Enaknya Menulis Singkat

Menulis secara singkat itu enaknya berlipat-lipat. Tangan nggak gampang penat yang baca energinya hemat. Selesai dalam waktu cepat sehingga punya banyak waktu untuk istirahat. Tak perlu keluarkan keringat dan tak butuh suplemen obat kuat.

Itulah beberapa alasan yang mendasari kenapa saya selalu menulis secara singkat.

Enaknya Menulis Singkat

enaknya menulis singkat
bisa dilakukan secepat kilat
banyak waktu buat rehat

enaknya menulis singkat
yang nulis nggak perlu kerutkan jidat
yang baca nggak gampang penat

enaknya menulis singkat
tak perlu menguras keringat
tak butuh obat kuat

41 thoughts on “Enaknya Menulis Singkat

  1. betul sekali emang enak menulis singkat
    cumaaaa
    menulis curhat ngedumel juga enak…. dan ibu-ibu kan kalo ngedumel panjang.
    Jadiiiiiiiii
    menulis panjang juga enak hehehe
    selamat rabu
    dilarang galau
    di hari rabu 😀


    Mestinya sich karena saya hanya bisa nulis yg singkat2 Bu…
    Sekalian berhemat, jadi kalau tulisannya panjang bisa dipecah menjadi beberapa kali postingan

    [Reply]

    Monda Reply:

    setuju pak…he..he…, makanya seri tulisan Minang masih akan ada lagi


    Ketika dibuat berseri, kita bisa fokus pada topik tertentu ya Bu, meski masih tentang Ranah Minang

    [Reply]

  2. justru ini lagi galau tapi mau menggalau di blog
    tapi karena kata mbak Imelda dilarang menggalau di hari rabu
    yo dah di pending aja sampe besok
    hahaha

    menulis singkat emang enak
    dan saya mau belajar menulis singkat
    meniru mbak Ely dan pak’e hehehe


    Sisan latihan nulis bahasa Jawa Ni

    [Reply]

  3. menulis singkat yang bisa datangin dollar…wow itu baru luar biasoo.. ;p


    Nah itu dia… 😀

    [Reply]

  4. apalagi kalo tulisannya juga disingkat pak. pasti lebih hemat tinta.


    Asal masih jelas, meski disingkat2 sich oke2 saja Mas

    [Reply]

  5. Menulis singkat tak butuh obat kuat, tapi perlu kerja cepat. Tapi jangan disingkat-singkat kayak SMS abege ya, Pakdhe. 🙂


    Nah itu dia yang payah…
    Mana menyingkatnya aturannya nggak jelas dan semau2nya

    [Reply]

  6. menulis cepat nggak bikin panas di pantat, butuh waktu cepat, nggak sampek kiamat, dan juga nggak capek-capek amat, he he he, selamat berhari rabu!!!


    Selamat Hari Rabu Mas

    [Reply]

  7. biarpun singkat
    tetapi isinya padat
    juga anti kata disingkat
    yang sering bikin mumat

    *selamat hari rabu juga pk Mars 😀


    Selamat Hari Rabu Mas

    [Reply]

  8. enak banget pak. Dan itulah ciri khas yang melekat dalam blog ini. Unik, menarik, singkat dan pastinya anti biasa.


    Makasih Mas…
    Sekedar hemat tenaga 😀

    [Reply]

  9. Benar itu pak, setuju. 😀

    Tapi kalo tulisan panjang yang kisah nyata, bukan khayalan, apa adanya, aku malah suka, pak. seperti blog Sang Kyai itu.

    Dulu ada blogger juga yang menulis kisah hidupnya, tapi setelah aku bilang suka membaca tulisannya kok malah dia nggak nulis lagi. 😀


    Ketika mengharuskan untuk panjang ya harus panjang Mbak…
    Saya juga pernah nulis panjang

    [Reply]

  10. Penanda Pak Mars menyajikan sari pati
    moga hari ini kian berseri.
    Salam


    Kadang juga cuma nulis kulit2nya saja Bu…

    [Reply]

  11. wah, pak mars, walau tulisan singkat, tapi maknanya dalam lho.
    ini merupakan salah satu teori menulis yang disebut dengan freewriting (menulis bebas). cirinya adalah menulis dengan cepat, singkat, tanpa henti dg waktu tertentu. saya pernah menulis resensi buku di blog saya. dan betul yang pak guru mars bilang, menulis singkat itu banyak khasiatnya… wkwkwkw..


    Dan freewriting itu saya maknai sebagai menulis secara merdeka

    [Reply]

  12. Selama saya berkunjung ke blog Pak Mars, kebanyakan tulisannya singkat tapi berbobot, saya suka. Masih perlu belajar, postingan saya panjang-panjang soalnya mayoritas diambil dari pengalaman hidup pribadi dan untuk dokumentasi pribadi kayak diary digital.


    Kalau untuk menceritakan kejadian atau catatan harian, dan memang harus panjang ya panjang juga bagus Mbak.
    Asal mengemasnya enak, yg baca pasti betah

    [Reply]

  13. Enaknya menulis singkat, isi postingannya pasti dibaca sampe habis, Pak. Hahahahaha…..


    Iya Mbak…
    Belum capek, bacanya tau2 sudah klar… 😀

    [Reply]

  14. Singkat padat memikat wes pak mars isine :p


    Murah, Meriah, Nggak Bikin Muntah…

    [Reply]

    Idah Ceris Reply:

    cieeee. . .
    Niar terpikat eaaaaaa. . . 😆


    Niar kan memang mudah terpikat Mbak 😀

    [Reply]

    Niar Ningrum Reply:

    huaah ora mudah terpikat pak e, mung like this wae 😀


    Makasih Gan 😀

    [Reply]

  15. Biarpun saya seorang spammers terkadang saya menyimak artikel yang agan tulis ko..makasih yah gan untuk artikelnya..tetap semangat berkarya di dunia blogging . .
    😀


    Makasih…

    [Reply]

  16. Terkadang kita juga purlu belajar menulis singkat, namun tidak lepas dari konteks suatu tujuan dan sasaran yang tetap berisi dan tidak ngawur ya Pak.

    Salam Wisata


    Panjang atau pendek tergantung mengemasnya Pak.
    Menurut saya semuanya baik, intinya kan menyampaikan pesan

    [Reply]

  17. Dan saya juga suka baca yang singkat-singkat Pak, heee ketauan malesnya…
    kl tulisan panjang plus gak ada gambar, perlu niat lebih…


    Semoga kalau di sini niatnya lebih…

    [Reply]

  18. Aku telah gagal menulis singkat, Pak.. hiks..hiks..

    Anehnya ni Pak, kalo saya nulis panjang, yang komen rame, kalo nulis singkat komen sepi… hahaha…. hedeh..hedehhh…


    Brarti cocoknya nulis panjang Mbak…
    Nggak cocok kerja di air 😀

    [Reply]

  19. ini ciri khasnya njenengan Pak Mars. Padat bermanfaat. 🙂


    Bukan ciri khas sich…
    Tapi karena bisanya memang nulis pendek2 😀

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *