Home > Ekspresi, Intermeso > Gajah Thailand

Gajah Thailand

February 21st, 2011 Leave a comment Go to comments

Sambil menanti kiriman polling skala prioritas yang waktunya masih panjang, saya mau nulis cerita yang mudah2an bisa menyegarkan pikiran yang baca. Daftar sahabat yang sudah kirim polling bisa dilihat di Ruang Transit



Tulisan kali ini terinspirasi oleh pengalaman Mbak Monda dengan pasien kecilnya. Suatu pagi, beliau kedatangan lelaki kecil bersama ibunya. Usianya sekitar 4 tahun dan sudah mulai belajar mengeja. Tiap tulisan yang ditemui dibaca dengan cara dieja, termasuk merk kursinya Mbak Monda.

Iseng2 Mbak Monda tanya, tulisan apa yang ada di kaos bergambar gajah yang dipakai si kecil itu. Lalu diapun mengeja, T – H – A – I – L – A – N – D. Lalu Mbak Monda tanya lagi, bagaimana membacanya?. Dan dengan lantang si kecil menjawab : “Gajah !!!”

Saya jadi teringat peristiwa serupa yang terjadi pada anak saya semasa kecil dulu. Ketika anak saya belajar membaca, saya juga menerapkan metode mengeja. Ada gambar mangkuk, dibawahnya tertulis SO – TO. Anak saya mengeja secara benar, S – O – T – O. Dan ketika saya suruh membaca, dengan lantang dia menjawab : “Bakso !!”

Kesimpulannya adalah bahwa peran ilustrasi bagi seorang anak itu amat penting dan amat dominan. Itulah kenapa buku TK dan SD selalu dilengkapi dengan gambar. Jangankan anak2, orang tuapun bisa terhipnotis kalau ketemu dengan benda yang identik dengan kata tertentu.

Banyak sekali contohnya. Hanya dengan melihat logo tanda centang saja, orang langsung berpikir, itu NIKE. Kita juga sering mendengar ada yang mengira kalau Bahasa Inggrisnya keset adalah WELCOME.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi, Intermeso
  1. Bio Hotel
    March 4th, 2011 at 19:35 | #1

    hi hi hi hi hi hi hi hi hi, very funny.

    [Reply]

Comment pages
1 2 15688
  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~