Fenomena Ganjil Genap

Bicara tentang ganjil genap pastinya sudah tak asing lagi bagi kita, karena ganjil dan genap adalah pelajaran Matematika tingkat dasar. Ganjil dan genap adalah dua hal yang saling melengkapi. Ada ganjil karena adanya genap, demikian pula sebaliknya.

Tapi disebalik kesetaraan itu, ada hal lain yang mungkin belum banyak yang tau, yaitu tinjauan dari sudut pandang metalogika, apalagi kalau dikupas secara anti biasa.

Ganjil itu konsisten.
Ganjil ketemu Genap akan tetap Ganjil, tetapi Genap ketemu Ganjil ikut2an jadi Ganjil…

Ganjil itu sakti.
Ganjil + Ganjil bisa berubah jadi Genap, tapi Genap + Genap nggak mampu berubah Ganjil.

Ganjil itu diakui secara yuridis formal.
Banyak yang tak tau, bahwa jumlah pimpinan KPK itu harus ganjil. Hal ini diatur dalam Undang2 KPK No 30 tahun 2002 pasal 21.

Catatan :
Boleh percaya boleh tidak, ada mitos di Jawa yang mengatakan bahwa sambal akan terasa makin sedap manakala jumlah cabainya ganjil. Kalau nggak percaya coba aja…

Tulisan ini hanya sekedar berbagi, tak ada maksud mempengaruhi apalagi menggurui. Hanya sebuah pendapat, yang lain boleh beda pendapat. Tidak dimaksudkan untuk dipolemikkan.

35 thoughts on “Fenomena Ganjil Genap

  1. ganjil juga identik dengan yang tidak biasa, ..keganjilan ini…ada yg ganjil…kenapa tuh pak?

    [Reply]

  2. Pak, genap itu pas.

    [Reply]

    genDuk Reply:

    Sekarang tiap postingan pasti pake kata “Tidak dimaksudkan untuk dipolemikkan” 😀


    Xixixixi…
    Itu untuk njagani kalau2 ada yang mempermasalahkan tulisan saya Nduk…
    Kalau nDuk sich pasti nggak mempersoalkan

    [Reply]

    bundadontworry Reply:

    kalau ganjil itu gak pas ya Kak Ram? 🙂 🙂
    salam

    [Reply]

    genDuk Reply:

    @ Dik Bunda
    Ho oh Bun, gak lucu tho kalo pake sepatu 3 biji 🙂

  3. Ganjil + Ganjil = Genap
    Dik Mars ditambah Oyen itu jadi…

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    jadi Dik Marsoyen 😀

    [Reply]

  4. Tuhan senang yang ganjil, kata guru ngaji saya..Misalnya shalat lima waktu; Kalau masalah KPK, saya baru tahu ini, hehe.. Terimakasih Pak Guru….

    [Reply]

  5. bakul jamu gendong, klo jumlah botolnya ganjil…
    msh ada kesempatan utk melamar mbak jamunya…
    krn itu kode bhw ia masih jomblo 🙂

    PS : Komeng ini tidak dimaksudkan untuk dipolemikkan

    [Reply]

  6. Ternyata betul juga ya? Nggak pernah mikir sampai sejauh ini. Salam kenal…

    [Reply]

  7. Hmmm..ia juga yah.
    Wah..beruntungnya diriku yang jadi anak ganjil!
    wkakakakkaka… 😆
    Sorry mas baru sempat main kesini 🙂

    [Reply]

  8. hidup ganjil, hidup genap 😀

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    komengnya cuman begetu, tak perlu dipolemikkan 😛

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    ada saatnya kite butuh genap, ada saatnya kite perlu ganjil…. ini juga tak perlu dipolemikkan 😀

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    untuk saat ini Oyen lagi butuh ganjil untuk menggenapkan… sebelum akhirnyah mungkin dari genap akan menjadi ganjil, genap, ganjil lagi… hanya Allah yang tahu…

    *halah…opo to iki 😛

  9. Kalo bikin sambel, tentu saja lebih pedas yang cabenya 10 dibanding yang cabenya 5 aja 😀

    [Reply]

  10. kenyataan yang tidak bisa dibantahkan. jadi keliru membuat istilah “masih ganjil dan belum genap” ya pak ?

    [Reply]

  11. Ngomong2 soal buat sambel setuju bos….kalo cabenya ganjil terasa lebih pedes…anehh juga…he..he..

    [Reply]

  12. hal yang ganjil itu biasanya unik dan bikin penasaran, sedangkan hal yang genap biasa saja, he he… salam kenal

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *