Durasi Belanja

Entah mahal atau murah, entah banyak atau sedikit, kita pasti pernah belanja. Dan karena belanja adalah sebuah proses, maka pastinya butuh waktu, terutama waktu untuk pilih-pilih. Waktu untuk memilih barang belanjaan inilah yang saya maksud dengan durasi belanja.

Karena barang yang dibeli aneka jenis, maka durasi belanja juga beda-beda. Ada yang cuma beberapa menit tapi bisa juga butuh waktu berjam-jam. Waktu yang digunakan untuk beli tisue pastinya tidak sebanyak jika beli baju pengantin.

Sebagai orang yang paling rajin mengantar, saya sangat hafal betul dengan durasi belanja istri saya. Seperti inilah hasil rekam jejaknya.

Barang Yang Dibeli
Baju
Sepatu
Kosmetik
Beras, gula, minyak, sabun dll
Durasi
45 – 60 menit
30 – 45 menit
10 – 15 menit
15 – 20 menit
Keterangan
per potong
per pasang
tergantung yang habis apa
untuk sebulan

Waktu yang tertera dalam daftar adalah rata-rata. Suatu ketika pernah, hanya dalam tempo satu jam sudah dapat baju 3 potong, tapi di kesempatan lain 2 jam lebih belum dapat baju sepotongpun.

Mungkin ada yang berpendapat bahwa durasi belanja dipengaruhi oleh harga. Makin mahal harganya makin lama waktu yang dibutuhkan. Atau mungkin ada yang berpikir bahwa untuk membeli sesuatu yang nantinya dipakai harus jeli dan teliti.

Pendapat tersebut di atas sangat bisa dimengerti, tapi kurang berlaku pada istri saya. Buktinya saat beli perhiasan tak sampai dua puluh menit bisa selesai. Ketika beli motor malah cuma setengah jam. Padahal dua-duanya tergolong mahal dan dua-duanya dipakai istri saya.

Sebagai pembanding sekaligus menunjukkan rasa keadilan dan keseimbangan serta mengedepankan prinsip transparansi, maka saya juga lampirkan durasi belanja saya.

Barang Yang Dibeli
Baju
Sepatu
Kosmetik
Beras, gula, minyak, sabun dll
Durasi
5 – 10 menit
5 – 10 menit
0 menit
0 menit
Keterangan
per potong
per pasang
belum kepikiran pakai
menghindari dobel anggaran

Bagaimana dengan durasi belanja sahabat?

Tulisan ini nyata adanya dan bisa dipertanggungjawabkan. Poin terpentingnya adalah bahwa penerbitannya sudah dapat ijin resmi dari istri.

23 thoughts on “Durasi Belanja

  1. Kalo kami durasi belanja lebih dominan dipengaruhi jumlah jenis barang yg mau dibeli…biasanya kami sudah bawa list barang yg mau dibeli utk menghindari sifat lupa dan godaan dari diskon yg terkutuk..eh menggiurkan hehe

    Kalau beli baju pakai list juga ya Mas 😀

    [Reply]

  2. klo aquwh, durasi di toko memang biasanya cepat.. tapi sebelumnya aku sudah nyobain dulu sepatu punya teman.. jika enak dan bagus di kaki, maka aku minta temanin ke toko tempat dia beli. gak sampe 5 menit juga dapat.

    #resikonya sepatuku jadi mirip punya teman.. dan temanku tentu harus ikhlas kembaran. 😛

    Sepatu saya juga kembaran sama orang. Sama2 kiri-kanan 😀

    [Reply]

  3. Huahaha.. Pak Mars gak memakai sabun muka ya pak. Nek aku pakai Biore. Tapi gak enek durasine, mlebu indmaret langsung comot ning rak e, gak enek durasine to kuwi. Haha. Wis apal panggone. Nek klambi aku rodok suwe soale masalah ukuran hahahaha..

    Sabun muka kosmetik bukan ya…
    Masih debatibel ini 😀

    [Reply]

  4. tergantung pak, kalau belanja kebutuhan dapurnya di mini market bisa lebih cepat dibanding di supermarket

    Iya Mbak, kalau di Super Market mau bayar saja pakai lama. Durasinya jadi tambah

    [Reply]

  5. ya ampuun.. sama guru matematika.. durasi belanja distatistikin.. he he..

    Karena seringnya saja Mbak, jadi melekat di kepala 😀

    [Reply]

  6. Ha ha kayaknya begitu ya pak, durasi belanja laki-laki lebih cepat dari pada ibu2. Saya kadang gak sabaran juga kalau nganter belanja. Apa mungkin tingkat telitinya kali kalo ibu-ibu lebih tinggi.

    Secara umum durasinya memang beda antara pria dan wanita Mas.
    Lebih cepet pria biasanya

    [Reply]

  7. Kata ibu saya, bukan hanya soal harga tapi juga kualitas. Soalnya harga mahal belum tentu kondisi dan kualitas barangnya bagus, jadi kalo mau beli yg mahal harus sesuai kualitas, biar ga rugi dan awet.

    Biasanya kita sudah hafal toko mana yang barangnya berkualitas dan mana yg tidak ya Mbak. Tapi meski begitu, istri saya tetep saja lama 😀

    [Reply]

  8. yang lama ya belanja baju Pak Mars…lama banget milihnya, warna dan model cocok belum tentu ukurannya pas juga 🙂

    Apalagi perempuan Mas.
    Kalau saya bisa cepet karena memang disengajakan. Kalau berlama2 bisa berubah pikiran dan pengin ini itu

    [Reply]

  9. hahaha… berarti perbandingan antara cowok dan cewek di daerah perbelanjaan 1 menit berbanding 1 jam ya 😀

    Kalau saya suka praktis dan cepet Mas 😀

    [Reply]

  10. Ternyata PaknDuk belum kepikiran pake kosmetik toh. Ha nDuk kira kemarin itu mata PaknDuk biru karna make eyeshadow, e rupanya karna natap jendela ya, Pak 😆
    nDuk kalau belanja durasinya bisa ampe berhari-hari gak pulang, Pak. Kok bisa? Pegimana mau pulang hawong nyasar di pasar, alias tersesat :mrgreen: (sumpeh ini ngarang, Pak)

    Meh nganggo kosmetik tapi durung ono anggarane 😀

    [Reply]

  11. tapi di kesempatan lain 2 jam lebih belum dapat baju sepotongpun. …
    saya tambahi … satu pasang sandal atau sepatu sekalipun …
    (padahal ada kurang lebih 200 pasang sandal/sepatu dicoba …)(lebay)(yaaa pokoknya lebih dari dua puluh deh …)

    Perasaan … saya juga familier sekali dengan situasi ini …
    kenapa ya ?

    hahaha

    salam saya

    Makin banyak pilihan, biasanya malah pilih2nya tambah lama Om…
    Dan makin banyak pilihan, seringnya malah nggak jadi beli karena bingung mau pilih mana…

    [Reply]

  12. Yang jelas kalau terlalu lama kaki lumayan pegel pak, 😆

    Nah itu dia.
    Sementara itu toko jaman sekarang nggak sediakan tempat duduk buat penunggu

    [Reply]

  13. wahh pakdhe oom rajin aja nyatet2 durasi belanja tapi jadi inget juga sih kalok aku ini hobi belanja terutama beli baju, sepatu dan buku. susah sih ngedurasiin belanjaanku karena aku orang yang spontan setiap melihat sesuatu yang disukai langsung dibeli kalo pas di badan, di kaki atau di hati. jadi kira-kira demikian durasi belanjaku:

    baju 5 menit setelah dipas
    sepatu 5 menit setelah dipas
    buku 5 menit
    peralatan rumah tangga 15 menit buat 2 minggu

    kosmetik 5 menit

    Hahahaha
    Kalau selesai di pas berarti itu durasi mbayarnya Mbak…
    Durasi pilih2nya nggak nampak 😀

    [Reply]

  14. ada satu lagi pak yang membuat durasi belanja laki laki jadi lebih cepat, yaitu ketika yang nawarin produk itu SPGnya cantik dan murah senyum pak, hehe 😀

    Kalau itu justru bisa lama Mas 😀

    [Reply]

  15. Kalau saya paling lama sepatu pak, bisa lebih dari satu jam 😀
    Klo baju biasanya cepet, sejam bisa dapat banyak

    Kalau saya bisa cepat karena tiap beli baju atau sepatu, dari rumah sudah kebayang templatenya. Jadi kalau sudah sampai tokonya ya tinggal njujug 😀

    [Reply]

  16. Sepertinya tergantung dari banyak nya variasi/model yang mau dibeli. kayak contoh baju menjadi lebih lama karena pasti milih model, ukuran dan harga yang cocok, sedangkan kalau milih motor,sembako lebih rendah variasinya dan biasanya harga sudah tau lebih dulu. 🙂

    Kalau saya, sebelum beli di kepala sudah ada bayangannya mau yg kayak apa. Makanya bisa cepet 😀

    [Reply]

  17. Kayaknya proses belanja juga dipengaruhi mood Pak Mars. Kalau moodnya lagi bagus ya cuma butuh waktu sebentar untuk memilih baju yang dirasa sesuai. Tapi kalau sedang gak mood tapi merasa harus tetap belanja, bisa berjam-jam tuh mematut-matut sebelum diputuskan membeli 🙂

    Kalau yang nemenin saya, istri malah seringnya nggak jadi beli karena saya nggak sabaran dan tiap kali dimintai pertimbangan, sayanya malah bingung Bu.
    Itulah makanya dia lebih seneng belanja bareng temen2nya

    [Reply]

  18. durasi belanja dapat dipengaruhi oleh ketertarikan, keragaman pilihan produk yang akan dibeli serta harga apalagi kalo banyak diskon 🙂

    Dan juga “kebiaaan”

    [Reply]

  19. Jangankan milih baju, milih shampoo aja kadang lama. Yang ini wangi tapi gak berhadiah, yang itu berhadiah tapi buat rambut berketombe, sementara yang ono gak berhadiah gak berketombe dan gak biasa pake… (lha trus ngopo bingung?) 😆

    Kalau pilih shampo wajar kalau lama, secara jumlah rambut kan ribuan… 😀

    [Reply]

  20. kalau versi saya ketika masih ngekos
    Baju : 15 menit (dapat atau tidak)
    Sepatu : gak pernah beli semenjak selesai sekolah
    Kosmetik : – (gak masuk kategori ini karena cuma sabun muka)
    Beras, gula, minyak, sabun dll : 10 menit karena jelas yg mau dibeli apa 🙂

    Durasi belanja yang proporsional 😀

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *