Fatwa Haram Untuk Plugin Tertentu?

Siapapun pasti sepakat, bahwa internet adalah barang canggih, minimal lebih canggih dibanding teknologi milik PLN yang pakai kabel. Tapi kecanggihan itu mentah sementah2nya ketika muncul kejadian aneh yang jauh dari logika saya.

Kejadian ini bukan saya yang mengalami, tapi sahabat saya Mas Casrudi. Hanya gara2 pasang beberapa plugin statistik*), blognya disuspend oleh pihak penyedia hosting dengan dalih mengganggu nasabah lain. Kenapa teknologi yang katanya canggih bisa serentan itu kena efek sederhana bahkan sangat sederhana?.

Saya lalu berpikir sederhana begini…
Katakanlah kita ini pelanggan PLN. Nah saya mau pasang lampu disko, AC, penyedot lemak debu, lemari es, TV 88 in, kipas angin, solder, setrika, oven, pembakar roti, cas2an HP, pengering rambut atau apapun, saya kira sah2 saja sepanjang daya di rumah kita OK. Kalau kelebihan toch sekeringnya akan putus sendiri, nggak perlu diputus admin PLN. Bukankah PLN aja nggak pernah melarang pasang AC bagi pelanggan berdaya 450 watt?.

Pertanyaan saya, apa di dunia secanggih internet ini nggak ada software atau apapun namanya yang mirip sekering itu?.

Maksudnya ketika kita pasang plugin buat blog kita kok membikin beban puncak, maka blog kita njegleg secara otomatis gitu… Lalu setelah dimatikan satu2, nyala sendiri nggak perlu repot2 SMS adminnya Si Hosting.

Masak di era canggih kok malah kembali manual. Saat ini SMS, email atau telpon itu sudah jadi manual, karena nggak otomatis. Apa kita memang akan kembali ke Jaman Batu?.

Catatan *) :
Plugin Statistik misalnya Stats, Bstat, Fetching Twitter, Crawl Content, WP Post View, Related Post, YARP (Yet Another Related Post), Firestats dll

Kalau perlu, pihak penyedia hosting pasang alat kayak sekeringnya PLN, atau ciptakan software canggih yang membuat pelanggan nggak berdaya pasang plugin tertentu. Atau…, terbitkan saja fatwa haram untuk plugin tersebut.

Gitu Aja Kok Repot… 😀

70 thoughts on “Fatwa Haram Untuk Plugin Tertentu?

  1. hhmm menurut pengalaman saya, yang seperti ini bisa jadi karena emang kualitas layanan hostinngya yang buruk, atau memang plugin tersebut mempunyai script yang dapat membuat float (berlebih) jariangan sehingga bandwith yang sudah di atur untuk masing-masing slot account hosting bisa kacau.

    Setahu saya Limited bandwith ada klo setau saya sih sebatas per 1 komputer sedangkan 1 komputer mempunyai banyak account hosting disinilah yang timbul permasalahan.

    [Reply]

  2. sy pernah kena suspend juga gara-gara plugins, tetapi tidak dinyatakan diharamkan .. hanya dibilang account sy menggunakan resources CPU lebih dari 30% sehingga membahayakan tetangga ..
    setelah di cek penyebabnya memang salah satu plugins yaitu broken link remover yg terus menerus melancarkan serangan, setelah di nonaktifkan kembali lancar.
    sy tidak menggunakan plugins khusus statistik, cuma ada YARP dan tidak ada masalah dengan penyedia hosting, selama query yg terjadi masih dalam batas toleransi ..

    [Reply]

  3. mungkin jika script atau plugins yang kita gunakan itu justru akan membuat beban server makin berat, walaupun disisi pengunjung loading cepat tapi jika memakan beban server pastinya tidak akan diperbolehkan…
    mungkin jika kita pakai dedicated server tidak jadi masalah ya .. tapi muahalll ..

    [Reply]

  4. bener kang, harusnya diawal perjanjian sewa menyewa dicantumkan, tidak boleh menggunakan plugin atau script yang bikin berat server, kalau perlu dicantumin juga nama-namanya jadi kita sebagai pengguna sudah waspada terlebih dahulu ..
    kalau sudah kena suspend baru nyari-nyari bikin puyeng, iya kalau pihak penyedianya mau support kalau tidak mau tahu, gimana ? masa pasang plugins satu terus cek seminggu, tambah satu lagi terus tunggu lagi seminggu untuk melihat perkembangan …

    [Reply]

  5. Kalau plugin semacam related post tuh khan kayaknya banyak banget yg make’ juga gak apa2. Jadi kalau di hostingan ini kena suspend sepertinya perlu pikir ulang deh utk memperpanjang.

    Semoga hostinganku nggak gitu…….. sejauh ini sih asyik aja.

    [Reply]

  6. soal plugin, saya nggak banyak tahu…maklum selama ini masih gratisan, yang nggak gratisan masih dalam proses permak..he..

    [Reply]

  7. Saya pernah make plugin YARP. Dan saat itu kena tegur admin hosting. Karena ada request berlebihan terkait plugin terrsebut. Plugin-plugin yang disebut Pak Guru di atas juga bisa menjadi tersangka. Terutama jika beberapa diantaranya bekerja berbarengan melakukan request ke server shared-hosting yang memperlambat kinerja situs lain di server yang sama. 🙂 Beda hosting bisa beda perlakuan.

    Lebih baik memang jika ada peringatan dulu dari pihak hosting sebelum asal suspend. Sepertinya itu juga hak pengguna.

    [Reply]

  8. Mampir ke sini dari Blognya Mas alwi.. 😀
    Lagi nyari2 referensi tentang hosting nih Pak Mars.. soale punya rencana beli hosting..
    Salam kenal ya Pak.. 😀

    [Reply]

  9. Saya pernah diancam hal semacam itu pak… berhubung dia (pihak hosting) yang mulai ya kuserahkan saja semua penanganan.. saya terima bersih alias mateng pincukke (jare suwung)

    [Reply]

  10. memang untuk beberapa hosting provider, penggunaan beberapa plugin SEO di haramkan, terutama yang menggunakan shared hosting. Bahkan, sharing di salah satu akun saya yang menggunakan VPS, pada saat saya coba dengan plugin2 yang terkenal super berat, server langsung down, dan harus di restart manual.
    Jadi kesimpulan saya, jika memang kita punya blog bisnis dengan trafik tinggi, banyak plugin berat, misalnya yang paling di benci oleh hosting provider: wp-robot, bstats, YARP, dkk, lebih baik memakai jasa hosting yang bagus, atau pake VPS, syukur2 bisa sewa dedicated server.
    Kalau kita pake shared hosting, jelas itu akan membebani pemakai yang lainnya, mungkin ibaratnya satu mobil sedan, di tumpangi 3 orang masih muat, tetapi kemudian salah satu penumpang membawa barang yang beratnya melebih kapasitas angkut mobil sedan itu, jelas saja penumpang satu mobil akan terganggu semua.
    Mohon maaf kalaua da salah kata

    [Reply]

  11. kalo pengalaman saya malah kebalikan, blog sy jadi nggak bisa diakses karena (kata cs) gara2 blog lain (pemakai lain shared hosting di server yg sama) pasang plugin yg bikin resource server kesedot semua (ke blog lain itu), jadi yg lain yg kena imbasnya.

    kalo gitu gmana ya? ❓

    .

    [Reply]

  12. terima kasih banyak atas informasinya mas. sekarang saya baru tahu kalau wp robot bisa memberatkan hosting. pantesan sejak saya mamakai plugin wp robot, akun hosting saya sering di suspend oleh pihak hosting. dan hari ini saya kena suspend lagi oleh pihak hosting. tapi saya mau naya mas, kalau kita pakai plugin wp robot dan kita posting secara manual sebanyak 400 postingan, apakah itu yang menjadi penyebab akun saya di suspend pihak hosting. saya posting produk amazon dengan wp robot. dalam 2 jam saya bisa posting 450 posting, mungkin karena itu ya mas. stu lagi mas. di website joomla saya pernah saya pasang plugin uaw (uniqarticlewizard) plugin autoblog, apakah plugin ini juga bisa menyebabkan load server yang berlebihan. terima kasih banyak atas perhatiannya.

    [Reply]

  13. kalo pemakaian pluginnya tidak terlalu berlebihan mungkin tidak akan terjadi seperti itu kali ya!


    Bukan karena kebanyakan tapi ini memang nggak boleh Mas

    [Reply]

  14. setuja,eh,tuju bgt boz…katanya jmn canggih kok ya msh ja nemuin mslh seperti itu..


    Iya Mas

    [Reply]

  15. iya mas kenapa pelanggan yg jdi korban suspend, harusnya ada pemberitahuan/ketentuan sblmnya kpd pelanggannya

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *