Enaknya Diapakan?

S

ebagai yang diamanati jadi Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika se Kabupaten, saya berusaha melakukan pelayanan semampu saya, antara lain dengan membuat blog matematika di http://matematika-kendal.blogspot.com, sebagai sarana sharing bagi temen2 anggota maupun siapa saja yang peduli dengan matematika. Saya juga berusaha mempromosikannya disetiap kesempatan, tapi entah kenapa, perkembangan blog itu kurang berkembang dan minim kunjungan. Teman2 guru matematika malah hampir nggak ada yang nengok. Ada satu dua pengunjung justru datang dari tamu luar yang nyasar. Alhasil, blog matematika tersebut mangkrak tak terurus.

Hal yang sama terjadi pula pada blog Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI) yang beralamat di http://www.agmi.or.id. Mungkin karena kesibukan si admin, update terakhir dilakukan pada 12 Oktober 2007. Sungguh memprihatinkan.

Melihat kenyataan tersebut, saya jadi ndak bersemangat ngurus, karena merasa tak ada yang mengapresiasi. Tak mungkin saya nulis sendiri dibaca sendiri. Bisa gilalah saya. Lama2 muncul keegoisan saya, buat apa ngurus sesuatu yang bukan kepentingan pribadi, mending ngurus blog sendiri saja. Susah2 saya kumpulkan arsip, data, informasi dan materi pembelajaran, tapi sia2 tak berguna. Tanpa partisipasi yang lain, mustahil saya bisa bertahan, apalagi MGMP adalah organisasi non profit, organisasi sosial semacam Rukun Tetangga.

Semua sifatnya sukarela, tak ada sanksi tak ada bonus. Kalau ada pertemuan, yang rajin nggak dapat reward, yang jarang nongol nggak kena efek apa2.

Saya jadi bertanya2, enaknya diapakan ya?. Dilikuidasi, dimutasi ke Plurk, dimerger jadi blog pribadi, dicontreng, atau dibiarkan melayang2 begitu saja?

19 thoughts on “Enaknya Diapakan?

  1. Kayaknya perlu sosialisasi lagi pak Mar….. biar rekan-rekan njenengan pada ngeh..apa itu blog…. mbok cobi njenengan bikin tutorialnya terus disebar…ke sesama guru. Halah repot ding wekekek……

    [Reply]

  2. tragis….
    persis seperti portal SMJ Ushuluddin STAIN Ponorogo yang saya kelola…. (doh)

    [Reply]

  3. wah ..saya baru tau pak,
    dterusin aja pak seikhlasnya,
    minimal buat saya,
    saya suka matematika
    amal pak , amal … hehehe

    [Reply]

  4. Kayaknya para murid2 wajib disuruh mengunjungi secara rutin… dengan kompensasi nilai dsb.

    [Reply]

  5. saya belum sempat sambangi blognya.
    tapi kalau di sana banyak game dan teka-teki matematikanya, mungkin asyik juga sebagai pengganti sudoku, mas. unik juga blog yang bikin permainan matematika.
    sek, tak longok…

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *