Home > Ekspresi, Intermeso > Gajah Thailand

Gajah Thailand

February 21st, 2011 Leave a comment Go to comments

Sambil menanti kiriman polling skala prioritas yang waktunya masih panjang, saya mau nulis cerita yang mudah2an bisa menyegarkan pikiran yang baca. Daftar sahabat yang sudah kirim polling bisa dilihat di Ruang Transit



Tulisan kali ini terinspirasi oleh pengalaman Mbak Monda dengan pasien kecilnya. Suatu pagi, beliau kedatangan lelaki kecil bersama ibunya. Usianya sekitar 4 tahun dan sudah mulai belajar mengeja. Tiap tulisan yang ditemui dibaca dengan cara dieja, termasuk merk kursinya Mbak Monda.

Iseng2 Mbak Monda tanya, tulisan apa yang ada di kaos bergambar gajah yang dipakai si kecil itu. Lalu diapun mengeja, T – H – A – I – L – A – N – D. Lalu Mbak Monda tanya lagi, bagaimana membacanya?. Dan dengan lantang si kecil menjawab : “Gajah !!!”

Saya jadi teringat peristiwa serupa yang terjadi pada anak saya semasa kecil dulu. Ketika anak saya belajar membaca, saya juga menerapkan metode mengeja. Ada gambar mangkuk, dibawahnya tertulis SO – TO. Anak saya mengeja secara benar, S – O – T – O. Dan ketika saya suruh membaca, dengan lantang dia menjawab : “Bakso !!”

Kesimpulannya adalah bahwa peran ilustrasi bagi seorang anak itu amat penting dan amat dominan. Itulah kenapa buku TK dan SD selalu dilengkapi dengan gambar. Jangankan anak2, orang tuapun bisa terhipnotis kalau ketemu dengan benda yang identik dengan kata tertentu.

Banyak sekali contohnya. Hanya dengan melihat logo tanda centang saja, orang langsung berpikir, itu NIKE. Kita juga sering mendengar ada yang mengira kalau Bahasa Inggrisnya keset adalah WELCOME.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi, Intermeso
  1. February 21st, 2011 at 15:13 | #1

    Hahay, Lucu..lucu..!!! Hehehehe

    [Reply]

  2. February 21st, 2011 at 15:28 | #2

    hehehe tadi udah ke tempat monda pak jadi ngekek sendirian :D

    Sekarang jadi ngekek rame2…

    [Reply]

  3. Abi Sabila
    February 21st, 2011 at 16:03 | #3

    Hehehe…sudah kenceng, salah !

    Kalau ditempat saya namanya SARU Bi…
    Salah tapi Seru !!

    [Reply]

  4. February 21st, 2011 at 16:11 | #4

    heheh bener ya pak mar.. emang anak kecil itu lebih suka ilustrasi karena terksan menarik :D

    Itulah kepolosan yang murni Mas

    [Reply]

  5. February 21st, 2011 at 16:14 | #5

    Saya juga habis ketawa ketiwi di blognya Tante Monda, eh sekarang ngakak lagi kena bahasa inggrisnya keset, haha…

    Iya Pak Mars, seringkali ikon gambar sangat berpengaruh pada daya imajinasi kita, tidak hanya adek2 kecil..

    Yang kadang bikin bingung adalah avatar cantik tapi pemiliknya laki2…

    [Reply]

  6. February 21st, 2011 at 16:51 | #6

    hahah,,
    aku barusan dari blognya mba Monda,, ketawanya nyambung lagi sampai sini,,
    gambar menarik memang lebih cepat direkam sama anak-anak,,

    Anak yang polos kadang lebih lucu drpd pelawak terlucu

    [Reply]

  7. mattwahyu
    February 21st, 2011 at 17:09 | #7

    Asli lucune pol, … tapi ada cerita lain, konon ada seorang anggota dewan disuruh pidato dengan teks yg sdh dibuatkan oleh anak buahnya. Assalamualaikum we er we be (lha emang tulisannya kayak gitu) :) katanya juga dia habis menginap di hotel Welcome (karena lihat kesetnya bertuliskan Welcome …

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Aku ngerti wonge Pak…
    Aku tau ning omahe… :D

    [Reply]

    alamendah Reply:

    Saya tahu enggak, ya??
    Hehehehe

    Nggak tau…
    Ini bukan dari Pati… :D

    [Reply]

    Erwin Reply:

    sinten pak?

    Niku tonggone kulo Mbak

    [Reply]

    Erwin Reply:

    Ada juga anggota dewan yg berkunjung ke sebuah pesantren, dan diperkenalkan dengan seorang santri yang hapal 30 juz surat Al Qur’an, anggota Dewan-nya bertanya kpd santri tsb, “tinggal berapa surat lagi yang belum hapal?”

    #$%@#$^&&^#$%

    [ini cerita ASELI]

    Orang seperti itu nggak layak kalau jadi anggota Dewan ya Mbak… :D

    [Reply]

  8. pro dolar
    February 21st, 2011 at 17:33 | #8

    sekarang buku bahasa Indonesia SD kelas satu kok gak ada I N I B U D I lagi ya pak

    Sudah diganti Ini Nurdin Mas…

    [Reply]

  9. advertiyha
    February 21st, 2011 at 17:38 | #9

    untung waktu liat gajah, gak dibaca tante iyha… :P
    wakakka,,, ngakak di sore yang sendu ini, haiyah

    Pengin liat fotonya Mbak Iyha yang terkini… :D

    [Reply]

  10. February 21st, 2011 at 17:42 | #10

    OK banget pak, he..he.. Ada tambahan lagi. Di acara lawak di tv lokal di suatu kota di Kalimantan. Orang dewasa yg buta aksara diajarkan mengeja mengikuti guru Keh a ka Keh i ki jika disambung jadi apa (sambil menunjuk gambar)? Murid2 serentak berteriak BATIS (bahasa Banjar untuk kaki.)

    Itu saya tambah gambar Mbak…

    [Reply]

  11. February 21st, 2011 at 18:52 | #11

    abis ngakak di tempat Mbak Monda………… :D :D
    eh, nyambung lagi disini… :D :D
    salam

    Saya buka cabangnya Bun…

    [Reply]

  12. Erwin
    February 21st, 2011 at 19:21 | #12

    :lol:
    (maaf, numpang ketawa)

    Ayo ngguyu… :D

    [Reply]

  13. Adi
    February 21st, 2011 at 19:35 | #13

    Ahahah jadi bakso, terkadang visual lebih main dari tulisan, haduh ngakak dlu..

    Mari ngakak…

    [Reply]

  14. kang ian dot com
    February 21st, 2011 at 20:20 | #14

    wkwkw makanya saya lebih seneng baca komik banyak gambarnya si :D

    Pinjam dong…

    [Reply]

  15. February 21st, 2011 at 21:07 | #15

    wakakaakakka kalo disuruh ngeja blog inibacanya kupu kupu…… bukan Gajah

    Boleh juga…

    [Reply]

  16. February 21st, 2011 at 21:10 | #16

    Sayapun setiap kali lihat uang yang tak lihat gambarnya dulu. Jarang memeriksa nolnya kurang atau lebih, kok

    Kok sama dengan saya…

    [Reply]

  17. February 21st, 2011 at 21:15 | #17

    hehe..
    nostalgia nih..
    jadi inget masa kecil yang suka menyebutkan nama-nama benda dengan lantangnya..

    Anak kecil lebih polos Mas

    [Reply]

  18. masyhury
    February 21st, 2011 at 23:02 | #18

    Hahaha,,, Lucu sekale pak! :lol:
    saya juga baru tahu loh pak, welcome itu keset,, hihi.. :D

    Lucu2…

    [Reply]

  19. February 21st, 2011 at 23:13 | #19

    Kalau butuh gadjah animasi disini tempatnta. Kalau di rumahnya bunda monda gak ada animasinya :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Disini terima pesanan gambar Mas…
    Gratis tis!

    [Reply]

  20. February 21st, 2011 at 23:15 | #20

    dan kayaknya disini ga akan kekurangan ilustrasi.. :D

    Biar muncul gambarnya juga Mas

    [Reply]

  21. February 22nd, 2011 at 00:40 | #21

    Tapi seperti itulah kenyataan yang terjadi Mas, bukan hanya anak anak, orang tua kadang juga latah, mie instant itu macam macam tapi klo di tanya ya “indomie” teh botol ya “sosro” mengelitik dan sepele namun bermakna, salam sukses aja untuk yang mpunya blog

    Iya Mas

    [Reply]

  22. Bisnis Dasyat
    February 22nd, 2011 at 00:42 | #22

    Lucu dan menarik tapi penuh dengan gambaran kehidupan saat ini, dimana orang hanya melihat yang tersurat buka yang tersirat

    Makasih Mas

    [Reply]

  23. February 22nd, 2011 at 00:58 | #23

    sebenernya ini cerita biasa aja lo.. tapi bisaaa aja bikin pembaca berimaginasi.. jempoll

    Masalah “biasa” memang beda tiap situasi…
    Di Pakistan atau Palestina, bom meledak mungkin sudah biasa. Tapi di Jepang mungkin hal yg luar biasa

    [Reply]

  24. andi sakab
    February 22nd, 2011 at 01:09 | #24

    berarti peran gambar lebih dominan ya pakde dibanding tulisan :D

    Untuk anak2 kayaknya masih amat perlu Mas, khususnya SD kebawah

    [Reply]

  25. obat lupus alami
    February 22nd, 2011 at 07:37 | #25

    heheh, terima kasih gan buat infonya , salam kenal aja gan

    Ini kok terima kasih dan kenalan terus Mas

    [Reply]

  26. February 22nd, 2011 at 09:05 | #26

    kaLo ada komen dengan avatar yang biru itu dibacanya KUPU dunk? ^^

    Boleh… Boleh…

    [Reply]

  27. February 22nd, 2011 at 10:50 | #27

    Udah komen juga di THAILAND, iya kadang itu jadi semacam kreatifitas anak SD.
    Itu juga yang digunakan para marketer untuk membuat motivasi, motivasi itu kan asalnya dari kata motif atau bentuk, orang lebih gampang hafal gambar daripada tulisan. Apple, Nike, dan sebentar lagi Starbucks adalah contohnya..

    [Reply]

  28. melly
    February 22nd, 2011 at 11:01 | #28

    Kalau untuk welcome saya percaya klo keset..ahahhaa
    karena sampe sekarang jg seperti itu.

    [Reply]

  29. February 22nd, 2011 at 11:23 | #29

    hahahaha bener pak, saya jadi teringat sama anak semalam ketika belajar main pianika, setiap mau menyentuh nada do selalu melihat muka saya dulu …halahhhhh

    [Reply]

  30. February 22nd, 2011 at 11:49 | #30

    hahaha lucu, anak2 emang polos yachh…..

    [Reply]

  31. ajengkol
    February 22nd, 2011 at 13:18 | #31

    Jadi pengen jalan jalan ke Thailand

    [Reply]

  32. obat alami maag
    February 22nd, 2011 at 14:26 | #32

    wkwkwkwk ada aja tuh gan,,,,,thanx

    [Reply]

  33. February 22nd, 2011 at 14:43 | #33

    wah jadi pengen jalan2 ke Thailand lagi…

    [Reply]

  34. riez
    February 22nd, 2011 at 16:47 | #34

    kalau saya terjadi pada adik saya,maap sebelumnya bukan maksud promosi adik saya waktu itu mengeja sebuah produk minyak goreng, F-I-L-M-A dia mengeja sampai 3x. langsung aku tanya dibaca apa dik sama dengan Pede jawab minyak goreng….ehh tapi emang bener ya itukan minyak goreng…

    Xixixi…
    Lucu juga ya Mas…

    [Reply]

  35. Pengamat anak
    February 22nd, 2011 at 23:07 | #35

    Gambar kan memang lebih menarik dan mudah diingat daripada tulisan.
    Salam hangat dari Surabaya

    Iya Dhe…

    [Reply]

  36. February 23rd, 2011 at 04:30 | #36

    kalo pom bensin = no smoking ya Pak…

    sedj

    Iya… Xixixixi…

    [Reply]

  37. pendarbintang
    February 23rd, 2011 at 09:13 | #37

    :lol: Iya yah…peran gambar emang penting….biar suatu cerita maknanya nyampai……sayang Hani gak bisa gambar…. :D


    Saya aja masih suka kalau lihat buku yg ada gambarnya

    [Reply]

  38. Kakaakin
    February 23rd, 2011 at 10:01 | #38

    Hehehe… kejadian yang kocak :D
    Sering juga anak2 menyebutnya dalam bahasa daerah. misalnya : A-YA-M, dibaca “manuk” :D


    Iya Mbak…

    [Reply]

  39. TuSuda
    February 23rd, 2011 at 10:39 | #39

    benar pakde…satu gambar seribu makna…setiap tulisan harus sesuai dengan gambarnya…agar tidak salah persepsi.


    Itulah knapa saya suka pasang gambar dalam postingan Bli…

    [Reply]

  40. chocoVanilla
    February 23rd, 2011 at 11:57 | #40

    Seperti Si Cantik membaca teks di film Spiderman. “Bunda, Marijan itu pacarnya Spiderman ya?” Wuahahahaha….. tentu saja aku ngakak. Tulisane Marry Jane :lol:


    Wkwkwkwk…
    Lucu sekali itu :D

    [Reply]

  41. February 23rd, 2011 at 20:00 | #41

    Hehehehe, jadi inget adik saya waktu masih kecil, belum bisa membaca huruf tapi sudah bisa “membaca” komik Petruk-Gareng karya Tatang . Eh, jebul yang dibaa gambarnya. :))


    Jadi kangen komik petruk gareng

    [Reply]

  42. Venapro
    February 24th, 2011 at 13:10 | #42

    Hahahaha bener pak, I was reminded last night as a child when learning to play the pianika, every touch tones do not always see my face before

    [Reply]

  43. February 24th, 2011 at 15:19 | #43

    Wekekekeke…Thailand ato Tai-land?


    Kuwi Bahasa Jepang Err?

    [Reply]

  44. Instant Cash Empire
    February 26th, 2011 at 14:30 | #44

    He he he he…… Funny post. I really like it. Thanks for the post.

    [Reply]

  45. Frachtenbörse
    March 1st, 2011 at 19:37 | #45

    Ha ha ha ha , bolle bolle. Thanks.

    [Reply]

  46. Volu
    March 4th, 2011 at 19:31 | #46

    ha ha ha ha ha ha ha

    [Reply]

  47. Bio Hotel
    March 4th, 2011 at 19:35 | #47

    hi hi hi hi hi hi hi hi hi, very funny.

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~