Home > Umum > Emangnya Jati Diri Bangsa Ada Berapa?

Emangnya Jati Diri Bangsa Ada Berapa?

September 12th, 2009 Leave a comment Go to comments

Kok pada rame2 berusaha mengembalikan jati diri bangsa, lha memangnya jati diri bangsa itu ada berapa?. Kalau banyak orang yang mau ngembalikan jati diri bangsa, jangan2 jati diri bangsa malah jadi terkotak2, tersekat2, parsial, pating prethil dan berubah…

Knapa?
Karena jati diri bangsa itu sebenarnya berubah mengikuti zaman, seiring berjalannya waktu. Jati diri adalah budaya, budaya adalah dinamis, dinamis adalah berubah. Tiap generasi punya jati diri sendiri. Mau dikembalikan ke kondisi yang mana?. Apa ke jaman kerajaan, jaman orde lama, jaman orde baru atau orde reformasi?. Bukankah reformasi juga jalan terus?.

Bingung!
Sesuatu yang nggak jelas2 amat kok berebut mau dikembalikan. Pertanyaan berikutnya adalah jati dirinya bangsa mana yang mau dikembalikan?. Kalau yang dimaksud adalah jati dirinya bangsa Indonesia, bukankah jati diri kita itu bhineka tunggal ika?. Kemajemukan?.

Dengan semakin banyaknya yang bersemangat ingin mengembalikan jati diri bangsa, akhirnya kerancuan yang kita dapatkan. Kalau nggak percaya, rukyatlah pakai Google, maka akan muncul ratusan jenis jati diri bangsa di sana, yang kadang tanpa kejelasan, hanya berisi interpretasi masing2.

Memang itu hak sesiapapun, para pejuang pengembali jati diri bangsa. Tapi karena menyebut kata bangsa, maka secara tak langsung menyeret semua juga, karena bangsa ini milik bersama. Saya sendiri tetep pada pendirian, tak sesiapapun mampu mengembalikan jati diri bangsa, kecuali bangsa itu sendiri. Orang seorang tak akan mampu, tak akan bisa.

Mari kita lihat dan buktikan, tak lama lagi para pejuang pengembali jati diri bangsa itu akan balik kanan dan kembali ke jati diri mereka masing2, lenyap semangat yang selama ini menggebu, loyo tak berdaya, atau menyala kembali dengan semangat baru, tapi bukan semangat mengembalikan jati diri bangsa.

Percayalah, waspadalah. Maaf kalau tulisan saya kejam !!. Saya tidak menyerang siapapun. Saya sedang bosan dengan yang lucu dan mendayu2, makanya nulis yang agak panas. Ketimbang saya pendam sendirian, lebih baik saya ungkapkan. Saya tak mau kejam pada diri sendiri.

Kata kunci yang bombastik, retorik, patriotik dan heroik akan semakin menyesatkan para pencari kebenaran maupun pencari pemahaman. Atau jangan2 jati diri bangsa itu sudah tercermin pada para pemburu posisi dengan segala sepak terjangnya itu?.

Ada beberapa komentar masuk yang saya nggak tau kenapa, tapi saya pengin menampilkannya di sini. Komentar ini ditulis Admin Blog Ijo dari Balikpapan.
Dia menulis :
“Jati Diri kok mau dikembalikan, emangnya selama ini kita pinjam atau nyolong dari siapa?”
Ternyata keyword tadi bisa menimbulkan salah persepsi dan multi tafsir…

~ Grazie ~
Categories: Umum
  1. MasHendri_cakep
    September 12th, 2009 at 04:11 | #1

    Pertamax….

    ra mudeng….

    Ra Mudeng adalah bagian terbesar dari jati diri bangsa yang kadang nggak diakui dan dianak tirikan. Jangan dikira para pengembali jati diri bangsa itu mudengan lho Mas…

    .-= Postingan MasHendri_cakep : Korupsinya Kita-Kita =-.

    [Reply]

  2. kreatips
    September 12th, 2009 at 04:26 | #2

    ow .. ow … ow …
    ada yang kesentil tuh …
    .-= Postingan kreatips : Tutorial Membuat Bingkai Polaroid dengan Photoshop =-.

    [Reply]

  3. novi
    September 12th, 2009 at 06:20 | #3

    pak mar sadis banget. kasihan yang sudah telanjur mendayu-dayu dalam mengurai kata πŸ˜€

    [Reply]

  4. September 12th, 2009 at 06:45 | #4

    hmm…
    iya juga ya.. mau di balikin kemana jati diri bangsa.. pertanyaan bagus sih..
    semua masa ada baiknya ada buruknya.. tapi zaman soekarno kita bisa di takutin negara lain. tapi sekrang kita dianggap remeh. apa itu mungkin maksudnya.. tapi tetep aja dulu Bung Karno gaulnya ma komunis kan ngeri.. πŸ˜›
    .-= Postingan Andri : Iseng Gw,, klo lo? =-.

    [Reply]

  5. achmad sholeh
    September 12th, 2009 at 07:14 | #5

    siap mengembalikan jati dirinya sendiri dulu pak
    .-= Postingan achmad sholeh : Madzhab Ngeblog =-.

    [Reply]

  6. hot keyword
    September 12th, 2009 at 10:50 | #6

    Namanya juga kontes SEO Pak, yang jadi juri ya mesin Google, bukan manusia.Kl manusia yg jd jurinya kan bisa baca isi kontesnya, semoga menang semua (gak mungkin ya Pak?)

    [Reply]

  7. hot keyword
    September 12th, 2009 at 10:52 | #7

    Hidup Pak Mars!!!!

    [Reply]

  8. Blog Ijo
    September 12th, 2009 at 10:57 | #8

    Mengembalikan jati diri bangsa, emang kita pinjem, nyolong ato sewa dari sapa?
    :p

    Iki komentar terbaik yang pernah ditulis oleh Admin Blog Ijo…
    Mengembalikan Jati Diri Bangsa ternyata bisa diartikan macem2 ya…
    Aku malah gak mikir tekan kono
    Kadingaren cerdase puol
    Ternyata bisa berarti seakan2 kita pinjam jati diri bangsa dan kita bertekad mengembalikan….
    Top!!!

    [Reply]

  9. September 12th, 2009 at 11:04 | #9

    Siang pak…mari kita turut mengembalikan jatidiri bagsa..

    [Reply]

  10. September 12th, 2009 at 11:05 | #10

    Apa kabar pak…?

    [Reply]

  11. wahyubmw.yehia.org
    September 12th, 2009 at 11:27 | #11

    Apa perlu pembatasan, perlu keanggotaan jati diri bangsa, tanpa syarat tapi bersaing, halah mbuh
    .-= Postingan wahyubmw.yehia.org : Tipe-tipe manusia =-.

    [Reply]

  12. September 12th, 2009 at 11:27 | #12

    siip..
    .-= Postingan hafidz : Tips Keuangan Saat Mudik =-.

    [Reply]

  13. September 12th, 2009 at 11:34 | #13

    mengembalikan jati ke hutan pak

    Lha nek iki aku setuju karo Pak Anang…
    Toss…

    .-= Postingan Anang : Buka Puasa di ‘Amerika’ =-.

    [Reply]

  14. September 12th, 2009 at 11:37 | #14

    25 yuto lho, Pak

    Jati diri Bangsa kok cuman 25 yuto… Kemurahen kuwi.
    25 yuto kuwi entuke Bangkirai atawa Kruwing…

    .-= Postingan Pradna : Obrolan Sore 06: Rame! =-.

    [Reply]

  15. suwung
    September 12th, 2009 at 12:04 | #15

    ono tepas mas… kepanasen nang kene apa acnya dihidupin biar agak sejuk

    [Reply]

  16. suwung
    September 12th, 2009 at 12:25 | #16

    semoga menang ajah

    Aku ora melok Mas…

    [Reply]

  17. Info Pendidikan Indonesia
    September 12th, 2009 at 12:33 | #17

    Ini yang terlalu retorika sang penyelenggara mungkin sir. Andaikan saja keyword yg dilombakan itu “Renungan bulan Ramadhan” misalnya, setidaknya tidak akan mengundang kontra. Sy pribadi sebenarnya kurang setuju dengan keyword tsb. Tapi berhubung hadiahnya ok sekalian belajar seo, ya kata kunci apapun tetap bakal dioptimasi sama blogger. Si Rusli Zainal yg jelas2 koruptor kakap ajah, keywordnya masih tetap di optimasi sama blogger..apalagi yg ini, menyangkut kata bangsa.. walaupun terkesan ga nyambung sama postingan dan terkesan memaksakan kehendak, tapi tetaplah dijalankan.Demi SEO, demi hadiah. Hmm..

    Duh kok jadi nglantur yach…saya siy enggak ikutan. cuma jadi supporter sajah.. πŸ™‚
    .-= Postingan Info Pendidikan Indonesia : Akademi Kebidanan Assyifa Tangerang =-.

    [Reply]

  18. Mengembalikan jati diri bangsa
    September 12th, 2009 at 12:36 | #18

    Wes..pokoke optimasi keyword mengembalikan jati diri bangsa.
    Matur suwun sangat mister sundulane…
    wassalam
    .-= Postingan Mengembalikan jati diri bangsa : Mediaqu – Blog Gratis Indonesia =-.

    [Reply]

  19. fanz
    September 12th, 2009 at 13:24 | #19

    saya masih bingung dengan jati diri bangsa ini..
    .-= Postingan fanz : 12 September =-.

    [Reply]

  20. September 12th, 2009 at 13:28 | #20

    Saya juga milih2 kalo mau ikut kontes seo. Jgn sampe hanya digunakan untuk hal2 yg negatip

    [Reply]

  21. September 12th, 2009 at 14:24 | #21

    waaaaaaaaaah saya ditabok sama pak Mars.. hahahahahaha
    .-= Postingan KangBoed : Gempa Yogyakarta =-.

    [Reply]

  22. KangBoed
    September 12th, 2009 at 14:27 | #22

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fuuullllllllllllllll
    .-= Postingan KangBoed : Lailatul Qadar =-.

    [Reply]

  23. adipati kademangan
    September 12th, 2009 at 14:28 | #23

    mengembalikan jati diri bangsa … sing nyilih sopo? kene, tak jaluke.

    [Reply]

  24. September 12th, 2009 at 14:39 | #24

    pak siang2 gini saya mampir, habis pulang kerja, mampir dulu hanya ingin menyapa hai.. dan istirahat bentar nunggu ashar.. salam
    .-= Postingan ihsan : Pengemis, Masalah Kita Bersama =-.

    [Reply]

  25. September 12th, 2009 at 14:43 | #25

    @Anang
    haha.. sip pak!!!!! kapan kita mengembalikan?
    .-= Postingan Anang : Buka Puasa di ‘Amerika’ =-.

    [Reply]

  26. September 12th, 2009 at 14:46 | #26

    lho arep ngreply komene pak marsud… dudu tret komen to ning kene kih.. hihihi kisinan aku *mlayu mbenakne kathok
    .-= Postingan Anang : Buka Puasa di ‘Amerika’ =-.

    [Reply]

  27. September 12th, 2009 at 18:35 | #27

    Saya mo ikutan kalo model lomba seo nya kayak ide pak mars dulu itu, hehe…
    .-= Postingan BudiTyas : Pentingnya Sebuah Detail =-.

    [Reply]

  28. September 12th, 2009 at 18:49 | #28

    nge buzz pak mars ah mengko xixixixix
    .-= Postingan cebong ipiet : Fitur Baru Readmore Blogger =-.

    [Reply]

  29. iklan baris gratis
    September 13th, 2009 at 12:44 | #29

    jati diri bangsa indonesia da ancur
    negara tidak peduli dengan jati diri bangsa

    [Reply]

  30. September 13th, 2009 at 18:45 | #30

    Bagaimana kita mau mengembalikan jati diri Bangsa, jati dirinya sendiri saja seringkali masih belum diketemukan. Sebagian besar masih tergadai, karena seringkali yang benar dianggap salah dan yang salah malah dibenarkan.
    .-= Postingan Puspita : Small Miracles =-.

    [Reply]

  31. September 14th, 2009 at 05:00 | #31

    pak Mar bisa menulis kejam juga ya?
    .-= Postingan endar : Mudik Lebaran =-.

    [Reply]

  32. Dawam Multazam
    September 15th, 2009 at 20:40 | #32

    kembalikan dengan kejam…. (worship)
    .-= Postingan Dawam Multazam : Ucapan Selamat Lebaran =-.

    [Reply]

  33. September 27th, 2009 at 09:24 | #33

    Soal jati diri bangsa memang bisa berbeda persepsi sih… Tp kalau soal kontes SEO setuju apa ga yang penting ikutan kontes sambil belajar sampe tahu juga menang….

    Salam kenal
    M. Ismail/izmild blog bisnis online
    .-= Postingan Izmild Blog bisnis online Mengembalikan Jati Diri Bangsa : Mengembalikan jati diri bangsa =-.

    [Reply]

  34. October 5th, 2009 at 00:38 | #34

    Saya benar-benar salut dengan tulisan ini. Yang lebih salut lagi, link yang ada mengarah ke punya om khai.. Saya jadi mengerti mengapa posisi om khai tidak bergeser barang 1 peringkatpun πŸ˜€
    Sukses selalu buat Anda..
    .-= Postingan BLoG kiTa : TwitterLink Comments: Berkomentar Sambil Promosi Twitter =-.

    [Reply]

  35. October 11th, 2009 at 20:24 | #35

    hehhe iya owm lebih baik mengembalikan jati diri sendiri aja, dan saya akan mengembalikan jati diri bangsa wongsableng bwahahahaha πŸ˜€
    .-= Postingan Oes Tsetnoc : Oes Tsetnoc Support Batik’s Day for Indonesia =-.

    [Reply]

  1. October 11th, 2009 at 10:18 | #1

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~