Empat Kuadran Kehidupan

Beberapa kali Om NH menulis postingan tentang Empat Kuadran, kali ini saya coba mengkaitkannya dengan kehidupan yang sama-sama kita jalani. Mengikuti kuadran yang ada, maka kenyataan yang kita hadapi dalam dunia juga ada empat kategori.

Pertama, ada kenyataan yang sifatnya permanen dan hampir tak bisa diganggu gugat. Saya terlahir sebagai lelaki adalah kenyataan yang hampir2 tak bisa saya ubah kecuali melalui revolusi, dan saya tak mau konyol untuk melakukannya.

Yang kedua adalah kenyataan yang sifatnya periodik. Siang-malam contohnya. Termasuk kenyataan bahwa besok adalah hari merupakan peristiwa yang tak bisa diperlambat atau dipercepat, apalagi dihentikan.

Ketiga adalah kejadian yang ritmenya terjadwal atau terencana. Usia sekian masuk SD, usia sekian disunat, usia sekian kuliah, usia sekian bekerja, usia sekian punya rumah, usia sekian menikah, usia sekian pensiun dst. Manusia wajib punya rencana.

Yang keempat adalah kejadian acak yang kehadirannya tak bisa diprediksi. Habis kena macet tiba2 ban bocor. Tanpa diduga ada penodong iseng yang menguras barang yang ada. Belum usai kagetnya ada SMS masuk yang mengabarkan bahwa ayam kesayangan mati karena menelan koin.

Jika sahabat pernah mengamati halaman depan blog ini, maka di bawah headernya ada terpampang empat kuadran itu. Seperti inilah tampilannya.

Blog Tjap Koepoe Biroe
Hanya menulis sesuatu yang bisa ditulis.
Tidak luar biasa tapi anti biasa

Ada Apa Dengan Hari Ini?


Bagian kiri atas merupakan kuadran I yang bersifat permanen, kanan atas adalah kuadran II yang sifatnya berganti mengikuti hari, kiri bawah adalah kuadran III yang terjadwal dan kanan bawah merupakan kuadran IV yang muncul secara random.

Itulah Empat Kuadran versi saya, yang kesemuanya pasti datang dan datang lagi dalam kehidupan kita. Selamat menjalani Empat Kuadran Kehidupan.

23 thoughts on “Empat Kuadran Kehidupan

  1. ya ada benarnya juga ya empat kuadran kehidupan ini,,
    heheee

    Nggak cuma ada benarnya tapi memang benar πŸ˜€

    [Reply]

  2. asiikk, mbahKung pake bintang2 lagiii…!

    #4 kuadrannya dibaca entar tgl 30 aja… πŸ˜›

    Pengin saja biar nggak sepi, maka kerlap-kerlip itu saya pasang

    [Reply]

    Ngai Reply:

    jadwal balas komentar belum tiba ya, mbahKung..?

    Balasnya komen nggak pakai jadwal tapi menyesuaikan longgarnya waktu Ngai… πŸ˜€

    [Reply]

  3. Berarti setiap orang pasti memiliki empat kuadran, hanya mungkin nggak mengerti dengan istilah ini. Kalau di buku pernah membaca cashflow quadran.

    Meski isinya beda2 tapi setiap kita punya semua kuadran Mas

    [Reply]

  4. Empat kuadran tentang kehidupan ini sebenernya … dalem juga ya …

    Thanks pak Mars

    Salam saya

    Iya Om.
    Saya terinspirasi pada tulisan Om NH.
    Salam kembali

    [Reply]

  5. kita sering kali tidak menyadarinya pak 4 kuadran itu, karena menganggapnya sesuatu yg alamiah

    Selain alamiah juga semuanya dirasa sebagai rutinitas Mas.
    Seperti di Jakarta, macet adalah sebuah rutinitas.
    Beda kalau di Kendal

    [Reply]

  6. Kalau saya empat kuadran apa artinya nggak empat kali empat yang hasilnya enam belas pak….kok hanya empat saja…..mungkin itulah kehidupan ya, seperti 2×2 bukan 4 tapi ya 2…

    Iya Mas, tiap orang punya isi kuadran yang beda2.

    [Reply]

  7. Iya sih, Pakdhe, jangan sampai berevolusi ya. Buahayaaa.. πŸ™‚

    Pokoknya segala sesuatu yang berbau revolusi itu tak begitu menguntungkan karena biasanya jatuh korban Mas πŸ˜€

    [Reply]

  8. klo ngomongin kuadran jadi inget buku robert kiyosaki

    Semoga Pak Robert ikut baca postingan ini

    [Reply]

    arif Reply:

    klo saya jadi inget kuadran analisis SWOT hehehe

    Iya Mas. Analisis SWOT juga bicara soal 4 aspek

    [Reply]

  9. Tak terbantahkan, bukan saja krn yg nulis adalah Pak Mars, tapi memang benar.adanya!

    Piye kabare, Pak? πŸ™‚

    Kabar baik Mbak.
    Semoga Mbak Alaika sekeluarga juga sehat bahagia sejahtera

    [Reply]

  10. Baca komentator pertama aku cekikikan dewe ning ati. Kok kesannya meremehkan kebenaran. Haha.

    Blognya pak Mars memang selalu “nggak dipikir sembarangan” semua terkonsep. Dan itu yng bikin menginspirasi punya ciri khas. Konsep matang sesuai hati.

    Sesederhana apapun yang kita lakukan memang sebaiknya dikonsep dengan baik Mas, biar punya nilai πŸ˜€
    Selamat atas keberhasilan blognya menang Platinum

    [Reply]

  11. Tulisan yang “dalam” dan perlu perenungan

    Iya Bu…
    Seiring bertambahnya umur saya, merenung menjadi kewajiban.
    Salam

    [Reply]

  12. lebih dari 2 menit saya memperhatikan tampilan banner yang mirip iklan dan sambil menatap isi tulisan, sayapun mencoba memahami makna 4 kuadran yang Pak Mars maksudkan.
    Pada akhirnya saya manthuk-manthuk (entah ngerti ato malah bengong), bahwa apapun dan siapapun kita keempat kondisi dan moment itu pasti kita alami dengan kondisi yang berbeda. Hanya saja, sangat sedikit dari kita yang bisa menyimpulkan setiap kejadian sebenarnya berada pada salah satu kuadran yang dimaksud

    Yang lama bukan Mbacanya Pak, tapi bagaimana melewati tantangan masing2 kuadran itu.
    Salam

    [Reply]

  13. kuadran yang terakhir bisa terjadi pada siapa saja sehingga mengacaukan kuadran ketiga, pak. pernah terjadi pada saya pas mau lulus kuliah πŸ˜€

    Tiap kuadran sangat mempengaruhi kuadran lainnya ya Mbak

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *