Empat Pantangan

Ada ratusan bahkan ribuan pantangan yang sebaiknya tidak kita lakukan. Dari yg banyak itu, empat diantaranya saya tampilkan di sini karena menurut saya ini sangat inspiratif dan penuh nilai filosofis. Setuju tidaknya terserah pada pembaca.

  1. Jangan membicarakan topik yang tidak sesuai dengan jalan pikiran maupun taraf berpikir orang yang kita hadapi
  2. Jangan pernah menjelaskan sesuatu pada orang yang lagi sakit perut, karena sakit perut akan mengurangi fungsi pendengaran hingga 80%
  3. Jangan pernah takut mengakui kesalahan karena kalau sampai hal itu terjadi berarti kita telah lakukan kesalahan ganda
  4. Jangan pernah berselisih dengan yang benar karena berselisih dengan yang benar akan semakin membuat kita terpojok

Semoga saya tidak sedang melanggar pantangan nomor 1, karena saya yakin bahwa saya sedang berhadapan dengan orang yang tepat…

38 thoughts on “Empat Pantangan

  1. berselisih dengan yang benar sama saja mencari masalah yang lebih besar..


    Yg pasti tak akan menyelesaikan masalah dan ujung2nya kita pasti kalah

    [Reply]

  2. menyimak aja deh, lagi sakit perut soale πŸ˜›


    Kan sudah kamu usir pakai setrikaan & Mefinal πŸ˜€

    [Reply]

    nique Reply:

    hahahaha buka rahasia pulak


    Merk obatnya itu saya langsung hafal πŸ˜€

    [Reply]

    nique Reply:

    karena inget semifinal tooooh hahaha


    Iya Ni
    Namanya gampang diingat

    [Reply]

  3. pantangan nomor 2 setuju banget…. ha..ha.. sama dengan kalau lagi sakit gigi ya pak..?(katanya orang2 lho)


    Bener juga ya Mbak, orang sakit gigi juga susah diajak ngobrol…

    [Reply]

  4. Setuju dengan nomor 1. pernah ngobrol dengan orang yang ternyata nggak mudeng topiknya… dari tatap matanya saya udah tau, topiknya nggak nyambung… rada nyesel juga saya ngobrolin topik tersebut..

    tambah lagi Pak, jangan berselisih dengan orang sakit gigi hehehe…


    Ngobrol sampai mulut berbusa sama orang yang nggak nyambung pastinya sia2 ya Mbak.
    Gigi dan telinga memang berdekatan, jadi efeknya akan sangat besar πŸ˜€

    [Reply]

    nique Reply:

    berarti mesti diganti tuh pak, jangan cuma perut
    intinya setiap orang yg lagi ada keluhan jangan diajak ngomong hehehe


    Ini ambil yg ekstrim Ni, yg jauh dari telinga tapi ternyata korelasinya erat

    [Reply]

  5. 5. Jangan pernah membicarakan sesuatu dengan orang yang sedang tidur …


    Jalan2 dengan orang tidur juga repot…

    [Reply]

  6. 1. kecuali berbicara sendiri, alias ngomong sendiri, dan nggak ingin didengar. πŸ˜€
    2. lha iya pak, gimana mau didengar, kan yg sakit perut kebelet mau ke toilet. πŸ˜€
    3. itu yang selama ini aku lakukan, kalau salah mengakui dan meminta maaf. πŸ™‚
    4. kebenaran itu sampai kapanpun akan benar, meskipun kadang disangkal. πŸ™‚

    Selamat Hari Raya Idul Adha, pak Mars… πŸ™‚


    Selamat Hari Raya Idul Adha juga Mbak

    [Reply]

  7. Nomor satu, setuju banget. Daripada pusing mendingan nggak usah atau cari pendekatan yang lain yang lebih simpel dan kreatif. Kalo cari ini nggak bisa, ya sudah πŸ™‚


    Iya, kayaknya sia2 kalao ngomong pada yang nggak nyambung

    [Reply]

  8. yang no 2, lapar termasuk bagian gangguan perut ya Pak, suara pembicara kalah dengan keroncongannya.
    Sugeng Riyadi Idul Adha katur brayat Pak Mars. Salam


    Kalau lapar sich masih mending Bu, nggak separah yg mules
    Makasih ucapan dan salamnya.
    Salam kembali untuk Keluarga Besar di Salatiga

    [Reply]

  9. wah, bener banget tu pak. klo mau diskusi atau dialog, kudu sama yg sepikiran, atau bertujuan untuk menyatukan pikiran,, klo udah sama2 egois dan merasa paling benar, ga akan dapet solusi.. bener banget tu pak.. ! πŸ™‚


    Meski nggak sepikiran tapi minimal paham apa yg kita omongkan Mas

    [Reply]

  10. satu lagi pak de.. jangan komentar oot (kaya gini)


    Hahahaha…
    Kalau di sini boleh OOT, karena di sini merdeka πŸ˜€

    [Reply]

  11. Membuat blog dengan topik yang tidak dikuasai juga merupakan pantangan karena akan pusing membuat artikelnya. Akibatnya blog akan lumuten karena malas menjenguk apalagi mengupdate artikelnya.
    Salam hangat dari Surabaya


    Atau copy paste dari blog lain Dhe…
    Salam!

    [Reply]

  12. Akuwh juga sering melanggar pantangan no. 1 ! terkadang kita sedang asyik berbicara tapi lawan bicara kita tidak mengerti. πŸ˜€


    Hahahaha
    Yg repot kalau kita sudah ngomong macam2 tapi ternyata lawan bicara kita tak menangkap apa2

    [Reply]

  13. kalo sampe berselisih dengan yang benar kan malu-maluin ya Pak Mars.. Hehehe..


    Selain malu2in juga kita akan terpojok Mas

    [Reply]

  14. Saya lebih tertarik pada pantangan yang nomer dua …

    80% ???
    lumayan banyak ini …
    hehehe

    salam saya Pak Mars


    Iya Om…
    Kalau cuma 20% yg diserap, dapat dipastikan transver informasi tak bakal tercapai

    [Reply]

    arif Reply:

    iya, angka 80 persen adalah hasil kira2 atau memang ada riset yg membuktikannya ya pak? hehehe


    Kira2 itu adalah riset Mas πŸ˜€

    [Reply]

  15. wah cakep bgt 4 pantangan di atas, keren πŸ™‚
    paling suka dengan pantangan no 3:
    ‘Jangan pernah takut mengakui kesalahan karena kalau sampai hal itu terjadi berarti kita telah lakukan kesalahan ganda’


    Semoga kita tak melakukannya ya Mbak…

    [Reply]

  16. Jangan pernah menjelaskan sesuatu pada orang yang lagi sakit perut atau sakit gigi.
    Sekian, Terimakasih. hihihihi


    Demikian sambutan dari Ketua PKK

    [Reply]

  17. hehe…iya yg nmr 2 mgkn baru mau ngomong aja sdh ditinggal ke toilet duluan ya πŸ˜€


    Kita baru ngomong setengah, dianya sudah jauh pergi πŸ˜€

    [Reply]

  18. Pantangan itu jangan menantang Pak Mars untuk merangkai kata.
    Mending jadi murid Pak Mars aja. Tulisanya yahud2 πŸ˜‰


    Padahal setiap pantangan rata2 menantang

    [Reply]

  19. Berarti kalo pas saya berhadapan dengan seseorang, saya mesti tanya dulu apakah dia lagi sakit perut atau nggak πŸ˜€


    Tampilan orang yg lagi mules kan keliatan sekali Mbak

    [Reply]

  20. Bagaimana tahu bahwa dia benar selama kita menganggap bahwa kita sendiri yang paling benar? Kesimpulannya pasti berselisih terus hehehe

    Terima kasih diingatkan pak eM


    Yg namanya “anggapan” atau “menganggap” memang harus hati2, salah2 bisa menjebak….
    Tapi yg namanya “kebenaran” sangat bisa dirasakan kok Bu πŸ˜€

    [Reply]

  21. 4 point yg memang perlu di perhatikan ini Pak,
    juga jangan berselisih sama orang bodoh Pak tar nular, πŸ˜›

    quotenya bukan untuk para pembaca kan Pak? πŸ˜›


    Quotenya untuk semua, termasuk saya juga

    [Reply]

  22. “Jangan pernah menjelaskan sesuatu pada orang yang lagi sakit perut, karena sakit perut akan mengurangi fungsi pendengaran hingga 80%” dalam ilmu komunikasi hal ini merupakan salah satu elemen distorsi pesan..


    Iya, dalam bahasa tingkat tinggi namanya distorsi

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *