Emangnya Jati Diri Bangsa Ada Berapa?

Kok pada rame2 berusaha mengembalikan jati diri bangsa, lha memangnya jati diri bangsa itu ada berapa?. Kalau banyak orang yang mau ngembalikan jati diri bangsa, jangan2 jati diri bangsa malah jadi terkotak2, tersekat2, parsial, pating prethil dan berubah…

Knapa?
Karena jati diri bangsa itu sebenarnya berubah mengikuti zaman, seiring berjalannya waktu. Jati diri adalah budaya, budaya adalah dinamis, dinamis adalah berubah. Tiap generasi punya jati diri sendiri. Mau dikembalikan ke kondisi yang mana?. Apa ke jaman kerajaan, jaman orde lama, jaman orde baru atau orde reformasi?. Bukankah reformasi juga jalan terus?.

Bingung!
Sesuatu yang nggak jelas2 amat kok berebut mau dikembalikan. Pertanyaan berikutnya adalah jati dirinya bangsa mana yang mau dikembalikan?. Kalau yang dimaksud adalah jati dirinya bangsa Indonesia, bukankah jati diri kita itu bhineka tunggal ika?. Kemajemukan?.

Dengan semakin banyaknya yang bersemangat ingin mengembalikan jati diri bangsa, akhirnya kerancuan yang kita dapatkan. Kalau nggak percaya, rukyatlah pakai Google, maka akan muncul ratusan jenis jati diri bangsa di sana, yang kadang tanpa kejelasan, hanya berisi interpretasi masing2.

Memang itu hak sesiapapun, para pejuang pengembali jati diri bangsa. Tapi karena menyebut kata bangsa, maka secara tak langsung menyeret semua juga, karena bangsa ini milik bersama. Saya sendiri tetep pada pendirian, tak sesiapapun mampu mengembalikan jati diri bangsa, kecuali bangsa itu sendiri. Orang seorang tak akan mampu, tak akan bisa.

Mari kita lihat dan buktikan, tak lama lagi para pejuang pengembali jati diri bangsa itu akan balik kanan dan kembali ke jati diri mereka masing2, lenyap semangat yang selama ini menggebu, loyo tak berdaya, atau menyala kembali dengan semangat baru, tapi bukan semangat mengembalikan jati diri bangsa.

Percayalah, waspadalah. Maaf kalau tulisan saya kejam !!. Saya tidak menyerang siapapun. Saya sedang bosan dengan yang lucu dan mendayu2, makanya nulis yang agak panas. Ketimbang saya pendam sendirian, lebih baik saya ungkapkan. Saya tak mau kejam pada diri sendiri.

Kata kunci yang bombastik, retorik, patriotik dan heroik akan semakin menyesatkan para pencari kebenaran maupun pencari pemahaman. Atau jangan2 jati diri bangsa itu sudah tercermin pada para pemburu posisi dengan segala sepak terjangnya itu?.

Ada beberapa komentar masuk yang saya nggak tau kenapa, tapi saya pengin menampilkannya di sini. Komentar ini ditulis Admin Blog Ijo dari Balikpapan.
Dia menulis :
“Jati Diri kok mau dikembalikan, emangnya selama ini kita pinjam atau nyolong dari siapa?”
Ternyata keyword tadi bisa menimbulkan salah persepsi dan multi tafsir…

36 thoughts on “Emangnya Jati Diri Bangsa Ada Berapa?

  1. Pertamax….

    ra mudeng….

    Ra Mudeng adalah bagian terbesar dari jati diri bangsa yang kadang nggak diakui dan dianak tirikan. Jangan dikira para pengembali jati diri bangsa itu mudengan lho Mas…

    .-= Postingan MasHendri_cakep : Korupsinya Kita-Kita =-.

    [Reply]

  2. ow .. ow … ow …
    ada yang kesentil tuh …
    .-= Postingan kreatips : Tutorial Membuat Bingkai Polaroid dengan Photoshop =-.

    [Reply]

  3. pak mar sadis banget. kasihan yang sudah telanjur mendayu-dayu dalam mengurai kata πŸ˜€

    [Reply]

  4. hmm…
    iya juga ya.. mau di balikin kemana jati diri bangsa.. pertanyaan bagus sih..
    semua masa ada baiknya ada buruknya.. tapi zaman soekarno kita bisa di takutin negara lain. tapi sekrang kita dianggap remeh. apa itu mungkin maksudnya.. tapi tetep aja dulu Bung Karno gaulnya ma komunis kan ngeri.. πŸ˜›
    .-= Postingan Andri : Iseng Gw,, klo lo? =-.

    [Reply]

  5. siap mengembalikan jati dirinya sendiri dulu pak
    .-= Postingan achmad sholeh : Madzhab Ngeblog =-.

    [Reply]

  6. Namanya juga kontes SEO Pak, yang jadi juri ya mesin Google, bukan manusia.Kl manusia yg jd jurinya kan bisa baca isi kontesnya, semoga menang semua (gak mungkin ya Pak?)

    [Reply]

  7. Mengembalikan jati diri bangsa, emang kita pinjem, nyolong ato sewa dari sapa?
    :p

    Iki komentar terbaik yang pernah ditulis oleh Admin Blog Ijo…
    Mengembalikan Jati Diri Bangsa ternyata bisa diartikan macem2 ya…
    Aku malah gak mikir tekan kono
    Kadingaren cerdase puol
    Ternyata bisa berarti seakan2 kita pinjam jati diri bangsa dan kita bertekad mengembalikan….
    Top!!!

    [Reply]

  8. Apa perlu pembatasan, perlu keanggotaan jati diri bangsa, tanpa syarat tapi bersaing, halah mbuh
    .-= Postingan wahyubmw.yehia.org : Tipe-tipe manusia =-.

    [Reply]

  9. mengembalikan jati ke hutan pak

    Lha nek iki aku setuju karo Pak Anang…
    Toss…

    .-= Postingan Anang : Buka Puasa di ‘Amerika’ =-.

    [Reply]

  10. Ini yang terlalu retorika sang penyelenggara mungkin sir. Andaikan saja keyword yg dilombakan itu “Renungan bulan Ramadhan” misalnya, setidaknya tidak akan mengundang kontra. Sy pribadi sebenarnya kurang setuju dengan keyword tsb. Tapi berhubung hadiahnya ok sekalian belajar seo, ya kata kunci apapun tetap bakal dioptimasi sama blogger. Si Rusli Zainal yg jelas2 koruptor kakap ajah, keywordnya masih tetap di optimasi sama blogger..apalagi yg ini, menyangkut kata bangsa.. walaupun terkesan ga nyambung sama postingan dan terkesan memaksakan kehendak, tapi tetaplah dijalankan.Demi SEO, demi hadiah. Hmm..

    Duh kok jadi nglantur yach…saya siy enggak ikutan. cuma jadi supporter sajah.. πŸ™‚
    .-= Postingan Info Pendidikan Indonesia : Akademi Kebidanan Assyifa Tangerang =-.

    [Reply]

  11. Wes..pokoke optimasi keyword mengembalikan jati diri bangsa.
    Matur suwun sangat mister sundulane…
    wassalam
    .-= Postingan Mengembalikan jati diri bangsa : Mediaqu – Blog Gratis Indonesia =-.

    [Reply]

  12. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fuuullllllllllllllll
    .-= Postingan KangBoed : Lailatul Qadar =-.

    [Reply]

  13. lho arep ngreply komene pak marsud… dudu tret komen to ning kene kih.. hihihi kisinan aku *mlayu mbenakne kathok
    .-= Postingan Anang : Buka Puasa di ‘Amerika’ =-.

    [Reply]

  14. Saya mo ikutan kalo model lomba seo nya kayak ide pak mars dulu itu, hehe…
    .-= Postingan BudiTyas : Pentingnya Sebuah Detail =-.

    [Reply]

  15. jati diri bangsa indonesia da ancur
    negara tidak peduli dengan jati diri bangsa

    [Reply]

  16. Bagaimana kita mau mengembalikan jati diri Bangsa, jati dirinya sendiri saja seringkali masih belum diketemukan. Sebagian besar masih tergadai, karena seringkali yang benar dianggap salah dan yang salah malah dibenarkan.
    .-= Postingan Puspita : Small Miracles =-.

    [Reply]

  17. kembalikan dengan kejam…. (worship)
    .-= Postingan Dawam Multazam : Ucapan Selamat Lebaran =-.

    [Reply]

  18. Saya benar-benar salut dengan tulisan ini. Yang lebih salut lagi, link yang ada mengarah ke punya om khai.. Saya jadi mengerti mengapa posisi om khai tidak bergeser barang 1 peringkatpun πŸ˜€
    Sukses selalu buat Anda..
    .-= Postingan BLoG kiTa : TwitterLink Comments: Berkomentar Sambil Promosi Twitter =-.

    [Reply]

  19. Pingback: Khairuddin Syach Weblog
  20. hehhe iya owm lebih baik mengembalikan jati diri sendiri aja, dan saya akan mengembalikan jati diri bangsa wongsableng bwahahahaha πŸ˜€
    .-= Postingan Oes Tsetnoc : Oes Tsetnoc Support Batik’s Day for Indonesia =-.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *