Home > Ekspresi > Dwitarung Karpov vs Kasparov

Dwitarung Karpov vs Kasparov

March 14th, 2012

Ada beberapa hal yang sangat saya sukai tapi kurang diminati oleh orang lain dan mungkin juga oleh yang membaca tulisan ini. Matematika dan catur adalah contohnya. Berdasarkan pengamatan saya, penyuka matematika dan catur kalah jumlah jika dibandingkan dengan yang tak suka.

Rasa suka saya terhadap matematika dan catur tak sekedar suka tapi bisa dikatakan sudah mendarah daging. Bagaimana tak demikian, puluhan tahun saya menggunakan matematika sebagai sandaran hidup dan dipercaya ribuan orang untuk mau saya dampingi dalam mempelajarinya.

Caturpun demikian juga. Meski bukan juara, tapi saya merasa cukup dalam menguasai teori maupun permainannya. Kalau hanya tingkat RT atau ditempat kerja, saya tak punya lawan lagi. Dan kali ini saya coba bikin postingan tentang catur. Bagi yang suka, mari dinikmati sambil ngopi.

Untuk memperoleh gelar juara dunia, seorang pecatur harus melalui tahap kualifikasi dan yang lolos diadu dengan juara bertahan. Pertandingan antara keduanya inilah yang disebut dwitarung.

Diantara banyak dwitarung, ada satu yang paling sensasional karena berlangsung selama lima bulan. Belum pernah ada satu kejuaraanpun yang finalnya butuh waktu sepanjang itu. Kejadiannya tahun 1984 antara Kasparov melawan Karpov.

Pemenangnya adalah pemain yang meraih 6 kemenangan. Dari 9 pertandingan awal, Karpov berhasil menang 4 kali dan tinggal butuh 2 kemenangan lagi. Tapi kenyataannya tidak semudah itu. Kasparov mampu bertahan dan hingga pertandingan ke 48 skornya 5-3 untuk keunggulan Karpov.

Tapi karena kedua pecatur sudah demikian lelah, akhirnya dwitarung dihentikan oleh Presiden FIDE Florencio Campomanes dan dilanjutkan tahun depannya. Berikut salah satu partai dalam dwitarung tersebut. Putih: Kasparov; Hitam: Karpov

Notasinya
1.e4 e5 2.Nf3 Nf6 3.Nxe5 d6 4.Nf3 Nxe4 5.d4 d5 6.Bd3 Nc6 7.O-O Be7 8.c4 Nf6 9.Nc3 O-O 10.h3 dxc4 11.Bxc4 Na5 12.Bd3 Be6 13.Re1 Nc6 14.a3 a6 15.Bf4 Qd7 16.Ne5 Nxe5 17.dxe5 Nd5 18.Nxd5 Bxd5 19.Qc2 g6 20.Rad1 c6 21.Bh6 Rfd8 22.e6 fxe6 23.Bxg6 Bf8 24.Bxf8 Rxf8 25.Be4 Rf7 26.Re3 Rg7 27.Rdd3 Rf8 28.Rg3 Kh8 29.Qc3 Rf7 30.Rde3 Kg8 31.Qe5 Qc7 32.Rxg7+ Rxg7 33.Bxd5 Qxe5 34.Bxe6+ Qxe6 35.Rxe6 Rd7 36.b4 Kf7 37.Re3 Rd1+ 38.Kh2 Rc1 39.g4 b5 40.f4 c5 41.bxc5 Rxc5 42.Rd3 Ke7 43.Kg3 a5 44.Kf3 b4 45.axb4 axb4 46.Ke4 Rb5 47.Rb3 Rb8 48.Kd5 Kf6 49.Kc5 Re8 50.Rxb4 Re3 51.h4 Rh3 52.h5 Rh4 53.f5 Rh1 54.Kd5 Rd1+ 55.Rd4 Re1 56.Kd6 Re8 57.Kd7 Rg8 58.h6 Kf7 59.Rc4 Kf6 60.Re4 Kf7 61.Kd6 Kf6 62.Re6+ Kf7 63.Re7+ Kf6 64.Rg7 Rd8+ 65.Kc5 Rd5+ 66.Kc4 Rd4+ 67.Kc3 1-0

Papan peragaan tersebut interaktif, sehingga bisa dijalankan sesuai notasi.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi
  1. March 14th, 2012 at 18:21 | #1

    Kalau matematika ane suka banget bang. Karena matematika juga, ane jalan-jalan ke kota semarang untuk pertama kalinya. Ikut lomba matematika, sayangnya kalah bang. Kalau catur hanya sekedar suka. Banyak kalahnya daripada menangnya. Strategi yang ane kuasai paling masih mengandalkan benteng, kuda panglima deket raja apa itu namanya. Sudah lama nggak main catur.


    Dan Matematika pula yang membawa saya jalan2 kenegri tetangga Mas.
    Tapi caturnya belum pernah menang selain hanya di tingkat Desa

  2. March 14th, 2012 at 18:48 | #2

    wah.. informasi baru 😀
    kalo saya mah hanya sekedar tau saja pak, belum ahli karena memang jarang main catur 😀

    ini bisa dimainkan di sini ya pak? gimana caranya?


    Bukan dimainkan tapi diulang langkahnya Mas. caranya klick icon seperti play itu

  3. Evi
    March 14th, 2012 at 19:28 | #3

    Catur dan matematika? Saya serahkan pada Pak Mars saja deh…Enakan nonton pelem drama hehehe..


    Hahahaha…
    Saya nggak bisa menghindar Mbak, karena ngajar Matematika adalah pekerjaan saya

  4. Rayen
    March 14th, 2012 at 19:44 | #4

    Wah, (゚ヮ゚) lihat notasinya serasa melihat Pak Marsudiyanto sedang menulis di White Board sekolah He,.. ٩(^‿^)۶ .


    Hahahaha…
    Opo hiyo?

  5. March 14th, 2012 at 20:42 | #5

    Kali ini saya clingak clinguk ngak ada asked audience, phone a friend, fifty fifty, semua melompong


    Kalau sudah nggak suka pastinya malas mempelajarinya Bli

  6. March 14th, 2012 at 20:51 | #6

    Ngai ramudeng 😀

    mbayangin kasparov dan karpov tanding 5 bulan.
    hedehh..


    Sampai bikin tenda darurat dan panggil tukang potong rambut karena demikian lamanya pertandingan

  7. Sholihin
    March 14th, 2012 at 21:57 | #7

    Saya juga sangat menyukai matematika, tapi kalau catur sebatas bisa-bisaan saja, tidak memahami bagaimana teknik yang benar dan berbagai macam peraturan di dalamnya 🙂


    Karena saya suka, maka saya mempelajari teori2nya Mas

  8. March 14th, 2012 at 22:34 | #8

    Eh, permainannya keren… Tunggu saya pelajari dulu Pak ya…


    Mari…

  9. Pakacil
    March 14th, 2012 at 23:53 | #9

    ups. catur. dulu sering begadang sama mertua adu catur.
    sekedar bisa main, tidak hebatpun.
    2 orang itu memang sangat terkenal, nama mereka semacam lekat satu sama lain kalau sudah bicara catur. dan saia pening baca notasi itu 😐


    Saya dulu juga suka begadang, apalagi punya tetangga asal Medan yg mainnya imbang…
    Tapi sekarang orangnya sudah pulang kampung

  10. March 15th, 2012 at 06:55 | #10

    Matematika saya suka meski tak terlalu bisa, lha catur blas tidak bisa dan tidak suka, kalau bridge agak suka juga tak terlalu bisa. Salam


    Bridge saya juga suka, sayangnya lagi2 nggak ada lawan mainnya

  11. March 15th, 2012 at 08:19 | #11

    Berarti kalau di tingkat RT, Pak Mars main catur sendirian yah?
    Aku sih nggak seneng matematika, tapi bijiku 100 terus Pak. *ngapusi*
    Catur yo ra seneng, cuma tau cara jalannya doang @_@


    Bijiku malah 50, tapi kok mulang matematika yo

  12. applaus
    March 15th, 2012 at 09:14 | #12

    widih baru pertama kali catur via flash dan ini caturnya dwitarung yang terkenal itu. ternyata sampe habis semua prajuritnya ya kalau mereka main tuh.. kalau tanding sama saya ya mungkin 3 langkah mati kali ya..


    Kalau pas kebetulan, biasanya nggak sampai habis Mas, apalagi kalau ada langkah cemerlang

  13. March 15th, 2012 at 11:01 | #13

    pak mars mirip suami saya tuh serius kalau masalah itung2an hehehe. suami saya pernah buat catur online juga tuh pak


    Kalo pas nggak ada kerjaan, saya juga main catur online Mbak. Sudah terlanjur suka.
    Salam buat suaminya Mbak Lidya

  14. irmarahadian
    March 15th, 2012 at 12:01 | #14

    matematika aku suka…
    catur…?? gak mudeng pak, hehehehe


    Wanita jarang sekali suka catur Mbak. Kalau Matematika biasanya suka karena terpaksa karena pelajaran wajib 😀

  15. puisipemula
    March 15th, 2012 at 12:15 | #15

    aku dengan rela menyerahkan masalah matematika dan catur ini pd Pak guru saja…… 🙂
    salam


    Yang bikin puisi saya serahkan Bunda saja ya

  16. March 15th, 2012 at 14:26 | #16

    Kalau matematika, saya hanya sekedar bisa menghitung saja Pak. Terutama menghitung penerimaan di awal bulan, hehe..
    Kalau catur, duh.. nyerah deh… 🙂


    Iya Da, kalau Matematika Dasar rata2 bisa, tapi kalau sudah tingkat lanjut banyak yang nggak suka. Catur juga begitu

  17. chocoVanilla
    March 15th, 2012 at 14:28 | #17

    Kalo cuma asal main saya bisa, Pak, dan gak butuh waktu lama lima menit juga udah nyerah hahahaha….

    Itu raja putih kok le dolan adoh temen, sampe ke negara tetangga 😛
    Pak, klo posisi udah terakhir gitu berarti udah kalah ya? Kan masih bisa jalan-jalan ke mana-mana?

    (eh, saya cuma ngeklik yang e terus, kirain itu cara njalaninnya 😳 )


    Iya bener, itu langkah sesuai pertandingannya Mbak.
    Meski hitam masih bisa jalan, tapi untuk kelas dunia sama saja sudah kalah. Kalau diteruskan sama saja, karena kalah jumlah pion

  18. March 15th, 2012 at 14:45 | #18

    dua duanya aku nggak mudeng pak


    Hehehe…
    Memang matematika dan catur banyak yg nggak suka Mbak

  19. March 15th, 2012 at 16:20 | #19

    Kayaknya ngga sampe selesai ya, Pak?


    Nggak sampai selesai Mas, karena bertele2 dan nggak jelas kapan berakhirnya

  20. advertiyha
    March 15th, 2012 at 16:47 | #20

    Klik E berkali2, hasilnya enthong.!!! hahhaha…
    matematika? hihihi… saya lebih suka olahraga badan pak daripada olahraga otak,, *dasar bodo* hhihihi…

    kalo catur? pernah punya 1 langkah andalan, sok nantang anak2 nonkrong depan kosan, menang, hanya dalam 2-3 menit, setelah ronde kedua, pamit.. aku gak bisa lagi caranya gimana, hahahha…


    Little”O” besok suka catur gak ya?
    Anak muda jaman sekarang jarang yang suka catur Mbak…

  21. March 15th, 2012 at 17:16 | #21

    Ujung-ujungnya salah satunya menjadi politikus.


    Kalau di Indonesia kayaknya nggak ada atlet yg jadi politikus ya

  22. mintarsih
    March 15th, 2012 at 20:41 | #22

    main catur dilandasi teori segala jadi mantab bermainnya pak, wah kalau presiden RI mahir main catur jadi siip kalau mimpin rakyatnya. he he tapi aku tak mudeg catur, megang saja tak pernah. kalau matematika suka terpaksa. tetapi kalau ditulis dlam postingan menjadi suka sekali. maklum guru BI pak selalu ada keindahan dalam sebuah tulisan.


    Kakak saya juga guru Bhs Indonesia kok Mbak, makanya selain Catur & Matematika, saya juga suka Bahasa

  23. Pakde Cholik
    March 16th, 2012 at 20:11 | #23

    Saya termasuk yang kurang suka melihat orang main catur, tapi saya bisa juga main catur.
    Kalau matematika memang musuh saya mas.
    Salam hangat dari Surabaya


    Saya terpaksa suka Matematika karena untuk kerja Dhe

@marsudiyanto
silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~