangat penting…

    [Reply]

  16. @IjoPunkJutee
    hmmm,mmg kalau self hosting kita selalu disibukkan masalah hosting dan domain ibarat kuliah pada saat harus bayar SPP dan registrasi, kudu nyiapin budjet, tapi memiliki sebuah WP dengan self hosting pasti jadi kebanggan besar bagi pemiliknya, yang juga pernah saya rasakan waktu mengelola sebuah Web Joomla dulu, blm lagi kalau ada masalah dan mengharuskan kita migrasi atau apalah..brrrrr..saya sendiri hanya berani mengelola 1 blog, karena saya berfikir saya tak mungkin bisa menjalankan 2-3 blog sekaligus…ya itulahh…romantika ngeblog hehehehehe, semoga saja blog saya, dan mas mas sekalian disini dikenang suatu saat nanti…
    .-= Postingan RifkyMedia™ : 10 Ramalan hari kiamat yang meleset =-.

    Paling tidak blog kita telah mempertemukan kita Mas…

    [Reply]

  17. blog adalah my other soul

    kematian saya adalah kematian dia

    he he he

    soalnya blog adalah cerminan kita klo diwariskan akan merubah jati diri blog itu 😀 he he
    .-= Postingan IHSAN : Astaga.com Lifestyle on The Net SEO Contest =-.

    Setuju Mas…
    Kalau mau diwariskan juga anak kita belum tentu mau…
    Kalaupun mau, komunitasnya pasti sudah beda.
    Paling2 ya jadi dokumen atau prasasti…

    [Reply]

  18. Saya juga ngurusi sendiri mas, tak elus sendiri dan tak isi sendiri. Kan ngeblog untuk hobi,syokur kalau menghasilkan uang he he he.
    Salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  19. Tidak ada yang kekal di dunia ini. Namun yang kekal ialah buah pikiran yang kita tulis dan akhirnya menjadi inspirasi bagi banyak orang. Untuk blog yang dihosting sendiri, resikonya suatu saat bakalan hilang dari jagat maya. Lain soal kalo yang hosting gratisan di blogger atau wp dot com.

    Solusi untuk mengawetkan berbagai tulisan/pemikiran kita mungkin memang harus ada yang mengopynya dan menyebarluaskannya setelah kita mengalami tamat..
    .-= Postingan iskandaria : Menulis dengan Singkat, Padat, dan Lugas | 5 Tips Praktis =-.

    [Reply]

  20. walah, minggu2 kok berat banget bahasannya pak…:D
    Tapi memang bener banget yang dikatakan pak mars. Banyak blog sekarang ini calonalmarhum. Tinggal bagaimana sekarang niat pengelolanya aj…

    [Reply]

  21. dulu nakjadimande saat berusia 4 bulan sudah dinyatakan mati oleh pemiliknya, 40 hari kemudian hidup lagi.. tak tertutup kemungkinan sebulan kedepan mati lagi.

    setuju dgn pak mars, mumpung masih ada harusnya dimanfaatkan.. tapi pak, yg bikin nakjadimande dimatikan justru krn dirasa ia tak bisa memberi manfaat pd orang lain.
    .-= Postingan nakjaDimande : Ku Cium Wangi Rendang di Langit Bukittinggi =-.

    [Reply]

  22. wah kalo saya jalani dulu seperti sekarang, belum kepikiran
    .-= Postingan mamah aline : Taburan Cahaya Cinta =-.

    [Reply]

  23. hm..
    sebuah renungan yang menarik..

    mudah”an aku bisa blogging sampai nanti lah..
    .-= Postingan andtheree : Menyelesaikan Rubik Kubus =-.

    [Reply]

  24. kalau blog pribadi ingin bertahan 32 tahun seperti pak Harto…,
    nganggo dukune pak Harto wae…

    [Reply]

  25. Kalau orang kaya meninggalkan warisan kepada anaknya harta benda. Tapi kl blogger gurem palingan meninggalkan warisan dalam bentuk blog ber PR8 😀
    .-= Postingan Mengembalikan Jati Diri Bangsa : Mengembalikan Jati Diri Bangsa : Mengembalikan Keyword Yang Hilang =-.

    [Reply]

  26. salut sekali saya mas. dan COCOOOOOOK banget. nggak usah risau dengan copas oleh orang lain, bukankah itu malah bermanfaat, apalagi risau dan gelisah dengan khawatir turunnya SEO…, nggak usah lah yah mas.

    saya juga sangat prihatin dengan dunia perbitan buku mas, banyak buku yangs aya baca di depannya menuliskan peringatan untuk ‘mengutip sebagian atau seluruhnya’. di ancam dengan sekian juta dan kurunganh sekian lamanya. padahal isi buku itu banyak juga yang mengutip secara liar mas. nggak usah egois ya mas…. berbagilah… diri ini akan bermanfaat untuk orang lain dalam konteks ini.

    saluuuut.

    [Reply]

  27. sementara masih bisa ngeblog , dinikmati saja dulu.
    memang di dunia ini nggak ada yg abadi,
    yg tetap bisa dikenang adalah tulisan2 yg bermanfaat,
    seperti tulisan2 yg saya baca di rumah Pak Guru ini.
    salam.
    .-= Postingan bundadontworry : Manfaat Putih Telur. =-.

    [Reply]

  28. Kirain tadi mister mau membahas Prosesor Intel, Duo Maia 😀
    .-= Postingan Hari Antikorupsi Dunia : Hari Antikorupsi Dunia =-.

    [Reply]

  29. aku sudah mewariskan passwordku ke 4 orang pak… adminku, teman madiun, teman magetan, teman nganjuk, sama pak marsud… wekekek. masih ingat nggak pakusername dan password blogku?

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *