Eksperimen

Secanggih apapun peralatan yang dipakai dalam suatu eksperimen, kalau si peneliti punya tujuan lain, hasilnya akan bisa diarahkan semau dia sendiri.

Hal seperti ini juga bisa terjadi dalam dunia hukum. Sebagus apapun pasal dalam Undang2, isinya tetap kalimat2 yang rentan terhadap salah tafsir. Celah ini bisa dimanfaatkan dan dimanipulir oleh pelaku hukum, mau diarahkan kemana dan untuk kemenangan siapa.

Berikut contoh eksperimen dengan kesimpulan yang bisa dibelakbelokkan oleh si penyimpul, karena memang diarahkan untuk sebuah pembenaran buat si pembuat kesimpulan.

Sediakan dua toples kaca. Toples pertama diisi tanah, toples kedua diisi abu rokok. Masukkan anakan cacing ke toples2 tadi.

Seminggu kemudian diamati. Anak cacing pada toples pertama (yang berisi tanah) tampak sehat dan tambah besar. Cacing pada toples kedua (yang isinya abu rokok) mati mengering.

Kesimpulan : Merokok dapat menghindarkan diri dari cacingan…

NB :
Betapa bahayanya sebuah kesimpulan yang menyesatkan. Jangan pernah terkecoh dengan fakta berikut:

  • membantu program KB karena merokok bisa menyebabkan impotensi
  • buat ngelobangin jawaban-jawaban Ujian
  • asapnya bisa mengusir nyamuk
  • bungkusnya bisa untuk tempat menulis alamat dan nomor telpon
  • memberi lapangan kerja bagi buruh rokok, dokter, asongan, pembuat asbak.
  • menghilangkan bau wangi-wangian ruang bagi yang alergi bau parfum
  • menambah suasana pedesaan untuk ruang ber AC, asap rokok seolah2 kabut

Semoga yang baca paham dan tak ada lagi pertanyaan: “Ini maksudnya apa sich… :D”

30 thoughts on “Eksperimen

  1. itu karena toplesnya diisi abu rokok,
    coba diisi rokok seungkus,
    cacingnya tambah gemuk2
    ๐Ÿ˜€
    .-= Postingan ciwir : Kesalehan Sosial =-.

    [Reply]

  2. Hooh yo, bagi si perokok bisa berkesimpulan merokok menghindarkan dari cacingan, atau obat cacingan itu abu rokok (*abu rokok masukkan gelas, dikasih air, diminum, murah meriah. Atau bisa juga dikomersilkan abu rokok dimasukkan ke kapsul, bisa dititipkan di apotek dll).
    .-= Postingan wahyubmw.yehia.org : Face Book, SMS dan Ramadhan =-.

    [Reply]

  3. wahhh jadi perokok terhindar donk dari cacingan
    .-= Postingan andif : Winbox di Ubuntu Jaunty =-.

    [Reply]

  4. Sudah biasa Pak diplintir2, apalagi “Aku benar, kamu salah” maksudnya cacingnya pada ngrokok , makin gak nyambung :))
    .-= Postingan dobloger follow : Hot Keyword Today : Rahasia DRIJI PEGEL =-.

    [Reply]

  5. he2..ada ada aja..maka biar gak cacingan merokok ajah..he2
    .-= Postingan noersam : Jangan Menyerah.. =-.

    [Reply]

  6. Para Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang โ€˜tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll
    .-= Postingan KangBoed : Jangan sia siakan Waktumu =-.

    [Reply]

  7. Bukannya cacingan bisanya diobati sama obat cacing? Kalau abu rokok juga tetep mengandung racun.

    [Reply]

  8. Merokok bisa menjadikan kaya ( pas kebetulan yang ngrokok juragan rokok tul nggak pak)
    .-= Postingan achmad sholeh : Tokek Kinipun Menjadi Primadona =-.

    [Reply]

  9. Yang jelas, rokok bisa menyebabkan penyakit jantung itu betul.
    “Uang terakhir yang dia punya dibelikan rokok mahal, tinggal 2 batang pula…trus ketemu teman perokok juga…Langsung deh jantungan, kuatir diminta bagi rokoknya.”

    *ah ini hanya kesperimen dengan banyak kesimpulan*
    .-= Postingan Pradna : 18th Linux Anniversary =-.

    [Reply]

  10. Emm gitu ya? tapi aku gak merokok bisa cacingen brati ๐Ÿ˜€
    Minta ijin pasang http://marsudiyanto.net/ ke blog list ku
    Trimakasih
    .-= Postingan Cak Win : Cara Mudah Membuat Label DVD Dengan Microsoft Publisher =-.

    [Reply]

  11. kalau boleh saya tambahin keuntungan merokok…
    1. orang merokok tidak pernah mencuri…..mesti ketahuan karena begitu mo ngambil batuk duluan
    2. orang merokok sangat dihormati…..coba dengarkan suara perokok yg serak2 basah gimanaa gitu sama batuknya yg khas
    3. orang merokok awet muda…..jelas awet muda karena belum tua sudah mati duluan
    4. orang merokok negarawan sejati….karena dengan rokok pemerintah untung dari devisa yg bejibun
    .-= Postingan m4stono : Cara Berbuka Puasa Berdasarkan Hajat =-.

    [Reply]

  12. huehueheuehue
    ajaran sesat neh om ๐Ÿ˜›
    ga mau ah
    .-= Postingan fanz : Manfaat Di Balik Puasa =-.

    [Reply]

  13. huahahaha, bisa bisa bisa
    biar nggak cacingan, merokok aja ha ha ha

    tapi kalo menyebabkan cacing mati, lama kelamaan orangnya juga dunk he2

    [Reply]

  14. Mampir lagi Pak. Ternyata Rokok buoros banget. Kl cacing mau rokok anak2 Indonesia akan banyak terbebas dari cacingan, karena cacingnya pada bengek kena rokok ๐Ÿ™‚
    .-= Postingan dobloger follow : Kebenaran Yang Belum Tentu Enak =-.

    [Reply]

  15. boleh juga ni pak kampanye anti rokoknya, bisa-bisanya Pak Mars ini ngambilnya dari multi tafsir. he he salut pak. salam
    .-= Postingan arkasala : UNDIP PUN IKUT BERTINDAK =-.

    [Reply]

  16. hahaha..
    so, kesimpulannya??
    Merokoklah, hingga nafas ini tak mampu lagi menghisap asap rokok
    Bravo smoker!!!
    .-= Postingan Mengembalikan Jati Diri Bangsa : Opera dan Google Chrome Browser Dodol =-.

    [Reply]

  17. eksperimen lain:

    Sprinter Olimpiade 2023 masuk garis finish 6 detik untuk jarak 100M.
    Padahal Dia perokok berat. Kesimpulannya; merokok dapat meningkatkan stamina dan psortifitas bahkan meningkatkan daya-lari yang luar biasa;

    Maaf: eksperimen ini disponsori oleh Paberik Rokok.
    .-= Postingan Munawar AM : Menulis Itu Proses Mengabadikan =-.

    [Reply]

  18. huwakaka.. aku gak ngrokok lo pak… mboh biyen tau njajal ngrokok ning njero wese, la kok gak enek rasane. yauwis.. mending maem sego pecel wae.. hahaha..
    .-= Postingan ndop : Selamat Pagi Semuanyaโ€ฆ =-.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *