Home > Realita > Fatwa Haram Untuk Plugin Tertentu?

Fatwa Haram Untuk Plugin Tertentu?

Siapapun pasti sepakat, bahwa internet adalah barang canggih, minimal lebih canggih dibanding teknologi milik PLN yang pakai kabel. Tapi kecanggihan itu mentah sementah2nya ketika muncul kejadian aneh yang jauh dari logika saya.

Kejadian ini bukan saya yang mengalami, tapi sahabat saya Mas Casrudi. Hanya gara2 pasang beberapa plugin statistik*), blognya disuspend oleh pihak penyedia hosting dengan dalih mengganggu nasabah lain. Kenapa teknologi yang katanya canggih bisa serentan itu kena efek sederhana bahkan sangat sederhana?.

Saya lalu berpikir sederhana begini…
Katakanlah kita ini pelanggan PLN. Nah saya mau pasang lampu disko, AC, penyedot lemak debu, lemari es, TV 88 in, kipas angin, solder, setrika, oven, pembakar roti, cas2an HP, pengering rambut atau apapun, saya kira sah2 saja sepanjang daya di rumah kita OK. Kalau kelebihan toch sekeringnya akan putus sendiri, nggak perlu diputus admin PLN. Bukankah PLN aja nggak pernah melarang pasang AC bagi pelanggan berdaya 450 watt?.

Pertanyaan saya, apa di dunia secanggih internet ini nggak ada software atau apapun namanya yang mirip sekering itu?.

Maksudnya ketika kita pasang plugin buat blog kita kok membikin beban puncak, maka blog kita njegleg secara otomatis gitu… Lalu setelah dimatikan satu2, nyala sendiri nggak perlu repot2 SMS adminnya Si Hosting.

Masak di era canggih kok malah kembali manual. Saat ini SMS, email atau telpon itu sudah jadi manual, karena nggak otomatis. Apa kita memang akan kembali ke Jaman Batu?.

Catatan *) :
Plugin Statistik misalnya Stats, Bstat, Fetching Twitter, Crawl Content, WP Post View, Related Post, YARP (Yet Another Related Post), Firestats dll

Kalau perlu, pihak penyedia hosting pasang alat kayak sekeringnya PLN, atau ciptakan software canggih yang membuat pelanggan nggak berdaya pasang plugin tertentu. Atau…, terbitkan saja fatwa haram untuk plugin tersebut.

Gitu Aja Kok Repot… :D

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. joyoplencing
    May 15th, 2011 at 18:58 | #1

    setuja,eh,tuju bgt boz…katanya jmn canggih kok ya msh ja nemuin mslh seperti itu..


    Iya Mas

    [Reply]

  2. belajar
    May 25th, 2011 at 14:13 | #2

    iya mas kenapa pelanggan yg jdi korban suspend, harusnya ada pemberitahuan/ketentuan sblmnya kpd pelanggannya

    [Reply]

  3. July 13th, 2011 at 23:34 | #3

    pluginnya terlalu berat sampai pihak hosting tidak sanggup mikul pas mas

    [Reply]

Comment pages
1 2 4253
  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~